Slider

Kelancaran Momen Istimewa, Simak Contoh Susunan Acara Pernikahan Islami


Menikah merupakan sebuah prosesi menyatukan dua hati untuk membentuk sebuah keluarga bahagia. Dalam momen spesial ini, tentu akan menjadi hari yang paling membahagiakan sekaligus mendebarkan. Maka, semua persiapan harus dilakukan dengan matang, mulai akad hingga resepsi. Untuk menunjang kelancaran acara, yuk simak contoh susunan acara pernikahan berikut.

Persiapan Pernikahan Yang Harus Dilakukan

Pernikahan akan menjadi momen sakral paling istimewa yang terjadi dalam hidup setiap orang. Sehingga, wajar jika setiap mempelai pengantin merasakan perasaan senang sekaligus mendebarkan. Dalam hal ini, banyak sekali yang harus dipersiapkan sebelum menggelar acara pernikahan. Semua harus dilakukan dengan penuh perhitungan yang matang agar prosesi berjalan lancar.

Namun, menyiapkan satu hari bersejarah dalam hidup ini, tentu bukan menjadi hal yang mudah. Mengingat banyaknya keinginan pasangan serta keluarga kedua belah pihak yang tidak bisa diabaikan. Oleh sebab itu, sebelum anda memutuskan untuk menikah, sebaiknya membuat persiapan yang matang. Diskusikan dengan kedua pihak keluarga terkait acara pernikahan yang hendak dilangsungkan.

Adapun hal pertama yang harus anda persiapkan sebelum menikah adalah menentukan tanggal. Selalu komunikasikan estimasi tanggal pernikahan dengan kedua pihak keluarga. Sebaiknya anda mendiskusikan hal ini dengan orang tua. Karena terkadang mereka mempunyai saran dan permintaan tersendiri, terkait pelaksanaan tanggal pernikahan.

Apabila estimasi tanggal telah disepakati oleh kedua belah pihak keluarga, maka langkah selanjutnya adalah menentukan tema pernikahan. Konsep ini perlu dipertimbangkan di awal, sebelum berlanjut ke contoh susunan acara pernikahan. Sebab, tema nantinya akan berpengaruh pada persiapan pernikahan lainnya, seperti budget, dekorasi, venue, gaun, undangan, dan sebagainya.

Dari tema, biasanya anda akan mendapat gambaran tentang apa saja yang dibutuhkan dalam menggelar pernikahan. Selanjutnya, anda tinggal membuat estimasi anggaran yang akan dikeluarkan nantinya. Dalam pernikahan, tentu anda membutuhkan gaun, dekorasi, venue, catering, dan lainnya. Oleh sebab itu, pilihlah vendor yang mematok harga sesuai budget yang anda miliki.

Setelah budget telah ditentukan, maka tahap selanjutnya yang harus dipersiapkan adalah menentukan jumlah undangan pernikahan. Dalam hal ini, disarankan untuk mendiskusikan dengan pasangan dan orang tua. Undangan juga menjadi komponen penting dalam sebuah resepsi pernikahan. Maka dari itu, siapkan undangan sejak dua bulan sebelum pesta pernikahan dilangsungkan.

Tak ketinggalan juga persiapkan venue serta lokasi pernikahan. Umumnya, resepsi pernikahan sering dilangsungkan di rumah mempelai pengantin perempuan. Namun, tak menutup kemungkinan juga di sebuah gedung. Oleh sebab itu, sebelum melangsungkan pernikahan, diskusikan dengan kedua belah pihak keluarga mengenai tempat digelarnya resepsi tersebut.

Susunan Acara Akad Nikah

Dalam acara pernikahan, terdapat dua tahap yang akan anda lalui, yaitu akad nikah dan resepsi. Contoh susunan acara pernikahan antara akad tentu akan berbeda dengan resepsi. Sebelum membahas mengenai rangkaian resepsi pernikahan, sebaiknya mengetahui mengetahui susunan acara akad nikah terlebih dahulu. Pasalnya, akad merupakan kunci terpenting dari sebuah pernikahan.

Bahkan, bisa dikatakan jika akad merupakan upacara keagamaan yang menyatukan kedua mempelai menjadi pasangan suami istri secara sah di hadapan Tuhan. Biasanya, prosesi ini berlangsung dengan penuh kesakralan hingga menguras air mata. Untuk susunan akad nikah, biasanya akan diawali dengan pembukaan, yang dipandu oleh MC atau pembawa acara.

Acara akad nikah akan dibuka dengan mengucapkan Bismillah, dan dilanjut dengan pembacaan doa agar prosesi sakral tersebut berjalan dengan lancar. Setelah acara pembukaan, maka kegiatan akan dilanjutkan dengan pelantunan ayat suci Al- Qur’an. Biasanya, pembacaan Al- Qur’an ini akan disiapkan oleh pihak mempelai dengan mengundang orang yang ahli qiroah.

Dari pembacaan Al- Qur’an, maka acara akan dilanjutkan dengan khutbah nikah, yang dibawakan oleh penghulu atau petugas KUA. Adanya ceramah ini dimaksudkan untuk memberikan petuah atau bekal pada kedua mempelai, sehingga bisa menjalankan ibadah seumur hidup tersebut dengan harmonis. Selain itu, juga sebagai pengingat mengenai pentingnya menjaga keutuhan pernikahan.

Setelah penyampaian khutbah, maka berlanjut memasuki acara inti yaitu ijab qabul. Prosesi ini menjadi momen yang paling sakral dalam akad nikah. Dalam ijab qabul, orang tua dari pihak pengantin perempuan akan menikahkan putri kesayangannya dengan mempelai pria. Ketika proses ini telah sah dilakukan, maka kedua pasangan mempelai sudah resmi menjadi suami istri.

Perlu anda tahu, rangkaian ijab qabul menjadi pembeda contoh susunan acara pernikahan, antara akad dan resepsi pernikahan. Sehabis momen sakral tersebut dinyatakan sah, maka acara akan dilanjutkan dengan pembacaan doa nikah yang dipimpin oleh penghulu, ustad, atau pemuka agama lainnya. Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan buku nikah.

Perlu anda tahu, status pernikahan harus mendapatkan pengakuan yang sah, baik di mata agama maupun hukum. Penandatanganan buku nikah tersebut menjadi bukti sah status pernikahan di mata Negara, setelah sebelumnya disahkan oleh agama. Dari penandatanganan, acara akan dilanjutkan dengan serah terima mas kawin dan prosesi tukar cincin.

Setelah prosesi tukar cincin dilakukan, maka selanjutnya akan memasuki acara penyampaian nasihat pernikahan. Biasanya, setelah mengesahkan status pernikahan kedua mempelai, pihak KUA atau penghulu akan memberikan petuah. Sehingga, pasangan suami istri tersebut dapat mengetahui hak dan kewajibannya. Serangkaian acara akad akan ditutup dengan doa.

Susunan Acara Resepsi Pernikahan

Umumnya setelah melakukan prosesi akad, dua atau tiga jam kemudian kedua mempelai akan melangsungkan acara resepsi pernikahan. Contoh susunan acara pernikahan untuk resepsi ini akan diawali dengan pembukaan yang dipandu oleh pembawa acara. Dalam hal ini, MC akan menyampaikan ucapan terima kasih dan memanjatkan syukur atas lancarnya prosesi akad yang dilakukan pengantin.

Kemudian, acara akan dilanjutkan dengan kirab pengantin. Prosesi ini merupakan inti dari resepsi pernikahan. Pada kegiatan ini, kedua pasangan mempelai pengantin dipersilahkan untuk memasuki altar pernikahan dan duduk bersebelahan di atas kursi pelaminan. Tak hanya pengantin, kedua orang tua juga dipersilahkan untuk duduk dengan disamping mempelai.

Setelah mempelai duduk di pelaminan, maka tamu undangan yang hadir akan diperkenankan untuk bersalaman dan mengucapkan selamat pada kedua mempelai pengantin. Selain bersalaman, dalam momen ini tamu undangan biasanya juga akan mengambil foto bersama pengantin. Selanjutnya, para hadirin akan dipersilahkan untuk menyantap hidangan yang disajikan.

Biasanya selama menyantap sajian, tamu undangan yang hadir akan dihibur dengan pentas seni seperti pertunjukan music dan sebagainya. Bahkan sebagai hiburan istimewa, anda juga bisa memberikan special performance pada hadirin yang datang, misalnya saja dengan menyanyi atau menari. Serangkaian contoh susunan acara pernikahan untuk resepsi akan diakhiri dengan doa penutup.

Adanya susunan acara, akan memungkinkan prosesi sakral pernikahan berjalan dengan lancar. Oleh sebab itu, persiapkan semua rangkaian acara dengan matang, mulai dari akad hingga resepsi pernikahan. Perlu anda tahu, susunan acara untuk akad dan resepsi pernikahan tentu berbeda. Dimana, acara akad lebih sakral dibandingkan dengan saat prosesi perayaan pernikahan.

No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter