Slider

Begini Cara Mengaktifkan Mode Gelap/Dark Mode di YouTube (Semua Platform)

Dark Mode/Mode gelap menjadi semakin populer sebagai sarana untuk melihat layar kita. Anda dapat melakukannya di PC, Laptop, iOS, Android, dan sejumlah aplikasi dan platform lainnya. YouTube merupakan salah satu platform yang memiliki fitur tersebut, meskipun cara mengaktifkan fitur tersebut telah berubah sedikit dari waktu ke waktu. sebelum membahas cara setting youtube ke mode gelap alangkah baiknya kita tahu arti dari Dark Mode/Mode Gelap.

Apa Itu Dark mode/Mode Gelap – Dan Haruskah Anda Menggunakannya?

Dark Mode/Mode Gelap adalah fitur pengaturan tampilan untuk antarmuka pengguna. Mode gelap YouTube memungkinkan pengguna untuk mengubah latar belakang YouTube dari putih menjadi hitam. Juga dikenal sebagai ‘mode malam/night mode’, mode gelap sangat bagus di ruangan gelap atau bagi mereka yang lebih menyukai sesuatu yang sedikit lebih mudah dilihat.

Apakah manfaat menggunakan mode gelap?

Sebenarnya penelitian tentang efek mode gelap masih jauh dari konklusif. Tetapi secara anekdot, beberapa orang mengklaim bahwa menggunakan mode gelap memang menguntungkan mereka.

Mode gelap dapat mengurangi ketegangan mata

Pengguna mode gelap mengklaim bahwa dengan  mengaktifkan mode gelap dapat meningkatkan jumlah kontras antara teks yang Anda baca dan latar belakang. Secara teori, ini akan membuatnya lebih mudah dibaca di perangkat Anda. Karena membaca untuk waktu yang lama di layar dapat menyebabkan ketegangan mata dan mata kering, Sehingga baiknya Anda mencoba untuk mengistirahatkan mata Anda.

Mode gelap dapat mengurangi paparan cahaya biru

Paparan cahaya biru memang telah menunjukkan efek samping, seperti kesulitan tidur dan ketegangan mata. Sehingga Mode gelap mungkin merupakan solusi  mengurangi eksposur Anda ke cahaya biru, tetapi selain menggunakan mode gelap anda juga dapat melakukannya  dengan menurunkan kecerahan layar Anda menjadi lebih gelap, terutama jika anda berada di ruangan yang di sekitar Anda gelap.

Mode gelap dapat meningkatkan masa pakai baterai pada perangkat Anda

Ngomong-ngomong Ini bukan manfaat kesehatan. Tetapi jika Anda sering melihat menggunakan  layar, tidak ada salahnya untuk menggunakan mode gelap karena dapat menghemat daya batre satu atau dua jam. 

ok kembali ke topik utama cara mengubah Dark mode/mode gelap pada youtube.

Mengaktifkan mode gelap YouTube

Karena ada banyak perangkat yang dapat digunakan untuk menonton streaming video YouTube (jangan sampai kecanduan nonton youtube terus ya guys), saya akan membahas cara mengaktifkan mode gelap YouTube di yang paling populer: desktop, iOS, dan Android.

Cara mengaktifkan mode gelap YouTube di desktop Anda (PC atau Mac)

Pada jaman sekarang pasti lebih banyak orang suka streaming video di ponsel, namun masih ada beberapa orang– seperti saya salah satunya  – yang suka menonton video Youtube masih menggunakan laptop.  biasanya saya menonton youtube saat makan siang setiap hari (kebanyakan yang saya tonton hewan lucu melakukan hal-hal aneh).

Bagi Anda yang ingin mengaktifkan mode gelap YouTube di browser web Anda, mulailah dengan membuka YouTube.com.


Dari dropdown menu, klik “Appreance Device Theme-> Dark Theme.”  

Sekarang Anda dapat menavigasi kembali ke layar beranda dan mulai menjelajahi YouTube untuk video favorit Anda dengan mode gelap. Di bawah ini adalah  tampilan layar beranda Anda setelah Anda mengaktifkan mode gelap YouTube di desktop Anda.


Cara mengaktifkan mode gelap YouTube di iPhone/Android

mode gelap pada perangkat seluler sebenarnya hadir setelah mode gelap pada PC atau Laptop. Mode gelap sekarang tersedia untuk iOS dan juga Android. Mengaktifkan mode gelap di YouTube untuk Android dan iOS sangat gampang. cara mengaktifkan mode gelap pada ios/android kurang lebih hampir sama.


langkapnya sebgai berikut. Cukup buka aplikasi YouTube, lalu ketuk ikon profil Anda di sudut kanan atas -> Pengaturan -> Umum -> Tampilan.


hmmm.. sekarang kita bisa mulai streaming dalam mode gelap YouTube! Nah, itu dia, teman-teman cara mengaktifkan mode gelap pada youtube. selamat mencoba. 

 

Apakah Anda penggemar YouTube? tolong bila berkenan Menulis review! thx



No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter