Slider

Calon Pengantin Wajib Tahu, Berikut Susunan Acara Akad Nikah Yang Perlu Dipahami


Susunan Acara Pernikahan Yang Dilakukan Ketika Akad

Pernikahan adalah salah satu momen yang mendebarkan di dalam hidup. Hal ini dimulai dari mulai persiapan hingga waktu hari H pernikahan. Ada banyak hal yang perlu untuk anda persiapkan. Semua hal tersebut bertujuan untuk membuat acara terlihat sempurna, termasuk ketika akad. Untuk itu, dalam ulasan kali ini akan dibahas tentang susunan acara akad nikah yang perlu anda tahu.

Diawali Dengan Pembukaan

Akad nikah merupakan salah satu rangkaian dari acara pernikahan yang terbilang cukup sakral. Hal ini dikarenakan akad nikah merupakan salah satu upacara keagamaan yang bertujuan untuk menyatukan kedua mempelai dalam bahtera rumah tangga. Sehingga, tak heran jika momen satu ini akan sangat khidmat dan bahkan menguras air mata.

Hal ini dikarenakan merupakan momen dimana orang tua mempelai wanita melepas anak perempuannya untuk hidup bersama laki laki lain. Tak jarang momen satu ini pun akan menimbulkan keharuan. Banyak pula tamu undangan yang akan meneteskan air mata ketika menyaksikan momen satu ini. Terutama ketika pihak mempelai pria telah mengucap ijab dan penghulu beserta saksi telah mengucap kata sah.

Untuk itu, dalam susunan acara akad nikah ini juga biasanya diawali dengan pembukaan. Acara ini akan dimulai oleh pembuka yang dipandu oleh pembawa acara. Biasanya untuk susunan awal ini akan diawali dengan membaca Bismillah. Selain itu, tak lupa pula dipanjatkan doa agar nantinya acara akad ini dapat berjalan dengan lancar dan dipenuhi dengan keberkahan.

Membaca Ayat Suci Al Quran

Untuk urutan selanjutnya, maka setelah pembukaan akan dilanjut dengan pembacaan ayat suci Al Quran. Untuk itu, umumnya, ketika tahapan satu ini mempelai akan mengundang orang yang memang telah ahli dalam melantunkan ayat suci Al Quran. Pembacaan ayat suci ini menandakan bahwa acara akad ini merupakan rangkaian pernikahan yang suci dan dipenuhi dengan kekhidmatan.

Dilanjut Dengan Khutbah Nikah

Untuk rangkaian selanjutnya yang biasanya dilakukan dalam susunan acara akad nikah adalah pembacaan khutbah nikah. Pada umumnya, untuk susunan satu ini akan disampaikan secara langsung oleh penghulu maupun petugas dari KUA. Adanya khutbah nikah ini memiliki tujuan agar nantinya berfungsi sebagai pembekalan untuk kedua calon mempelai. Selain itu, hal ini juga sebagai penanda untuk menjaga keutuhan di dalam bahtera pernikahan.

Prosesi Ijab Kabul

Rangkaian selanjutnya adalah momen yang mendebarkan sekaligus membuat mempelai pria deg deg an. Setelah pembacaan khutbah nikah oleh penghulu, maka acara pun akan dilanjutkan dengan prosesi ijab kabul. Pada rangkaian ini merupakan puncak dari semua proses persiapan pernikahan. Pasalnya, di momen ini menjadi pertanda apakah pernikahan ini telah sah atau tidak.

Di sini nantinya terdapat orang tua maupun wali dari pihak mempelai perempuan yang akan menikahkan putrinya kepada mempelai laki laki. Di dalam prosesi yang sakral ini, nantinya mempelai pria akan mengucapkan ijab dan juga menjadi momen bahwa kedua mempelai telah menjadi suami istri yang sah dan siap menjalani rumah tangga berdua dalam suasana sedih maupun senang.

Memasuki Momen Doa Nikah

Susunan acara akad nikah kemudian dilanjut dengan doa nikah. Setelah selesai prosesi ijab kabul diucapkan dengan lancar maka nantinya penghulu akan memimpin doa untuk akad nikah tersebut. Tak hanya mengundang penghulu saja, maka anda pun juga bisa untuk menghadirkan pemuka agama untuk membacakan doa akad nikah di momen bahagia yang anda miliki.

Dilanjut Dengan Menandatangani Buku Nikah

Momen lain yang tak kalah penting dalam rangkaian acara akad nikah ini adalah melakukan penandatanganan buku nikah oleh kedua mempelai. Setelah anda nantinya dinyatakan sah sebagai suami istri di mata agama, maka saatnya mengesahkan pernikahan anda di mata negara. Untuk itu, kedua mempelai pun akan diminta untuk menandatangani dokumen pernikahan yang telah dipersiapkan jauh jauh hari sebelum hari H.

Salah satu dokumen terpenting yang wajib untuk anda tanda tangani bersama pasangan adalah buku nikah. Dengan adanya buku nikah ini, maka pernikahan yang anda lakukan bersama pasangan telah sah di mata hukum. Sehingga, apabila terjadi masalah baik itu perceraian dan sebagainya, maka hal tersebut akan bisa dibawa ke jalur pengadilan.

Momen Serah dan Terima Mahar

Hal selanjutnya yang perlu dilakukan dalam susunan acara akad nikah adalah serah terima mahar. Umumnya, hal ini akan dilakukan setelah doa nikah dan menanda tangangi buku nikah. Maka pihak laki laki nantinya akan bisa menyerahkan mas kawin atau mahar yang telah dipersiapkan kepada mempelai perempuan. umumnya, mahar yang sering kali digunakan oleh pria adalah nominal uang atau pun seperangkat alat shalat yang diserahkan secara simbolis.

Momen Tukar Cincin

Di dalam prosesi akad nikah yang berlangsung secara khidmat dan juga suci ini, terdapat momen lain yang menjadikan anda telah sah sebagai suami istri. Hal ini dapat ditandai dengan acara tukar cincin yang dilakukan oleh kedua mempelai. Umumnya, hal ini akan dilakukan setelah mahar dari mempelai laki laki diberikan kepada mempelai wanita.

Kedua mempelai ini pun nantinya akan saling memasangkan cincin kawin. Dimana hal ini akan bisa dipasangkan di jari manis pasangannya. Momen tersebut akan menjadi puncak dari akad nikah. Umumnya, momen yang mendebarkan dan menggembirakan satu ini pun akan diabadikan dengan fotografi. Sehingga calon mempelai akan bisa untuk melihat momen yang indah ini sepanjang waktu.

Nasihat Pernikahan

Terkadang, setelah momen tukar cincin terdapat tetua dalam keluarga yang akan memberikan nasihat seputar kehidupan pernikahan. Kedua mempelai nantinya akan diberi nasihat seputar hak dan kewajiban dari seorang suami dan seorang istri. Untuk itu, disini mereka pun akan mampu untuk mengetahui apa saja yang memang boleh dilakukan ketika telah menjadi sepasang suami istri dan apa saja yang tidak boleh untuk dilakukan.

Acara Penutup

Setelah semua rangkaian telah selesai untuk dilakukan, maka nantinya akan diakhiri dengan penutup. Acara penutup ini umumnya akan dilakukan dengan pembacaan doa oleh penghulu atau pun pemuka agama yang memang hadir dalam prosesi pernikahan anda. selanjutnya pengantin pun biasanya akan melakukan sesi foto bersama keluarga besar atau pun rekan rekan yang hadir dalam prosesi akad. Begitulah susunan acara akad nikah yang biasanya terjadi.

Setelah anda mengetahui proses yang biasanya dilakukan ketika akad nikah, akan membuat anda menjadi lebih paham bagaimana acara yang sedang berlangsung. Sehingga, ketika anda tidak menggunakan event organizer, maka anda pun telah tahu tata cara dan tahapan yang terjadi dalam momen yang sakral ini. Hal ini tentu saja akan membuat anda bisa menyelenggarakan prosesi akad tanpa adanya kesalahan dan akan membuat acara lebih baik.

No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter