Slider

begini mama cara mengajarkan anak 1 tahun sikat gigi


Setiap orang tua tentu saja merasa senang ketika anak mereka itu mengalami pertumbuhan. Hal itu bisa di lihat dari bagaimana mulai dari seorang bayi yang  baru lahir tidak bisa berbuat apa-apa hingga tumbuh berkembang menjadi anak-anak hingga dewasa. Tentu saja di sini dalam mengalami proses yang semacam itu ada hal yang berubah pada anak itu.

Di mana kita tahu dalam masa pertumbuhannya ada hal yang dipelajari oleh anak. Sebagai contoh di sini adalah anak itu sudah bisa merangkak, bicara, berjalan, dan masih banyak lagi kemajuan yang dialami oleh anak pada masa tumbuh kembangnya. Tentu saja di sini dalam mendampingi anak yang mengalami kemajuan di dalam proses hidup anak tidak mudah menjadi orang tua.

Salah satu jenis proses perkembangan hidup yang dialami oleh seorang anak seperti halnya adalah di mana anak itu sudah tumbuh gigi. Dan tentu saja di sini hal itu membuat senang orang tuanya karena anak sudah bisa mengonsumsi makanan yang sedikit keras. Tentu saja di sini anak juga perlu untuk di ajarkan bagaimana cara untuk bisa menjaga kebersihan termasuk juga kebersihan pada gigi.

Tidak mudah memang untuk para orang tua yang akan mengajarkan pada anak  mereka mengenai menyikat gigi. Hal itu tentu saja memberikan rasa kegalauan tersendiri untuk para orang tua.

Nah untuk menjawab kegalauan orang tua, di bawah ini kami akan memberikan informasi yang berguna dan berguna untuk anda semua para orang tua untuk mengajari anak 1 tahun menggosok gigi. Penasaran kan? Yuk kita baca dan juga simak bersama sama penjelasan yang akan kami tulis dan sampaikan seperti yang ada di bawah ini.

Ajak dan biarkan anak untuk memilih

Setiap bulan tentu ibu biasanya melakukan belanja bulanan ke supermarket kan? Nah jika demikian ketika anda sedang berbelanja ajaklah anak anda. Kemudian di sana anda bisa meminta dan memberikan kebebasan anak anda untuk memilih bentuk sikat gigi mana yang di sukai oleh anak. Selain itu di sini anda juga bisa memberikan kebebasan pada anak untuk memilih rasa apa yang anak pilih untuk pasta gigi. Dengan cara yang demikian anak akan menjadi lebih bersemangat dalam melakukan kegiatan menyikat gigi.

Ajak anak untuk menggosok gigi

Cara lain yang bisa dilakukan oleh para orang tua agar bisa mengajari anak mereka untuk menggosok gigi adalah ajaklah anak untuk melakukan gosok gigi bersama. Hal itu dilakukan dengan tujuan untuk membuat anak merasa di temani ketika sedang melakukan kegiatan menggosok gigi.

Memberikan contoh

Biasanya di sini sebagian  besar orang tua itu hanya meminta untuk anaknya untuk mau melakukan apa yang di perintahkan tanpa orang tua itu memberi contoh pada anaknya. Hal yang semacam itu tentu saja kurang tepat. Karena tentu kita tahu bahwa pada masa anak anak biasanya mereka akan menirukan apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Maka dari itu cara lain yang bisa dilakukan agar para orang tua itu agar tidak hanya sekedar menyuruh anaknya saja. Namun juga perlu untuk memberikan contoh pada anak mereka ketika menyuruh untuk melakukannya.

Ajaklah anak untuk melakukan secara rutin

Cara lain yang bisa dilakukan oleh para orang tua untuk bisa mengajarkan anaknya belajar untuk menggosok gigi adalah orang tua perlu untuk mengajak anak untuk melakukan itu tiap hari. Karena biasanya di sini sebagian besar orang tua itu hanya menyuruh ketika di awal awal saja. Maka dari itu untuk anak yang berusia anak anak orang tua perlu untuk mengingatkan dan juga mengajak anak secara rutin dalam menggosok gigi.

Ajarkan pada anak bahwa itu sebuah kebutuhan

Hal lain yang bisa dilakukan oleh para orang tua agar bisa meengajarkan anak mereka untuk menggosok gigi adalah perlu memberikan penyadaran pada anak bahwa menggosok gigi adalah sebuah kebutuhan. Maka dari itu di sini penting bagi para orang tua untuk mengajarkan pada anak mengenai penyadaran tersebut. Dengan cara yang demikian anak akan sadar akan hal yang semacam itu.

Perlu untuk memastikan bahwa wastafel mudah di jangkau oleh anak

Cara lain yang bisa dilakukan oleh para orang tua untuk mengajarkan pada anak usia 1 tahun untuk menggosok gigi adalah anda perlu untuk memastikan agar wastafel itu bisa dijangkau oleh anak. Apabila wastafel itu  terlalu tinggi anda bisa mencarikan kursi atau sesuatu yang bisa membantu anak itu bisa berdiri. Dengan cara yang demikian bisa mengajarkan anak untuk menggosok gigi.

Menyediakan kaca dekat wastafel

Selain itu cara lain yang bisa dilakukan oleh para orang tua untuk bisa mengajarkan menyikat gigi pada anak yang berusia 1 tahun adalah anda perlu untuk menyediakan kaca yang berada tidak jauh dari wastafel. Ada pun hal itu dilakukan dengan maksud agar anak itu bisa melihat bagaimana cara untuk melakukan proses menggosok gigi dengan baik dan benar. Hal itu dengan bisa anda gunakan untuk bagaimana cara agar bisa mengajarkan anak umur 1 tahun itu melakukan kegiatan menggosok gigi.

Memberikan pujian pada anak

Hal lain yang perlu untuk dilakukan oleh para orang  tua agar bisa mengajarkan anak usia 1 tahun itu menggosok gigi adalah dengan memberikan pujian. Di mana kita semua tentu sudah tahu bahwa setiap orang tentu saja merasa senang dan juga bangga jika mendapat ungkapan pujian dari orang lain. Begitu pula di sini dengan anak anak itu sendiri. Ketika mereka mendapatkan sebuah pujian mereka akan merasa senang. Maka dari itu di sini penting bagi para orang tua memberikan pujian pada anak mereka. Terlebih ketika mereka itu mau menggosok gigi baik itu dilakukan bersama dengan orang tua maupun hal itu dilakukan sendiri. Atau di sini anda juga bisa memuji kebersihan gigi anak anda setelah ia melakukan kegiatan menggosok gigi. Degan cara yang demikian bisa membuat anak anda menjadi bangga atas apa yang sudah dilakukannya. Sekaligus juga di sini bisa membuat anak itu merasa termotivasi untuk mau kegiatan menggosok gigi secara rutin setiap harinya agar tetap bersih dan sehat.

Nah  itulah tadi beberapa informasi dan juga tips yang bisa kami bagikan untuk anda semua mengenai bagaimana cara mengajari anak umur 1 tahun itu menggosok gigi. Semoga informasi yang kami bagikan itu bisa berguna dan juga bermanfaat untuk anda semua para orang tua yang mempunyai anak batita. Terlebih di sini untuk para orang tua yang mempunyai anak batita susah untuk menggosok gigi.

No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter