Slider

Kamu Harus Paham Penyebab dan Cara Mengatasi Instagram Sering Keluar Sendiri Saat Digunakan Berikut Ini


Siapa sih yang tak mengenal Instagram? Media sosial untuk berbagi foto dan video menarik yang dikenal semua kalangan mulai dari anak-anak sampai orang tua ini sekarang menempati posisi teratas sebagai media sosial paling populer di dunia, loh. Aplikasi Instagram tercatat sudah diunduh lebih dari 1 milyar kali di Play Store dan telah mendapat lebih dari 120 juta ulasan sejak awal perilisannya di tahun 2010.

 Aplikasi Instagram yang punya banyak fitur menarik ini pertama kali didirikan pada awal bulan Oktober 2010. Dua tahun kemudian, tepatnya pada bulan April 2012, Instagram diambil alih oleh pihak Facebook melalui sebuah transaksi yang besarnya sangat fantastis, yakni mecapai 1 milyar dolar AS.

Kepopuleran yang diperoleh aplikasi Instagram tak lepas dari aneka fitur menarik yang ditawarkan dan semakin berkembang dari waktu ke waktu. Mulai sekarang kamu tidak hanya bisa mengunggah foto dan video pendek saja di Instagram, loh,. Kamu juga bisa mengedit foto atau videomu dengan aneka filter unik yang tersedia dan mengunggah video dengan durasi yang lebih panjang menggunakan fitur IGTV.

Sayangnya keasyikanmu dalam menikmati aneka fitur menarik yang ditawarkan Instagram ini sering terganggu oleh masalah yang muncul dalam pengoprasiannya. Salah satu masalah yang paling banyak ditemui adalah aplikasi yang sering keluar sendiri saat digunakan. Sangat menyebalkan, ya? 

Penyebab Instagram Sering Keluar Sendiri

Masalah berupa Instagram yang sering keluar sendiri bisa terjadi kapan saja. Saat kamu sedang asyik menonton video di akun idolamu atau saat kamu sedang serius mencari efek yang bagus untuk fotomu, misalnya. Hal ini tentu sangat membuatmu jengkel dan ingin segera mengatasinya. 

Eits, tapi tunggu dulu. Sebelum mengatasi masalah menyebalkan ini, ada baiknya kamu ketahui dulu penyebab aplikasi Instagram sering keluar sendiri. Berikut tiga hal yang umumnya menjadi penyebab aplikasi Instgaram yang sedang kamu gunakan sering keluar sendiri :

1# Gangguan Pada Kondisi Ponsel 

Penyebab Instagram sering keluar sendiri yang pertama bisa datang dari ponselmu. Masalah ini dapat berupa penyimpanan ponsel yang terlalu penuh. Menjalankan terlalu banyak aplikasi di latar belakang juga bisa mengganggu performa ponsel, loh. Nah, performa ponsel yang terlalu berat yang disebabkan karena kamu menjalankan banyak aplikasi akan membuat sistem di ponselmu terpaksa menutup aplikasi-aplikasi tersebut, salah satunya Instagram.

2# Gangguan Pada Sistem Jaringan Internet

Saat masalah Instagram keluar sendiri terjadi, ada baiknya kamu memeriksa jaringan internet yang ada di ponselmu. Kenapa? Karena jaringan internet yang tidak stabil atau terputus bisa menyebabkan kinerja aplikasi yang ada di ponselmu seperti Instagram terganggu. 

3# Gangguan Pada Aplikasi

Hal ketiga yang paling mungkin menyebabkan masalah ini adalah adanya gangguan pada aplikasi Instagram itu sendiri. Adapun masalah yang mungkin terjadi adalah aplikasi Instagram yang kamu gunakan sudah ketinggalan versi atau bisa juga karena kamu mengunduh aplikasi mentahnya dari sumber yang tidak resmi (selain dari Play Store atau Appstore)

Mengatasi Instagram Sering Keluar Sendiri

Setelah mengatahui sumber permasalahanmu, langkah selanjutnya yang kamu harus lakukan adalah mengatasinya atau memperbaikinya. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah aplikasi Instagram sering keluar sendiri. Berikut ini beberapa cara yang terbukti berhasil dan bisa kamu coba untuk mengatasinya. 

1# Menutup Aplikasi-Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang 


Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan dapat menurunkan performa ponselmu. Maka untuk mengatasi Instagram yang keluar sendiri bisa dilakukan dengan cara menutup beberapa aplikasi lainnya. Hal ini dilakukan agar kinerja ponsel lebih ringan sehingga performa aplikasi Instagram yang kamu gunakan juga akan lebih optimal.

2# Menghapus Aplikasi Lain 


Kinerja aplikasi Instagram bisa terganggu akibat ruang penyimpanan yang dimiliki ponselmu terlalu penuh. Hal ini bisa menyebabkan aplikasi bermasalah seperti sering keluar sendiri. Untuk mengatasinya, kamu bisa menghapus aplikasi lain yang kamu anggap tidak terlalu penting.

3# Nyalakan Ulang Ponsel

Solusi lain yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi Instagram keluar sendiri adalah dengan cara menyalakan ulang ponsel/restart. Cara ini terbukti ampuh memperbaiki kinerja ponsel dalam menjalankan aplikasi termasuk aplikasi Instagram.

4# Memastikan Koneksi Internet yang Kamu Pakai Berjalan dengan Stabil

Aplikasi apapun termasuk Instagram bisa bermasalah jika koneksi internet tidak tersedia atau berjalan tidak stabil. Untuk mengatasi hal ini kamu harus memastikan koneksi internet yang kamu gunakan untuk mengakses aplikasi Instagram berjalan dengan stabil. Gunakan provider yang memiliki jaringan stabil di tempatmu dan pastikan paket internet yang kamu gunakan masih memiliki cukup kuota, ya.

5# Lakukan Pembaharuan pada Aplikasi Instagram 

Jika aplikasi Instagram yang sedang kamu gunakan bermasalah seperti keluar sendiri atau yang lainnya, kamu juga harus cek update aplikasinya. Pihak developer biasanya akan rutin memperbaharui aplikasi agar memiliki performa yang lebih baik. Kamu harus rutin melakukan pembaharuan atau update versi aplikasi Instagrammu untuk mendapat performa terbaik dan terhindar dari masalah seperti Instagram sering keluar sendiri.

6# Mencopot Pemasangan lalu Instal Ulang Aplikasi Instagram 

Aplikasi Instagrammu masih berasalah setelah kamu memperbaharui versi aplikasinya? Kamu bisa mencoba cara lain untuk mengatasi masalah ini dengan mencopot aplikasi Instagram kemudian menginstalnya lagi. Cara ini akan membersihkan data-data yang ada sebelumnya dan menjadikan aplikasi Instagram lebih fresh dan memiliki performa yang lebih baik untuk digunakan.

7# Menghapus Cache Aplikasi Instagram

 


Cache sebuah aplikasi menyimpan data-data atau informasi dari aplikasi tersebut untuk sementara. Semakin sering kamu menggunakan aplikasi, akan semakin banyak data-data yang tersimpan. Tahukah kamu kalau membiarkan cache sebuah aplikasi seperti Instagram dalam waktu yang lama akan membuat data yang disimpan semakin besar dan memakan lebih banyak memori? 

Hal ini dapat menjadi penyebab terjadinya masalah seperti Instagram yang sering keluar sendiri. Untuk mengatasinya kamu perlu menghapus cache aplikasi dengan cara klik pengaturan perangkat ponselmu lalu klik apl. Setelah itu klik menu Kelola Aplikasi lalu cari aplikasi Instagram dan klik pada aplikasi tersebut kemudian klik Hapus Cache

8# Menghapus penyimpanan aplikasi

Hampir sama dengan cara mengahpus cache, hal pertama yang harus kamu lakukan jika ingin menghapus penyimpanan aplikasi adalah dengan membuka pengaturan perangkat ponsel lalu klik bagian Apl. Kamu juga harus mengetuk /klik menu Kelola Aplikasi dan mencari ikon aplikasi Instagram. Menu Hapus Penyimpanan terletak di atas menu Hapus Cache.

Itulah penjelasan mengenai penyebab aplikasi Instagram sering keluar sendiri dan beberapa cara mengatasinya. Cukup mudah, bukan? Jadi kamu tak perlu risau lagi saat aplikasi favoritmu ini menemui masalah yang demikian, ya.



No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter