Slider

8 Inspirasi Contoh Undangan Pernikahan Unik Dan Bermanfaat, Simak Disini!


Sebelum menggelar resepsi pernikahan, tentu anda akan disibukkan dengan sederet persiapan, salah satunya adalah memilih desain undangan yang berkesan. Di pasaran sudah beredar berbagai model undangan pernikahan menarik nan elegan. Namun, jarang yang menyajikan undangan bermanfaat. Berikut inspirasi contoh undangan pernikahan unik dan bermanfaat, yang bisa dicoba.

Inspirasi Desain Undangan Pernikahan Unik Dan Bermanfaat


Undangan Bibit Tanaman Yang Bisa Ditanam

Agar terlihat menarik, undangan biasanya akan didesain sedemikian rupa sehingga tampilannya tampak indah dan elegan. Mulai dari menambahkan unsur bunga, daun, beragam warna, hingga penggunaan font tulisan. Dalam hal ini, tentu akan membingungkan kedua pasangan mempelai. Apalagi, saat ini tersedia banyak pilihan desain undangan menarik yang beredar di pasaran.

Akan tetapi, semenarik apapun tampilan undangan pernikahan, sayangnya kertas tersebut sering berakhir di tempat pembuangan sampah. Mengingat hal ini, sepatutnya anda tidak hanya memikirkan desain unik saja, namun juga mempertimbangkan segi fungsional. Dengan demikian undangan pernikahan akan bisa dimanfaatkan oleh pihak penerima.

Oleh karena itu, sebaiknya anda menghadirkan kartu pernikahan yang bermanfaat, misalnya saja undangan bibit yang bisa ditanam. Mungkin beberapa masih asing dengan model undangan unik tersebut, namun sebenarnya sudah tidak sedikit calon pengantin yang menggunakannya. Bahkan, mulai banyak juga vendor yang menawarkan kartu pernikahan ini.

Jadi, disamping menyampaikan informasi, contoh undangan pernikahan unik tersebut juga memiliki bibit tanaman yang bisa ditanam penerima. Biasanya, jenis tanaman yang sering digunakan adalah bunga. Pada bagian pembungkus akan tertulis langkah perawatan dan penanaman. Disamping membuat penerima terkesan, tentu undangan unik ini akan membawa manfaat yang baik.

Undangan Desain Blocknote

Biasanya, blocknote sering dijadikan sebagai merchandise untuk kegiatan seminar, workshop, dan sebagainya. Agar terlihat berbeda dari lainnya, anda bisa menjadikan blocknote tersebut sebagai inspirasi undangan pernikahan. Memang belum umum untuk digunakan, namun disamping akan menarik perhatian, tentunya undangan akan bisa dimanfaatkan oleh penerima.

Seperti yang diketahui, undangan pernikahan mampu menunjukkan identitas penyelenggara sekaligus gambaran pesta. Dengan memberikan undangan yang berpenampilan menarik dan unik, tentu calon tamu akan penasaran dan memutuskan untuk menghadiri resepsi. Apalagi, jika anda menyajikan undangan yang membawa manfaat, pastinya akan berkesan bagi penerima.

Untuk membuat undangan desain block note pun sangat mudah. Di bagian cover, anda bisa menuliskan informasi terkait pernikahan. Tak lupa tambahkan background atau hiasan menarik, agar undangan terlihat lebih indah. Sedangkan untuk bagian dalam undangan blocknote, anda bisa menyajikan tampilan kertas kosong. Jikapun menambahkan desain, usahakan tampilannya transparan.

Undangan Pernikahan Tote Bag

Contoh undangan pernikahan unik lainnya adalah yang mengusung desain totebag. Jika anda merasa kartu dari kertas terlalu umum dan kurang kekinian, tak ada salahnya untuk menggunakan inspirasi desain ini. Dengan konsep totebag, tentu akan membuat undangan pernikahan anda lebih fungsional, sehingga tidak akan berakhir di tempat pembuangan sampah.

Perlu anda tahu, undangan dengan bentuk tas ini belakangan mulai banyak diminati calon mempelai pengantin. Selain bermanfaat untuk penerima, undangan ini juga membuat anda lebih menghemat, pasalnya tidak perlu menghadirkan souvenir pernikahan lagi. Dengan demikian, biaya pengadaan souvenir bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan lainnya.

Di era yang mengusung gaya hidup ramah lingkungan ini, menghadirkan undangan bentuk totebag menjadi pilihan yang tepat. Penerima bisa memanfaatkannya untuk menunjang berbagai kegiatan, misalnya saja belanja. Dengan demikian, secara tidak langsung anda turut serta  mengajak orang untuk menerapkan gaya hidup ramah lingkungan.

Undangan Model Sapu Tangan Atau Serbet Makan

Mungkin inspirasi undangan pernikahan ini jarang terpikirkan oleh kebanyakan calon mempelai pengantin. Namun jika anda mengusung konsep tersebut, tentu akan membuat undangan ada terlihat lebih unik. Disamping itu, undangan model sapu tangan atau serbet makan juga dirasa lebih membawa manfaat bagi penerima, sehingga undangan anda tidak akan berakhir sia sia.

Dalam hal ini, gunakan kain dengan tampilan polos, supaya informasi pernikahan tertulis dengan jelas. Jika pun ingin menggunakan kain bercorak, pastikan motif tersebut tidak mengganggu isi undangan pernikahan. Sangat disarankan untuk tidak menggunakan motif kotak seperti pada desain sapu tangan atau serbet makan pada umumnya.

Agar undangan yang anda hadirkan mempunyai tampilan menarik, tambahkan ornamen hiasan di bagian tepi kain. Akan lebih baik lagi jika anda memotong tepian saputangan menjadi bentukan bergelombang. Contoh undangan pernikahan unik ini bisa anda cetak dengan menggunakan teknik sablon, supaya lebih menghemat pengeluaran.

Undangan Bentuk Kalender

Meskipun terkesan sepele, namun kalender pasti akan dibutuhkan oleh semua orang. Tanpa adanya kalender, anda tidak akan mengetahui tanggal dengan baik. Walaupun sudah tersedia kalender digital pada setiap ponsel, namun kehadiran penunjuk tanggal secara fisik masih dibutuhkan. Pasalnya, kalender fisik bisa mudah dicoret untuk menandai tanggal acara atau kegiatan.

Melihat hal tersebut, anda bisa memanfaatkan kesempatan ini dalam membuat undangan pernikahan yang unik dan mempunyai fungsi. Apabila anda melangsungkan pernikahan di akhir tahun atau awal tahun, menghadirkan undangan dengan konsep kalender menjadi pilihan yang paling tepat. Karena, di waktu ini biasanya orang masih belum mempunyai kalender dalam bentuk fisik.

Undangan Dalam Bentuk Kipas

Ketika siang hari, apalagi saat memasuki musim kemarau, suhu udara di Indonesia akan terasa panas. Hal ini tentu akan membuat siapa saja terasa kegerahan, sehingga membutuhkan penyejuk untuk mendinginkan, salah satunya kipas. Jika anda tinggal di daerah yang berhawa panas, tak ada salahnya untuk menghadirkan undangan pernikahan dalam bentuk kipas.

Disamping unik, inspirasi undangan pernikahan tersebut akan bermanfaat bagi penerima. Sehingga, undangan anda tidak akan berakhir percuma di tempat sampah. Karena, contoh undangan pernikahan unik tersebut bisa digunakan untuk mengusir hawa panas, dikala cuaca sedang tidak bersahabat. Selain itu, dengan cara ini anda juga akan lebih hemat, karena tidak perlu membuat souvenir.

Undangan Bentuk Pembatas Buku

Mungkin, ide unik ini juga sering tidak terpikirkan oleh calon mempelai pengantin. Daripada anda mencetak undangan pernikahan mahal yang ujungnya berakhir di tempat sampah, lebih baik membuat wedding invitation yang lebih bermanfaat, misalnya saja bentuk pembatas buku. Karena bentuknya yang cenderung kecil, tentu anda tidak akan mengeluarkan biaya terlalu banyak.

Undangan Model Dompet

Konsep undangan pernikahan unik dan bermanfaat lainnya adalah dengan mengusung model dompet. Benda tersebut pasti akan dibutuhkan oleh siapa saja untuk menyimpan uang atau keperluan lainnya. Contoh undangan pernikahan unik tersebut selain bermanfaat untuk penerima, secara tidak langsung akan membuat anda bisa memangkas biaya pengadaan souvenir.

Itulah beberapa inspirasi desain yang bisa anda pilih, jika ingin undangan pernikahan terkesan berbeda dari lainnya. Anda bisa menggabungkan undangan pernikahan dan souvenir, untuk menghadirkan surat yang unik dan bermanfaat. Memang masih jarang dilakukan, tetapi konsep tersebut tentu akan membuat undangan yang anda hadirkan lebih fungsional untuk penerima.

No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter