Slider

8 Jenis Usaha Ternak Burung Yang Menjanjikan Saat ini

 


Burung adalah hewan yang sungguh indah kicaunya. Melihat potensi ini, tentunya bbisa menjadi ide usaha yang tidak kalah menarik. Nah, ternak burung bisa menjadi bisnis dengan peluang yang cukup besar. Pasalnya, perkembangan bisnis yang menjanjikan ini disambut dengan pasar yang tidak pernah habis. 

Dimulai dari sekadar hobi, banyak orang terjun ke dunia bisnis ternak burung. Prospek menjanjikan bukan hanya angin segar biasa.

Hal ini didukung oleh jumlah pelaku hobi burung, baik burung kicau maupun burung ternak semakin bertambah. Bisnis ternak burung juga terbilang lebih cepat panen. Apalagi, modal yang dibutuhkan relatif lebih terjangkau. Jangan khawatir persoalan tempat. Pasalnya bisnis ternak burung ini cocok untuk dibuka dimana saja. Apalagi di daerah-daerah pedesaan dan pinggir kota. Jumlah peminat yang terus meningkat disertai dengan harga burung yang semakin naik.

Lalu, kira-kira jenis burung apa ya yang membawa prospek menjanjikan di tengah usaha ternak burung? Mari simak artikel di bawah ini.

1# Love Bird

Love bird yang mungil dan lucu ini memang kerap menggoda pecinta burung. Ya, burung ini merupakan salah satu jenis burung ternak yang paling terkenal. Kelebihannya, burung ini juga mudah didapatkan di Indonesia. Nah, burung ini termasuk ke dalam kelas burung kicau. Love bird juga memiliki suara kicauan merdu dan khas.

Meski gampang-gampang susah, perlu melatih kicauannya agar merdu. Dengan begitu, menjual burung love bird dengan harga lebih tinggi bukan hal mustahil. Meski demikian, melatih kicau burung memakan waktu yang cukup lama. 

Menariknya, dalam beternak love bird, modal yang dibutuhkan relatif kecil. Bahkan dengan modal kurang dari 500 ribu pun sudah bisa memulai bisnis. Namun harga lovebird yang tidak pandai berkicau pun juga lebih murah. Sekitar 50 hingga 100 ribu per ekornya.

2# Kolibri

Berikutnya adalah burung kolibri. Dapat dikatakan burung ini merupakan burung hias sekaligus burung kicau. Sebab ia memiliki tubuh yang sangat eksotis dan kicauan yang merdu.

Dibandingkan lovebird, harga burung kolibri jauh lebih mahal. Per ekornya bisa dijual dengan kisaran 100 ribu hingga 500 ribu.

Maka diperlukannya mengeluarkan modal yang cukup besar untuk memulai usaha ternak kolibri ini. Namun tentunya, potensi omzet yang diperoleh juga jauh lebih besar. Sebab peminat burung kolibri juga tidak kalah banyak meskipun burung ini dijual dengan harga yang mahal.

3# Murai Batu

Bisnis burung yang ketiga ini bisa dibilang memiliki omzet yang paling besar dan paling menguntungkan dibandingkan dua lainnya. Sebab murai batu terkenal sebagai salah satu burung kicau termahal yang dijual di Indonesia.

Meskipun murai batu tergolong jenis burung dengan ukuran kecil, namun harga murai batu bisa mencapai 3 juta per ekor nya. Murai batu sering dijadikan maskot oleh banyak grup komunitas pecinta burung di Indonesia dikarenakan saking mahal dan terkenalnya.

Usaha ternak murai batu ini sebenarnya lebih cocok untuk dijalani oleh mereka yang sudah mengerti dalam dunia burung kicau. Mengingat modal yang perlu dikeluarkan cukup besar, hingga belasan juta rupiah. Dan bila burung murai batu ingin dijual dengan haega yang mahal maka harus dirawat secara khusus tidak seperti burung biasa. 

4# Cendet

Jenis burung yang paling menguntungkan untuk diternak yang berikutnya adalah burung cendet. Burung ini merupakan jenis burung kicau yang terkenal dapat menirukan hampir seluruh suara burung kicau lain.

Meskipun memiliki keahlian yang cukup memukau, harga burung cendet ini terbilang lebih murah kisaran harga 150 hingga 300 ribu per ekornya. Bahkan anakan burung cendet ada yang dijual dengan harga dibawah 100 ribu per ekor.

Sehingga, usaha ternak burung cendet bisa dilakukan oleh seorang pemula sekalipun. Sebab modal yang diperlukan relatif lebih kecil dan perawatan burung cendet juga lebih mudah. Modal awal untuk membuat bisnis ternak cendet biasanya sekitar 3 hingga 5 juta termasuk bibit burung dan kandang.

5# Ciblek

Hampir mirip dengan lovebird, burung ciblek juga salah satu burung yang paling menguntungkan untuk diternakan dan paling mudah ditemukan di Indonesia. Sehingga harga jualnya cukup rendah bila dibandingkan burung lainnya.

Harga burung ciblek biasanya kisaran 60 ribu hingga 150 ribu untuk satu ekor anakan burung. Sedangkan untuk burung yang sudah dilatih dan bisa berkicau dengan merdu, harganya bisa melonjak hingga 300 ribu per ekornya.

Untuk beternak burung ciblek, hal yang dibutuhkan sama seperti ternak burung lovebird. Yaitu cukup menyiapkan kandang dengan tempat makan dan minum, serta sepasang indukan burungnya. 

6# Jalak Suren

Berikutnya merupakan jenis burung ternak yang paling menguntungkan dengan omzet tinggi, yaitu jalak suren. Menurut beberapa peternak, omzet bulanan dari hasil bisnis ini bisa mencapai kisaran belasan hingga puluhan juta.

Burung kicau yang satu ini bisa dijual dengan harga 500 ribu hingga 1 juta per satu ekor burung dewasa. Sedangkan untuk anakannya biasanya dijual dengan harga 350 ribu.

Untuk kalian yang belum tahu, burung jalak suren ini hampir mirip dengan burung beo, yang bisa menirukan suara-suara yang ia dengar

7# Falk

Berbeda dengan burung lainnya yang kebanyakan merupakan burung kicau, falk ini merupakan burung hias yang cukup popular di Indonesia. Umumnya, burung ini dipelihara untuk atraksi free fly bersama komunitas dan pemilik burung falk lainnya.

Harga burung falk juga cukup tinggi, sehingga sangat cocok untuk kita jadikan ladang bisnis. Untuk harga anakan burung falk biasanya dijual sekitar 400 ribu per ekornya. Sedangkan untuk yang sudah dewasa bisa dijual mencapai 3 juta per satu pasang.

Namun perawatan burung falk lumayan rumit. Khususnya ketika melatih burung untuk bisa atraksi free fly. Sehingga kebanyakan burung falk dijual sejak masih anakan.

8# Kenari

Jenis usaha ternak burung yang paling menguntungkan yang terakhir adalah ternak kenari. Mukin beberapa dari kalian sudah tidak asing lagi dengan jenis burung kicau yang satu ini.

Kenari merupakan burung berbadan kecil namun terkenal akan kicauannya yang sangat nyaring. Harga burung kenari di Indonesia juga relatif murah. Mulai dari 50 ribu hingga 300 ribu.

Salah satu kesulitan dalam beternak kenari adalah ketika perlunya melatih kicauannya agar nyaring. Semakin bagus kicauan burung maka semakin mahal harganya. Namun dalam melatihnya, diperlukan waktu relatif cukup lama serta teknik-teknik tertentu.

Demikianlah beberapa jenis usaha ternak burung yang paling menjanjikan di tahun 2020 ini. Kebanyakan memang jenis burung kicau yang paling berpotensi menghasilkan omzet tinggi dari bisnis yang satu ini.


No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter