Slider

Dear Bunda, begini cara anak cepat membaca


Setiap manusia tentu saja mengalami perkembangan di dalam hidupnya. Hal itu bisa kita lihat dari kita bayi, anak-anak, dewasa, tua, manula, dan kemudian meninggal. Tentu saja dalam setiap proses perkembangan dan pertumbuhan itu tentu saja ada proses di dalamnya.

Sebagai contoh di sini adalah pada masa anak-anak.Di mana pada masa anak anak kita belajar banyak hal seperti berjalan, belajar untuk mandiri, belajar berbicara, sekolah, dan masih banyak lagi.

Nah salah satu jenis moment yang tidak pernah terlupakan moment di mana anak sudah memasuki usia sekolah. Di mana pada masa itu anak diajak untuk belajar mandiri terlepas dari orang tua dan juga belajar untuk mengetahui hal pengetahuan yang baru. Adapun itu seperti halnya adalah calistung.

Beberapa anak itu dengan cepat mudah untuk menyerap ilmu calistung. Namun beberapa di antara ada yang merasa kesulitan untuk menyerap ilmu calistung. Adapun salah satunya adalah ilmu membaca. Hal yang semacam itu tentu saja akan menjadi sebuah tantangan tersendiri untuk para  orang tua dan juga guru.

Nah untuk menjawab kegelisahan para orang tua bagaimana cara mengajari anak mereka membaca.  Terlebih di sini untuk para orang tua yang mengalami kesulitan belajar dengan cepat. Maka dari itu di bawah ini kami akan membagikan informasi yang berguna dan bermanfaat untuk anda semua tentang bagaimana cara untuk mengajari anak itu  membaca. Penasaran kan? Maka dari itu yuk kita baca dan simak bersama sama penjelasan yang akan kami tulis dan uraikan seperti yang ada di bawah ini.

Ajarkan anak untuk mengenal huruf terlebih dulu

Usia Tepat bagi Anak Belajar Mengenal Huruf dan Angka

Cara pertama yang bisa dilakukan oleh para orang tua untuk membuat anak itu bisa cepat membaca adalah orang tua perlu untuk mengenalkan anak nama nama huruf. Di sini orang tua bisa mengajarkan anak mengenal huruf dengan huruf yang didesain dalalm bentuk mainan yang memiliki warna yang beragam. Dengan mengajarkan dengan memakai cara yang demikian tak hanya membuat anak itu tertarik namun juga membuat  belajar menjadi menyenangkan dan tidak membosankan.

Kenalkan anak mengenai buku

Di masa anak anak biasanya anak tertarik pada buku yang di dalamnya terdapat banyak gambar dan berwarna. Maka cara  kedua yang bisa dilakukan oleh para orang tua tentang bagaimana cara mengajarkan anak untuk bisa cepat membaca adalah orang tua perlu mengenalkan buku pada anak.

Ajak anak untuk memilih buku

Cara berikutnya yang bisa dilakukan oleh para orang tua agar anak mereka bisa cepat membaca adalah orang tua bisa mengajak anak untuk memilih buku. Di sini orang tua bisa memberikan beberapa pilihan buku cerita pada anak. Dan selanjutnya adalah biarkan anak itu memilih diantara buku yang di sediakan  buku mana yang menurutnya menarik untuk di bacakan oleh orang tuanya.

Ajak anak untuk membaca bersama

Selanjutnya untuk cara yang berikutnya yang bisa dilakukan oleh para orang tua agar anak mereka bisa segera cepat membaca adalah orang tua perlu untuk mengajak anak untuk membaca buku bersama. Di sini orang tua perlu untuk menyediakan waktu di sela – sela kesibukan berkerja sehari – hari untuk mengajak anak mereka membaca buku cerita bersama. Ada banyak pilihan waktu yang bisa di pakai oleh para orang tua untuk mengajak anak membaca buku bersama. Salah satunya adalah membaca buku cerita bersama sebelum anak  itu tidur malam.

Lakukan setiap hari

Cara berikutnya yang bisa dilakukan oleh para orang tua agar anak mereka bisa cepat membaca adalah perlu mengajak anak untuk membaca setiap hari. Biasanya karena kesibukan orang tua mereka tidak bisa menemani anak membaca bersama. Maka dari itu penting di sini untuk para orang agar di balik kesibukan berkerja juga perlu untuk menyediakan waktu untuk menemani anak untuk bisa membaca buku bersama.

Melibatkan anak untuk juga membaca

Sebagian besar orang tua itu ketika mengajari anak mereka membaca hanya bersifat satu arah. Hal itu tentu kurang efektif jika anda para  orang tua ingin agar anak anda bisa cepat mempunyai kemampuan dalam membaca. Maka dari itu penting di sini untuk di perhatikan pada para orang tua. Agar ketika orang tua membacakan cerita pada anak tidak hanya berlangsung satu arah saja. Namun di sini penting untuk para orang tua untuk membaca bersama dengan anak dengan melakukan interaksi dengan anak.

Ajarkan anak membaca dengan suara yang benar dan jelas

Kemudian untuk cara lain yang bisa dilakukan oleh para orang tua agar anak mereka bisa cepat membaca adalah perlu untuk membacakan dengan artikulasi yang benar dan juga jelas. Dengan cara yang demikian anak itu tak hanya mendengarkan apa yang diucapkan namun ia juga belajar pula untuk menirukan apa yang sudah ia dengar dari orang tua ketika membacakan cerita.

Ajarkan anak untuk  membaca  di mana saja

Sebagian besar orang tua itu mengajarkan membaca pada anak hanya di rumah saja. Namun rupanya di sini orang tua tak hanya bisa mengajarkan anak membaca hanya di rumah. Namun rupanya dalam mengajarkan  anak membaca orang tua bisa mengajari anak itu di mana saja dan juga kapan saja. Sebagai contoh di sini misalnya ketika sedang berjalan – jalan ke mall anak menunjuk sesuatu di situ orang tua bisa mengajarkan anak untuk membaca dan mengeja tulisan yang ditunjuknya itu. Maka dari itu orang tua tak hanya bisa mengajarkan anak membaca hanya di rumah saja tapi bisa dilakukan kapan saja dan juga di mana saja.

Memberikan contoh pada anak

Kita tahu bahwa di masa anak anak adalah masa di mana anak itu akan mulai belajar untuk menirukan apa yang dilakukan oleh orang tua atau orang yang ada di sekitarnya. Cara lan yang bisa dilakukan oleh para orang tua adalah perlu untuk memberikan contoh pada anak tentang bagaimana kebiasaan membaca buku. Karena dengan anak itu melihat secara langsung apa yang sudah kita lakukan secara berulang dan terus menerus maka tentu saja akan muncul dalam diri anak untuk juga melakukan apa yang dilakukan oleh orang tua atau orang yang ada di sekitarnya.

Nah itulah tadi beberapa informasi yang sudah kami sampaikan untuk anda semua tentang bagaimana cara mengajari anak untuk membaca. Semoga informasi yang sudah kami bagikan tadi bisa berguna dan bermanfaat untuk anda semua para orang tua. Terlebih di sini untuk para orang tua yang anaknya mengalami kesulitan dan kendala dalam hal belajar terlebih dalam membaca walaupun sudah anak sudah memasuki usia sekolah.

No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter