Slider

Macam-Macam Ikan Discus Yang Bisa dan Cocok Dipelihara Di Rumah

 

Ikan discus memang memang begitu populer di kalangan para pecinta ikan hias, karena mempunyai corak warna yang begitu unik dan bentuknya yang lucu-lucu. Jika kamu tertarik untuk memelihara ikan discus, ini dia beberapa jenis ikan discus yang dapat kamu pelihara di dalam rumah. Ikan yang juga mempunyai nama lain symphysodon dan tergolong salah satu jenis ikan air tawar yang berasal dari sungai Amazon.
Dengan berjalannya waktu melakukan budidaya ikan discus semakin banyak ditemui pada berbagai daerah di Indonesia. Ikan ini paling dikenal merupakan ikan yang paling tidak suka mengganggu dan lebih senang untuk menyendiri dari pada bergerombol dengan ikan yang lainnya.
Ikan omnivora ini malah semakin diminati oleh para pecinta ikan hias untuk dipelihara dan digunakan untuk lebih mempercantik rumah.

Jenis-Jenis Ikan Discus untuk Rumahan

Ada berbafai macam ikan discus yang di jual baik di toko ikan hias ataupun secara online. Berikut kami rangkum daftar ikan discus yang sering beredar di masyarakat. 

1# Pearl Pigeon

Ikan discus jenis pearl pigeon ini mempunyai warna dasar yang putih. Memiliki corak yang berbentuk pola bintik warna putih dan warna dasar yang dimilikinya adalah merah. Pada bagian kepala mempunyai warna yang orange.

Jika dilihat dengan sekilas ikan discus jenis ini hampir sama dengan yang red ribbon. Namun jika dilihat baik-baik ikan ini memiliki ukuran yang lebih kecil dari pada yang red ribbon.

Harga ikan discus jenis ini berkisar antara Rp 75.000 – Rp 200.000,- an

2# Red Ribbon

Jenis ikan discus yang ini mempunyai warna dasar yang putih agak kekuningan. Mempunyai corak berpola yang mempunyai bentuk bulat abstrak yang tidak begitu beraturan. Pada bagian siripnya mempunyai warna yang bening kemerahan.

Jika kamu melihatnya dengan begitu seksama dan dengan detail, corak hiasan yang dimiliki ikan ini akan terlihat begitu dapat memanjakan mata kita. Red Ribbon mempunyai harga di kisaran Rp 80.000 – Rp 250.000,-.

3# Blue Diamond


Ikan discus yang berjenis ini memiliki ciri yang unik pada warna tubuhnya yang didominasi warna biru, pada siripnya terdapat aksen warna putih dan pada bagian tubuhnya memiliki warna yang bernuansa biru tua.

Jika terkena cahaya pada bagian siripnya akan menyala dan pada saat itu warna merah yang terang akan begitu tampak pada matanya.

Blue Diamond ini memiliki harga Rp 50.000,- Rp 140.000,-.

4# Checkerboard Pigeon

Hampir sama dengan jenis ikan discus pearl pigeon, ikan jenis ini mempunyai warna dasar putih yang begitu terlihat unik. Memiliki tubuh yang begitu dipenuhi dengan corak yang mempunyai bentuk garis-garis yang berwarna merah dan kepalanya begitu didominasi dengan warna kuning.

Pada bagian mata ikan jenis ini memiliki warna yang senada dengan pada garis-garis di tubuhnya. Dengan segala keunikan yang dimilikinya, akuarium yang berisikan ikan hias ini tentunya akan semakin terlihat cantik bukan.

Ikan discus jenis Checkerboard Pigeon ini mempunyai harga di kisaran Rp 70.000,- Rp 200.000,-.

5# Marlboro


Ikan jenis Marlboro ini memiliki warna yang hampir sama dengan red melon. Perbedaannya hanya ikan ini lebih mempunyai warna yang terlihat begitu cerah, dan pada bagian kepalanya berwarna putih agak kekuningan. Dan warna matanya berwarna merah yang begitu pekat.

Harga ikan adalah Rp 60.000 – Rp 180.000.

6# Golden Yellow


Sesuai dengan namanya ikan ini didominasi dengan warna kuning yang keemasan pada sekujur tubuhnya sama dengan Ikan Red melon dan Marlboro ikan jenis ini tidak memiliki corak satupun dalam tubuhnya.

7# Snake Skin


Bisa dilihat dari namanya, ikan ini memiliki corak garis yang vertikal yang cukup tipis. Memiliki warna merah dan biru layaknya pada kulit ular. Untuk ikan discus jenis ini biasanya dipakai untuk kawin silang karena memiliki bentuk yang cukup menarik tersebut. Hasil dari kawin silang ikan jenis ini adalah dapat menghasilkan jenis ikan yang baru seperti leopard snakeskin, red spooted golden leopard snake skin, blue diamond snake skin dan pigeon snake skin.

8# Red Melon


Di dominasi dengan warna merah yang begitu pekatnya di sekujur tubuhnya. Red melon ini tidak akan mempunyai corak apapun pada tubuhnya tetapi masih terdapat sebuah aksen yang berwarna kuning pada bagian kepalanya. Dan akan membuat tampilannya lebih cantik dan elegan bukan.

Cara Memelihara Ikan Discus untuk Rumahan

Menjaga kualitas air dengan baik merupakan salah satu kunci agar discus bisa tumbuh optimal. Apabila discus tidak nyaman dengan lingkungannya maka akan mudah stres yang berujung kematian. untuk meminimalisir hal itu. berikut tps-tips memelihara ikan Discus

Ikuti 5 langkah sederhana ini

1# Menyiapkan Aquarium

Agar menjaga kesehatan, kecerahan pada ikan discus ada beberapa langkah yang penting dalam menyiapkan aquariumnya.

5 langkah yang penting dalam menyiapkan Aquariumnya

  • Pakai akuarium yang mempunyai ukuran 100 cm x 50 cm x 50 cm.
  • Isi air pada akuarium dengan ketinggian sekitar 25 cm
  • Suhu air yang cukup ideal untuk ikan discus tersebut adalah 26 – 29 derajat celcius.
  • Memiliki PH antara 5,5 – 6,6.
  • Selanjutnya larutkan satu sendok makan garam ke dalam air serta masukkan satu lembar daun ketapang di dalam akuarium tersebut.
  • Pasang filter airnya lalu diamkanlah selama 3 hari.

2# Menjaga Kualitas Airnya

Kamu harus selalu menjaga kualitas airnya dan kebersihan dengan cara rutin untuk menggantinya di setiap harinya. Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan pompa airnya supaya aerase udara pada air tersebut tetap terjaga dengan baik.

Batas pula ikan discus yang akan kamu masukkan ke dalam air yaitu berkisar antara 4 – 5 ekor saja sudah cukup, supaya ikan tersebut dapat memiliki sebuah ruang yang luas sehingga ikan tidak akan mudah untuk dapat mengalami stres.

3# Waspada Untuk Hama Dan Penyakitnya

Supaya dapat menghindari ikan discus dari serangan para penyakit dan hama, maka akan sangat penting untuk melakukan upaya preventif ataupun pencegahan dengan cara kamu tambahkan larutan garam pada akuarium tersebut.

Selalu lakukanlah pengecekan suhu dan juga derajat keasaman ataupun PH air, supaya pertumbuhan dan perkembangan ikannya tidak akan mengalami banyak hambatan.

4# Tips Memberikan Makanan Pada Ikan Discus

Supaya dapat menghindari ikan discus dari serangan para penyakit dan hama, maka akan sangat penting untuk melakukan upaya preventif ataupun pencegahan dengan cara kamu tambahkan larutan garam pada akuarium tersebut.

Selalu lakukanlah pengecekan suhu dan juga derajat keasaman ataupun PH air, supaya pertumbuhan dan perkembangan ikannya tidak akan mengalami banyak hambatan.

  • Berikan makanan secukupnya tetapi sering
  • Latih ikan discus dengan cara ketika memberikan makanan menggunakan tangan atau biasanya orang akan menyebutnya handfeeding.
  • Jika ikan discus sudah terlihat kenyang dan tidak ingin makan lagi dan masih ada makanan sisa dalam aquarium maka kamu dapat menyedotnya.

Makanan Ikan Discus

Untuk yang sudah pernah memelihara ikan discus mungkin sudah paham tentang pakan ikan discus. untuk andang yang masih pemula. mungkin anda akan bertanya-tanya tentang  Apa sih makanan yang paling disukai ikan discus?

Ada Tiga Jenis Pakan yang Disukai Ikan Discus

1# Cacing Beku

Cacing beku adalah salah satu makanan ikan yang cukup terkenal sangat cocok dengan pertumbuhan ikan dan pastinya ikan akan begitu lahap jika kamu berikan makan ini. Cacing beku ini juga akan mudah sekali kamu dapatkan di toko-toko penjualan ikan hias. Biasa jenis cacing ini akan terlebih dahulu dibersihkan sebelum disimpan pada freezer.

Jika warna cacing beku tersebut semakin merah maka kualitas yang dimilikinya akan semakin bagus. Pakan ikan ini akan sangat cocok digunakan pada ikan discus guna pertumbuhan badan namun jika ingin mencerahkan warna akan lebih cepat jika memaki burger.

2# Burger Discus

Burger yang kita maksud disini adalah sebuah makanan buatan yang mempunyai tujuan untuk mempercepat pertumbuhan dan warna pada ikan discus tersebut. Burger pada ikan discus merupakan pakan ikan yang memiliki gizi paling lengkap. Cara membuatnya pun cukup mudah:

  • Udang
  • Jantung sapi
  • Sayuran brokoli, bayam dll.
  • Ikan tuna atau salmon.
  • Spirulina.
  • Vitamin.
  • Bawang
  • Tepung atau tepung agar-agar.

Tambahkan Pewarna carophyll pink untuk ikan discus berwarna merah, dan carophyll yellow untuk ikan discus berwarna kuning. 

Semuanya harus kamu cincang dengan halus lalu kemudian kamu campurkan supaya menjadi sebuah adonan setelahnya kamu dapat cetak dan kamu simpan pada freezer sebelum kamu berikan kepada ikan discus.

3# Pelet Ikan Discus

Kamu dapat memberikan pelet buatan maupun pelet pabrikan. Pelet yang memang dikhususkan untuk ikan discus biasanya sudah diracik sesuai dengan kebutuhan ikan tersebut. Sudah banyak sekali macam-macam jenis pelet ikan discus yang dijual di pasaran dan biasanya yang paling terkenal pelet dengan merek tetrabits.

Hal yang harus kamu tahu adalah memang tidak akan mudah untuk kamu dapat memberikan makanan pelet pada ikan discus ini karena jika ikan discus yang baru pertama di berikan makan pelet biasanya tidak akan mau memakannya.

Kalian dapat melatihnya secara pelan-pelan pada ikan discus tersebut dengan menggunakan pakan pelet tersebut. Bisa juga kamu memuaskan ikan discus tersebut  selama 2 – 3 hari lalu cobalah berikan sedikit demi sedikit pelet untuk ikan discus tersebut. 

No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter