Slider

4 Hashtag yang Harus Kamu Gunakan Agar Kontenmu Masuk FYP TikTok

Platform berbagi video asal Negeri Tirai Bambu; TikTok, menjadi salah satu aplikasi paling banyak diunduh di Play Store sejak awal kemunculannya di tahun 2016. Di Indonesia sendiri, walaupun sempat diblokir oleh Kementrian Kominfo, pengguna TikTok semakin bertambah dari hari ke hari. Bahkan pada perkembangannya, tren mengunggah aneka video kreatif berdurasi pendek di TikTok tak hanya dilakukan oleh mereka yang berusia muda saja tetapi juga oleh public figure bahkan para pejabat.
Sempat dicap sebagai aplikasi alay, TikTok berubah menjadi platform untuk mengembangkan kreativitas bagi banyak orang. Kepopuleran TikTok bahkan semakin meningkat di masa pandemi. Tercatat setidaknya ada lebih dari 30 juta pengguna aktif TikTok di awal tahun 2021 di Indonesia. Tidak sedikit dari mereka yang serius menggarap konten untuk diunggah di TikTok bahkan menjadikan hal ini sebagai sumber pendapatan.
Para pengguna TikTok berlomba-lomba membuat konten video yang menarik perhatian. Hal ini membuat ada sangat banyak konten yang diproduksi setiap harinya. Jika kamu adalah seorang yang ingin serius berkarya lewat platform TikTok, maka kamu harus mengoptimalkan konten yang kamu buat atau kontenmu akan tenggelam di dalam ribuan konten lainnya.
Salah satu cara yang paling ampuh untuk mengoptimalkan kontenmu adalah dengan cara membuat konten yang telah kamu buat masuk dalam FYP. Apa sih sebenarnya FYP itu? Saat kamu membuka TikTok, aplikasi ini akan langsung menampilkan halaman yang berisi deretan video rekomendasi untuk kamu tonton. Halaman ini lah yang disebut For Your Page atau FYP.

Keuntungan Konten yang Masuk FYP TikTok



Kenapa sih kontenmu harus masuk ke FYP TikTok? Tentu bukan tanpa alasan sebuah konten diupayakan agar masuk FYP. Konten yang masuk ke FYP akan memiliki banyak keuntungan, diantaranya :

Konten yang kamu buat akan menjangkau lebih banyak penonton

Saat kamu membuat sebuah konten TikTok, videomu hanya akan lewat di beranda orang-orang yang sebelumnya telah mengikuti akunmu. Dengan masuk FYP, videomu memiliki peluang untuk menjangkau lebih banyak penonton.

Kontenmu berpeluang untuk disukai oleh lebih banyak orang

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, video-video yang masuk ke dalam FYP akan menjangkau lebih banyak pemirsa. Tentunya hal ini akan membuat peluang kontenmu untuk disukai lebih banyak orang juga semkain besar.

Meningkatkan jumlah follower

Dengan masuk ke FYP akan semakin banyak orang yang melihat konten menarik yang kamu buat. Mereka yang tak ingin melewatkan kontenmu akan memutuskan untuk mengikuti/following akun TikTokmu.

Berpeluang menjadi influencer digital

Konten TikTok yang kamu buat akan memiliki viewer/pononton yang cukup banyak saat masuk ke FYP. Hal ini akan membuat peluangmu untuk menjadi influencer digital semakin tinggi.

Berpeluang mendapatkan penghasilan dari TikTok

Berita soal seseorang yang bisa mendapatkan penghasilan dari TikTok semakin banyak tersebar. Tetapi masih banyak yang bingung bagaimana caranya mendapatkan penghasilan dari aplikasi yang satu ini. Jika kamu adalah salah satu dari mereka yang kebingungan, maka mengupayakan videomu untuk masuk ke FYP TikTok adalah langkah pertama yang bisa kamu ambil untuk mendapatkan penghasilan dari TikTok

Tips yang Bisa Kamu Lakukan Agar Kontenmu Masuk FYP TikTok



Setelah mengetahui keuntungan-keuntungan yang akan kamu dapatkan jika kontenmu masuk FYP TikTok, kamu pasti ingin kontenmu bisa menembus ribuan konten lainnya dan masuk FYP, kan?. Tapi bagaimana sih caranya? Tenang!, kami punya beberapa tips yang bisa dilakukan agar sebuah konten bisa masuk FYP TikTok khusus untuk kamu.

1# Buat konten yang menarik

Banyak orang mengunduh aplikasi TikTok untuk mendapatkan hiburan dari video-video pendek yang diunggah di dalamnya. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. Hal ini menjadi peluang yang bisa kamu manfaatkan. Buatlah konten yang menarik dan berbeda dari konten lainnya untuk menarik perhatian dari mereka yang butuh hibura. Ada banyak ide konten yang terbukti menarik perhatian penonton dan bisa kamu coba seperti video tutorial, video parodi, konten motivasi, dan masih banyak lainnya.

2# Buat konten yang sedang ngetren

 

Sebuah konten yang viral akan menarik perhatian dan akan dicari oleh banyak orang. Kamu bisa turut membuat konten serupa yang telah dimodifikasi sesuai kreativitasmu untuk meningkatkan peluang konten yang kamu buat masuk ke FYP TikTok.

3# Unggah konten di jam tertentu

Hampir semua media sosial memiliki waktu khusus yang disebut prime time. Waktu ini merujuk pada jam-jam ramai dimana media sosial tersebut paling banyak diakses atau dikunjungi oleh para penggunanya. TikTok sendiri memiliki jam ramai dimana di jam-jam ini biasanya para pengguna mengakses aplikasi untuk menonton video menarik. Ada tiga periode yang dinilai sebagi waktu terbaik untuk upload sebuah konten di TikTok, yaitu siang hari sekitar pukul 12.00-13.00, sore hari, dan malam hari. Waktu malam adalah yang paling panjang, dimulai pukul 19.00 sampai pukul 23.00. Video yang diupload di jam-jam ini akan memiliki peluang yang lebih besar untuk masuk ke FYP.
 

Selain 3 tips di atas, kamu juga bisa menambahkan tanda pagar atau hashtag agar konten video yang telah kamu buat masuk ke FYP. Cara ini terbukti ampuh untuk meningkatkan performa sebuah video dan meningkatkan peluangnya untuk masuk FYP. Bagaimana sebuah tagar atau hashtag mempengaruhi performa sebuah konten? Yuk simak penjelasan berikut.
Semua media sosial termasuk TikTok memiliki algoritma khusus yang berperan dalam indentifikasi sebuah konten yang diunggah di dalamnya. Sebuah hashtag akan memberikan tanda pada konten dan mengelompokkannya sesuai kategori. Hashtag juga akan memudahkan seseorang dalam mencari sebuah konten. Dengan menambahkan hashtag atau tagar dalam konten video yang kamu unggah di TikTok, peluang videomu untuk dimukan oleh orang lain pun akan meningkat.

4 Hashtag yang Harus Kamu Gunakan Agar Kontenmu Masuk FYP TikTok

Kamu pasti pernah melihat sebuah konten di TikTok yang pada keterangannya mencantumkan banyak hashtag. Selain untuk mengindentifikasi jenis dari konten, hashtag biasanya ditambahkan agar konten tersebut mampu menembus lautan konten yang berjumlah sangat banyak sehingga bisa bertengger di FYP. Ada beberapa hashtag yang terbukti ampuh membantu sebuah konten masuk FYP

1. #trending

 

Orang-orang cenderung ingin selalu update dan tak ingin ketinggalan segala informasi terbaru. Maka video-video yang menyertakan hashtag #trending dan turunannya seperti #trendingnews, #trendingsong, dan yang lainnya akan banyak dicari. Kamu bisa menambahkan hashtag yang satu ini di kontenmu untuk meningkatkan peluangnya menembus FYP.

2. #fyp

Hashtag selanjutnya yang harus kamu sertakan jika ingin konten yang telah kamu buat menembus FYP adalah hashtag #fyp itu sendiri. Kamu juga bisa menambahkan keterangan yang lebih spesifik seperti #fypindo, #fypchallenge, dan yang lainnya

3. #likes

Hashtag ini sebenarnya biasa digunakan agar kontenmu memperoleh banyak likes atau suka. Tapi konten ini juga ampuh meningkatkan peluang kontenmu masuk FYP karena semakin banyak likes yang kamu dapatkan akan semakin besar peluangmu menembus persaingan ketat untuk masuk FYP. Kamu juga bisa menambahkan keterangan yang lebih spesifik seperti #likeforlikes, #likeforfollow, dan yang lainnya agar semakin banyak orang yang menyukai videomu.

4. #follow

Dari namanya pasti kamu sudah tahu bahwa hashtag ini digunakan untuk tujuan menambah follower atau pengikut akunmu. Dengan menambahkan keterangan lain seperti #follorforfollow kesempatanmu untuk mendapatkan pengikut baru semakin besar. Hal ini akan membuat kontenmu bisa dilihat oleh lebih banyak orang dan meningkatkan peluang kontenmu masuk FYP TikTok.

Itulah informasi mengenai 4 hashtag atau tagar yang harus kamu gunakan jika ingin konten buatanmu masuk FYP TikTok. Tentunya selain mengoptimalkan hal-hal teknis seperti penggunaan hashtag dan mengunggah konten di waktu yang tepat, kamu harus memastikan kontenmu unik dan berkualitas. Selamat berkreasi untuk mengembangkan kreatifitas. 

No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter