Slider

Bisa Jadi Inspirasi, Berikut 6 Kata – Kata Undangan Pernikahan Islami Bermakna


Dalam sebuah undangan pernikahan, kata – kata merupakan hal terpenting untuk menyampaikan tujuan dari undangan. Khususnya bagi Muslim, kata – kata bukan hanya sekedar ucapan. Namun juga berarti doa dan harapan yang diberikan kepada kedua mempelai kepada para kerabat dan teman dekat yang akan hadir di pernikahan. Jika anda ingin acara lebih berkesan dan bermakna, berikut contoh kata – kata undangan pernikahan Islami.

Enam Contoh Kata Undangan Pernikahan Yang Penuh Makna Yang Bisa Anda Terapkan

Contoh kalimat Untuk Pembuka Undangan Pernikahan Yang Islami

Di setiap undangan pastinya terdiri dari pembuka, isi, dan penutup. Namun pembuka menjadi salah satu poin yang terpenting sebagai pengawal maksud tujuan dari undangan. Untuk itu pemilihan kata yang tepat akan memengaruhi isi dari undangan yang anda buat. Jangan lupa menggunakan bahasa pembuka yang halus dan sopan untuk menyampaikan rasa bersyukur akan mengelar acara pernikahan.

Sebagai contoh, anda bisa menggunakan penjelasan tentang syariat agama yang mewajibkan untuk membangun rumah tangga yang sakinah. Jelaskan lagi tentang keutamaan menikah supaya memiliki keturunan – keturunan shaleh dan shalehah. Setelah kata tersebut, maka ditulis nama mempelai dan juga kapan acara pernikahan akan berlangsung. Jangan lupa juga beri detail lainnya seperti tempat pernikahan secara jelas.

Setelah anda menuliskan kalimat tersebut, namun undangan yang lain seperti “turut mengundang” akan lebih baik tidak dituliskan terlebih dahulu, karena masih ada lanjutan di bawahnya. Tuliskan rasa syukur yang mendalam kepada sang pencipta atas menggelar acara pernikahan. Anda juga bisa menuliskan kata – kata undangan pernikahan dengan memohon doa restu serta kehadiran para tamu undangan yang akan hadir.

Contoh Kata Pernikahan Mengutip dari Hadis Riwayat Baihaqi atau Hadis Riwayat Ahmad

Bagi anda yang undangannya lebih Islami, gunakan kutipan dari Hadis Riwayat Baihaqi. Kata pernikahan satu ini biasanya ditulis di bagian paling awal dan sebelum nama mempelai disebutkan. Bisa berada pada sampul undangan di depan, atau atas bawah dengan nama kedua mempelai. Biasanya kata – kata ini juga terletak di antara hari serta tanggal pernikahan yang akan diselenggarakan.

Berikut adalah contoh hadis yang diriwayatkan oleh Baihaqi dan bisa digunakan pada kalimat pembuka atau cover undangan pernikahan. Rasulullah SAW bersabda :” Barang siapa yang Allah SWT berikan seorang istri yang sholihah, maka telah tertolong sebagian agamanya. Dengan ini, hendaklah bertaqwa hanya kepada Allah separuh lainnya”.

Selain hadis yang diriwayatkan oleh Baihaqi, ada satu lagi Hadis Riwayat mengenai pernikahan yang cocok sebagai kata – kata penuh makna dalam menulis undangan. Walaupun singkat, arti yang terkandung dalam hadis tersebut sangat mendalam. Orang yang menerima dengan kata – kata undangan pernikahan yang anda berikan pasti akan langsung tahu maksud dan tujuan ketika membaca kalimat tersebut.

Berikut merupakan hadis yang diriwayatkan Ahmad mengenai pernikahan. “Sesungguhnya dua insan yang saling mencintai, kamar mereka kelak di surga nanti terlihat seperti bintang yang bersinar terang dari timur. Lalu ketika ada yang menanyakan, “kamar milik siapakah itu?”, “Maka jawabannya : Kamar itu adalah milik insan – insan yang mencintai hanya karena Allah SWT.”

Contoh Kata Dengan Mengutip Dari Al-Qur’an Surat Ar – Rum Ayat 21

Dengan mengutip hadis, undangan yang anda miliki akan lebih bermakna. Selain itu anda juga bisa menggunakan ayat AL-Quran seperti Ar- Rum ayat 21. Karena menikah merupakan momen yang sakral, menggunakan kutipan ayat suci Al-Quran membuat undangan lebih berkesan. Oleh karena itu, anda bisa menggunakan kedua sumber dari Quran maupun hadis  sebagai kata – kata yang ditampilkan di undangan pernikahan.

Contoh kalimat Undangan Yang Intinya Menyampaikan Rasa Terima kasih dan Doa Restu

Selain kata pembuka dan kata mutiara dari Al-quran serta Hadis, berikan kata – kata undangan pernikahan pendukung seperti rasa terima kasih dan doa restu. Anda bisa menuliskan permohonan doa restu serta doa dengan ketulusan hati. Selain itu, anda bisa meletakkan pada bagian atas maupun bawah tergantung dari kalimat pembuka dan penutup. Apabila diletakkan di bagian atas maka sebaiknya, berikan ucapan salam terlebih dahulu.

Lalu, jika anda ingin menuliskan kalimat doa restu dibagian akhir undangan, akan lebih baik diletakkan sebelum bagian turut mengundang. Posisi tersebut paling pas, karena tepat berada di bawah keterangan tempat, waktu, serta tanggal pernikahan yang akan dilangsungkan. Anda bisa menggunakan ide tersebut untuk membuat undangan anda lebih sopan dan berkesan bagi para tamu undangan.

Contoh Kata – kata Mutiara Yang Disampaikan Orang Tua

Di setiap pernikahan pastinya orang tua akan mengantar putra – putrinya untuk melangsungkan pernikahan. Tak heran banyak juga undangan yang dibuat untuk para kerabat orang tua. Maka dari itu, anda bisa menambahkan kata mutiara dari orang tua sebagai isi dari undangan pernikahan. Gunakan kalimat singkat, padat, dan jelas untuk menjelaskan harapan dari kata – kata undangan pernikahan yang akan diselenggarakan.

Sebagai contoh kata mutiara dari orang tua, anda bisa menuliskannya seperti kalimat ini. “Maha Suci Allah yang telah menciptakan ke dunia mahluk – mahluk ciptaan – Nya secara berpasangan satu sama lain. Ya, Allah Rabbiku izinkanlah kami untuk menjalin kasih di bawah ridho – Mu. Berikanlah kami kesempatan untuk saling memberi kasih sayang  diantara putra – putri kami”

Contoh kata dengan tema islami ditulis dengan isi harapan orang tua agar pernikahan sang anak berjalan dengan lancar. Untuk awalan dari kalimat ini bisa menggunakan kata pujian untuk sang pencipta. Selanjutnya rangkaikan kata – kata dengan menyampaikan maksud dan harapan dari undangan tersebut. Meskipun singkat tetapi kata – kata tersebut sangat bermakna.

Contoh kata – kata Undangan dengan Harapan dan Doa dari Mempelai Pernikahan

Untuk menambah rasa hormat terhadap tamu undangan, anda bisa menambahkan kata – kata doa dan harapan. Anda bisa menuliskan dengan doa agar dimudahkan saat pelaksanaan pernikahan hingga menjadi keluarga yang berbahagia.  Jangan lupa sebelum menulis maksud dan tujuan doamu, berikanlah pujian terlebih dahulu kepada sang pencipta agar membuat kata – kata yang kamu tuliskan lebih berkesan.

Kamu bisa menuliskan kata – kata undangan pernikahan dengan harapan tentang pernikahanmu seperti ini. “Ya Allah, mudahkanlah semua urusan kami dan berikan kami petunjuk serta rahmatmu dalam setiap langkah yang akan kami ambil ini. Mudahkanlah segala urusan kami dan berikanlah kami rizki serta anugerah – Mu yang nantinya akan bisa mengantarkan kami kepada cita-cita antara dunia dan akhirat – Mu ya Allah”.

Demikian enam contoh kata Islami yang bisa digunakan sebagai isi di undangan pernikahan. Anda bisa menambahkan kata yang bermakna dengan menggunakan hadis, ayat Al-Qur’an bahkan tutur kata dari orang tua. Selain itu, anda bisa menggunakan doa dan harapan dari kedua mempelai. Contoh yang telah diberikan akan membuat undangan pernikahan yang dibagikan kepada tamu undangan lebih berkesan.

No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter