Slider

Menganalisis Usaha Laundry Kiloan yang Banyak Peminatnya


Bisnis usaha laundry kiloan merupakan salah satu bentuk usaha kecil yang mempunyai peluang besar menjadi sukses. Hal ini dikarenakan semakin padatnya kegiatan masyarakat, yang menjadikan lebih membutuhkan bantuan jasa mencuci pakaian. Untuk mengetahui bagaimana usaha ini dapat berdiri hingga kelebihan dan kekurangannya, simak ulasan berikut.

Apa Sih Usaha Laundry Itu?

Pada dasarnya usaha merupakan sebuah bentuk tindakan yang apabila dilakukan secara sungguh-sungguh bisa mencapai suatu bentuk hasil. Sedangkan laundry merupakan kata benda yang mempunyai acuan pada bentuk tindakan mencuci pakaian. 

Apabila digabungkan, maka pengertiannya yaitu suatu bentuk tindakan mencuci pakaian yang bertujuan untuk mencapai sebuah hasil. Hasil yang dimaksud dalam hal ini yaitu, pencapaian sebuah usaha dalam bentuk keberhasilan atau kesuksesan. 

Peluang Besar Bisnis Laundry

Membuka usaha laundry dapat menjadi sebuah peluang besar, apabila dilakukan dengan cara yang tepat. semakin padatnya penduduk di Indonesia, dapat menjadikan bisnis laundry ini dapat berkembang lebih pesat. Hal ini dikarenakan, semakin banyaknya kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat, membuat mereka membutuhkan keberadaan usaha ini untuk membantu mencuci pakaian. Walaupun secara kasat mata, mencuci pakaian merupakan hal mudah yang dapat dilakukan oleh semua orang. 

Namun, kegiatan ini tentu membutuhkan waktu yang cukup lama serta tenaga yang lebih ekstra. Di mulai dengan membilas, mencuci pakaian dari berbagai noda, menjemur, hingga menyetrika pakaian dan melipatnya secara rapi. Selain itu, biasanya jasa ini bisa menguntungkan mahasiswa yang tinggal di tempat kost. 

Umumnya, mahasiswa tidak mempunyai waktu luang yang lebih atau bahkan cenderung malas untuk mencuci pakaiannya sendiri. Hal ini dikarenakan kebiasaan yang diberikan, dengan kehidupan yang nyaman dan sering mengandalkan “tahu beres” pada saat tinggal bersama kedua orang tuanya. 

Dengan adanya jasa cuci pakaian ini, mahasiswa tidak perlu untuk repot-repot mencuci pakaiannya, sehingga dapat mengambil cara yang lebih mudah. Alasan lainnya yaitu, selain jasa mencuci pakaian, terdapat banyak sekali masyarakat yang membutuhkan jasa mencuci tas, sepatu, serta helm. 

Tentu tidak banyak orang yang mengetahui bagaimana cara mencuci tas, sepatu dan helm dengan cara yang benar untuk bisa mendapatkan hasil yang lebih bersih. Hal ini dapat menjadi salah satu peluang yang menjanjikan, untuk Anda yang ingin membuka bisnis ini. 

Risiko Membuka Bisnis Laundry Rumahan

Di dalam membangun sebuah usaha, pasti memiliki beberapa risiko yang harus dihadapi para pebisnis, begitu juga dengan usaha laundry. Sebelum Anda benar-benar memulai bisnis ini, perlu untuk memperhatikan beberapa risiko yang akan dihadapi.

Hal ini penting untuk diketahui agar bisa mempertimbangkan serta memberikan solusi yang tepat. Sehingga usaha laundry yang dilakukan dapat membuahkan hasil sesuai dengan harapan. Salah satu risiko yang didapatkan dari usaha ini yaitu persaingan yang tinggi. 

Dengan keunggulan jasa pencucian yang mudah untuk dipraktekkan oleh siapapun, maka membuat banyak orang dapat membuka usaha ini dari rumah masing-masing. Persaingan yang cukup tinggi ini tentu harus memiliki strategi yang dapat mengimbanginya. 

Hal ini dapat dilakukan dengan cara meningkatkan keahlian marketing serta bentuk manajemen yang solid. Dengan cara ini, Anda dapat bertahan ditengah-tengah arus kompetisi yang tergolong ketat saat terjun di lapangan. 

Selain itu, cuaca juga dapat menjadi kendala bagi usaha laundry. Pada saat menjemur pakaian, pastinya membutuhkan matahari yang cerah untuk bisa mengeringkan pakaian dengan waktu yang cepat. 

Apabila cuaca tidak mendukung, maka risiko yang diperoleh yaitu cucian akan lebih lama untuk bisa kering sempurna. Karena cucian yang basah dan tidak mempunyai kategori kering secara sempurna, bisa menyebabkan bau dan juga dapat berpotensi mengalami kerusakan. 

Selain itu, untuk membuka usaha ini maka diperlukan ruangan yang khusus untuk bisa digunakan sebagai penempatan mesin serta keperluan pendukung yang lainnya. Anda bisa mengorbankan setengah dari luas rumah untuk bisa mengembangkan bisnis usaha ini. 

Namun, apabila masih dalam tahap merintis. Menyediakan ruangan dengan luas yang tidak begitu besar juga masih bisa digunakan untuk menjalankan usaha laundry.

Keunggulan yang Diperoleh

Tentu saja dibalik risiko yang akan dialami, pasti terdapat banyak kelebihan yang bisa diperoleh dengan menjalankan usaha laundry. Salah satu kelebihan dari usaha ini yaitu dapat mengikuti segala bentuk perkembangan zaman yang semakin canggih. Tentunya semakin hari terdapat peningkatan dalam sebuah teknologi. 

Salah satunya yaitu mesin cuci, semakin canggih teknologi yang dikembangkan, maka Anda dapat lebih mudah melakukan kegiatan ini. Selain itu, dengan berkembangnya teknologi ini bisa menghasilkan durasi pengerjaan yang lebih cepat. 

Sehingga masyarakat akan lebih mengandalkan jasa ini, karena hampir di setiap hari seseorang membutuhkan pakaian yang bersih. Keunggulan yang lainnya yaitu, Anda dapat dengan mudah mempelajari usaha ini. Untuk bisa membuka usaha laundry, tidak dibutuhkan skill khusus untuk bisa memberikan hasil yang maksimal. 

Apalagi dengan kehadiran teknologi yang canggih dapat memudahkan Anda untuk membangun bisnis ini. Hanya dengan bermodalkan ketekunan serta telaten dalam mempelajari sesuatu hal yang baru. Dan juga dapat memanfaatkan sumber daya manusia dengan tepat, Anda sudah bisa mendirikan usaha ini dari rumah.

Oleh karena itu, membuka bisnis ini tidak membutuhkan modal awal yang cukup besar, sehingga bisnis ini bisa dijadikan sebagai usaha sampingan bagi ibu rumah tangga. Kebanyakan seseorang yang membuka usaha ini, bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. 

Hal ini dikarenakan banyaknya masyarakat yang membutuhkan jasa ini di setiap hari. Selain itu, persentase keuntungan yang diberikan dengan melalui usaha ini, tergolong cukup besar dengan risiko yang ada juga lebih kecil dari jenis usaha yang lainnya. 

Tips Mudah Memulai Usaha Laundry

Membangun sebuah usaha tentu dibutuhkan ketelatenan yang lebih untuk bisa menjadikannya dapat berkembang dengan baik. Khususnya para pelaku bisnis pemula, dibutuhkan tips-tips serta langkah yang tepat untuk membangun usaha laundry dengan baik. Walaupun bisnis ini termasuk tidak menuntut banyak skill serta dapat dijalankan sebagai bisnis sampingan. 

Sehingga kemungkinan untuk merealisasikan tergolong cukup besar. Dengan dibekali modal kemauan serta rencana yang matang. Namun, pada kenyataannya, untuk memulai sebuah usaha tidak semudah dengan apa yang telah dibayangkan. Meskipun banyak pebisnis yang sukses dengan usaha ini, akan tetap juga ada saja yang mengalami kegagalan. 

Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan serta perencanaan dalam membangun usaha. Apabila, modal telah dimiliki, maka Anda perlu untuk menjalankan usaha ini dengan langkah yang tepat. Berikut ini beberapa tips serta langkah yang tepat untuk membuka usaha laundry. 

1# Menentukan Lokasi yang Tepat

Salah satu hal yang perlu untuk diperhatikan dalam memulai usaha ini yaitu dalam menentukan lokasi. Sebuah usaha akan berlangsung dengan baik apabila lokasi yang digunakan mempunyai tata letak yang strategis. 

Ciri-ciri lokasi yang tepat yaitu dapat diakses dengan cara yang mudah, penyediaan air bersih yang memadai, serta mempunyai drainase yang baik. Apabila ingin menjalankan usaha ini di rumah pribadi dan lokasi yang dimiliki berada di kawasan mahasiswa dan pekerja kantoran. 

Maka, membuka usaha di rumah juga merupakan cara pemilihan lokasi yang tepat untuk mengembangkan usaha ini. Namun, apabila Anda ingin menyewa suatu tempat. Perlu untuk memperhatikan harga sewa yang sesuai dengan kantong.  

2# Menyediakan Alat Pendukung yang Memadai

Setelah menentukan lokasi yang strategis, Anda juga perlu membutuhkan berbagai alat pendukung untuk menjalankan bisnis ini. Alat penunjang tersebut misalnya mesin cuci, hangar, mesin setrika, dan yang lain sebagainya. Anda dapat memilih berbagai macam alat tersebut dengan kualitas yang terbaik namun harga yang dimiliki juga tidak terlalu mahal. Untuk meminimalisir pengeluaran modal yang besar dalam membeli alat pendukung. Anda bisa menentukan target untuk memenuhi kebutuhan ini. 

Apabila modal yang dimiliki tidak cukup besar, minimal dengan memiliki mesin cuci berjumlah dua buah, sudah bisa memberikan hasil yang maksimal. Anda bisa melakukan perkembangan alat pendukung apabila usaha laundry yang dijalankan telah berlangsung, dan mempunyai pelanggan yang stabil. 

3# Menentukan Harga yang Tepat

Karena Anda telah mengetahui bahwa persaingan usaha ini cukup ketat, maka Anda perlu untuk menentukan harga yang tepat. Pertimbangkan harga ini dengan sangat baik sesuai dengan target pasar yang telah ditentukan. Pastikan untuk tidak memberikan harga yang terlalu mahal atau tidak sesuai dengan kemampuan ekonomi target pasar Anda. Namun, Anda juga perlu untuk menghindari pemberian harga yang terlalu murah. Apalagi dengan harga yang murah dapat mempengaruhi kualitas pelayanan usaha yang diberikan menjadi menurun. 

Menentukan harga pada suatu produk ini sangat berpengaruh terhadap berkembangnya usaha yang sedang dijalankan. Harga yang diberikan tentu menyesuaikan dengan kualitas pelayanan yang diberikan kepada pelanggan. 

4# Menggunakan Metode Promosi Menarik

Salah satu hal paling penting yang dapat mempengaruhi usaha laundry yaitu metode promosi yang digunakan. Dalam hal ini, Anda perlu untuk menerapkan bentuk strategi promosi yang tepat serta dapat menarik perhatian dari calon pelanggan. 

Cara mudah yang bisa dilakukan yaitu dengan memasang banner atau menyebarkan brosur dengan diimbangi memanfaatkan teknologi. Memanfaatkan teknologi merupakan cara yang paling praktis untuk dilakukan. Bahkan cara ini biasanya lebih berpengaruh untuk menarik perhatian pelanggan. 

Anda bisa memanfaatkan teknologi dengan membuat akun sosial media serta membuat website khusus. Hal ini dilakukan untuk membuat media pemasaran secara online. Melakukan promosi melalui media online, pada dasarnya bisa lebih menghemat biaya, daripada dengan melakukan pencetakkan brosur dalam jumlah yang banyak. 

Selain itu, bagi Anda yang membuka usaha laundry untuk pertama kalinya. Sangat penting untuk memberikan promosi yang menarik. Misalnya dengan memberikan diskon ataupun dengan memberikan gratis cuci pakaian beberapa kilogram. Metode promosi ini, lebih cepat menarik pelanggan. Tentu, setiap orang lebih menyukai layanan yang gratis walaupun hanya tersedia dalam jangka waktu beberapa hari. 

5# Memberikan Berbagai Jenis Jasa

Anda tetap harus memperhatikan, bahwa terdapat banyak sekali kompetitor yang ada di sekitar lingkungan Anda. Oleh karena itu, perlu untuk memberikan sesuatu yang berbeda di dalam usaha yang sedang dijalankan. Jenis dari usaha laundry sangat banyak sekali macamnya.

Dengan demikian, Anda bisa memanfaatkan keragaman ini menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki usaha laundry Anda. Seperti membuka jasa pencucian karpet, sepatu, helm dan yang lain sebagainya. Jasa pencucian seperti ini, tentu sangat banyak sekali yang membutuhkannya. 

Kemudian, Anda juga bisa menambahkan jasa antar untuk mengurangi beban pelanggan yang tidak mempunyai waktu luang yang banyak. Untuk memberikan tambahan pelayanan jasa antar ini, Anda bisa menetapkan tarif tambahan. Tentu hal ini harus terdapat persetujuan oleh pelanggan. 

6# Memilih Karyawan yang Kompeten

Memiliki karyawan yang baik, jujur serta mempunyai loyalitas yang tinggi merupakan salah satu faktor penting untuk suksesnya dalam sebuah usaha. Hal ini juga berlaku dengan usaha laundry. 

Tentu pada saat menjalankan usaha ini, tidak semua orang dapat melakukannya dengan sendiri. Oleh karena itu, perlu untuk mempekerjakan seorang karyawan. Namun sangat penting untuk memilih karyawan yang bisa mengoperasikan berbagai alat secara tepat dan baik. Sehingga hasil yang diberikan dapat menjadi bersih dan rapi. 

7# Memahami Perkembangan Bisnis

Sebagai pelaku usaha yang baru saja terjun kedalam dunia bisnis ini, Anda masih perlu untuk mempelajari seluk-beluk bisnis ini. Anda juga perlu untuk menambah pengetahuan mengenai bagaimana cara perkembangan dari sebuah bisnis. 

Anda bisa mendapatkan banyak pengetahuan melalui pelaku bisnis yang sudah mempunyai banyak pengalaman. Hal ini bisa dilakukan dengan cara bertanya kepada pebisnis secara langsung atau bahkan mengikut berbagai forum online. 

Dengan ini, Anda bisa mendapatkan banyak informasi untuk bisa menjalankan usaha yang dimiliki dapat berjalan lebih baik. Bahkan Anda juga bisa mendapatkan berbagai pelajaran terkait dengan kesalahan umum yang bisa saja terjadi di dalam merintis usaha ini. 

8# Memperhatikan Ketepatan Waktu

Dalam menjalankan usaha laundry ini, ketepatan waktu merupakan salah satu hal terpenting yang harus selalu diperhatikan. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan serta reputasi bisnis yang sedang dijalankan. 

Oleh karena itu, barang pelanggan harus segera diselesaikan dalam jangka waktu tertentu yang telah dijanjikan. Apabila Anda memiliki karyawan, tentu karyawan harus mengetahui alur kerja serta jadwal penyelesaian barang pelanggan. 

Sehingga Anda bisa menjamin ketepatan waktu dalam menyelesaikan barang pelanggan yang ada. Dengan ini, para pelanggan dapat merasakan kepuasan serta akan kembali lagi apabila sedang membutuhkan jasa pencucian. 

9# Kehati-hatian dalam Mencuci Barang Konsumen

Pada saat menangani barang pelanggan, perlu untuk memperhatikan dalam setiap penanganan yang dilakukan. Seperti halnya kehati-hatian selama proses pencucian, menjemur hingga menyetrika pakaian. 

Hal ini agar pakaian pelanggan dapat kembali dalam kondisi yang lebih bersih, wangi serta rapi tanpa disertai dengan kerusakan apapun. Anda juga perlu untuk mengingatkan karyawan, untuk selalu berhati-hati serta teliti untuk menghindari kecerobohan yang bisa berakibat fatal. 

Konsep menangani pakaian pelanggan dengan berhati-hati, dapat dilakukan dengan cara memperlakukan pakaian tersebut seperti barang milik sendiri. Misalnya dengan tidak mencampurkan semua jenis pakaian ke dalam satu mesin. 

Selain itu, memisahkan pakaian berwarna putih dengan pakaian yang mempunyai potensi mengalami kelunturan tinggi. Anda juga pelu untuk mempunyai ketelitian yang tinggi supaya setiap barang miliki pelanggan tidak sampai tertukar atau bahkan sampai hilang. 

Hal ini sangat berpengaruh terhadap kepercayaan pelanggan terhadap usaha laundry Anda. Dengan kepercayaan pelanggan yang tinggi terhadap usaha Anda, maka hal ini juga berpengaruh terhadap kesuksesan bisnis yang dijalankan.

10# Memberikan Pelayanan Berkualitas

Memberikan sebuah pelayanan yang baik serta berkualitas kepada pelanggan merupakan salah satu hal yang perlu untuk dilakukan pada suatu bisnis. Bahkan lebih baik jika menjaga kualitas yang dimiliki, serta terus meningkatkannya secara bertahap. Kebanyakan suatu bisnis akan cepat ramai dengan cara mulut ke mulut. 

Apabila pelanggan sangat puas dengan pelayanan yang diberikan, maka mereka akan kembali lagi dan kemungkinan merekomendasikan orang lain. Namun, apabila terdapat kritik dari pelanggan, tentu Anda harus segera mengatasi kritikan tersebut. Hal tersebut sangat membantu usaha Anda untuk bisa berkembang dengan baik. 

Pelayanan yang baik yaitu dengan memberikan bentuk perlakuan yang ramah pada saat menerima dan menyerahkan barang pelanggan. Selain itu, ketepatan waktu, kondisi pakaian yang memuaskan, serta harga juga merupakan bentuk pelayanan yang baik. 

Untuk meningkatkan pelayanan yang baik, dapat dilakukan dengan memberikan fasilitas layanan ekspress, atau bahkan melayani pencucian barang-barang tertentu. Memberikan penawaran varian pewangi yang disukai pelanggan juga termasuk dari bentuk pelayanan yang baik. 

Menganalisis Biaya

Untuk membangun sebuah usaha, maka diperlukan cara menganalisis modal hingga bentuk keuntungan yang diperoleh dari sebuah usaha yang dijalankan. Hal ini sangat membantu dalam perkembangan bisnis, termasuk juga di dalam bisnis usaha laundry. 

Besar kecilnya modal serta biaya operasional dalam mendirikan sebuah usaha sangat penting untuk dilakukan para pebisnis. Berikut ini merupakan rancangan serta kisaran harga-harga yang dibutuhkan untuk mengembangkan usaha laundry untuk pemula. 

Modal Awal yang Dibutuhkan

Modal investasi awal yang dibutuhkan yaitu meliputi berbagai peralatan penunjang seperti mesin cuci, rak dan yang lain sebagainya. Bahkan di dalam modal awal ini juga termasuk kedalam modal untuk melakukan promosi secara online maupun offline.

Apabila dengan cara offline seperti mencetak banner dan juga brosur yang akan dibagikan kepada masyarakat. Sedangkan online, dengan membayar sebuah situs untuk menyediakan fasilitas iklan. Untuk mengetahui secara jelas keperluan yang dibutuhkan, berikut rincian beserta perkiraan harganya:

  • 2 unit mesin cuci seharga Rp4000.000
  • 3 unit setrika seharga Rp400.000
  • 1 unit timbangan seharga Rp250.000
  • Renovasi ruangan Rp1.500.000
  • 1 set meja kursi seharga Rp500.000
  • Promosi awal online maupun offline seharga Rp500.000
  • Peralatan pendukung seperti hangar, rak baju seharga Rp850.000

Total investasi awal ini yaitu Rp8000.000.

Perkiraan Biaya Operasional

Biaya operasional yang diperlukan yaitu segala bentuk biaya yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha dalam setiap bulannya. Hal ini bisa meliputi listrik, gaji karyawan hingga dana darurat. Berikut merupakan rincian biaya operasional yang dibutuhkan dalam jangka satu bulan.

  • Listrik per bulan seharga Rp500.000
  • Air per bulan seharga Rp300.000
  • Detergen seharga Rp500.000
  • Pengharum pakaian seharga Rp150.000
  • Gaji karyawan seharga Rp650.000
  • Dana darurat Rp500.000

Berdasarkan rincian tersebut, biaya operasional ini berkisar Rp2.600.000 pada setiap bulan. 

Dari rincian yang telah dijelaskan, maka modal awal yang perlu untuk dipersiapkan yaitu kurang lebih sebesar Rp10.600.000. Dengan perkiraan modal yang telah dijelaskan tersebut, Anda dapat menghitung asumsi yang akan diperoleh pada setiap bulan. 

Caranya yaitu dengan beranggapan orderan yang diperoleh setiap hari sekitar 40 Kg. Dengan harga yang diberikan pada setiap kilogramnya Rp5000. Maka pendapatan perbulan yang diperoleh yaitu 40 x 30 = 1200Kg x Rp5000 = Rp6000.000. 

Dengan perkiraan tersebut, telah terbukti bahwa usaha laundry ini merupakan salah satu usaha yang sangat menjanjikan. Dengan modal serta biaya operasional setiap bulan yang tidak terlalu besar. Namun, hasil keuntungan yang diberikan sangat besar. 

Oleh karena itu, jenis usaha ini menjadi pilihan banyak orang yang ingin mendirikan sebuah usaha dengan modal yang tidak besar. Namun memberikan hasil yang sangat menjanjikan. 

Modal serta biaya yang telah dirincikan dapat Anda jadikan sebagai salah satu bentuk pertimbangan untuk mendirikan usaha ini. Tentu besar kecilnya sebuah usaha yang akan didirikan, akan berpengaruh terhadap modal serta biaya operasional yang diperlukan. 

Demikian penjelasan mengenai usaha laundry kiloan. Meskipun jasa pencucian ini terlihat sederhana, namun kenyataannya membuka usaha ini membutuhkan perencanaan dan strategi yang tepat. Jangan segan menanyakan kesulitan kepada seseorang yang lebih dulu terjun ke dalam bisnis ini. Bisnis yang dijalankan bisa sukses apabila persiapan dirancang dengan matang.  


No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter