Slider

Cara Mudah Buat Akun Instagram Bisnis Agar UMKM Tetap Bisa Jualan di Masa Pandemi


Kegiatan pemasaran produk memegang peranan yang amat penting bagi sebuah bisnis. Tak jarang, para pemilik usaha bahkan rela merogoh kocek dalam-dalam untuk mendukung kegiatan yang satu ini. Tak hanya perusahaan besar, unit usaha dengan skala mikro, kecil dan menengah (UMKM) pun perlu melakukan kegiatan ini agar produk yang dihasilkannya bisa terjual maksimal.

Tapi bagaimana jika kamu tak punya cukup anggaran untuk memasarkan produkmu agar menjangkau target pasar yang lebih luas? Dan bagaimana agar kamu bisa terus berjualan saat terjadi pembatasan di era pandemi? Kamu tak perlu khawatir. Saat ini sudah banyak marketplace yang memungkinkan produkmu bisa menjangkau pasar yang lebih luas dengan anggaran yang kecil bahkan gratis. Kamu juga bisa tetap berjualan meskipun ada pembatasan yang dilakukan selama masa pandemi seperti ini melalu marketplace.

Ya, perkembangan terknologi telah memudahkan banyak aspek dalam kehidupan kita termasuk dalam hal memasarkan produk. Kamu bisa mencoba untuk mulai menjual produkkmu secara online. Selain bisa menjangkau pasar yang lebih luas, kegitan berjualan online ini memiliki banyak keunggulan, diantaranya :

1# Bisa tetap berjualan saat terjadi pembatasan aktivitas di era pandemi 

Pandemi yang masih terjadi menyebabkan banyak unit usaha kesulitan dalam menjual produknya karena adanya pembatasan. Dengan berjualan secara online, pertemuan antara pedagang dan pembeli bisa diminimalisir sehingga tidak menyebabkan adanya kerumunan yang bisa membuat usahamu terkena efek pembatasan.

2# Modal yang diperlukan relatif lebih kecil

Jualan online telah menjadi tren berbisnis bagi mereka yang memilki modal relative kecil. Bahkan untuk kamu yang sama sekali tak punya modal, kamu tetap bisa berjualan dengan cara menjadi reseller atau dropshipper bagi produk orang lain.

3# Kamu tidak perlu memikirkan biaya pemeliharaan toko fisik, jadi bisa menekan biaya operasional

Jualan online bisa tetap dilakukan meskipun kamu tak punya toko fisik. Hal ini membuat kamu bisa menekan biaya operasional untuk pemeliharaan bangunan dan biaya lainnya seperti listri dan pajak.

Tak hanya melalui marketplace, kamu juga bisa menjual produkmu secara online dengan menggunakan media sosial yang kamu punya. Salah satu platform media sosial yang bisa kamu manfaatkan untuk menjual dan memasarkan produkmu adalah Instagram. Media sosial yang sudah diambil alih oleh Facebook ini punya layanan bisnis yang bisa kamu manfaatkan untuk lapak jualan sekaligus media pemasaran.

Pada dasarnya Instagram Bisnis tak terlalu jauh berbeda dengan Instagram yang biasa kita gunakan sehari-hari. Hanya saja pada Instagram Bisnis terdapat beberapa fitur tambahan yang bisa mendukung aktivitas jualanmu. Apa saja sih fitur-fitur yang dimiliki Instagram Bisnis? Yuk, simak pembahasan berikut ini

Content Insight 

Fitur yang dimiliki Instagram Bisnis ini akan sangat membantu para pelaku UMKM untuk mengetahui informasi penting terkait konten-konten yang telah diupload. Tak hanya untuk mengetahui jumlah orang yang menyukai kontenmu, fitur ini memungkinkan kamu untuk mengetahui informasi penting lainnya seperti jangkauan dari postinganmu, berapa banyak orang yang mengunjungi profilmu, hingga siapa saja orang yang menyimpan postinganmu. Informasi ini akan sangat berguna untuk menentukan postingan seperti apa yang sekiranya bekerja paling optimal dan kamu dapat menirunya agar postingan yang lain juga memiliki porforma yang optimal.

Activity Insight 

Hampir serupa dengan content insight, fitur Instagram Bisnis yang satu ini juga akan menampilkan informasi-informasi penting seputar performa akunmu. Bedanya jika content insight hanya menampilkan informasi terkait postingan tertentu, fitur activity insight akan memberikan informasi terkait aktivitas akunmu secara keseluruhan selama seminggu terakhir.

Audience Insight 

Berbeda dengan dua fitur sebelumnya yang menampilkan informasi terkait aktivitas akun Instagram Bisnis milikmu, fitur audience insight akan memberikan informasi terkait demografi dari orang-orang yang mengunjungi akunmu. Selain informasi mengenai jenis kelamin dan rentang usia dari pengunjung akunmu, kamu juga bisa mengetahui seberapa sering pengikut akunmu mengakses Instagram. Fitur ini akan sangat membantumu menentukan hal-hal teknis terkait postingan seperti kapan waktu terbaik untuk memposting produk UMKM milikmu agar bisa mendapat performa yang optimal.

Call To Action 

Instagram Bisnis juga memiliki fitur Call To Action yang memungkinkan pengunjung dari akunmu bisa langsung menghubungimu melalui panggilan telfon atau email. Fitur ini juga berisi maps yang bisa langsung di klik oleh pengunjung profilmu sehingga mereka akan langsung menemukan dimana lokasi dari unit usaha yang kamu jalankan.

Selain 4 fitur yang telah disebutkan di atas, kamu juga dapat megatur kolom pencarian dengan menambahkan lokasi tertentu sesuai lokasi pemirsa potensialmu berada. Hal ini akan membuat akunmu muncul saat mereka mencari layanan bisnis terdekat dari lokasi mereka. Pastikan kamu telah mengatur profilmu dengan menentuka kategori dari unit usahamu, ya.

Cara Buat Akun Instagram Bisnis 

Setelah mengetahui fitur-fitur yang dimiliki Instagram Bisnis dan kegunaannya yang akan sangat membantu bisnis yang sedang kamu jalankan, langkah selanjutnya adalah membuat akun Instagram Bisnis. Bagaimana caranya? Simak panduan membuat akun Instagram Bisnis ini sampai selesai, ya.

Pertama, pastikan kamu telah memiliki akun Instagram. Kamu bisa menggunakan akun Instagram pribadimu untuk dikonversikan menjadi akun bisnis atau membuat akun baru dengan nama pengguna yang mewakili bisnis yang sedang kamu jalankan. Selanjutnya ubah akunmu menjadi akun bisnis dengan cara masuk ke profil akunmu lalu klik ikon pengaturan yang terletak di pojok kanan bagian atas. Akan muncul panel seperti di bawah ini 

Klik Pengaturan kemudian klik menu akun. Gulirkan ke bawah sampai menemukan menu Beralih ke Akun Profesional, lalu klik menu tersebut. 

Pilih Kategori yang paling menggambarkan bisnis yang sedang kamu jalankan lalu klik tombol Selesai yang berwarna biru tunggu beberapa saaat sampai ponselmu manampilkan panel pilihan seperti ini.  

Pilih menu Bisnis dan kamu akan masuk ke tampilan Tinjau Kontak Anda. Lengkapi Imformasi Bisnis Publik berupa akun email, nomor handphone, dan lokasi dari bisnismu lalu kill menu Selanjutnya yang berada di bagian bawah panel. 

Kamu juga bisa menghubungkan akunmu ke akun Facebook Bisnis. Jadi, pastikan kamu telah memiliki akun Facebook Bisnis juga, ya. Bagi kamu yang belum memiliki akun Facebook Bisnis, jangan khawatir. Kami juga akan memberikan panduan lengkap membuat akun Facebook Bisnis di postingan yang lain. Setelah penyiapan selesai akan muncul pemberitahuan yang berisi informasi bahwa akun bisnismu telah siap. 

Itulah tadi pembahasan mengenai panduan membuat akun Instagram Bisnis. Selain bisa membantumu untuk menjangkau calon pembeli yang lebih luas, dengan berjualan secara online melalui Instagram Bisnis akan membuat roda usahamu tetap berputar di era pandemi yang punya banyak pembatasan seperti sekarang ini.


No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter