Slider

Langkah-Langkah Susunan Acara Resepsi Pernikahan Islami Yang Wajib Calon Pengantin Tahu


Pernikahan yang islami merupakan pernikahan yang diselenggarakan berdasarkan syariat hukum Islam. Berbeda dengan prosesi pernikahan yang lain pada prosesi pernikahan Islami tidak menggunakan adat apapun. Dalam hal ini yang terpenting adalah terpenuhinya syarat dan kewajiban para mempelai. Berikut ulasan mengenai susunan acara resepsi pernikahan Islami yang perlu anda tahu.

Langkah-Langkah Dalam Menyelenggarakan Resepsi Pernikahan Islami

Penyambutan Pengantin Pria

Penyambutan calon pengantin pria yang datang didampingi oleh keluarga oleh keluarga calon pengantin wanita. Penyambutan ini merupakan dimulainya susunan acara resepsi pernikahan. Biasanya dalam penyambutan akan dipandu oleh pembawa acara resepsi pernikahan. Dalam penyambutan pengantin pria akan masuk ke ruang acara beriringan dengan orang tua dan juga sanak keluarga turut serta berada di belakang calon pengantin pria.

Pidato Sambutan

Setelah masing-masing keluarga telah menempati tempat duduk yang disediakan. Maka kedua belah pihak akan mengajukan perwakilannya untuk menyampaikan pidato. Biasanya yang menyampaikan pidato tersebut merupakan orang yang lebih dituakan atau wali dari calon pengantin. Biasanya pidato wali disini akan berisikan ungkapan rasa syukur sambutan terhadap tamu undangan dan juga doa.

Menyerahkan Hantaran

Menyerahkan hantaran merupakan salah satu susunan acara resepsi pernikahan Islami. Dalam penyerahan hantaran keluarga dari calon pengantin pria akan menyerahkan hantaran atau seserahan kepada keluarga calon pengantin wanita. Biasanya isi seserahan atau hantaran ini cukup beragam seperti pakaian, alat sholat, perhiasan hingga beraneka ragam kue atau makanan. Dalam hal ini biasanya makanan yang diberikan berupa makanan khas dari tempat tinggal calon mempelai pria.

Seserahan ini berfungsi sebagai simbolisasi bahwa calon mempelai pria akan bertanggung jawab seutuhnya kepada istrinya kelak. Selain bentuk tanggung jawab mempelai pria seserahan ini juga merupakan bukti keseriusan seorang pria yang hendak meminang seorang wanita. Terdapat beberapa tradisi daerah yang mengharuskan membawa sesuatu khusus saat menikah namun dalam susunan acara resepsi pernikahan Islam hal tersebut tidak diwajibkan.

Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an

Pembacaan ayat suci Al-Qur’an disini bertujuan sebagai penanda bahwa akad nikah akan segera dilaksanakan. Ayat yang dibacakan qoriah pun bukan sembarang ayat melainkan surat al-qur’an mengenai nasehat pernikahan yaitu surat annisa ayat 1 dan juga surat Ar-Rum ayat 21. Bisanya seorang qori’ juga turut membacakan arti ayat tersebut sebagai nasehat pernikahan bagi calon pengantin.

Ijab Kabul

Ijab kabul merupakan inti acara dari seluruh susunan acara resepsi pernikahan islami. Pasalnya ijab kabul dimaknai sebagai perjanjian antara pengantin pria dengan wali pengantin wanita yang dihadiri paling sedikit dua orang saksi yang telah mencukupi syarat menurut ajaran agama islam. Dengan prosesi ijab kabul ini maka kesepakatan kedua mempelai untuk mengarungi bahtera rumah tangga baru telah diresmikan di hadapan manusia dan juga ALLAH.

Dalam Islam, terdapat lima hal yang harus dipenuhi sebelum ijab kabul yaitu, adanya calon mempelai laki-laki dan perempuan, wajib menghadirkan wali dari calon mempelai perempuan, adanya dua orang saksi atau lebih setelah itu baru ijab kabul dapat dilaksanakan sesuai syariat islam. Setelah melakukan ijab kabul maka pernikahan anda telah dinyatakan sah dimata agama namun untuk meresmikan anda perlu mendatangi KUA agar diakui di mata hukum.

Mempelai Wanita Menemui Suami

Setelah prosesi ijab kabul susunan acara resepsi pernikahan Islami selanjutnya adalah mempelai wanita diperkenankan keluar untuk menemui mempelai pria. Pada saat akan menemui mempelai pria mempelai wanita didampingi oleh anggota keluarga yang lain. Setelah bertemu di hadapan penghulu maka  mempelai pria akan menyerahkan mahar pernikahan yang biasanya berisikan alat sholat serta perhiasan, kepada istrinya secara langsung.

Jika dalam mahar pernikahan terdapat sepasang cincin, maka keduanya akan saling memasangkan cincin tersebut. Mempelai pria akan terlebih dahulu memasangkan cincin pada jari manis sang istri, kemudian mempelai wanita memasangkan cincin pada jari manis sang suami. Setelah itu mempelai wanita mencium tangan suami dan mempelai pria boleh mencium kening istrinya .

Biasanya pada prosesi ini juga dilanjutkan dengan mempelai pria memegang ubun-ubun istrinya dan membacakan doa. Hal ini termasuk sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Doa yang dibacakan sang suami yakni berisikan meminta keberkahan dan kelancaran dalam menjalani pernikahan dan juga diberikan kemudahan pada setiap urusan mereka. Beberapa alim ulama pun melakukan sunnah tersebut pada saat menikah.

Menandatangani Buku Nikah

Setelah para mempelai memasangkan kedua cincin pernikahan, maka kedua mempelai tersebut akan menandatangani buku nikah di hadapan penghulu. Sebagai tanda bahwa pernikahan keduanya telah sah dimata hukum maupun agama. Lalu penghulu akan menyerahkan buku nikah yang telah ditandatangani  keduanya kepada masing-masing mempelai. Buku nikah ini juga sebagai tanda bahwa pernikahannya telah terdaftar di kantor urusan agama.

Khutbah Nikah

susunan acara resepsi pernikahan islami selanjutnya adalah khutbah nikah yang biasanya dibacakan oleh penghulu. Khutbah nikah merupakan prosesi yang disunnahkan menurut syariat Islam. Untuk itu lebih dianjurkan anda melakukan prosesi ini. Khutbah nikah diadakan bertujuan untuk pembekalan bagi kedua pengantin dalam membuka lembaran baru bersama pasangan. Serta nasihat pentingnya menerima pasangan satu sama lain.

Terkadang khutbah nikah juga dapat disampaikan seorang ustadz yang sengaja di undang dalam sebuah resepsi untuk menyampaikan tausiah mengenai pernikahan. Dengan adanya khutbah nikah akan membuat pasangan suami dan istri lebih siap untuk menanggung tanggung jawab dalam  menghadapi bahtera rumah tangga yang baru saja akan mereka mulai pada hari pernikahan tersebut.

Meminta Ridho Orang Tua

Pada beberapa keluarga khususnya adat jawa dan sunda meminta ridho orang tua ini dilakukan dengan prosesi sungkeman. Dimana kedua mempelai berlutut dan mencium tangan kedua orang tuanya dan juga kedua mertuanya. Dalam prosesi sungkeman kedua mempelai meminta restu orang tua dan mertua untuk memulai lembaran baru bersama pasangan mereka.

Walimatul Ursy

Walimatul ursy merupakan istilah susunan acara resepsi pernikahan Islami. Bisanya walimatul ursyi langsung dilakukan setelah prosesi akad nikah. Beberapa penganting akan berganti pakaian pada saat walimatul ursyi namun ada juga yang tidak berganti pakaian. Bisanya dalam resepsi pernikahan islam tamu undangan pria dan wanita akan dipisahkan mengingat acara ini menjunjung tinggi syariat islam.

Dalam walimatul ursy biasanya sebagian orang yang mengadakan pernikahan islami akan memberikan hiburan dengan memutar lagu-lagu Islami atau sholawat. Sehingga para tamu undangan yang sedang menyantap makanan merasakan prosesi pernikahan yang ramai. Setelah walimatul ursy selesai biasanya para mempelai akan mengakhiri acara dengan sesi foto keluarga dan kerabat sebagai kenang-kenangan pernikahan mereka.

Langkah-langkah tersebut merupakan susunan acara pernikahan yang sesuai dengan syariat Islam. Dalam syariat islam menghambur-hamburkan uang untuk mengadakan sebuah pesta tidak dianjurkan. Hal ini dikarenakan akan banyak kebutuhan yang lebih penting setelah pernikahan dari pada membuat pesta pernikahan yang megah dan meriah. Bahkan mahar pernikahan yang paling bagus adalah mahar yang tidak memberatkan mempelai pria.

No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter