Slider

Berencana Menikah? Kenali Dahulu 7 Tujuan Pernikahan Dalam Islam


Mengenal Tujuan dari Pernikahan Menurut Pandangan Islam

Pernikahan merupakan salah satu masa depan yang mungkin akan diinginkan hampir semua orang. Hal ini dikarenakan dengan menikah menjadi salah satu cara untuk membangun sebuah rumah tangga yang serius. Oleh sebab itu, pernikahan bukan lah hal yang bisa dianggap sepele. Pasalnya, di dalam pernikahan terdapat faqih yang harus anda tahu. Untuk itu, berikut ini akan dibahas tujuan pernikahan dalam islam. Simak ulasan selengkapnya.

Merupakan Sebuah Bentuk Investasi Untuk di Akhirat

Dapat dikatakan dengan menikah merupakan salah satu bentuk investasi yang bisa anda dapatkan ketika berada di akhirat. Hal ini dikarenakan lahirnya anak yang diperoleh dari pernikahan akan menjadi bentuk investasi yang dimiliki oleh kedua orang tua. Untuk itu, dengan diberikan anak yang sholeh dan juga sholehah dapat menjadi salah satu peluang yang dimiliki oleh kedua orang tua untuk memperoleh surga ketika nanti berada di akhirat.

Untuk itu, dengan memiliki bekal dan juga ilmu agama yang telah diperoleh selama berada di dunia, maka hal ini juga bisa menjadi penolong bagi kedua orang tua setelah meninggal dunia. Sehingga, mendidik anak dengan baik dalam pernikahan yang sah akan memberikan berbagai macam manfaat yang nantinya akan bisa untuk anda peroleh. Hal ini menjadi salah satu tujuan pernikahan dalam islam yang perlu anda tahu.

Untuk Memperoleh Keturunan

Tujuan pernikahan selanjutnya adalah untuk memperoleh keturunan. Hal ini dikarenakan dengan memiliki anak dapat menjadi penuntun anda selama berada di akhirat. Terutama jika anda memiliki anak yang sholeh dan sholehah. Hal ini sesuai dengan yang dikatakan pada surat An Nahl ayat ke 72. Dimana Allah SWT telah berfirman, bahwa Dan Allah menjadikan bagimu pasangan (suami atau isteri) dari jenis kamu sendiri.

Dan menjadikan anak dan cucu bagimu dari pasanganmu, serta memberimu rizki dari yang baik. mengapa mereka beriman kepada yang bathil dan mengingkari nikmat Allah? Untuk itu, berdasarkan arti dari ayat tersebut dapat dikatakan bahwa tujuan pernikahan dalam Islam adalah untuk memperoleh anak atau keturunan. Dengan begitu, dapat memberikan harapan bahwa keturunan nantinya yang akan diperoleh adalah yang memiliki akhlak dan budi pekerti yang luhur.

Untuk Memperoleh Ketenangan

Selain untuk mendapatkan keturunan, maka di dalam Islam sendiri pernikahan memiliki tujuan untuk memperoleh banyak manfaat lainnya. diantaranya adalah untuk bisa mendapatkan ketenangan. Ketika anda telah menikah, maka anda pun nantinya akan diberikan rasa tentram sekaligus tenang. Rasa sakinah pun juga bisa anda dapatkan setelah melalui pernikahan.

Untuk itu, ketika anda menikah sebaiknya anda tidak hanya memikirkan perasaan dalam bentuk biologis saja. contohnya seperti nafsu syahwat saja. Hal ini dikarenakan dengan begitu, anda pun tidak akan bisa merasa tenang. Pasalnya, anda akan memiliki sifat menuntut dan dituntut kepada pasangan. Tentu saja hal ini tidak bisa untuk menumbuhkan ketenangan pada diri pasangan yang telah menikah.

Dapat Memperkuat Ibadah

Tak hanya itu saja, tujuan pernikahan dalam Islam juga sebagai bentuk ibadah kepada Tuhan. Hal ini dikarenakan pernikahan merupakan salah satu hal yang paling mulai. Pasalnya, dengan adanya pernikahan akan menjadi salah satu momen untuk mampu menjaga kehormatan dan akan terhindar dari hal hal lain yang memang tidak diperbolehkan oleh agama. Contohnya saja seperti berzina.

Menurut HR. Muslim No. 1400, Rasulullah pernah bersabda bahwa Wahai para pemuda, barang siapa diantara kalian yang berkemampuan untuk menikah, maka menikahlah. Karena nikah itu lebih menundukkan pandangan, lebih membentengi farji (kemaluan). Dan barang siapa yang tidak mampu maka hendaklah ia shaum (puasa), karena shaum itu dapat membentengi dirinya.

Untuk itu, dengan menikah pun dapat menjadi salah satu cara untuk menundukkan pandangan dan sebagai benteng untuk menghindari melakukan perbuatan yang tercela. Dimana perbuatan yang keji dan kotor tersebut mampu merendahkan martabat dari seseorang. Sehingga, dalam Islam sendiri sebuah pernikahan akan mampu untuk memelihara serta melindungi dari kerusakan dan kekacauan di masyarakat.

Sebagai Bentuk Penyempurnaan Agama

Hal lain yang menjadi salah satu tujuan menikah di dalam Islam adalah sebagai bentuk penyempurnaan agama. Hal ini dikarenakan Islam memandang pernikahan ini sebagai bentuk untuk menyempurnakan agama. Pasalnya, dengan menikah maka separuh dari agama telah terpenuhi. Sehingga salah satu tujuan pernikahan dalam Islam adalah untuk menyempurnakan agama. Dimana dengan begitu, akan bisa membuat seorang Muslim menjadi lebih taat untuk beribadah.

Bahkan Rasulullah sendiri pun pernah bersabda, Apabila seorang hamba menikah, maka telah sempurna separuh agamanya, maka takutlah kepada Allah SWT untuk separuh sisanya. Hal ini diungkapkan pada HR Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman. Sehingga, ini pun akan menjadi salah satu hal penting yang perlu untuk anda tahu, bahwa menikah di dalam Islam sebenarnya memiliki pahala yang besar.

Sebagai Tuntutan Dari Naluri Manusia

Selain itu, menikah sendiri merupakan hal yang dianjurkan bagi mereka yang memang telah mampu. Pasalnya, melalui pernikahan adalah salah satu bentuk fitrah dari manusia. Tak hanya itu saja, serta termasuk naluriah dari kemanusiaan itu sendiri. Hal ini dikarenakan manusia telah dipenuhi dengan hawa nafsu. Sehingga akan kah lebih baik jika disegerakan untuk menikah.

Dengan begitu, akan mampu untuk menghindari fitnah dan perbuatan yang zina. Hal ini dikarenakan apabila nafsu seorang manusia tidak terpenuhi, tak jarang malah mampu untuk menjerumuskan untuk menempuh jalan yang memang dilarang atau diharamkan oleh Allah. Untuk itu, fitrah manusia memang berpasang pasang antara laki laki dan perempuan untuk mengisi satu sama lain dan juga saling melengkapi.

Sebagai Bentuk Untuk Melaksanakan Sunnah Rasul

Tujuan pernikahan dalam Islam yang paling utama adalah untuk menjauhkan diri dari perbuatan yang maksiat. Untuk itu, sebagai seorang muslim pastinya anda akan menjalankan dan mengikuti apa yang memang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Untuk itu, dengan melangsungkan pernikahan, selain mencegah agar tidak berbuat zina juga bisa menjadi salah satu bentuk untuk melaksanakan sunnah Rasul.

Dengan begitu, ketika anda menikah maka anda pun juga telah mencontoh hal yang dilakukan oleh Rasulullah. Anda pun bisa melakukan hal yang memang telah menjadi panutan bagi umat Islam di dalam menjalani kehidupan sehari hari. Sehingga, ketika anda melakukan pernikahan dalam menjadi salah satu bentuk bahwa anda telah menjalankan salah satu sunnah dari Rasulullah.

Itulah beberapa tujuan menikah menurut pandangan Islam. Untuk itu, bagi anda yang telah mampu untuk menikah maka sebaiknya anda segera melangsungkan sunnah Rasul satu ini. dengan begitu, akan mampu meningkatkan ibadah anda dan juga sebagai bentuk untuk menghindarkan diri dari perbuatan yang kotor dan diharamkan dalam Islam, salah satunya adalah zina maupun berhubungan badan dengan yang bukan muhrimnya.

No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter