Slider

Inilah 10 Jenis Ikan Discus Rajanya Ikan Hias yang Cocok Dipelihara

 

Salah satu ikan hias yang sedang popular dan menarik perhatian bagi pecinta ikan hias yaitu ikan Discus. Ciri khas dari ikan discus adalah bentuk tubuhnya yang pipih dan lebar membuat ikan ini terlihat menarik, belum lagi corak warna yang unik dan pembawaannya yang tenang. 

Budidaya ikan discus ini juga semakin banyak dilakukan oleh beberapa orang, yang semula memiliki warna terbatas sekarang memiliki warna beragam. Ikan ini memiliki nama latin Symphysodon, yang merupakan ikan air tawar yang memiliki habitat asli dari sungai Amazon, Brasil.

Karakter Ikan Discus

Cara memelihara ikan Discus yaitu mengetahui karakter ikan tersebut terlebih dahulu, kalian juga harus mengetahui cara beradaptasi dari ikan ini. Apalagi mengenai temperatur suhu yang ada pada aquarium, karena ikan discus ini terbiasa pada habitatnya dengan suhu yang hangat.

Namun beberapa jenis ikan, tentunya memiliki lingkungan yang berbeda-beda, sehingga apabila kalian ingin mencampurkan dengan jenis lain harus diperhatikan dulu. Ikan discus juga tidak masuk kedalam jenis ikan yang agresif, karakter ikan discus ini lebih tenang, bahkan agak pemalu.

Ikan ini mampu tumbuh hingga berukuran 20-25 cm saat dewasa tergantung juga dengan beragam jenisnya. Secara spesifik perbedaan ikan discus jantan dan betina tidak ada, hanya biasanya ukuran tubuh discus jantan akan terlihat lebih besar daripada betina.

Beberapa ikan yang cocok untuk dipelihara bersama ikan discus di dalam aquarium, seperti ikan Corydoras, ikan Tetra Rummy Nose maupun Cardinal Tetra. Karena sifatnya yang mudah berteman akan memudahkan untuk menggabungkan dengan jenis ikan lainnya.

Jenis-Jenis Ikan Discus yang Cocok Dipelihara

Bagi kalian yang penasaran apa saja sih jenis-jenis ikan discus ini, yuk simak beberapa penjelasan mengenai beragam jenis ikan discus yaitu:

1# Brilliant Turquoise Discus

Ikan ini dicirikan dengan pola garis-garis vertikal pada bagian tengah tubuhnya dengan warna dasar yaitu krem terang serta warna biru pada bagian ekor dan siripnya. Brilliant Turquoise Discus ini juga termasuk ke dalam jenis high tail atau memiliki sirip pada bagian punggung yang tinggi. Jenis ikan ini juga sangat popular dan banyak dicari oleh para penggemar ikan hias. Banya juga yang sering memanggilnya dengan istilah ikan Discus Blue Turquoise. Harga ikan ini di pasaran relatif mahal yaitu mencapai sekitar 300.000-750.000

2# Snakeskin Discus

Sedangkan warna-warna pada jenis ikan ini cukup variatif, dengan dicirikan warna dasar merah ditambahkan bintik-bintik berwarna biru. Snakeskin Discus ini mungkin membutuhkan perawatan tingkat lanjut dan belum cocok bagi kalian yang baru memulai untuk memelihara ikan. Karena memerlukan perhatian khusus pada sistem filtrasi akuarium dan asupan makanan dari ikan ini. Harga di pasaran dari jenis ikan ini relatif mahal juga yaitu sekitar 750.000.

3# Checkerboard Pigeon Discus

Ikan yang sering dikenal dengan ikan discus pigeon ini memiliki ciri-ciri terdapat unsur warna merah pada tubuhnya. Terdapat juga warna biru kehijauan dengan warna corak merah. Beberapa jenis ini juga memiliki pola garis vertikal warna hitam pada bagian tengahnya. Harga dari jenis ikan ini juga bervariasi mulai dari 80.000 hingga 750.000.

4# Golden Yellow Discus

Ikan ini memiliki ciri khas yang unik pada warnanya yaitu kuning keemasan yang solid atau full seluruh tubuhnya. Jenis ikan ini sangat cocok sekali menjadi ikan hias di aquascape apalagi digabungkan dengan biota air lainnya dalam akuarium tersebut. Terdapat juga beberapa jenis Golden Yellow Discus yang memiliki corak warna putih di bagian kepalanya. Harga ikan discus ini juga bervariasi mulai dari 75.000 hingga 350.000.

5# Green Mamba Discus

Jenis Green Mamba ini sering dikenal dengan sebutan Green Diamond Discus yang memiliki ciri khas warna biru terang yang solid dan tanpa corak pada tubuhnya. Selanjutnya juga terdapat gradasi warna biru muda dengan biru tua pada bagian sirip punggung dan ekornya. Harga dari jenis ikan ini juga bervariasi mulai dari 75.000 hingga 550.000.

6# Leopard Snakeskin Discus

Jenis ini memiliki perpaduan warna dan corak yang seimbang yang membuat ikan discus leopard ini terlihat menarik. Selain itu ciri-ciri khas lain dari jenis ikan ini yaitu kombinasi warna dasar biru muda dengan kuning ditambah dengan pola bintik-bintik berwarna merah. Beberapa jenis Leopard Snakeskin Discus ini berwarna kuning cerah dengan corak garis vertikal berwarna hitam bagian kepalanya yang terlihat seperti membelah matanya. Harga dari jenis ikan cukup mahal dan bervariasi mulai dari 150.000 hingga 650.000.

7# Fine Line Green Snakeskin Discus

Ciri ikan discus adalah memiliki warna yang menarik, salah satunya pada jenis Fine Line Green Snakeskin Discus yang memiliki warna dan pola sempurna. Bahkan warna dan pola tersebut muncul pada usia 6 bulan. Jenis discus ini cukup unik dengan warna dasar hijau tosca yang menyala terang, ditambahkan dengan corak bintik-bintik pada tubuhnya. Dikenal dengan nama snakeskin Discus karena memiliki pola pada kepala dan siripnya, mirip ikan snakeskin lainnya. Harga dari jenis ikan ini cukup mahal dan bervariasi mulai dari 300.000 hingga 750.000.

8# Red Melon Discus

Jenis ikan yang dikenal dengan warna merah yang solid atau warna oranye kemerahan yang menyala dan tanpa adanya corak pada tubuhnya. Ikan Discus Red Melon ini juga memiliki corak putih pada bagian kepala, sirip dan ekornya yang akan menambah pesona dari jenis ikan ini. Harga dari jenis ikan ini cukup mahal dan bervariasi mulai dari 150.000 hingga 2.000.000.

9# Blue Face Red Cover Discus

Ciri-ciri ikan discus ini memiliki kombinasi dua warna yang sesuai dengan namanya yaitu biru dan merah. Warna pada tubuh Blue Face Red Cover Discus ini dominan dengan warna merah. Sedangkan pada bagian kepala dan siripnya memiliki warna biru. Jenis Discus ini juga memiliki sifat dan karakter yang tenang dan damai, namun harga dari jenis ikan ini cukup mahal sekitar 300.000.

10# Blue Diamond Discus

Ikan Discus yang satu ini ternyata membutuhkan perawatan tingkat lanjut, karena membutuhkan sistem filtrasi yang khusus. Sehingga membutuhkan perhatian yang lebih, bahkan memiliki kebiasaan makan yang sedikit berbeda. Ciri khas ikan discus blue diamond yaitu warna tubuh yang dominan dengan warna biru menyala, lalu warna hitam pada bagian ekor dan ujung siripnya. Harga dari jenis ikan ini juga bervariasi mulai dari 100.000 hingga 500.000.

Cara Merawat Ikan Discus:

Seperti penjelasan diatas, bahwasanya ikan discus ini lebih menyukai kondisi suhu air yang hangat dan juga lebih baik air tersebut dalam kondisi pH kurang dari 7. Karena ikan ini memiliki karakter yang pemalu dan tenang, baiknya untuk melengkapi aquarium kamu dengan beberapa tanaman hias dan juga injeksi CO2. Hal ini tentunya akan menjaga agar pH air pada aquarium tetap terjaga.

Hal paling utama dalam perawatan ikan discus adalah memperhatikan kualitas air maupun tempat tinggal. Maka dari itu, mari simak beberapa cara dalam perawatan ikan discus yaitu :

  1. Rawatlah Aquarium kalian secara rutin, paling tidak kalian harus membersihkannya 2 minggu sekali dan pilihlah tempat yang tenang agar ikan discus tidak merasa stress.
  2. Dalam membersihkan air pada aquarium juga pastikan terdapat 25 % dari total air yang ada.
  3. Selanjutnya yang perlu kalian ketahui saat ingin menambahkan ikan baru, maka pisahkan terlebih dahulu. Agar mencegah terjadi penularan penyakit pada ikan discus.
  4. Pastikan juga untuk selalu menjaga suhu air pada aquarium kalian tetap stabil dan pH yang berada dibawah 7. Kisaran suhu yang baik untuk ikan Discus ini biasanya 28° hingga 33° Celsius.
  5. Untuk makanan ikan discus ini usahakan memilih makanan yang bernutrisi dan berikan secara teratur.


Nah itulah beberapa ulasan mengenai karakter ikan discus, jenis-jenis ikan discus dan cara merawat yang benar. Karena ikan discus adalah jenis ikan yang tenang dan menggemaskan tentunya akan lebih mudah untuk merawatnya. Semoga penjelasan diatas tadi bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan maupun referensi kalian.


NB: image source :https://www.wallpaperflare.com/

No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter