Slider

Calon Pengantin Wajib Tahu, Berikut Susunan Acara Resepsi Pernikahan Modern


Susunan acara pernikahan terdiri dari akad nikah dan resepsi. Biasanya resepsi baru diadakan setelah akad nikah sudah selesai. Ada yang menggelar acara ini dihari yang sama dengan ijab kabul, sedangkan beberapa pengantin yang lain memilih satu hari atau dua hari sesudahnya. Kendati demikian, susunan acara resepsi pernikahan modern tidak jauh berbeda. Bagi anda yang sedang menyiapkan pernikahan, berikut tahapan acara resepsi yang perlu anda tahu.

Mengintip Tahapan Acara Resepsi Pernikahan Masa Kini

Pembukaan

Resepsi dimulai dengan pembukaan yang dipandu oleh pembawa acara atau MC. Pembawa acara akan naik ke atas panggung untuk menyampaikan ucapan terima kasih kepada tamu undangan yang sudah hadir dalam pernikahan tersebut, serta ikut mendoakan kedua pengantin. Untuk urusan MC ini sebenarnya bisa diserahkan kepada wedding organizer. Kendati demikian, anda juga bisa memilihnya sendiri baik dari kenalan maupun keluarga dekat.

Selain itu, pembukaan ini juga berisi mengenai ucapan rasa syukur karena akad nikah bisa berjalan dengan lancar. Selanjutnya, orang tua mempelai mempersiapkan diri untuk masuk ke ruang pesta. Namun, acara pembukaan sebaiknya dimulai setelah para tamu undangan sudah banyak yang datang. Sebelum acara pembukaan, anda bisa memberikan hiburan kepada tamu undangan yang lebih dahulu datang, dengan menghadirkan band yang memainkan lagu.

Kirab Pengantin

Pada susunan acara resepsi pernikahan modern ini, band akan memainkan musik pengiring ketika orang tua serta saudara kandung mempelai masuk ke ruang pesta. Adapun urutan yang masuk ke ruangan pesta antara lain, orangtua mempelai pria, orangtua mempelai wanita, saudara kandung mempelai pria, baru kemudian saudara mempelai wanita. Setelah semuanya keluarganya masuk ke tempat resepsi, maka pembawa acara bisa melanjutkan ke acara resepsi selanjutnya.

Setelah semuanya dipastikan memasuki panggung, maka selanjutnya kedua mempelai dipersilahkan untuk memasuki panggung dan duduk di pelaminan berdampingan dengan kedua orang tuanya. Adapun urutan dari prosesi ini antara lain, band mulai memainkan musik pengiring ketika pengantin masuk ke tempat resepsi. Setelah itu, kedua mempelai menuju ke atas panggung, kemudian diikuti dengan kedua orang tua mempelai.

Kata Sambutan

Jika pengantin sudah memasuki panggung, maka susunan acara resepsi pernikahan modern dilanjutkan dengan sambutan dan doa. Sambutan biasanya disampaikan oleh perwakilan dari salah satu anggota keluarga mempelai yang dituakan. Adapun urutannya yaitu, MC mengundang perwakilan keluarga untuk menuju ke atas panggung. Selanjutnya petugas yang ditunjuk bisa menyerahkan mic kepada pemberi sambutan, kemudian penyampaian sambutan.

Setelah sambutan selesai dan perwakilan keluarga diminta untuk turun, kemudian pembawa acara mengundang perwakilan keluarga yang lain untuk memimpin doa bersama. Namun, penyampaian doa juga bisa dilakukan oleh orang yang sama dengan yang memberikan sambutan. Adapun isi dari doa ini yaitu harapan agar kedua mempelai selalu harmonis dan bahagia dalam menjalani bahtera rumah tangga nantinya.

Ucapan Selamat

Acara resepsi yang selanjutnya yaitu ucapan selamat dari para tamu undangan untuk kedua mempelai. Mungkin acara ini membutuhkan waktu yang cukup lama, apalagi jika jumlah tamu yang diundang lebih banyak. Para tamu undangan bisa bergantian satu persatu naik ke atas panggung, untuk menyalami kedua pengantin. Tak lupa juga kedua orang tua turut berada di samping kedua mempelai, untuk mengikuti susunan acara resepsi pernikahan modern ini.

Makan Bersama

Usai memberikan ucapan selamat dan menyalami pengantin, para tamu undangan dipersilahkan untuk menikmati hidangan yang sudah disediakan. Hidangan yang disajikan sebaiknya disesuaikan dengan jumlah tamu yang diundang. Pastikan agar setiap tamu menikmati prosesi acara satu ini. Sambil menikmati hidangan, maka para tamu akan dihibur dengan alunan musik atau hiburan yang lain. Biasanya acara ini juga menjadi bagian dari reuni tamu undangan.

Prosesi Wedding Cake

Untuk melaksanakan acara ini dibutuhkan peralatan berupa pedang dan kue suap sayang. Prosesi acara ini diawali dengan band yang memainkan lagu pengiring prosesi wedding cake. Berikutnya kedua mempelai menuju ke meja kue pengantin. Acara dilanjutkan dengan mempelai pria menerima pedang dari petugas. Kemudian pemotongan kue pengantin oleh kedua pengantin. Setelah kue berhasil dipotong, maka masing masing mempelai bisa saling menyuapi.

Special Performance

Pada prosesi acara ini, pengantin bisa memberikan kejutan kepada tamu undangan dengan tampil bersama pasangan untuk menyanyikan lagu bersama. Sebenarnya ada banyak ide seputar susunan acara resepsi pernikahan modern ini. Selain bernyanyi bersama pasangan, special performance juga bisa diisi dengan persembahan lagu oleh rombongan bridesmaids maupun groomsmen, maupun dengan mengundang seseorang yang spesial seperti wedding singer yang anda sukai.

Ide keren lainnya yaitu dengan mengundang pasangan pengantin untuk menari bersama ke lantai dansa diikuti dengan lantunan lagu yang romantis. Bahkan anda pun juga bisa menambahkan hiburan dengan permainan pasangan. Tentu ini akan menjadi salah satu momen yang tidak akan terlupakan dalam hidup. Banyak acara permainan seru yang bisa anda coba, mulai dari menebak suara, bau parfum hingga bekas lipstik.

Tidak ada salahnya apabila anda ingin melempar bunga, sebagai salah satu acara seru seruan untuk para tamu undangan yang masih lajang. Banyak yang mempercayai bahwa siapa yang berhasil menangkap bunga yang telah dilempar oleh pengantin wanita, maka akan menjadi pengantin berikutnya. Biasanya para tamu wanita yang hadir untuk berebut bunga yang dilempar. Jika memang ingin menambahkan acara ini, maka sebelumnya anda perlu menyiapkan hand bouquet.

Foto Bersama

Foto bersama menjadi acara resepsi pernikahan yang tak boleh dilewatkan. Pasalnya, banyak tamu undangan yang mengabadikan acara ini kemudian membagikannya di media sosial. Untuk mempersingkat waktu, anda bisa menyiapkan daftar foto yang selanjutnya akan digunakan oleh MC untuk memandu acara. Namun, MC bisa melompati jika orang yang dipanggil dalam daftar foto tidak segera muncul. Sedangkan kedua orang tua bisa keliling untuk menyapa tamu undangan.

Penutup

Setelah selesai sesi foto bersama orang orang terdekat dan para tamu undangan, maka MC bisa melanjutkan ke susunan acara resepsi pernikahan modern selanjutnya yaitu penutup. Setelah kedua orang tua menyapa tamu undangan, mereka dipersilahkan untuk naik di atas panggung. Pembawa acara akan menutup acara dengan mengucapkan terima kasih kepada para tamu undangan, kemudian orang tua dan kedua mempelai bisa menuju ke pintu keluar untuk bersalaman dengan para tamu.

Itulah beberapa tahapan acara resepsi. Sebenarnya susunan acara ini tidak selalu sama, sehingga bisa disesuaikan dengan keinginan anda dan pasangan. Bahkan anda juga bisa menambahkan hiburan lain untuk memeriahkan acara. Untuk lokasi resepsi bisa dilakukan di dalam hotel, maupun di luar ruangan. Namun, jika tempat resepsi diadakan di outdoor maka anda perlu memastikan cuacanya sedang cerah, mengingat dikhawatirkan acara akan terganggu karena adanya hujan.

No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter