Slider

Ide Kreatif UMKM Untuk Mahasiswa Pemula


Apakah anda saat ini berstatus sebagai mahasiswa dan sedang mencari ide kreatif UMKM untuk mahasiswa pemula? Jika memang begitu maka anda datang di tempat yang tepat, karena saya sudah menuliskan secara detail apa saja sih ide kreatif UMKM untuk mahasiswa pemula yang cocok untuk dijalankan para mahasiswa pemula seperti anda. Sebab sebagai seorang mahasiswa tentu saja tidak hanya memiliki tugas sebagai belajar saja, namun tentu saja juga harus mempersiapkan bekal yang akan digunakan untuk menuju dunia karir.

Oleh sebab itu tentu tidak ada salahnya untuk anda yang saat ini masih berstatus sebagai mahasiswa juga ingin berbisnis. Siapa tahu profesi atau bisnis yang sedang anda jalani saat ini bisa menjadi profesi utama nantinya ketika anda sudah lulus atau wisuda dari kuliah.

Sebagai seorang mahasiswa tentu saja anda juga harus dituntut untuk kreatif supaya nantinya bisa hidup dengan mandiri dan tidak cuma mengandalkan harta kekayaan dari orang tua saja. Jika anda menunda-nunda waktu untuk berbisnis, tentu saja anda yang akan menyesal sendiri nantinya.

Sebab waktu yang tepat untuk memulai bisnis adalah saat masih berkuliah. Dengan memiliki waktu yang senggang, tidak ada salahnya jika anda memilih berbisnis sambil berkuliah. Namun yang menjadi masalah adalah terkait apa anda tahu ide kreatif UMKM untuk mahasiswa pemula? Jika belum, anda datang di tempat yang tepat.

Karena pada postingan kali ini sudah saya tuliskan beberapa ide kreatif UMKM untuk mahasiswa pemula yang mungkin bisa anda geluti untuk mendapatkan penghasilan tambahan selain berkuliah.

Rekomendasi Ide Kreatif UMKM Untuk Mahasiswa Pemula

Seiring dengan berkembangnya teknologi dan zaman, semakin memudahkan anda dalam membangun suatu usaha termasuk juga UMKM untuk mahasiswa pemula. Tentu saja anda sebagai mahasiswa harus bisa berpikir kreatif dan Out Of The Box.

Jika anda hanya mengikuti arus, lalu apa bedanya anda dengan anak SMA maupun SMK? Nah oleh sebab itu, untuk anda yang ingin memulai berbisnis UMKM namun tidak mengetahui apa saja rekomendasi bisnis UMKM untuk mahasiswa Pemula, berikut dibawah ini sudah saya tuliskan secara lengkap apa saja rekomendasi ide kreatif UMKM untuk mahasiswa pemula.

1# Bisnis Jualan Online

Peluang bisnis online untuk mahasiswa tentu saja menjadi salah satu ide bisnis yang worth it untuk dijalankan. Sebab sekarang sudah jamannya serba digital dan juga serba internet, oleh sebab itu anda bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan uang dengan berbisnis jualan online.

Untuk anda yang masih belum bisa membuat website jualan online sendiri, anda bisa memanfaatkan beberapa aplikasi atau situs jual beli online seperti Shopee, Tokopedia atau Bukalapak untuk menjadi tempat anda menjual barang-barang secara online.

Lalu apa yang bisa dijual? Untuk masalah ini tentu saja tergantung dari diri anda. Anda bisa menjual jasa seperti jasa pengerjaan tugas, menjual produk fisik dan masih banyak lagi yang bisa anda jual secara online.

Saya sarankan agar anda menjual apa yang termasuk dalam hobi anda. Karena jika sudah begitu tentu saja anda akan dengan senang hati melaksanakannya. Anda tidak akan merasa tertekan dengan profesi atau bisnis yang anda jalankan tersebut jika bisnis tersebut berdasarkan hobi.

2# Menjadi Agen Kuota Dan Pulsa

Memang bisnis menjadi agen kuota dan pulsa sepertinya sudah menjamur sekarang ini. Namun dengan menjalani bisnis seperti ini di area kampus, tentu saja peluang untuk laku sangat besar.

Berbeda jika anda membuka konter pulsa di rumah, dimana tentu saja target pasarnya adalah hanya tetangga saja. Namun jika anda menjalani bisnis ini di kampus target pasar anda bisa mahasiswa dan mahasiswi teman anda lainnya atau mungkin bisa dosen.

Terlebih lagi proses menjadi agen kuota dan pulsa sekarang sudah bisa dilakukan dengan mudah. Tidak perlu melakukan deposit dengan nominal besar, anda bisa memanfaatkan dompet digital atau akun Internet Banking anda untuk menjalani bisnis ini.

Walaupun keuntungan yang didapatkan sangat kecil yakni berkisar antara Rp. 1000 sampai paling besar Rp. 1.500, namun hal tersebut tidak menjadi masalah sebab anda bisa melakukannya dengan mudah dan cepat.

3# Menjadi Seorang Freelancer Di Internet

Saat ini anda bisa dengan mudah mendapatkan penghasilan tambahan atau bahkan mendapatkan pendapatan utama dari internet. Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan uang dari internet adalah dengan menjadi seorang Freelancer di Internet.

Nah untuk kalian yang masih mahasiswa, tentu saja anda memiliki keahlian khusus kan? Kenapa anda tidak memanfaatkannya untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari internet dengan menjadi seorang freelancer? Misalnya saja untuk anda yang memiliki keahlian khusus seperti kemampuan khusus dalam bidang mendesain, menulis, programming.

Cobalah untuk menawarkan kemampuan yang anda miliki ini untuk mendapatkan uang dari internet. Lagi pula saat ini sudah ada banyak website khusus untuk freelancer yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan dengan mudah.

Atau untuk anda yang pandai berbahasa Inggris, anda bisa menggunakan website khusus freelancer dalam skala Internasional seperti Fiver. Dengan menggunakan Fiver anda akan mendapatkan uang sebesar $5 untuk setiap jasa yang anda tawarkan.

4# Membuka Jasa Les Private Bersama Mahasiswa Lain

Nah, untuk anda yang sedang berkuliah dengan jurusan pendidikan. Tidak ada salahnya jika anda membuka jasa sebagai pengajar les private. Anda bisa membuka jasa mengajar les private bersama dengan mahasiswa pendidikan lainnya.

Bisa anda bayangkan, jika anda berhasil mengumpulkan 5 mahasiswa atau mahasiswi pendidikan umum (IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPS) tentu saja anda bisa membuka jasa pengajar les private dengan mengincar segmen peserta les anak-anak SMP atau SMA.

Lagipula, jurusan anda kan pendidikan dimana nantinya kemungkinan besar anda akan menjadi seorang guru atau tenaga pengajar. Jadi tidak ada salahnya jika anda mulai mengasah kemampuan dalam mengajar atau mendidik para peserta les private anda tersebut sebagai latihan menjadi guru nantinya.

Untuk seorang yang masih berstatus sebagai mahasiswa, tarif yang bisa anda patok untuk les private saat ini berkisar Rp. 30.000 sampai Rp. 50.000 dalam setiap pertemuan. Lumayan bukan? Tunggu apalagi!

5# Membuka Jasa Event Organizer

Sebagai seorang mahasiswa tentu saja anda sudah sering mengikuti kegiatan berorganisasi. Nah organisasi apapun itu tentu saja berkaitan erat dengan yang namanya acara dan bagaimana pengelolaan suatu acara. Kemampuan untuk mengatur acara yang anda dapatkan dengan berorganisasi tersebut tentu saja bisa anda manfaatkan untuk membangin bisnis UMKM jasa Event Organizer.

Ide UMKM untuk mahasiswa pemula sebagai jasa event organizer tentu saja membuka peluang lebar untuk mendapatkan keuntungan dengan mudah dan cepat. Dimana anda bisa mulai menawarkan jasa Event Organizer ini pada beberapa acara sederhana dulu seperti acara ulang tahun, acara seminar hingga acara kantor.

Baru jika anda sudah memiliki pengalaman dan jam terbang yang tinggi, anda bisa mengambil job yang lebih tinggi lagi. Mungkin anda akan memerlukan beberapa orang lainnya untuk menjadi tim Event Organizer.

Inilah keuntungan anda mengikuti suatu organisasi di kampus. Anda bisa mengajak teman-teman mahasiswa lainnya untuk bergabung menjadi tim dari jasa Event Organizer yang anda kelola. Paling tidak anda membutuhkan 20 orang untuk membuka jasa Event Organizer kecil-kecilan terlebih dahulu.

6# Menjual Barang Thrifting

Ide UMKM untuk mahasiswa pemula berikutnya adalah dengan menjalani bisnis jual beli barang thrifting. Seperti yang sudah kita ketahui bersama saat ini Thrifting menjadi hal yang sedang ngehits. Thrifting sendiri adalah bisnis menjual barang second branded dengan kualitas yang masih bagus.

Lalu bagaimana anda bisa mendapatkan stok barang second branded dengan mudah? Anda bisa mencari informasi dimana tempat untuk membeli stok barang second branded di internet. Namun biasanya anda harus membeli stok barang dalam jumlah banyak sekaligus dengan modal minimal 5 juta.

Beberapa barang-barang thrifting yang memiliki nilai jual adalah seperti kaos branded, kemeja branded, flanel branded dan juga sepatu branded dengan merk yang terkenal dari luar negeri.

7# Menjadi Seorang Blogger

Seiring dengan berkembangnya zaman, sekarang menjadi seorang Blogger bisa dibilang menjadi sebuah profesi di era digital seperti sekarang ini. Dimana ada banyak orang yang sukses dari menjadi seorang blogger di zaman sekarang.

Namun tentu saja untuk menjadi seorang blogger anda harus memiliki laptop dan juga koneksi internet yang stabil. Beruntunglah buat kalian yang memiliki kos dengan fasilitas free wifi, anda bisa memanfaatkannya untuk menjadi seorang blogger profesional.

Selain itu, saya yakin mahasiswa sudah terbiasa membuat karya tulis seperti jurnal ilmiah, makalah dan sebagainnya. Jadi saya juga yakin jika anda sendiri memiliki kemampuan menulis diatas rata-rata untuk menjadi seorang blogger.

Namun yang perlu anda ketahui adalah selain bakat menulis, anda juga harus paham ilmu dasar SEO agar bisa mengundang trafik atau pengunjung datang ke blog yang anda kelola. Karena untuk bisa mendapatkan uang dari internet, terutama dari Blogger paling tidak anda harus memiliki blog dengan jumlah trafik yang besar.

8# Membuat Clothing Line

Ide kreatif UMKM untuk mahasiswa pemula berikutnya adalah dengan membuat clothing line. Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya bahwa membuka usaha clothing line adalah salah satu cara yang bisa anda lakukan sebagai mahasiswa untuk mendapatkan penghasilan tambahan sekaligus membentuk bisnis selagi masih kuliah.

Untuk anda mahasiswa desain grafis atau mahasiswa yang memiliki skill dalam bidang desain, anda bisa memanfaatkan skill yang anda miliki tersebut untuk mendapatkan penghasilan dari usaha kreatif Clothing line.

Mulai dari memproduksi kaos, hoodie atau topi tentu saja usaha pada bidang pakaians eperti ini masih menjadi salah satu primadona di Indonesia. Apalagi sekarang zaman sudah serba online, jadi jaringan pemasaran yang bisa anda lakukan untuk memasarkan produk clothing line yang anda miliki tidak terbatas lagi.

Selain memproduksi produk dari brand sendiri, anda juga bisa menjual produk dari merek terkenal lainnya. Namun saran dari saya adalah anda membuat produk clothing line dengan brand sendiri.

Sebab saat ini banyak anak muda Indonesia yang lebih suka menggunakan produk clothing dari brand lokal daripada brand luar negeri. Hal ini karena sudah ada banyak pemuda di Indonesia yang sudah sadar bahwa kualitas lebih penting daripada kuantitas.

Anda bisa mengambil contoh kesuksesan dari Erigo, dimana awalnya Erigo sendiri juga membangun usaha tersebut dari 0. Namun dengan kesabaran dan juga skill pemasaran yang bagus membuat Erigo Apparel bisa langsung terkenal di Indonesia hanya dalam kurun waktu kurang dari 10 tahun.

9# Membuat Bisnis MUA

Ide kreatif UMKM untuk mahasiwa pemula yang satu ini sangat cocok untuk anda yang berstatus sebagai Mahasiswi. Dimana setiap wanita tentu saja suka dengan dandan dan juga kecantikan, oleh sebab itu anda bisa memanfaatkan kondisi seperti ini untuk membuat UMKM sendiri yaitu MUA atau Make Up Artist.

Apalagi saat ini bisnis MUA sudah semakin populer, sebab sudah ada banyak juga perempuan muda di Indonesia yang ingin selalu tampil cantik ala make up profesional artis-artis dunia.

Membangun jasa MUA ini biasa nya akan banyak dibutuhkan untuk momen-momen tertentu seperti momen wisuda, acara pernikahan, lamaran dan juga photoshoot serta acara besar lainnya.

Tidak hanya merias wajah orang lain saja, namun untuk anda yang memang sudah handal dalam merias wajah. Anda juga bisa membuat kursus atau kelas make up. Jika jasa MUA anda sudah terkenal, bukan tidak mungkin setelah lulus kuliah nanti bisnis ini bisa anda teruskan untuk menjadi sumber penghasilan utama.

10# Jasa Fotografi Dan Videografi

Untuk anda yang memiliki kamera digital dan juga berkuliah di jurusan seni, tentu saja anda bisa memanfaatkan skill dan relasi yang anda miliki selama berkuliah di jurusan Seni untuk menjalankan ide kreatif UMKM untuk mahasiswa pemula yang satu ini.

Menyediakan jasa fotografi dan videografi tentu saja sangat cocok untuk anda jalankan. Mengingat menyediakan jasa seperti ini akan selalu dibutuhkan oleh orang-orang. Walaupun saat ini semua orang sudah bisa mengambil foto sendiri melalui kamera smartphone, namun belum tentu mereka bisa menghasilkan foto yang berkualitas.

Oleh sebab itu, disini yang anda jual bukan jasa asal foto saja, namun jasa fotografi yang bisa menghasilkan foto berkualitas. Membuka jasa fotografi biasanya akan dibutuhkan pada momen-momen tertentu. Misalnya saja seperti acara momen pernikahan, wisuda atau ulang tahun.

Untuk anda yang memiliki skill dalam editing video, tentu saja keuntungan yang anda dapatkan akan semakin melimpah. Mengingat tarif untuk satu video yang dibuat dengan durasi 1 menit saja biasanya dipatok dengan harga Rp. 200.000 sampai Rp. 500.000.

11# Menjadi Seorang Digital Marketing Agency

Saat ini hampir semua hal didapatkan dari internet, termasuk juga penggunaan mesin pencari seperti Google dan juga sosial media. Nah anda bisa memanfaatkan hal seperti ini untuk membangun dan menjalankan ide kreatif UMKM untuk mahasiswa pemula sebagai seorang Digital Marketing Agency.

Untuk anda yang kuliah mengambil jurusan pemasaran atau Marketing, tentu saja menjadi seorang Digital Marketing Agency bukanlah hal yang sulit untuk anda. Terlebih lagi bayaran dari jasa Digital Marketing Agency ini juga cukup besar.

Bagaimana Cara Membangun UMKM Baru Agar Bisa Bersaing?

Nah diatas sudah saya tuliskan apa saja kira-kira yang bisa menjadi ide kreatif UMKM untuk mahasiswa pemula. Namun jika hanya ide saja tentu saja tidak akan cukup. Tentu saja anda harus mengimbanginnya dengan skill dan juga pengetahuan tentang bagaimana cara membangun UMKM baru untuk mahasiswa pemula agar bisa bersaing dengan UMKM lainnya yang sudah ada sebelumnya.

Sebab ada banyak kasus dari UMKM yang dibangun oleh mahasiswa baru berujung stuck di atau berhenti di tengah jalan. Kebanyakan para mahasiswa tidak puas dengan hasil yang didapatkan dari membangun UMKM baru karena tidak bisa bersaing dengan UMKM yang sudah ada sebelumnya.

Untuk itu, agar UMKM yang anda bangun tersebut bisa bersaing dengan yang sudah ada. Berikut dibawah ini adalah beberapa cara membangun UMKM baru agar bisa bersaing dengan mudah.

1# Perhatikan Kualitas Produk Dan Harga

Banyak yang bilang ada harga ada kualitas, sebenarnya hal tersebut ada benarnya juga. Namun untuk anda yang baru memulai UMKM, tentu saja anda harus memperhatikan kualitas dari produk atau layanan jasa yang anda berikan dengan tidak mementingkan keuntungan yang melimpah terlebih dahulu.

Sebagai UMKM baru yang harus bersaing dengan UMKM yang sudah ada sebelum nya, tidak ada salahnya anda mematok atau memasang harga dengan harga dibawah saingan anda. Namun jangan mentang-mentang harga yang anda tawarkan murah, anda malah menurunkan kualitas produk.

Justru ini menjadi momen yang sangat penting untuk anda manfaatkan. Dengan memasang harga yang murah, otomatis akan ada banyak orang yang membeli atau menggunakan jasa anda. Oleh sebab itu anda juga harus memperhatikan segi kualitas jasa atau produk yang anda berikan.

Baru nanti, saat UMKM anda sudah memiliki nama atau istilahnya sudah terkenal. Anda boleh menaikan harga produk atau jasa yang anda miliki tersebut. Namun ingat, harga boleh naik, namun kualitas juga harus mengikuti kenaikan harga tersebut.

2# Perhatikan Tempat Atau Kantor UMKM

Tips untuk membangun UMKM baru berikutnya adalah anda harus memperhatikan tempat atau kantor dari UMKM anda tersebut. Untuk anda yang memiliki UMKM yang bergerak di bidang penawaran jasa dan layanan, tidak ada salahnya untuk membentuk kantor pribadi yang menjadi tempat untuk anda bekerja.

Namun karena anda masih berstatus sebagai mahasiswa, selain itu disisi lain modal yang anda keluarkan tentu saja juga terbatas. Anda bisa memanfaatkan kos yang anda sewa sebagai basecamp atau kantor dari UMKM jasa anda.

Ingat, itu hanya berlaku jika anda memiliki UMKM jasa. Untuk anda yang memiliki UMKM yang bergerak pada penjualan produk fisik. Tentu saja anda juga harus memikirkan untuk menyewa ruko atau rumah yang akan digunakan untuk menjual produk UMKM yang anda miliki tersebut.

Tentu saja juga tidak mungkin saat anda memilih membangun UMKM yang bergerak dengan menjual produk fisik seperti menjual Kaos, menjual makanan namun tempat UMKM yang anda gunakan adalah kamar kos anda.

3# Strategi Promosi Yang Menarik

Terakhir, anda juga perlu memperhatikan dan membuat strategi promosi yang menarik agar UMKM anda berhasil dilirik oleh calon konsumen. Anda bisa memanfaatkan sosial media sebagai tempat atau sarana untuk memasarkan produk dan jasa UMKM yang anda miliki tersebut.

Mulailah dengan membuat akun Instagram dari UMKM yang anda miliki, kemudian anda minta teman-teman mahasiswa lainnya untuk membantu mempromosikan akun instagram yang anda miliki tersebut. Strategi pemasaran  dengan memanfaatkan sosial media tentu saja sangat ampuh untuk dilakukan saat ini. 


No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter