Slider

cara mendidik anak yang keras kepala


Setiap keluarga tentu saja kita tahu bahwa mempunyai keinginan untuk bisa mempunyai anak. Dan tentunya di sini ketika mempunyai anak orang tua tentu saja berkeinginan untuk bisa mempunyai anak yang baik dan bisa membanggakan keluarganya. Namun rupanya dalam membesarkan dan juga mendidik anak itu kita tahu tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Di mana kita tahu ada orang  tua yang dengan mudah mendidik anaknya untuk menjadi pribadi yang baik. Tapi rupanya sebagian lagi ada juga orang tua yang mengaku kesulitan dalam membesarkan dan juga mendidik anaknya. Hal itu ditandai dengan sikap anak yang cenderung keras kepala ketika orang tua sedang berusaha mendidiknya menjadi pribadi yang baik. Mengalami hal yang semacam ini tentu saja memberikan kesulitan dan tantangan tersendiri untuk para orang tua.

Nah untuk menjawab permasalahan dan kegelisahan yang di alami oleh beberapa orang tua dalam mendidik anaknya. Di bawah ini kami akan memberikan informasi dan juga tips yang berguna untuk anda semua tentang bagaimana cara mendidik anak yang keras kepala. Penasaan kan? Yuk kita baca dan juga simak bersama sama penjelasan yang akan  kami tulis dan sampaikan seperti yang ada di bawah ini mengenai bagaimana cara mendidik anak yang keras kepala supaya bisa menjadi baik.

Berusaha untuk mendengarkan

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk bisa mendidik anak agar tidak menjadi pribadi yang keras kepala adalah berusaha untuk mendengarkan apa yang dia mau. Setiap orang tentu saja di sini merasa senang ketika didengarkan  oleh orang lain. Begitu pula di sini dengan anak anak. Mungkin saja di sini anak itu menjadi keras kepala karena ingin didengarkan. Maka dari itu orang tua perlu untuk menyediakan diri hadir dan mendengarkan apa yang menjadi kemauan anak.

Berusahalah untuk tidak memaksa

Cara kedua yang bisa dilakukan oleh orang tua agar anak tidak menjadi pribadi yang keras kepala adalah berusahalah tidak memaksa. Karena di sini sebagian besar orang tua itu  cenderung memaksa anak untuk bisa menjadi pribadi yang baik. Tapi di satu sisi di pihak anak itu merasa belum siap. Akibatnya si anak itu menjadi memberontak orang tua dengan cara menjadi pribadi yang keras kepala dan juga susah untuk diatur.

Cari tahu apa yang menjadi penyebab anak susah diatur

Sebagian besar sesuatu itu terjadi pasti ada penyebabnya. Begitu pula di sini dengan anak yang menjadi susah untuk diatur. Pastilah di sini ada salah satu penyebab yang membuat anak itu menjadi susah diatur. Maka dari itu di sini penting bagi para orang tua untuk bisa mencari tahu lebih dalam lagi apa yang menjadi penyebab dari anak itu menjadi keras kepala.

Memberikan perhatian

Salah satu jenis penyebab  lain yang membuat anak itu menjadi pribadi yang keras kepala adalah anak itu berusaha untuk mencari perhatian pada orang tua tapi dengan anak menyalurkan dengan cara yang salah. Maka dari itu anak melakukan tidakan yang keras kepala. Nah untuk itu cara lain yang bisa diperbuat oleh para orang tua untuk menangani sikap dan perbuat anak yang keras kepala adalah barusahalah untuk memberikan perhatian pada anak. Mungkin saja dengan anda memberikan perhatian pada anak, anak akan sadar dan mulai memperbaiki tindakan dan perbuatannya yang keras kepala.

Berusahalah menghadapi anak dengan tenang

Sebagian besar orang tua ketika mengetahui anak mereka itu berlaku keras kepala cenderung membuat orang tua marah. Akibatnya di sini anak menjadi tertantang untuk melakukan tindakan yang keras kepala. Maka dari itu di sini bagi para orang tua yang mempunyai anak keras kepala berusahalah untuk menghadapinya dengan tenang. Karena dengan anda menghadapi dengan tenang pada anak yang keras kepala. Mungkin saja dengan anda memberikan perhatian pada anak, anak akan sadar dan mulai memperbaiki tindakan dan perbuatannya yang keras kepala. Kemudian perlahan menjadi pribadi yang baik.

Memberikan  pilihan pada anak

Cara lain yang bisa dilakukan oleh para orang tua ketika menghadapi anak mereka yang keras kepala  adalah dengan memberikan pilihan pada mereka. Dengan cara demikian anda memberikan pilihan pada anak, anak bisa memilih apa yang menurutnya baik.

Menemani anak

Tindakan lain yang bisa dilakukan oleh para orang tua ketika menghadapi anak yang mereka yang keras kepala adalah menemani anak. Dengan cara yang demikian anak akan merasa diperhatikan oleh orang tuanya sehingga ia mulai sedikit demi sedikit berubah untuk bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Menghargai anak

Setiap orang tentu saja akan merasa senang ketika ia dihargai oleh orang lain. Begitu pula di sini dengan anak. Bisa saja di sini salah satu sebab mengapa anak menjadi pribadi yang keras kepala. Maka dari itu perlu di sini untuk para orang tua agar memberikan penghargaan  pada anak. Dengan anda menghargai anak ia akan merasa senang. Kemudian ia akan termotivasi untuk bisa menjadi lebih baik lagi.

Menciptakan suasana rumah yang damai

Sebab lain yang membuat anak itu menjadi pribadi yang keras kepala adalah suasana rumah yang cenderung kurang akrab. Maka anak pun menjadi sulit untuk menerima sehingga ia membuat suatu perlawanan yang menjadikan ia pribadi yang keras kepala. Maka dari itu di sini jika para orang tua mempunyai anak yang keras kepala berusahalah anda untuk menciptakan suasana rumah yang damai. Dengan cara yang demikian membuat anak menjadi tenang dan kemudian membuat ia menjadi termotivasi untuk bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Memberikan contoh yang baik

pada masa anak-anak adalah masa di mana mereka belajar banyak hal termasuk juga di sini belajar dalam hal bertindak dan berlaku yang baik. Maka dari itu di sini sangatlah penting untuk para orang tua yang tak hanya menyuruh anaknya dalam melakukan perbuatan dan tindakan baik saja. Namun penting juga di sini untuk para orang tua agar bisa memberikan contoh dan teladan dalam perbuatan dan juga tindakan yang nyata. Maka dari ketika anak kita melihat apa yang kita lakukan secara otomatis dia juga akan belajar dan merekam apa yang ia pelajari.

Nah itulah tadi beberapa informasi dan juga tips yang bisa kami bagikan untuk anda sekalian mengenai cara menghadapi dan juga mendidik anak yang keras kepala. Semoga informasi yang sudah kami bagikan dan uraikan tadi bisa berguna dan juga bermanfaat untuk anda sekalian terlebih di sini untuk para orang tua yang kesulitan dalam menghadapi dan menangani  anak yang keras kepala.

No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter