Slider

ini lho bunda, cara mengajari anak 2 tahun agar tidak ngompol


Setiap orang tua tentu saja dalam mendidik dan juga membesarkan anaknya pasti pernah mengalami kendala dalam mendidik dan juga membesarkan anak. Entah itu mengalami anak yang nakal, susah  di atur, dan aneka macam problem lain yang di alami dalam mendidik anak. Adapun salah satu jenis problemnya adalah anak yang  mengompol.

Mungkin saja bila yang mengompol ini adalah anak usia bayi yang berusia 1 bulan – 1 tahun mungkin itu  bukan menjadi suatu masalah. Namun bila hal ini terjadi pada anak yang berusia lebih dari 1 tahun hal itu tentu saja akan menjadi masalah atau problem tersendiri bagi para orang tua. Dan  bila hal itu masih berlanjut hingga anak itu berusia 5 th orang tua tentu saja akan mencari cara agar tidak anak tidak mengompol.

Beberapa orang tua ada yang berhasil dalam mengatasi anak yang mengompol. Namun rupanya di sini juga banyak orang tua yang belum bisa mengatasi anak mereka yang mengompol walaupun umur mereka sudah berusia lebih dari 2 tahun. Hal itu membuat cemas dan juga khawatir bagi para orang tua.

Nah untuk menjawab  kegalauan yang di alami oleh beberapa orang tua yang mempunyai kasus demikian. Maka dari itu di bawah ini kami akan memberikan informasi untuk anda  semua tentang bagaimana cara mengajari anak agar tidak mengompol. Penasaran kan? Yuk kita simak dan juga baca bersama beberapa penjelasan yang akan kami tulis dan juga sampaikan seperti yang ada di bawah ini.

Tidak memarahi

Sebagian besar orang tua merasa agak gemas ketika harus melihat anak mereka itu mengompol.  Bahkan beberapa orang tua itu marah ketika mereka harus melihat anak mereka itu mengompol. Namun kendati begitu orang tua tidak perlu memarahi anak mereka. Mengapa demikian? Karena ketika memarahi anak bukanlah menjadi sebuah solusi. Karena anak belum memahami apa maksud kita memarahi. Maka dari itu pihak orang tua harus berusaha untuk sabar ketika mereka mengetahui bahwa anak  mereka itu mengompol.

Membiasakan diri untuk pergi ke toilet

Cara yang pertama yang bisa dilakukan oleh para orang tua agar anak mereka itu tidak mengompol adalah dengan membiasakan diri untuk buang air kecil sebelum mereka itu pergi tidur. Di sini pihak orang tua perlu untuk mengajari anak mereka setiap hari. Hal itu penting karena itu membuat kandung kemih itu terisi penuh.

Hindari banyak minum sebelum tidur

Kemudian untuk cara berikutnya yang bisa dilakukan oleh para orang tua agar bisa mengajari anak agar tidak mengompol adalah dengan menghindari terlalu banyak minum. Karena kita  tahu bahwa jika terlalu banyak minum itu bisa membuat kandung kemih menjadi penuh. Dan anak pada usia itu belum bisa mengontrol. Maka akibatnya di sini adalah terjadi mengompol. Maka perlu bagi para orang tua untuk mengajari anak untuk tidak minum terlalu banyak sebelum tidur.

Menghindari untuk mengonsumsi kafein

Rupanya di sini penyebab seorang anak itu mengompol itu tidak hanya 1 penyebab saja. Namun rupanya ada penyebab lain. Salah satu penyebab terjadinya seorang bayi itu mengompol adalah terlalu banyak minum minuman yang di dalamnya banyak mengandung kafein. Adapun contoh minuman itu adalah teh, susu coklat, dan juga soda. Maka jika anda tidak ingin agar anak anda ngompol saat tidur. Anda perlu membatasi anak anda mengonsumsi minuman yang mengandung soda.

Mengajari anak untuk toilet tranning

Kemudian untuk cara lain yang bisa dilakukan oleh para orang tua agar anak itu tidak mengompol adalah  perlu untuk memberikan toilet tranning pada anak. Adapun bentuk contoh dari toilet tranning adalah mengajari anak di mana ia harus buang air kecil. Selain itu orang tua juga bisa mengajari anak untuk menahan buang air sebelum ia sampai pada kamar mandi. Dengan cara yang demikian anda bisa mengajari anak anda untuk tidak buang air kecil atau ngompol di sembarang tempat.

Perhatikan seberapa banyak anak minum

Hal lain yang bisa menjadi penyebab anak itu mudah mengompol adalah anak yang terlalu banyak minum. Maka dari itu di sini penting bagi para orang tua untuk bisa mengetahui dan juga mengendalikan seberapa banyak anak itu minum. Dengan cara demikian orang tua secara tidak langsung juga mengajari anak untuk tidak melakukan buang air kecil di sembarang tempat.

Hindari menakut – nakuti

Biasanya ketika orang tua itu mereka tahu bahwa anak mereka itu mengompol sebagian besar mereka akan memarahi atau juga menakut nakuti. Hal itu sengaja dilakukan dengan maksud dan juga tujuan agar mereka itu tidak mengompol. Tapi kendati begitu rupanya melakukan hal yang semacam itu tidak akan memecahkan masalah.  Namun hanya akan membuat anak merasakan trauma dan mengalami luka. Maka dari itu para orang tua untuk tidak melakukan tindakan menakut nakuti dengan tujuan agar anak itu tidak mengompol.

Jangan gunakan popok

Sebab lain yang membuat anak itu mudah sekali mengompol adalah karena memakai popok. Beberapa orang tua mengaku tidak mau repot dalam urusan  melakukan buang air. Akhirnya mereka memakaikan popok pada anak. Nah untuk itu jika para orang tua itu ingin agar anak mereka itu tidak mengompol. Mereka harus mengajari anak untu tidak menggunakan popok  namun menggunakan celana.

Atur jam makan anak dengan baik

Cara lain yang bisa dilakukan dan di perbuat oleh para orang tua agar mengajari anak mereka untuk tidak mengompol adalah dengan mengatur jam makan malam pada anak. Di mana jika anda ingin agar anak anda itu tidak mengompol, anda perlu mengatur jam makan malam anak anda pada waktu sore hari. . Dengan cara demikian orang tua secara tidak langsung juga mengajari anak untuk tidak melakukan buang air kecil di sembarang tempat.

Memberikan pujian dan apresiasi

Setiap orang tentu merasa senang dan bangga ketika mendapatkan suatu pujian atau aapresiasi. Apalagi di sini dengan anak anak. Mereka tentu saja akan merasa senang ketika mendapatkan apresiasi atau pujian. Maka dari itu untuk para orang tua pujilah anak ketika mereka berhasil untuk tidak mengompol.

Nah itulah tadi beberapa informasi yang bisa kami bagikan untuk anda semua mengenai cara mengajari anak usia 2 tahun  agar tidak ngompol. Semoga informasi yang sudah kami tulis dan uraikan tadi bisa berguna dan juga bermanfaat untuk anda semua. Terlebih di sini untuk para orang tua yang anaknya masih mengompol walaupun usianya sudah berusia lebih dari 1 tahun. Semoga informasi itu bisa membantu.

No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter