Slider

Kamu Harus Tahu! Trik Aplikasi WhatsApp Terbaru 2021

 


Kalau ditanya aplikasi berkirim pesan apa yang paling populer di dunia, kebanyakan orang pasti akan menjawab WhatsApp. Ya, hampir semua orang memang menggunakan WhatsApp sebagai media berkomunikasi dalam kesehariannya, mulai dari hal-hal sepele seperti bertukar kabar sampai hal penting seperti urusan pekerjaan. Aplikasi ini juga menempati posisi pertama sebagai aplikasi yang paling banyak diinstal di Play Store pada tahun 2020 kemarin. 

Aplikasi WhatsApp sudah diunduh lebih dari 5 milyar kali di Playstore loh! Hal ini bisa dibilang sangat wajar karena memang WhatsApp punya fitur yang bermanfaat dan terhitung mudah untuk  dioperasikan. Selain bisa digunakan untuk mengirim pesan dalam bentuk teks, WhatsApp juga memungkinkan penggunanya untuk bisa mengirim pesan dalam bentuk lainnya. Berikut ini adalah jenis-jenis pesan yang bisa kamu kirim melalui WhatsApp :

  1. Dokumen
  2. Gambar yang diambil secara langsung
  3. Gambar yang tersimpan di penyimpanan ponsel
  4. Pesan suara yang direkam secara langsung
  5. Pesan suara yang tersimpan di penyimpanan ponsel
  6. Lokasi terkini
  7. Nomor kontak orang lain yang tersimpan di ponsel

Tak hanya bisa berkirim aneka pesan, kamu juga bisa melakukan panggilan suara dan panggilan video melalui WhatsApp loh. Bahkan kamu juga bisa melakukan panggilan video atau video call dengan lebih dari 1 orang. Ya, sekarang kamu bisa VC grup dengan jumlah partisipan mencapai 8 orang. Berikut adalah cara video call (VC) di WhatsApp dengan 8 orang sekaligus dalam satu waktu.

Pertama, pastikan kamu telah mengupgrade aplikasi WhatsAppmu ke versi yang paling baru. Setelah itu buka aplikasi WhatsApp dan klik pada chat salah satu kontak yang ingin kamu hubungi.

Klik ikon perekam video yang terletak di pojok kanan atas layar dan tunggu sampai panggilan terhubung. 

Untuk menambahkan partisipan baru dalam panggilan videomu, klik tanda + yang berada di pojok kanan atas lalu klik pada nama kontak yang kamu inginkan untuk bergabung di panggilan video bersama itu. Kamu bisa menambahkan partisipan maksimal sebanyak 8 orang. 

Cara lainnya yang bisa kamu gunakan untuk melakukan VC dengan banyak orang adalah dengan membuka grup WhatsApp yang kamu punya. Klik simbol + di pojok atas bagian kanan seperti yang ditunjukkan oleh tanda panah merah berikut ini. 

Klik pada nama-nama kontak yang ingin kamu ajak bergabung dalam VC bersama ini lalu klik simbol perekam video untuk memulai panggilan. Sama hal nya dengan cara pertama, cara ini juga memungkinkanmu untuk melakukan VC bersama dengan jumlah partisipan maksimal sebanyak 8 orang. 

Selain trik melakukan panggilan video atau video call dengan banyak orang di atas, masih ada banyak trik WhatsApp lainnya yang harus kamu tahu. Berikut ini ulasannya.

Cara Mengetik Pesan di WhatsApp dengan Suara

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, aplikasi WhatsApp memungkinkan kamu untuk mengirim aneka pesan selain berbentuk teks. Namun untuk kepentingan yang bersifat formal seperti tugas sekolah atau urusan pekerjaan, kamu diharuskan menggunakan pesan text agar terlihat lebih sopan. Nah, kalau kamu ingin mengirim pesan teks melalui WhatsApp tapi malas mengetik menggunakan tangan, kamu bisa coba mengetik pesan di WhatsApp dengan suara. Berikut ini caranya 

Pertama kamu harus masuk ke aplikasi WhatsApp terlebih dahulu kemudian klik pada kontak yang ingin kamu kirimi pesan. Setelah itu klik pada bar ketik pesan sampai layarmu memunculkan keyboard seperti ini 

Klik ikon microfon yang ada di keyboard (posisi ikon microfon bisa berbeda di setiap ponsel. Ada yang berada di atas seperti ini tapi ada juga yang berada di bagian bawah). Tunggu sampai tampilan keyboardmu berubah menjadi tampilan merekam seperti di bawah ini. 

Kamu bisa mulai berbicara dan pesan suaramu akan otomatis dikonversikan menjadi pesan teks. Jika sudah selesai, klik ikon mikrofon tersebut untuk mengakhiri pengetikan dan pesan teks mu sudah siap dikirim.

Cara Menyembunyikan Status Online di WhatsApp

Status online sebenarnya sangat penting untuk mengetahui apakah seseorang yang akan kita hubungi sedang menggunakan WhatsApp atau tidak dan kapan orang tersebut menggunakan WhatsAppnya. Tapi ternyata banyak orang yang merasa kurang nyaman jika aktivitas online nya diketahui. Untuk kamu yang ingin menyebunyikan status online WhatsAppmu, ikuti langkah-langkah di bawah ini ya.

Peryama, buka aplikasi WhatsApp kemudian klik menu pengaturan yang diwakili oleh simbol titik tiga di bagian pojok kanan atas

Pilih menu Akun kemudian klik menu Privasi 

Pada menu yang paling atas atau menu Terakhir Dilihat, kamu bisa klik salah satu menu yang ada. Jika kamu memilih Semua Orang maka seluruh pengguna WhatsApp bisa melihat status onlinemu. Jika kamu memilih Kontak Saya maka hanya orang-orang tertentu yang bisa melihat status onlinemu. Dan jika kamu memilih Tidak Ada, maka semua orang tidak akan bisa mengetahui status onlinemu. 

Itulah beberapa trik aplikasi WhatsApp terbaru yang harus kamu tahu. Masih ada banyak informasi lainnya terkait trik penggunaan aplikasi seperti WhatsApp yang akan kami siapkan khusus untuk kamu. Jadi pastikan kamu terus mengikuti postingan kami selanjutnya agar tak ketinggalan beragam informasi menarik dan bermanfaat seputar WhatsApp.



No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter