Slider

Jangan Asal Buat, Yuk Simak Contoh Undangan Pernikahan Islami Yang Benar


Menggelar sebuah resepsi pernikahan tentu akan memerlukan banyak persiapan, tak terkecuali undangan pernikahan. Dalam hal ini, pastikan jika undangan yang dihadirkan sesuai dengan pesta pernikahan. Misalnya, jika menghendaki tema islami, maka sepatutnya undangan mempunyai konsep serupa. Sebelum membuat, simak contoh undangan pernikahan Islami berikut.

Hal Penting Saat Membuat Undangan Pernikahan

Kartu atau undangan pernikahan menjadi salah satu komponen penting yang harus ada sebelum menggelar resepsi. Adanya undangan, akan membantu menyampaikan informasi pernikahan pada penerima, seperti kerabat, teman, dan lainnya. Namun, meskipun terkesan simpel dan sepele, undangan pernikahan tidak boleh dibuat secara asal.

Disamping untuk menyampaikan informasi, ternyata kartu pernikahan mampu menggambarkan konsep resepsi dan karakteristik dari pemberi undangan. Melihat hal ini, maka sudah seharusnya anda menghadirkan tampilan yang menarik, indah, dan informatif. Dengan begitu, diharapkan mampu menarik rasa penasaran calon tamu undangan.

Untuk membuat kartu pernikahan yang menarik dan berkesan, sepatutnya anda memperhatikan beberapa hal penting, seperti tema. Dalam hal ini, sebelum anda merancang undangan pernikahan, tentukan terlebih dahulu konsep dari resepsi. Pastikan, desain kartu yang anda buat mengusung tema selaras dengan pesta yang digelar nantinya.

Misalnya, jika ingin mengusung konsep pernikahan islami, maka undangan yang anda buat harus menampilkan unsur tema yang sama. Akan lebih baik jika anda melihat contoh undangan pernikahan islami, agar mempunyai gambaran mengenai bentuk dan susunannya. Sehingga, kartu yang anda hadirkan akan menarik dan tidak keluar dari konsep yang ditentukan.

Setelah menentukan tema dan desain, jangan lupa pula untuk memilih jenis huruf untuk undangan. Supaya terlihat indah dan elegan, anda bisa menggunakan variasi bentuk huruf yang dirasa menarik. Namun, usahakan model huruf yang anda pilih mudah dibaca oleh penerima undangan. Biasanya, untuk font sering menggunakan pumpkin script typeface, handster, dan lainnya.

Selain dari desain, anda juga perlu mempertimbangkan vendor undangan pernikahan. Umumnya, setiap vendor mempunyai karakteristik jenis undangan yang berbeda. Maka dari itu, usahakan untuk memilih penyedia jasa yang tepat. Jika mempunyai waktu terbatas, sebaiknya menggunakan vendor yang berada di sekitar lokasi anda.

Sehingga, apabila ada desain yang kurang cocok anda bisa langsung meminta perbaikan atau revisi. Akan lebih baik, apabila vendor yang dipilih terbuka dengan segala masukan dari anda. Tak hanya itu saja, hal terakhir yang harus anda pertimbangkan sebelum membuat undangan adalah harga. Pastikan kartu pernikahan sesuai dengan budget yang dimiliki.

Biasanya, vendor akan memberikan banyak contoh undangan pernikahan Islami, lengkap dengan kisaran biaya, mulai dari harga murah hingga mahal. Apabila budget anda terbatas, tak ada salahnya memilih undangan dengan harga terjangkau. Namun, jika ingin memperoleh hasil maksimal, maka anda harus rela merogoh kocek lebih dalam.

Ciri Khas Undangan Pernikahan Konsep Islami

Seperti yang diketahui, undangan akan tampak menarik apabila didesain sesuai dengan tema pernikahan. Misalnya, jika resepsi mengusung konsep islami, maka undangan harus menampilkan kesan serupa. Perlu anda tahu, undangan pernikahan islami mempunyai tampilan yang berbeda dari kartu pada umumnya, baik dari segi isi maupun desain.

Apabila dilihat dari segi desain, biasanya undangan pernikahan yang mengusung konsep islami, sering menggunakan pilihan warna hijau. Tetapi, anda masih bisa menentukan warna lainnya, seperti merah maroon, biru mudah, putih, dan masih banyak lagi. bahkan, anda juga bisa menggunakan pilihan warna yang disukai, ataupun disesuaikan dengan tema pernikahan.

Tak hanya dari warna saja, ciri khas kartu pernikahan bernuansa muslim juga terlihat dari ornamen yang digunakan. Biasanya, contoh undangan pernikahan Islami cenderung menampilkan hiasan dengan bentuk sulur atau mozaik. Berbeda dari undangan umumnya, kartu pernikahan berkonsep Islam jarang menampakkan foto pasangan mempelai, bahkan cenderung dihilangkan.

Jikapun menampilkan gambar pasangan mempelai, biasanya hanya dalam bentuk karikatur ataupun siluet. Terkadang, ada juga yang hanya menuliskan inisial pasangan pengantin sebagai hiasan halam pembuka. Untuk mempercantik tampilan, jenis undangan pernikahan ini lebih umum menggunakan hiasan tumbuhan, seperti bunga, daun,ranting, dan berbagai ornament lainnya.

Karena mengusung konsep Islami, tentu dari segi isi juga pasti akan berbeda dari undangan pernikahan pada umumnya. Dimana, isi kartu pernikahan ini lebih menekankan penggunaan kalimat Islami. Hal ini sudah terlihat dari pembuka undangan yang menuliskan kalimat basmallah “Bismillahirrohmanirrohim” dengan bahasa arab.

Menyusul di bawah kalimat basmalah, tertulis pula salam pembuka “Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh”. Biasanya, setelah kalimat pembuka dan salam, akan menampilkan nama pasangan pengantin pria dan wanita, lengkap beserta orang tua kedua mempelai. Tak ketinggalan pula informasi waktu dan tempat pelaksanaan resepsi atau akad.

Pada contoh undangan pernikahan Islami, di setiap pembuka juga menuliskan pujian Kepada Allah SWT, shalawat untuk Nabi Muhammad SAW, serta seuntaian doa. Supaya semakin melengkapi nuansa Islami, pada undangan jenis ini biasanya juga dituliskan ayat suci Al-Qur’an dan hadist tentang pernikahan, di belakang bagian surat undangan.

Biasanya, ayat Al- Qur’an yang kerap kali digunakan adalah surah Ar- Ruum ayat 21. Tambahan ayat suci tersebut, akan semakin menonjolkan nuansa Islami dalam undangan pernikahan. Apabila anda ingin menghadirkan undangan berkonsep muslim, sepatutnya untuk menuangkan semua unsur penting dan ciri khasnya.

Komponen Penting Dalam Undangan Pernikahan

Setelah anda mengetahui ciri khas undangan pernikahan Islami, maka ada baiknya untuk memperhatikan komponen penting yang harus ada dalam sebuah undangan. Komponen ini akan semakin melengkapi kartu pernikahan anda agar terkesan lebih manis dan rapi. Salah satu komponen penting yang harus dihadirkan adalah amplop.

Memang terkesan tidak terlalu penting, bahkan sebagian besar undangan tidak menggunakan amplop, hanya dibungkus dengan plastik khusus saja. Namun, perlu anda tahu, dengan tambahan amplop akan membuat undangan anda terlihat lebih menarik, elegan, rapi, dan terkesan lebih sopan. Di bagian amplop, anda bisa menuliskan nama dan alamat tamu undangan.

Selain amplop, komponen penting dalam undangan pernikahan lainnya adalah cover. Bagian ini mengambil peran utama untuk menampilkan keindahan undangan. Sehingga, wajar jika komponen tersebut didesain sedemikian rupa, agar mampu menyajikan kesan menarik, elegan, dan indah. Pada cover contoh undangan pernikahan Islami, tentu akan berbeda dengan lainnya.

Adapun komponen terakhir yang penting dalam kartu pernikahan adalah teks. Pada bagian ini, biasanya tertulis pembuka, isi, serta bagian penutup undangan. Umumnya, diisi teks akan tertuang semua informasi terkait pernikahan, mulai dari nama pasangan mempelai lengkap dengan orang tua, waktu, tanggal, dan lokasi pelaksanaan resepsi pernikahan.

Undangan pernikahan islami biasanya dapat langsung dikenali, baik dari tampilan maupun isi. Umumnya, kartu ini menggunakan kalimat islami, mencantumkan penggalan ayat Al- Qur’an atau hadist, dan menampilkan ornament berbau Islam. Semua unsur tersebut harus anda tuangkan, apabila ingin membuat undangan pernikahan dengan konsep Islami.

No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter