Slider

Mencari Contoh Isi Undangan Pernikahan Yang Benar, Berikut Ulasannya


Pernikahan merupakan prosesi sakral yang terjadi sekali dalam kehidupan. Sehingga, tidak boleh ada kesalahan pada semua komponen resepsi, tak terkecuali undangan. Walau terkesan sepele, namun undangan pernikahan mengambil peran yang penting. Agar tidak terjadi kesalahan, yuk intip contoh isi undangan pernikahan yang benar berikut ini.

Alasan Penting Menghadirkan Undangan Pernikahan

Undangan pernikahan menjadi salah satu komponen penting yang harus dihadirkan dalam menggelar pesta pernikahan. Dengan desainnya yang menarik, mampu menggambarkan tema pernikahan dan kepribadian sang penyelenggara acara. Hal ini yang menyebabkan sebagian besar calon mempelai pengantin kebingungan, saat memilih model surat undangan.

Biasanya, undangan mulai dibagikan sekitar tiga hingga empat minggu, menjelang acara resepsi pernikahan. Hadirnya undangan menjadi salah satu cara menyampaikan informasi terkait pesta pada penerima undangan. Selain itu, surat tersebut juga sebagai bukti fisik pengharapan kehadiran penerima, untuk ikut serta meramaikan acara pernikahan.

Namun, sebenarnya fungsi dari undangan pernikahan tidak hanya sebatas itu saja. Banyak alasan yang melatarbelakangi mengapa calon mempelai pengantin harus menghadirkan undangan, sebelum menggelar pesta. Oleh karena itu, sebelum membahas mengenai contoh isi undangan pernikahan, ada baiknya untuk mengetahui peranan penting surat tersebut.

Fungsi yang pertama dari undangan pernikahan adalah sebagai bentuk penghormatan. Menggunakan surat ini untuk mengundang tamu undangan akan terlihat lebih sopan dan terhormat. Apalagi, jika anda membuat surat undangan dalam bentuk souvenir, tentu akan menjadi nilai tambah, disamping fungsinya untuk mengundang.

Selain itu, menghadirkan undangan pernikahan juga bertujuan untuk memberikan rincian tentang informasi pernikahan. Seperti yang anda tahu, dalam surat undangan terdapat berbagai penjelasan, mulai dari tempat pelaksanaan resepsi, waktu acara pesta, nama pasangan pengantin. Bahkan, terdapat pula nama orang tua mempelai yang turut dikenalkan.

Adanya undangan pernikahan juga berfungsi untuk memudahkan pihak penyelenggara, dalam mengatur jumlah tamu yang diharap hadir. Biasanya, langkah ini umum digunakan untuk resepsi pernikahan yang bersifat terbatas. Dalam hal ini, anda dapat menggunakan sistem RSVP, sehingga anda dapat membatasi jumlah tamu.

Tak hanya itu, undangan pernikahan juga mampu memberikan patokan terkait kebutuhan catering. Melalui jumlah undangan yang jelas, anda dapat menentukan kebutuhan hidangan makanan yang harus disajikan dalam pergelaran resepsi. Mengingat pentingnya undangan pernikahan, maka sudah sepatutnya anda menghadirkan sebelum menggelar pesta.

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Isi Undangan Pernikahan

Sebenarnya, selain desain, isi dari undangan pernikahan juga menjadi salah satu poin penting yang harus diperhatikan. Walaupun tampilan undangan yang dihadirkan tampak menarik, namun jika isi yang tertuang kurang rapi tentu akan membuat penerima kebingungan. Bahkan, hal ini juga memungkinkan undangan anda menjadi buah bibir para penerima.

Oleh karena itu, ada baiknya anda melihat contoh isi undangan pernikahan yang benar, saat mulai membuatnya. Pada dasarnya, terdapat tiga hal penting yang harus diperhatikan dalam menulis isi undangan pernikahan. Dimana, yang pertama wajib anda perhatikan adalah mengenai bahasa penulisan. Dalam hal ini, gunakan bahasa yang baik dan sesuai dengan adat dan lingkungan.

Seperti yang diketahui, Indonesia mempunyai beragam suku dan bahasa yang berbeda. Oleh karena itu, sebaiknya anda menggunakan bahasa Indonesia sesuai EYD dalam surat undangan. Sehingga, semua penerima undangan pernikahan anda dapat membaca dan memahami maksud dan tujuan dari surat tersebut dengan mudah.

Selain bahasa, hal yang harus diperhatikan lainnya adalah tipografi. Ketika menulis surat undangan pernikahan, tentu anda akan membubuhkan sederet kata dalam isinya. Biasanya, hal umum yang sering terjadi adalah typo atau kesalahan ketik. Maka dari itu, sebelum anda mencetak, pastikan jika tidak ada kesalahan dalam isi surat undangan.

Dalam hal ini, anda dapat membacanya secara berulang, untuk memastikan jika tidak ada kesalahan pada setiap kata yang tertulis. Disamping itu, pastikan juga kata atau kalimat yang digunakan selaras dan sesuai dengan keinginan anda. Langkah tersebut dirasa paling ampuh, untuk menghindari typo atau salah penulisan dalam surat undangan.

Meskipun telah melihat contoh isi undangan pernikahan yang benar, namun masih ada satu lagi yang harus anda perhatikan dalam menulisnya, yaitu font. Perlu anda tahu, jenis font yang digunakan dalam undangan pernikahan sangat berpengaruh pada kualitas surat tersebut. Oleh karena itu, gunakan font huruf yang sesuai dengan tema atau desain undangan.

Apabila mempertimbangkan hal tersebut, maka undangan pernikahan anda akan tampak selaras, baik dari desain, tema maupun font yang digunakan. Dengan begitu, tampilan undangan pernikahan yang anda ciptakan akan tampak sempurna, menarik, serta mudah dipahami maksud dan tujuan dari isi yang disampaikan.

Itulah ketiga hal penting yang harus anda perhatikan saat menulis isi undangan pernikahan. Memang terkesan sepele, namun jangan pernah anggap remeh. Pasalnya, ketiga hal tersebut mampu mempengaruhi kualitas undangan pernikahan yang anda hadirkan. Dengan anda memperhatikan unsur ini, surat yang anda buat akan mudah dipahami penerima.

Sistematika Penulisan Undangan Pernikahan

Ketika membuat undangan pernikahan, banyak unsur penting yang harus diperhatikan. Tak hanya tata penulisan saja, sistematika juga perlu diperhatikan dalam membuat surat tersebut. Memang telah banyak beredar contoh isi undangan pernikahan yang mepunyai sitematika benar. Meskipun begitu, anda perlu mengetahuinya agar tidak ada kesalahan.

Dalam hal ini, terdapat beberapa poin penting yang harus ada, ketika anda menyusun undangan pernikahan. Dimana, yang pertama adalah menampilkan identitas tamu yang diundang, lengkap beserta alamatnya. Biasanya, informasi ini dihadirkan dalam label alamat yang terdapat pada halaman muka undangan pernikahan.

Selain itu, hadirkan pula ucapan salam pembuka sebagai kata awal dalam membuka isi surat undangan. Dilanjut dengan menyampaikan maksud isi undangan pernikahan, yang mengharapkan kehadiran dan doa restu dari tamu. Tak hanya itu, cantumkan pula tempat dan waktu pelaksanaan resepsi pernikahan, dan akhiri rangkaian tersebut dengan ucapan terima kasih.

Tips Menghadirkan Undangan Pernikahan

Agar tampilan undangan pernikahan yang anda hadirkan terlihat menarik, maka sepatutnya mempertimbangkan beberapa unsur penyusunnya. Dimana, anda harus memperhatikan penggunaan warna, background, gambar dan tulisan. Mengenai penggunaan warna, usahakan anda memilih sesuai dengan tema atau konsep pesta pernikahan.

Dalam hal ini, usahakan untuk tidak menggunakan warna lebih dari tiga jenis, karena hal tersebut justru membuat undangan tampak berlebihan. Untuk lebih aman, anda dapat menggunakan warna netral, misalnya putih atau krem. Kemudian, untuk masalah background, usahakan untuk menggunakan tampilan netral dan klasik.

Selain itu, agar undangan pernikahan anda terkesan cantik dan menarik, maka gunakan gambar dan tulisan yang tepat. Apabila anda masih kebingungan untuk merangkainya, dapat melihat contoh isi undangan pernikahan. Dengan anda melihat contoh yang banyak beredar, tentu akan membantu anda dalam menghadirkan undangan pernikahan yang benar.

Di jaman modern ini, undangan pernikahan mempunyai banyak tampilan desain yang menarik. Sebenarnya, poin penting dari undangan pernikahan adalah dalam hal isi. Jika isi dalam undangan tampak kurang rapi dan tidak informative, tentu akan membingungkan penerima. Oleh karena itu, anda harus memperhatikan hal penting dalam menulis undangan.

No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter