Slider

Ide Bisnis Rumahan Di Desa Yang Menjanjikan Dan Menguntungkan


Untuk anda yang tinggal di desa, jangan khawatir bersaing membangun bisnis dengan warga yang tinggal di Kota. Sebab sekarang ini ada banyak sekali peluang usaha dan juga ide bisnis rumahan di desa yang menjanjikan dan menguntungkan yang bisa anda lakukan dengan mudah untuk mendapatkan keuntungan selama berada di desa.

Adanya perkembangan zaman seperti saat ini membuat desa yang dulu identik dengan tempat yang terpencil, peluang kerja sangat terbatas. Kini justru terjadi sebaliknya, dimana desa justru malah menjadi tempat yang menjanjikan dengan membuka banyak peluang usaha yang bisa anda lakukan dengan mudah di desa.

Ada banyak sekali ide bisnis rumahan di desa yang menjanjikan dan menguntungkan yang bisa anda lakukan. Memang perubahan dan perkembangan teknologi seperti sekarang ini membawa peluang besar untuk warga desa yang ingin ikut bersaing dengan warga kota.

Adanya perkembangan teknologi, komunikasi dan juga jaringan internet menjadi salah satu kekuatan terciptanya banyak sekali ide bisnis rumahan di desa yang menjanjikan dan menguntungkan yang bisa anda lakukan.

Kumpulan Ide Bisnis Rumahan Di Desa Yang Menjanjikan Dan Menguntungkan

Mungkin jika membuka usaha bisnis di area perkotaan, sudah menjadi hal yang biasa atau mainstream. Karena sudah terlalu mainstream tersebut tentu saja membuat melakoni bisnis di area perkotaan sangat sulit karena akan mendapatkan banyak saingannya. Oleh sebab itu bisnis di desa lebih menjanjikan dan juga menguntungkan.

Karena memang pada kenyataannya sekarang ini, peluang usaha bisnis rumahan di desa memiliki potensi yang jauh lebih besar dibandingkan dengan melakoni bisnis di area perkotaan. Apalagi jika kita melihat komitmen dari pemerintah dalam meningkatkan perekonomian di area desa.

Tentu saja hal tersebut harus bisa anda manfaatkan untuk membangun dan menjalankan ide bisnis rumahan di desa yang menjanjikan dan menguntungkan. Terlebih lagi, salah satu keuntungan membangun ide bisnis di area pedesaan adalah persaingan dari suatu bisnis yang relatif lebih rendah jika dibandingkan dengan membangun bisnis di area perkotaan.

Modal yang terbatas juga bukan menjadi permasalahan yang cukup serius jika anda memilih membangun bisnis di area desa. Nah oleh sebab itu, wajar saja jika anda berniat ingin membangun ide bisnis rumahan di desa yang menjanjikan dan menguntungkan. Namun untuk anda yang tidak tahu apa saja rekomendasi ide bisnis rumahan di desa yang menjanjikan. Berikut dibawah ini adalah beberapa rekomendasi ide bisnis di desa yang bisa anda geluti.

1# Menjadi Distributor Hasil Pertanian

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa banyak penduduk di desa yang memiliki profesi sebagai petani. Bisa dibilang pertanian adalah tulang punggung dari sektor perekonomian di area pedesaan. Namun sayangnya jika hasil pertanian tersebut tidak didistribusikan dengan benar, tentu saja perekonomian di area desa akan mengalami kebuntuan.

Oleh sebab itu, masalah seperti ini bisa anda jadikan sebagai peluang besar untuk menjalani ide bisnis menjadi distributor hasil pertanian warga desa. Dengan menjadi seorang distributor dari hasil pertanian tentu saja termasuk ke dalam salah satu peluang usaha sampingan yang bisa anda coba.

Namun yang harus anda perhatikan adalah modal utama yang harus anda miliki ketika ingin menjadi seorang distributor hasil pertanian adalah jaringan yang luas. Sebab dengan jaringan yang luas anda bisa mengirim komoditas hasil pertanian dari desa agar dikirim ke berbagai wilayah di Indonesia.

2# Menjadi Agen Asuransi

Asuransi memiliki peran yang sangat penting untuk melindungi keuangan manusia. Bahkan tidak bisa kita pungkiri jika saat ini keberadaan dari Asuransi menjadi salah satu kebutuhan pokok dari setiap orang, tidak terkecuali juga untuk warga desa.

Keberadaan dari asuransi ini bisa melindungi anda dan keluarga jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan. Nah ide bisnis usaha rumahan yang bisa anda lakukan di desa berikutnya adalah dengan menjadi agen asuransi.

Menjadi agen asuransi tentu saja sangat mudah untuk dilakukan, bahkan anda bisa melakukannya dari rumah. Jangan ragu untuk menjadi agen asuransi di area desa. Sebab saat ini sudah ada banyak warga desa yang mulai melek akan pentingnya keberadaan asuransi untuk menjamin masa depan kehidupan mereka.

3# Agen Pertamini

Apa ide bisnis rumahan di desa yang menjanjikan dan menguntungkan? Tentu saja menjadi agen pertamini atau pengisian bahan bakar mini. Sebab berbeda dengan yang terjadi di area kota, dimana akan mudah menemukan SPBU. Yang terjadi di pedesaan adalah kesulitan dalam menemukan tempat pengisian bahan bakar atau SPBU.

Nah anda bisa memanfaatkan kondisi seperti ini untuk mendapatkan keuntungan yang menjanjikan. Anda dapat membuka usaha menjadi agen dari pertamini atau membuka tempat pengisian bahan bakar mini. Dengan melihat potensi seperti ini, tentu saja anda bisa mendapatkan keuntungan dari setiap pengguna jalan raya yang melewati area sekitar rumah anda.

karena saat ini mobilitas warga desa juga mengalami peningkatan, oleh sebab itu menjadi agen pertamini atau membuat usaha tempat pengisian bahan bakar mini sangat cocok untuk anda yang ingin mendapatkan keuntungan dengan mudah tanpa harus keluar dari rumah.

4# Membangun Warung Internet

Tidak bisa dipungkiri, walaupun saat ini keberadaan dari warung internet di area perkotaan sudah mulai ditinggalkan. Namun berbeda yang terjadi di area desa, dimana keterbatasan akses internet yang cepat dan juga kebutuhan komputasi yang terus mengalami peningkatan, anda bisa memanfaatkannya dengan membangun warung internet di area rumah anda.

Keterbatasan teknologi dan juga akses internet yang memadai di area pedesaan tentu saja harus bisa anda manfaatkan dengan cara membuka warnet. Modal yang anda butuhkan adalah komputer dengan spesifikasi untuk internet dan pengetikan, dan juga akses internet yang memadai.

Ide bisnsi rumahan seperti ini tentu saja sangat menggiurkan, sebab dengan minimnya saingan usaha membuka warnet di pedesaan menjadi keuntungan anda yang jangan sampai anda sia-siakan.

5# Tempat Sewa Wifi

Jaringan internet di desa kerap memiliki celah yang berbeda dengan jaringan internet yang berada di perkotaan. Dimana akses jaringan internet di pedesaan sering mengalami masalah dan gangguan yang membuat banyak orang-orang di desa kebingungan untuk mencari jaringan internet yang memadai.

Bahkan banyak orang-orang di desa yang rela pergi ke area kota hanya untuk mencari sinyal internet saja. Nah oleh sebab itu, kondisi seperti ini bisa anda jadikan sebagai peluang usaha yang menjanjikan dengan cara membuka tempat sewa wifi.

Mungkin anda masih bertanya-tanya tentang apa yang dimaksud dengan membuka tempat sewa Wifi itu? Nah tempat sewa wifi artinya adalah anda memanfaatkan jaringan wifi yang anda miliki untuk digunakan oleh orang-orang yang ingin mendapatkan akses jaringan internet cepat namun berbayar.

Anda bisa menggunakan model tempat sewa wifi voucher, dimana biasa nya untuk menikmati akses internet selama 2 jam orang harus membeli voucher seharga Rp. 1000. Nah anda bisa meniru konsep bisnis menyediakan penyewaan wifi di pedesaan.

Tentu saja keuntungan yang anda dapatkan akan melimpah. Bahkan anda juga bisa membuka cabang di area lain yang juga membutuhkan akses internet cepat di pedesaan. Dijamin keuntungan yang akan anda dapatkan akan melimpah dan juga tempat penyewaan jaringan wifi yang anda miliki akan ramai pengunjung.

6# Menjual Produk Olahan Makanan Khas Daerah Anda

Rekomendasi ide rumahan di desa yang menjanjikan dan menguntungkan berikutnya adalah dengan menjual produk olahan makanan khas yang ada di daerah anda. Dengan menjual produk olahan makanan khas dari daerah anda sendiri tersebut tentu saja hasil produk olahan makanan khas yang akan anda jual tersebut unik dan memiliki nilai jual tersendiri.

Sebab tentu saja setiap wilayah daerah desa di Indonesia memiliki makanan olahan khas sendiri-sendiri. Nah anda bisa memanfaatkan kondisi seperti ini untuk menjual produk olahan makanan khas daerah anda tersebut yang sudah pasti akan unik dan menarik minat para pecinta kuliner di Indonesia.

Dengan menjual produk olahan makanan khas daerah anda, selain bisa mendapatkan keuntungan. Anda juga berperan sekaligus dalam mengenalkan keragaman budaya Indonesia yang terdapat di daerah anda.

7#  Membuka Kursus Atau Kelas Privat

Berikutnya anda bisa menjalani bisnis di bidang pendidikan dengan cara membuka kursus atau kelas privat di desa anda. Karena seperti yang kita ketahui bahwa kualitas pendidikan di desa dengan kota masih belum bisa setara. Untuk bisa membantu pemerintah dalam memangkas jarak tersebut, bisa anda lakukan dengan memanfaatkan ilmu yang anda miliki melalui membuka kursus atau kelas private.

Selain bisa memanfaatkan ilmu yang anda miliki untuk mencerdaskan masyarakat desa, anda juga bisa mendapatkan uang dari setiap murid yang belajar bersama anda. Namun anda harus mematok harga atau biaya kursus dan kelas privat tersebut sesuai dengan pendapatan rata-rata warga desa.

Karena niat anda yang paling utama adalah mencerdaskan warga desa melalui pemanfaatan ilmu pengetahuan yang anda miliki untuk dibagikan kepada warga desa. Hitung-hitung anda sekalian mengamalkan ilmu yang berguna bagi nusa dan bangsa. Ikhlas lah dalam menjalaninya, sebab sesuatu yang dilakukan dengan ikhlas tentu akan membawa berkah.

8# Usaha Fotocopy Dan Percetakan

Berikutnya anda bisa membuka usaha fotocopy rumahan dan percetakan. Seperti yang kita ketahui bahwa kebutuhan fotocopy ini menjadi hal yang paling sering terjadi di pedesaan dan juga perkotaan. Misalnya saja banyak orang yang membutuhkan fotocopy KTP atau KK untuk melamar pekerjaan.

Selain itu, anda juga bisa membuka usaha percetakan. Karena antara fotocopy dan percetakan ini memiliki hubungan yang sangat erat. Bahkan keduanya tidak bisa dipisahkan.

Nah anda bisa membuka usaha fotocopy dan juga percetakan di area pedesaan untuk mendapatkan penghasilan tambahan atau bahkan menjadi penghasilan utama untuk anda. Peluang usaha dari membuka jasa fotocopy dan juga percetakan ini sangat terbuka lebar, dimana anda tidak membutuhkan bangunan yang besar untuk melakukannya.

Cukup dengan memanfaatkan area teras rumah atau garasi dengan ukuran 4x4 meter saja sudah cukup untuk membuka jasa fotocopy dan juga percetakan di area desa. Modal yang anda butuhkan jika tidak terlalu besar, sebab harga mesin fotocopy bisa didapatkan dengan rentang harga 2 jutaan saja.

9# Membuka Jasa Laundry

Siapa bilang penggunaan laundry hanya dilakukan oleh orang-orang kota saja? Seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi, sekarang ini sudah ada banyak warga desa yang mulai menggunakan jasa laundry loh. Hal ini karena jika dihitung-hitung biaya yang dikeluarkan untuk membayar jasa laundry jauh lebih irit jika dibandingkan dengan mencuci pakaian sendiri di rumah.

Selain itu, sudah ada banyak warga desa yang sadar bahwa melaundry pakaian jauh lebih efektif karena mereka tidak perlu lagi menyetrika baju atau memberi pewangi. Cukup dengan modal mesin cuci dan juga setrika khusus laundry, anda sudah bisa membuka jasa laundry di pedesaan.

10# Mengembangkan Jamur Tiram

Apakah anda ingin mendapatkan pendapatan harian setiap harinya? Jika memang begitu, usaha budidaya jamur tiram bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anda yang ingin selalu mendapatkan penghasilan harian dengan mudah. Budidaya jamur tiram termasuk dalam salah satu peluang usaha rumahan di desa yang pastinya sangat strategis dan menguntungkan.

Hal ini karena budidaya jamur tiram bisa dilakukan dengan modal yang kecil, selain itu bahan baku yang dibutuhkan untuk menjadi media pertumbuhan dari jamur tiram juga tersedia dengan mudah dan bisa anda dapatkan di pedesaan dengan harga yang murah meriah.

Beberapa perlengkapan yang dibutuhkan untuk menjalani usaha budidaya jamur tiram adalah seperti drum bekas, plastik bekas yang dibutuhkan untuk menanak log. Selain itu, jamur tiram juga sudah mulai menjadi konsumsi makanan banyak warga desa. Sebab dengan rasa yang enak dan juga harga yang murah membuat jamur tiram banyak diminati oleh orang-orang.

Selain menjual jamur tiram mentahan, anda juga bisa mengolahnya menjadi beberapa olahan makanan yang bisa dijual dengan mudah di desa. Bukan hanya warga desa saja yang mulai menyukai olahan jamur tiram. Namun banyak juga warga kota yang suka mengkonsumsi olahan makanan dari jamur tiram.

Dengan begitu, area pemasaran anda bukan hanya terbatas pada warga desa saja. Namun anda juga bisa memasarkannya untuk orang-orang kota.

Tips Membangun Usaha Rumahan Di Desa Agar Menguntungkan

Kebanyakan warga di desa tidak mau membuka peluang usaha yang ada di desa tempat kelahiran mereka. Hal ini karena mereka selalu berpikir bahwa tidak ada yang bisa diharapkan dari desa kelahirannya, dan kota adalah tempat yang tepat untuk menjadi tujuan dari mereka yang ingin meraih kesuksesan dalam dunia karir.

Namun seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi, sepertinya hal tersebut tidak lagi bisa relevan. Sebab membangun usaha atau bisnis di desa juga bisa menguntungkan loh. Apalagi anda sudah mengetahui beberapa ide usaha rumahan di desa yang menjanjikan dan menguntungkan.

Nah diatas sudah saya tuliskan beberapa rekomendasi ide usaha rumahan di desa yang menguntungkan dan bisa anda coba geluti. Namun jika hanya mengetahui ide usaha saja tanpa didukung dengan bekal ilmu pengetahuan terkait pengelolaan bisnis di desa tentu saja semuanya akan sia-sia. Oleh sebab itu, berikut dibawah ini sudah saya tuliskan beberapa tips membangun usaha rumahan di desa agar menguntungkan.

Survei Dulu Jenis Peluang Usaha Di Desa

Tips agar usaha di desa bisa sukses tentu saja adalah anda harus melakukan survei terlebih dahulu terkait peluang usaha apa yang kira-kira menguntungkan dan juga mudah untuk dijalankan di pedesaan. Nah diatas sudah saya tuliskan beberapa ide bisnis yang sangat menjanjikan serta menguntungkan untuk dijalani di desa, silahkan anda lakukan seleksi atau survei terlebih dahulu terkait kira-kira ide yang mana yang memiliki peluang mendapatkan keuntungan besar jika dijalankan di desa anda.

Paling tidak anda harus menggeluti bidang usaha yang memang belum ada di desa anda tersebut. Hal ini seperti terkait kebutuhan masyarakat desa anda akan suatu produk atau suatu jasa. Dengan melihat kebiasaan dan juga kebutuhan masyarakat di desa anda, kemudian melihat apakah sudah ada ide bisnis seperti ini di desa anda.

Anda bisa menjalankan ide bisnis usaha tersebut dengan lancar dan bebas hambatan. Peluang untuk memajukan bisnis dan juga mendapatkan keuntungan juga bisa dengan mudah terealisasi.

Pilih Bidang Yang Disukai Dan Dikuasai

Dalam menciptakan suatu bisnis, tentu saja akan lebih mudah jika anda memilih bidang usaha yang anda sukai sekaligus anda kuasai. Dengan begitu tentu saja anda bisa dengan mudah menjalankan bisnis tersebut. Tidak akan ada rasa malas yang menghampiri anda ketika menjalankan ide bisnis tersebut.

Berbeda jika anda memilih bisnis yang belum pernah anda kuasai atau sama sekali tidak anda sukai sebelumnya. Tentu saja anda akan mengalami kesulitan saat menjalankan ide bisnis di desa tersebut. Seperti kata pepatah bahwa apabila suatu usaha tersebut dipilih karena memang bisa menghasilkan prospek yang baik dan juga menguntungkan di masa depan, namun anda kurang tertarik. Maka akan berdampak pada anda yang akan menjalani bisnis tersebut dengan setengah hati.

Anda hanya akan berfokus terhadap bagaimana cara mendapatkan keuntungan dari bisnis tersebut. Memang orang berbisnis juga mencari keuntungan, namun jika orientasi fokus anda hanya terhadap keuntungan yang mengkhawatirkan adalah kualitas produk anda akan menurun karena anda hanya mementingkan keuntungan saja.

Amati Tiru Modifikasi

Dalam membangun usaha di desa, tidak ada salahnya anda menjiplak konsep usaha yang ada di kota sebelumnya. Namun anda juga harus memodifikasi konsep bisnis yang anda jalankan tersebut. Jangan asal menjiplak full 100% terhadap bisnis yang sudah ada di kota.

Tentu saja akan lebih baik jika anda melakukan modifikasi dengan tujuan untuk menyempurnakan konsep bisnis yang anda temukan di kota tersebut. Lakukan analisa apa saja yang menjadi kekurangan jika bisnis tersebut diterapkan di pedesaan, apakah masih relevan dan memiliki peluang yang tinggi juga jika dilakukan di area desa?

Nah itulah beberapa ide bisnis rumahan di desa yang menjanjikan dan menguntungkan untuk dijalani di tahun 2021 beserta beberapa tips memangun ide bisnis rumahan di desa agar bisa berjalan dengan lancar tanpa hambatan.

Semoga informasi yang saya berikan kali ini bisa bermanfaat untuk anda yang sedang mencari informasi terkait inspirasi ide bisnis rumahan di desa yang menjanjikan dan menguntungkan. 


No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter