Slider

Lebih Praktis, Berikut 6 Ide Membuat Souvenir Pernikahan Sendiri


Pernikahan menjadi momen yang dinanti oleh banyak orang, namun tak sedikit orang yang menunda untuk menggelar pernikahan karena dana yang belum terkumpul banyak. Pasalnya, biaya pernikahan memang sangat mahal karena harus membayar sewa gedung, bikin undangan, hingga souvenir. Diantara banyaknya kebutuhan, anda bisa memangkas dengan membuat souvenir sendiri. Berikut beberapa ide membuat souvenir pernikahan sendiri.

6 Ide Souvenir Pernikahan Buatan Sendiri

Pot Tanaman Sukulen Yang Mudah Dirawat

Agar para tamu undangan tak menyesal telah datang ke pesta pernikahan yang anda gelar maka berikanlah souvenir yang lucu dan berkesan. Salah satu contohnya adalah dengan memberikan satu pot tanaman sukulen yang lucu dan mungil. Tak hanya mungil dan lucu selain tanaman satu ini juga mudah dirawat, sehingga mereka tidak perlu cara khusus untuk merawat sukulen agar tetap hidup.

Cara membuatnya juga sangat mudah, anda hanya perlu memesan berbagai jenis tanaman sukulen yang berbentuk mini dengan kisaran harga sekitar Rp.1500 – Rp.5000. Perlengkapan lainnya yang perlu anda beli adalah pot tanaman yang terbuat dari plastik. Agar lebih menarik dan menambah kesan mewah maka anda bisa membungkus pot tanaman dengan kertas karton berwarna coklat.

Ide membuat souvenir pernikahan sendiri dengan memberikan tanaman sukulen tergolong sangat praktis karena tidak memerlukan banyak biaya dan cara pembuatannya pun cukup mudah. Pertama, gunting kertas membentuk segiempat dan letakkan pot di bagian tengah. Kemudian, gunakan jari untuk membuat pola bungkusan dan ikat dengan tali rotan. Setelah itu, jangan lupa pasangi label pernikahan. Sangat mudah bukan ?

Souvenir Unik Paket Menggambar Dengan Tema Pesta Pernikahan

Jika ingin hari pernikahan anda dikenang caranya sangat mudah, yaitu anda  buat saja souvenir unik yang jarang diterapkan oleh banyak orang. Salah satunya adalah paket menggambar dengan tema pernikahan. Cara membuatnya juga sangat mudah, pertama-tama cetak sketsa gambar pernikahan misalnya seperti kue pernikahan, pengantin atau gaun pernikahan.

Kemudian sisipkan 3 atau 4 buah crayon dengan warna yang berbeda-beda. Setelah jadi, anda bisa membungkusnya dengan plastik khusus. Tak hanya cara membuatnya yang sangat mudah, ide membuat souvenir pernikahan sendiri satu ini juga memiliki harga yang cukup terjangkau. Untuk satu paket crayon berisi 12 buah dijual dengan harga kurang lebih sekitar Rp. 6500.

Anda juga bisa menambahkan clipboard sebagai alas dari sketsa tadi yang harganya juga cukup murah yaitu sekitar Rp. 5000. Namun, jika ingin lebih murah maka clipboard ini bisa ditiadakan. Kemudian ikatlah menggunakan benang rajut dan jangan lupa tambahkan label pernikahan yang berisi tanggal dan nama dari kedua mempelai. Dengan souvenir ini, tak hanya membuat pernikahan anda tampak unik tapi anak-anak dari tamu undangan juga menjadi lebih kreatif.

Souvenir Dalam Bentuk Bibit Tanaman

Cara membuat pesta pernikahan yang anda gelar terasa berkesan itu sangat mudah dan tidak ribet. Salah satu ide membuat souvenir pernikahan sendiri agar tampak berkesan yaitu dengan memberikan bibit tanaman. Cara ini sangat unik dan berbeda dari lainnya, bahkan masih sangat jarang dilakukan oleh kebanyakan pengantin. Tak hanya harganya yang cukup terjangkau tapi cara pembuatannya pun sangat mudah.

Anda bisa pesan bibit per kilogram agar lebih murah, misalnya kacang, bayam, atau pepaya. Lalu beli kertas karton warna coklat yang berukuran sedang dan buat amplop kecil sebagai tempat bibit tanaman. Caranya, pertama gunting kertas berbentuk persegi panjang ukuran 13 x 15 cm. Kemudian buat pola sesuai yang anda mau dan gunting bersamaan dengan beberapa tumpukan kertas lainnya agar pengerjaan lebih cepat.

Lalu rangkailah pola menggunakan lem agar amplop mini tercipta. Gunakan amplop buatan anda sendiri dan yang terakhir jangan lupa tulis label nama mempelai dan kata-kata indah atau ucapan terima kasih kepada para undangan yang telah hadir ke acara pernikahan anda. Meskipun pembuatannya sangat mudah, namun juga diperlukan kreativitas yang tinggi agar souvenir yang dibuat tampak lebih menarik dan tidak membosankan.

Mini Buket Bunga

Ide membuat souvenir pernikahan sendiri selanjutnya adalah mini buket bunga. Bagi anda yang menggelar acara pernikahan lebih privat dengan tamu undangan terbatas maka berikan saja buket bunga mini yang anda buat sendiri. Biaya yang dikeluarkan juga tidak mahal yaitu hanya sekitar Rp. 5000 saja untuk satu buket bunga. Cara membuatnya pun sangat mudah.

Pertama siapkan jenis bunga yang murah misalnya bunga mawar, jika anda membeli secara grosir maka anda  bisa mendapatkan harga yang lebih murah yaitu sekitar Rp.1000 – Rp. 2000 per tangkai mawar. Kemudian satukan dengan beberapa jenis bunga kecil yang murah atau gaun tambahan. Lalu kemas menggunakan kertas krep untuk menambah kesan mewah.

Candy Ball Warna-Warni

Sebagai rasa terima kasih maka anda harus memberikan sesuatu yang menarik untuk tamu undangan yang  telah datang ke acara pernikahan anda. Salah satu ide membuat souvenir pernikahan sendiri yaitu anda bisa memberikan tamu undangan sebotol candi ball warna-warni. Tak perlu bayar jasa profesional untuk membuatnya, anda pun bisa membuatnya sendiri dirumah dibantu oleh keluarga dan kerabat dekat.

Anda hanya perlu membeli botol  jar mini dengan harga sekitar Rp. 3000. Lalu isi dengan candy ball warna-warni yang dapat anda beli perkilo. Kemudian tempelkan label dengan stiker yang anda desain sendiri dan memasang pita di tutupnya. Meskipun harganya sangat murah namun  tetap memberikan kesan mewah dan tidak terlihat murahan. Candy ball bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai souvenir pernikahan anda karena biaya yang diperlukan tidak banyak.

Tabung Reaksi Ramuan Kopi

Jika ingin membuat membuat tamu undangan terkesan dengan cenderamata yang diberikan, maka anda bisa memilih tabung reaksi ramuan kopi sebagai souvenir untuk pernikahan anda. Souvenir satu ini bisa anda buat sendiri dirumah, jadi anda hanya perlu menyiapkan bahan-bahannya seperti tabung reaksi, gula, kopi, hingga label cara penyeduhannya. Tabung reaksi ramuan kopi masih sangat jarang ditemukan di acara pernikahan.

Anda bisa membeli tabung reaksi di toko alat-alat penelitian yang harganya mulai dari Rp.3.500 tergantung ukuran yang dipilih. Setelah itu isi dengan kopi dan gula secara berlapis dengan menggunakan corong. Anda bisa menambahkan mocca, coklat atau susu dan tidak lupa label instruksi cara penyeduhan. Tabung reaksi ramuan kopi bisa anda masukkan dalam list macam-macam souvenir pernikahan buatan sendiri untuk dijadikan referensi.

Souvenir dalam pernikahan memang tidak wajib, namun para tamu undangan akan merasa sangat senang  jika anda memberikannya saat acara pernikahan sebagai tanda ucapan terima kasih untuk para tamu undangan yang telah hadir.  Agar biaya pernikahan bisa lebih hemat dan tamu undangan tetap senang maka anda bisa membuat souvenir pernikahan sendiri tanpa harus memesan di jasa profesional pembuatan souvenir.

No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter