Slider

8 Cara Membuat Mahar Pernikahan Yang Unik Dan Anti Mainstream


Mahar atau mas kawin menjadi barang yang tidak boleh terlewatkan setiap proses pernikahan di Indonesia. Pemberian mahar dari laki laki kepada perempuan adalah hal wajib yang harus dilakukan. Adanya mahar juga akan membuat proses berlangsungnya pernikahan menjadi lebih berkesan. Karena dirasa istimewa, banyak sekali bentuk mahar yang mulai beredar di pasaran. Yuk simak ide kreatif cara membuat mahar pernikahan berikut.

Ide Kreatif Untuk Membuat Mahar Pernikahan Unik

Mahar dari Uang Kertas dan Koin

Uang kertas atau koin yang dibentuk menjadi bunga untuk mahar pernikahan bisa menjadi pilihan yang tepat. Perpaduan antara uang kertas, uang koin dan bunga kertas yang dibentuk seperti kelopak bunga memang terlihat cukup sederhana. Namun bukan berarti mengurangi makna sebagai mahar untuk pernikahan. Bunga kertas dengan beragam warnanya akan membuat mahar menjadi lebih berwarna.

Cara membuatnya pun tidak sulit, namun membutuhkan waktu yang cukup lama. Pertama siapkan papan atau kertas tebal putih. Kemudian lipatlah keras menyerupai kelopak bunga yang melingkar. Lalu tempelkan uang koin dengan lem pada bagian tengah lingkaran. Jangan lupa untuk menghiasi sisi kertas mahar dengan bunga plastik sehingga memiliki penampilan yang lebih unik dan cantik. Cara membuat mahar pernikahan ini akan membutuhkan waktu yang relatif lebih lama.

Mahar Berupa Scrapbook

Mahar berupa scrapbook juga bisa menjadi pilihan unik yang akan membuat berkesan. Scrapbook sendiri adalah sebuah seni menempelkan kertas yang kemudian dibentuk dengan berbagai macam. Umumnya scrapbook akan lebih banyak digunakan untuk sebuah kartu ucapan. Namun agar anti mainstream, anda bisa menggunakannya sebagai mahar pernikahan yang unik dan antimainstream.

Biasanya scrapbook akan dibuat dengan bentuk bunga, hewan ataupun hati pada sebuah media yang biasanya berupa kertas. Kerajinan scrapbook untuk mahar pernikahan akan terlihat lebih berbeda dibandingkan model mahar lainya. Dengan menggunakan mahar scrapbook maka anda bisa mengerahkan jiwa seni untuk menghias mahar menjadi seunik mungkin. Foto anda bersama pasangan akan menghiasi mahar menjadi lebih unik dan berbeda.

Bentuk Mahar Seperti Wedding Cake

Jika anda ingin membuat mahar yang berbeda dan jauh lebih berkesan, tak ada salahnya untuk memilih mahar dengan bentuk seperti wedding cake. Untuk membuat mahar wedding cake ini anda akan menjadi pasangan anti mainstream, sehingga bisa menjadi rujukan untuk mahar pernikahan orang lain. Agar lebih mudah, anda harus mempersiapkan uang  pecahan Rp. 50.000.- sehingga bisa menyusun wedding cake tersebut.

Cara membuat mahar pernikahan ini pun cukup mudah dilakukan. Anda hanya harus memberikan tatakan dengan kertas yang berbentuk seperti cake pada umumnya. Kemudian anda hanya harus membentuk uang pecahan Rp. 50.000 tersebut melingkar dan diletakkan secara berdiri mengelilingi tumpukan kertas yang sudah disusun seperti cake wedding. Jangan lupa untuk menambahkan pita di sekitaran uang yang sudah disusun sebelumnya, sehingga tidak mudah rusak.

Menggunakan Inisial Nama untuk Mahar

Tak ada yang lebih simpel dibandingkan inisial nama anda bersama pasangan yang diabadikan dalam sebuah mahar pernikahan. Meskipun tak banyak ornamen, namun menghias mahar pernikahan dengan inisial nama, tak mengurangi makna dari mahar tersebut. Kesederhananya juga tak akan mengurangi syahdunya prosesi pernikahan anda bersama pasangan. Agar lebih bagus, anda bisa mendesain dengan simple namun tetap terlihat elegan.

Anda bisa membuatnya menggunakan kertas maupun uang pecahan dua ribu rupiah. Gulunglah kertas tersebut dengan lebih padat sehingga bisa disusun dalam satu garis. Jangan lupa untuk memberikan kertas panjang di samping susunan gulungan kertas tersebut. Sehingga akan bisa membentuk inisial huruf dari pasangan masing masing. Cara membuat mahar pernikahan ini kemudian diletakkan di dalam pigura berukuran besar.

Mahar yang Dibentuk Seperti Bouquet

Pilihan mahar lain yang bisa anda pilih adalah mahar berbentuk bouquet yang simpel namun tetap mewah. Bouquet bunga untuk mahar akan memberikan kesan yang berbeda untuk pasangan. Ide mahar ini bisa dijadikan inspirasi karena bentuknya yang simpel dan tidak terlalu rumit. Sehingga anda tidak perlu bantuan untuk membuat mahar berbentuk bouquet tersebut.

Cara membuatnya pun mudah , pertama siapkan pigura untuk membentuk bouquet tersebut. Lalu siapkan pula pecahan uang yang dibutuhkan untuk membuat bunga mahar tersebut. Bentuklah uang tersebut seperti bunga mawar, anda bisa menggunakan uang pecahan berapapun. Namun jika anda ingin memiliki bouquet yang berwarna, ada baiknya memilih pecahan seratus ribu rupiah.

Mahar yang Dihiasi dengan Foto Bersama Pasangan

Jika anda ingin lebih hemat, anda bisa menjadikan mahar pernikahan menjadi bentuk foto. Meskipun terkesan simpel, namun mahar dengan foto bersama pasangan akan terlihat lebih berkesan dan bermakna. Anda bersama pasangan akan mudah untuk mengingat momen bersama ketika melihat foto tersebut. Anda juga memasang mahar foto bersama pasangan ini di ruangan keluarga atau ruang tamu.

Cara membuat mahar pernikahan pun cukup simpel, anda tinggal mengaplikasikan foto bersama pasangan diatas susunan uang kertas yang menjadi mahar pernikahan. Foto bersama pasangan ini akan lebih bagus jika memiliki desain transparan sehingga mahar uang bisa terlihat. Hal ini bertujuan untuk membuat orang yang melihat sadar, jika foto tersebut bukan hanya sekedar foto bersama namun juga mahar pernikahan.

Mahar Berbentuk Kapal

Mahar pernikahan yang dibentuk seperti layaknya kapal berlayar mungkin bisa menjadi simbol pernikahan anda bersama pasangan. Mahar yang berbentuk kapal akan melambangkan bahtera dalam rumah tangga. Meskipun ombak yang akan menderu bahtera rumah tangga, namun bisa dilewati berdua. Ini juga menjadi simbol bahwa pernikahan tidak selamanya selalu mulus ketika dijalani. Anda dan pasangan harus memiliki sikap bergotong royong dalam membangun rumah tangga.

Untuk membuat mahar berbentuk kapal ini, anda akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Pertama anda harus menyiapkan uang pecahan seribu rupiah sebanyak mungkin. Selain itu ada juga uang pecahan lima ribu rupiah dan koin 100 rupiah. Kemudian susun uang seribu rupiah tersebut sehingga membentuk sebuah layar pada kapal. Selain itu itu uang pecahan lain digulung sehingga bisa membentuk bagian bawah kapal.

Membentuk Gambar Wayang

Selain membuat hiasan yang indah, anda juga membuat mahar dengan bentuk seperti wayang. Bentuk wayang mungkin akan terlihat sulit untuk dibuat, karena memerlukan detail yang teliti. Cara membuat mahar pernikahan ini anda harus menyiapkan pecahan yang cukup banyak. Anda bisa mengkombinasikan tanggal pernikahan sesuai dengan angka untuk maharnya. Sehingga akan lebih terkesan saat melangsungkan pernikahan.

Ada banyak sekali model mahar yang bisa anda pilih dan sesuai dengan selera. Anda bisa memilih membuat mahar berbentuk wayang, kapal ataupun scrapbook. Usahakan untuk memilih mahar yang berkesan bagi masing masing pasangan. Untuk membuat mahar yang berkesan, maka tidak perlu memberikan mahar yang mahal karena mahar yang lebih berkesan jauh lebih berarti.

No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter