Slider

Mengintip Dekorasi Pernikahan Adat Jawa Modern Untuk Inspirasi Anda


Bagi masyarakat suku Jawa yang masih menjunjung tinggi adat istiadat, tentunya memilih dekorasi pernikahan adat Jawa bukan lagi menjadi suatu hal yang sulit. Namun di era modern seperti ini, pernikahan adat Jawa mulai mengalami perkembangan dengan tambahan berbagai inovasi lainnya. Berikut akan diulas beragam dekorasi pada pernikahan adat Jawa modern yang cocok digunakan untuk inspirasi anda.

Dekorasi Pernikahan dengan Adat Jawa Modern

Ornamen Lampu Gantung

Dekorasi pertama yang selalu ada di pernikahan adat Jawa ialah penggunaan lampu gantung sebagai ornamen utamanya. Agar dekorasi lebih menawan, anda bisa memilih bunga di sekitar pelaminan. Usahakan anda memilih rangkaian bunga yang berukuran besar dengan nuansa warna merah, merah muda, hingga putih. Biasanya lampu yang digunakan pada pernikahan ini memiliki aksen ukiran variatif berpadu dengan rona warna emas.

Adanya perpaduan tersebut mampu menghasilkan nuansa yang hangat, klasik, serta berkelas. Tak hanya itu dengan bantuan lampu gantung tersebut juga akan menciptakan momen yang lebih khidmat dan eksklusif. Banyak orang yang meyakini bahwa lampu gantung tradisional yang sering digunakan untuk pernikahan adat Jawa modern memiliki makna yang mendalam, yaitu agar mempelai senantiasa diterangi kebahagiaan sepanjang hidupnya.

Detail Gunungan Wayang

Apabila anda memiliki rencana untuk melaksanakan pernikahan adat jawa semi outdoor, maka dekorasi satu ini bisa menjadi referensi yang menarik. Gunungan wayang ini biasanya terdapat ukiran yang memiliki makna tertentu. Biasanya juga banyak yang memadukan dekorasi ini dengan memanfaatkan tanaman hias berwarna hijau yang mampu menyegarkan mata. Dekorasi ini sebenarnya digunakan sebagai alat peraga pada pertunjukan perwayangan.

Umumnya gunungan wayang ini memperagakan adanya gunung, goa, hutan, atau lainnya. Dengan adanya dekorasi ini pada pernikahan adat Jawa anda, tentunya mampu memberikan nuansa yang klasik serta memiliki nilai historis yang kuat. Agar terkesan ‘Jawa banget’, anda bisa menggunakan gunungan wayang besar yang terbuat dari ukiran kayu. Serta terdapat dua jenis gunungan yang bisa anda pakai, yaitu gunungan blumbangan dan gunungan gapuran.

Penggunaan ornamen gunungan wayang ini juga menggambarkan kehidupan dunia dengan setiap keadaannya yang harus dihadapi oleh kedua mempelai. Peletakkannya sendiri umumnya digunakan sebagai latar pelaminan atau diletakkan sebagai dekorasi penghias di muka panggung pelaminan. Anda juga bisa meletakkan dua jenis gunungan di samping kanan dan kiri kursi pelaminan.

Dekorasi Kayu Ukir

Selanjutnya, anda bisa menggunakan dekorasi kayu ukir yang berwarna keemasan dengan aksen bunga dan dedaunan. Untuk melengkapinya, anda bisa memilih perpaduan warna merah yang ditunjukkan pada karpet serta aksen yang ada di ornamen lampu. Biasanya dekorasi kayu di pernikahan adat Jawa modern ini terletak pada semua bagian mulai dari tempat duduk pelaminan, gebyok atau latar belakang pelaminan, hingga pot bunga.

Pada kursi pelaminan anda bisa memilih desain yang polos dan sederhana dengan warna dasar emas atau coklat mengkilap. Jika anda menggunakan dekorasi satu ini, maka fokusnya terletak pada ukiran yang terdapat pada tiap bagian di pelaminan. Ukiran tersebut sengaja ditonjolkan untuk menimbulkan kesan yang historis seperti di kerajaan Jawa pada umumnya. Dengan adanya pencahayan yang hangat dari lampu gantung, tentunya akan menghasilkan suasana yang sangat artistik.

Kemudian yang menjadi salah satu hal yang identik dengan pernikahan adat Jawa ini ialah adanya gebyok yang digunakan sebagai latar belakang pelaminan. Gebyok ini sendiri merupakan tiruan dari rumah joglo yang terdiri dari dua pintu serta jendela kayu. Dekorasi gebyok juga biasanya berasal dari bahan kayu jati yang dihias dengan beragam ukiran khas Jawa dan ukiran bunga di beberapa sudutnya. Anda juga bisa menambahkan reroncean bunga melati yang menjulur ke bawah.

Rumah Tradisional dan Sangkar Burung

Apabila anda memiliki dana lebih, maka anda bisa menyewa rumah tradisional Jawa yaitu rumah joglo untuk prosesi pernikahan. Pada bagian depan rumah pernikahan adat Jawa modern, anda bisa mendekorasinya dengan menambahkan beberapa sangkar burung yang berwarna putih sebagai tempat lampu. Lengkapi pula dengan kendi atau tempat minum yang berasal dari tanah liat yang diisi dengan bunga serta kain batik yang ditata di bawahnya.

Sebenarnya pada poin ini tak harus ada di pernikahan anda, tetapi jika anda menginginkan adat jawanya kental maka bisa menggunakan dekorasi satu ini. Anda juga bisa menghias di sekelilingnya dengan taman kecil di sepanjang jalan masuk ke dalam ruangan pernikahan. Tambahkan pula dengan karpet panjang di bagian bawahnya yang berwarna ungu atau coklat sebagai pemanisnya.

Mystic Glamour dan Classy

Dekorasi berikutnya yang membawa kesan mystic glamor dan juga classy. Hal tersebut bisa anda ciptakan dari pemilihan warna pada panggung pelaminan. Seperti pemilihan warna merah gelap dengan bunga berwarna putih, serta tambahan beragam jenis tanaman hias lainnya yang memiliki warna gelap dari hijau tua hingga keunguan. Untuk pemilihan warna merah tersebut sebenarnya bisa berasal dari dukungan lampu ataupun warna dari dekorasi kayu.

Kemudian untuk lampu gantungnya, anda bisa memilih warna kekuningan pada tiap sisi pelaminan. Tak hanya warna gelap, anda juga bisa menciptakan tema dengan warna hijau yang segar dengan tambahan lampu tradisional yang berwarna kuning. Warna hijau tersebut dimunculkan berdasarkan dari kisah laut pantai selatan. Serta tambahkan rangkaian bunga asli untuk mempermanis tampilan pelaminan sekaligus ruangan pernikahan adat Jawa modern.

Tambahan warna hijau juga mampu membuat tampilan pernikahan anda terlihat cukup mewah. Biasanya pada konsep classy ini memiliki pencahayaan berwarna kuning yang mampu menampilkan kesan lebih mewah dan berkelas. Warna hijau yang difokuskan pada dekorasi ini berasal dari beragam tanaman hias yang dihias di sekitar pelaminan serta ruangan pernikahan. Pada bagian atas pelaminan, terdapat rangkaian bunga berwarna pastel yang kalem dan adem dipandang mata.

Dekorasi Batik

Motif batik memang tak pernah lekang oleh waktu, setiap hari selalu terdapat motif yang baru dan bermakna yang mendalam. Kini batik pun mulai banyak dipadukan dengan berbagai pakaian modern, atau dijahit menjadi gaun pernikahan yang ditambah dengan payet cantik. Sama halnya pula dengan hiasan pada dekorasi pernikahan adat Jawa ini. Dengan penambahan batik ini mampu memberikan kesan tersendiri pada pernikahan anda.

Berbeda dengan beragam dekorasi lainnya yang lebih menampilkan kesan mewah, namun dekorasi batik ini memberikan tampilan yang lebih sederhana. Warna dasar yang bisa anda pilih ialah putih atau juga cream muda, serta didukung dengan beragam hiasan bunga berwarna warni. Kursi pelaminan juga dilengkapi dengan bantal yang bermotif batik. Dekorasi satu ini tentunya sangat cocok bagi anda yang menginginkan konsep pernikahan adat Jawa modern yang sederhana.

Itulah beberapa dekorasi yang mendukung pada pernikahan anda yang bernuansa adat Jawa modern. Semua dekorasi tersebut bukan jadi hal yang tak mungkin untuk diwujudkan apabila anda ingin memadukan konsep dekorasi Jawa kuno dengan konsep Jawa modern. Justru hasil yang diberikan akan terlihat lebih mewah, klasik, serta kreatif. Tak hanya itu, dekorasi tersebut juga mampu memberikan nilai historis yang mendalam pada pernikahan anda.

No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter