Slider

Cara Main Gmail untuk Pemula Segala Usia

Semua pasti tidak asing lagi dengan keberadaan Gmail. Ya, surel jebolan Google ini memang bisa dibilang jadi ‘langganan’ untuk berkirim email. Nah namun tidak semua orang paham bagaimana cara Gmail bekerja. Tenang, kami akan memberikan berbagai cara agar bisa ‘main’ Gmail untuk segala usia. 

Mengenal apa itu Gmail

Tidak semua orang tahu apa itu Gmail. Nah, sebelum kita beranjak ke berbagai tips, mari kia berkenalan dulu dengan si amplop warna-warni ini. Sebenarnya, Gmail adalah layanan surat elektronik (email) yang dicetuskan oleh Google. User atau pengguna dapat mengakses Gmail dalam bentuk surat web HTTPS, protokol POP3 atau IMAP4. Dulunya, tidak semua orang bisa menggunakan Gmail seperti sekarang. Awal peluncurannya, Gmail menerapkan sistem undangan untuk mencoba bentuk Beta pada 1 April 2004. Gmail baru tersedia untuk publik pada 7 Februari 2007 meski masih menyandang status Beta. 

Apa yang bisa dilakukan oleh Gmail?

Tidak sekadar berkirim email, layanan Gmail memberikan kita berbagai kemudahan lain untuk pengguna. Kini, Gmail telah berevolusi membantu penggunanya  untuk berkomunikasi. Gmail juga akan mengirimkan notifikasi, mencari informasi, hingga melakukan meeting online. Nah, apa saja ya yang bisa dilakukan oleh Gmail? Yuk kita simak sekarang juga. 

1# Integrasi dengan semua produk Google

Produk Google semuanya bisa diintegrasi melalui Gmail. Hal ini memudahkan pengguna untuk mengakses setiap layanan yang ada di bawah naungan Google. Misalkan ada pengguna melakukan log in di Gmail, maka semua layanan Google juga akan otomatis log in. Contohnya Google Meet dan Google Photo. 

Contoh lainnya adalah Google Play Store pada perangkat Android. Ketika pengguna sudah log in di Gmial, pengguna bisa mencari dan mengunduh aplikasi secara bebas tanpa perlu mendaftar akun ulang.

2# Sangat minim dengan Spam

Layanan Gmail terkenal dengan fungsinya menghalau spam. Hal ini terbukti daripada layanan email tetangga sebelah. Fungsi dalam Gmail merupakan layanan email yang cerdas. Sehingga otomatis Gmail mampu memetakan mana email spam dengan email yang bukan spam. 

Dalam fitur ini tentu sangat bermanfaat bagi pengguna. Pastinya, semua orang akan terganggu dengan email spam yang tiada berujung. Email spam bisa jadi scam, penipuan, bahkan promosi yang berlebihan. Menghindari hal tersebut, maka pengguna Gmail tidak perlu khawatir dengan banyaknya spam dan notifikasi yang masuk. Email yang dianggap spam oleh Gmail secara otomatis masuk ke dalam label Spam. Pengguna bisa melihat label tersebut untuk memastikan apakah email yang masuk spam atau bukan. 

Jika spam, pengguna bisa menghapus dan jika tidak pengguna bisa kembalikan ke kotak masuk. Email yang dianggap spam juga secara otomatis terhapus ketika lewat dari 30 hari. Dari pengalaman saya, Gmail sangat akurat dalam mengidentifikasi email spam dan bukan spam.

3# Prioritas untuk layanan atau platform lain

Tidak asing rasanya melihat kolom “Masuk dengan Akun Google atau “Daftar dengan Akun Google” bukan?

Nah, ini menandakan bahwa ketika seseorang memiliki akun Gmail, dia akan memiliki prioritas ketika mendaftar atau menggunakan layanan lain. Contohnya ketika mendaftar Canva, pengguna tidak perlu menuliskan data diri, membuat username, password, dan lainnya. Canva telah dilakukan integrasi dengan akun Google, sehingga pengguna cukup login dengan akun Google.

Beberapa aplikasi yang terintregasi dengan Gmail kebanyakan adalah mereka yang sudah tersedia di layanan PlayStore. Namun beberapa di antaranya tidak menyediakan integrasi dengan Google.

Nah, setelah kita mengetahui seluk beluk Gmail dan akun Google, pastinya tidak ragu lagi untuk menggunakan Gmail. Nah, di bawah ini kita akan bagikan cara-caranya untuk menggunakan Gmail lengkap dan komplit. Cara ini bisa digunakan oleh semua umur, kalangan, dan tentu aja untuk pemula. 

Cara Login Gmail Mudah di PC

Ada dua cara untuk memanfaatkan fasilita Gmail, antara lain di PC dan HP Android. Semuanya memiliki step by stepnya masing-masing. Jangan khawatir, kami akan membahas cara login Gmail di PC dan di HP. 

1. Login Melalui Komputer atau PC

Login melalui PC atau perangkat komputer tentu tidaklah sulit. Hanya ada dua tahapan yang harus dilewati. Ya, hanya ada dua tahapan yang bisa dilakukan untuk log in. 

  1. Pertama pengguna harus membuka website melalui alamat gmail.com
    Buka brower apapun nama browsernya. Apakah itu UC Browser, Bing, atau Chrome. Masukkan “gmail.com” di bar pencarian. 


  2. Tunggu hingga muncul tampilan seperti ini. 
  3. Kemudian, pilih menu log in 
  4. Masukan informasi akun di kolom yang sesuai. 



  5. Masukkan alamat email atau nomor handphone di kolom yang sudah disediakan. Kalau sudah selesai, klik “Next”
  6. Masukkan password di kolom yang sudah disediakan.
    Apabila tidak bisa melihat password, bisa dicawang kotak di bawah  


  7. Jika sudah terisi, pengguna dapat klik sign in atau masuk.

Cara login Gmail untuk akun yang berbeda

Layanan Gmail pun menyediakan layanan untuk log in untuk akun yang berbeda. Ya, 

Layanan ini disediakan untuk yang pengguna ingin masuk dengan akun yang berbeda (different user). Maka untuk memanfaatkan layanan ini, pengguna tinggal memilih opsi use another account.

Jangan lupa untuk log out apabila menggunakan komputer umum. Hal ini demi alasan keamanan.

Log in gmail melalui Android

Log in menggunakan Android tentu tidak rumit. Nah, namun terdapat perbedaan bila log in gmail melalui handphone berbasis Android dan PC. Kadangkala, HP Android yang sudah terintregrasi dengan dengan Gmail tidak perlu memasukkan password.

  1. Pertama, untuk pengguna HP Android harus memilih aplikasi Gmail untuk dibuka.
    Pengguna bisa tap logo Gmail yang tersedia. Atau bisa search aplikasi Gmail di search bar yang diediakan. 
  2. Setelah berhasil masuk ke Gmail, kemudian pada bagian di kanan atas, tap gambar profil Anda.
    Apabila belum terdaftar atau memiliki akun Gmail, bisa tap “saya belum memiliki akun” 
  3. Dari pilihan tersebut pilih tambahkan akun lain atau add another account.

Setelahnya, pilih jenis akun apa yang ingin ditambahkan. Terakhir, ikuti langkah-langkah yang ditampilkan di layar untuk menambah akun. Pasalnya, HP Android lebih otomatis mengarahkan pengguna kepada layanan inti Gmail daripada PC. Hal ini karena di awal menggunakan HP Android, pengguna diwajibkan untuk memasukkan email terlebih dahulu sebagai bentuk sinkronisasi antara Android dan akun Google. 


Nah, demikianlah cara menggunakan Gmail. Sisanya pengguna bisa langsung menikmati layanan integrasi Google, contohnya Google Meet dan Google Photo, PlayStore, Chrome, hingga layanan lainnya. Tenang, surel jebolan Google ini memang bisa dibilang jadi ‘langganan’ untuk berkirim email. Setelah perangkat pengguna otomatis tertaut dengan Gmail, nantinya akan diberikan notifikasi oleh Gmail. Namun, apabila tidak ingin menerima notifikasi bisa menghilangkannya di menu “pengaturan”


No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter