Slider

Mengintip Inspirasi Dekorasi Pernikahan Adat Jawa Modern


Pulau Jawa adalah salah satu kepulauan di Indonesia yang memiliki penduduk cukup padat. Penduduk ini memiliki keberagaman suku, tetapi suku jawa tetap dominan di tempat itu. Tidak heran, prosesi pernikahan secara masih dilestarikan hingga saat ini karena ternyata masih banyak yang memegang secara teguh. Akan tetapi, pernikahan adat Jawa modern saat ini cukup digandrungi karena didesain apik serta prosesinya tidak rumit. Yuk cek di sini!

Inspirasi Dekorasi Pelaminan Pernikahan Secara Adat Jawa

Ornamen Lampu Gantung

Untuk pernikahan yang diselenggarakan di dalam gedung, identik dengan konsep pelaminan yang megah. Penikahan dengan adat dari jawa ini memakai pelaminan dengan tempat duduk yang disediakan untuk kedua mempelai di bagian tengah. Lalu untuk kedua orang tua di samping kanan dan kiri. Anda bisa memakai konsep glamor dengan sentuhan ornamen lampu gantung di bagian tengah yang menyinari langsung ke kedua mempelai.

Yang tidak boleh ketinggalan, tentu bunga sebagai pemanis dengan paduan warna yang tepat. Anda bisa memilih warna merah, merah muda, dan putih untuk hasilkan rangkaian yang cantik dan manis. Tidak hanya itu, anda juga bisa menambahkan ukiran berwarna emas di bagian belakang untuk hasilkan nuansa hangat, klasik, dan elegan. Konsep ini cocok untuk anda yang mengusung tema glamor, eksklusif, dan berkelas untuk keseluruhan pernikahan.

Detail Gunungan Wayang

Ingin tampil dengan konsep klasik khas Jawa untuk pernikahan anda? Pemilihan dekorasi gunungan wayang bisa dipakai untuk pernikahan adat Jawa modern yang anda pilih. Paduan yang tepat untuk konsep ini, yaitu diselenggarakan di area semi outdoor dengan letak pelaminan diberi atap yang cantik dan terang. Anda bisa memakai paduan warna coklat di setiap furnitur yang dipakai di pelaminan dengan tambahan bunga dan daun daun.

Padukan tempat duduk pengantin, gunungan wayang, meja meja untuk bunga di bagian depan, dan lain lain dengan warna yang selaras, yaitu coklat. Setelah itu, pilihlah bunga dengan warna putih, hijau, dan warna soft lainnya. Atap yang terang ini akan membuat anda lebih cerah di hari bahagia tanpa perlu tambahan lampu berlebihan. Dengan begitu, konsep yang diusung akan lebih hangat dan khidmat selama acara pernikahan berlangsung.

Dekorasi Kayu Ukir

Bila biasanya fokus dari pelaminan adalah kursi atau akses di kiri kanannya, maka di konsep satu ini sangat berbeda. Fokus utama yang ingin ditonjolkan justru kayu berukir yang dipakai sebagai backdrop pelaminan. Warna yang dipilih coklat, sehingga untuk ornament lainnya bisa memakai gradasi serupa agar selaras. Anda bisa memilih pernak pernik lain dengan warna serupa agar penampilan yang dihadirkan di mata tamu undangan sangat apik dan manis.

Pemilihan kursi pengantin, sebaiknya memakai kursi dengan desain polos tanpa ukir atau hiasan lainnya. Warna dasar kursi yang dipakai sebaiknya emas agar tampilan pelaminan pernikahan adat Jawa modern ini tidak monoton. Anda bisa mengkreasikan dekorasi dengan bunga dan dedaunan yang dipasang di backdrop. Sebagai pemanis, pilihlah karpet berwarna merah serta lampu untuk menonjolkan beberapa sisi agar tampil lebih elegan.

Rumah Tradisional dan Sangkar Burung

Bagi pecinta konsep semi outdoor, pernikahan dengan adat dari Jawa ini tetap bisa anda kreasikan sangat manis. Paduan yang harus diperhatikan, yaitu pilihan tempat indoor yang akan dipakai sebagai pelaminan. Calon pengantin bisa memilih rumah tradisional, seperti joglo dan didekor dengan sedemikian rupa. Hasilnya, anda bisa mengambil warna cokelat sebagai warna dasar pelaminan lengkap dengan bunga segar agar tampilan lebih cantik dan apik.

Yang tidak kalah penting, berikan aksen lain sebagai jalan pembuka menuju lokasi mempelai seperti ornament sangkar burung. Anda bisa memakainya untuk menyambut tamu yang datang ke acara anda. Pernikahan adat Jawa modern ini memanfaatkan sangkar burung jadi tempat lampu, sehingga menampilkan kesan romantis. Agar seimbang, lampu di lokasi outdoor ini bisa ditambah dengan kendi dan kain batik yang ditata manis beserta bunga berwarna cerah.

Mystic Glamour

Bila sebelumnya telah membakas rekomendasi dekor pelaminan untuk konsep cerah dan hangat, kali ini mengusung tema yang berbeda. Pecinta warna gelap tentu akan suka dengan konsep satu ini, karena pernikahan anda akan tampak glamor dan mistis. Konsep satu ini didukung dengan pemilihan warna merah gelap untuk beberapa pernak perniknya. Tidak ketinggalan, backdrop kayu ukir di belakang pelaminan juga memakai warna yang senada.

Untuk menambah kesan mistis, tambahan dekorasi yang bisa anda pakai yaitu bunga yang memiliki warna gelap. Salah satu contohnya, yaitu gradasi warna dari hijau tua hingga ungu gelap. Pilihan warna tersebut dipadu dengan warna putih di bagian tengahnya. Tak lupa lampu berwarna kuning dengan jumlah tidak terlalu banyak agar tercipta warna jingga di dalam ruangan. Dekorasi satu ini menciptakan kesan mistis dan glamor yang elegan.

Dekorasi Batik Sederhana

Tak suka dengan konsep dan dekorasi mewah untuk pernikahan? Anda bisa memakai ide untuk menciptakan kesan sederhana pada konsep pernikahan adat Jawa modern yang diusung. Salah satunya, pilihlah warna dasar yang sederhana dan bisa menampilkan dekorasi sederhana, seperti putih dan krem muda. Warna ini cukup sederhana dan memiliki filosofi cukup dalam untuk pernikahan, yaitu bersih dan suci untuk melangkah ke kehidupan baru.

Dekorasi yang perlu ditambahkan, yaitu hiasan berupa bunga dengan warna yang beragam. Pilihan ini untuk menampilkan kesan cerah dan ceria di momen spesial kedua mempelai. Meskipun bunga yang dipakai beragam, tetapi anda juga bisa menonjolkan salah satu warna yang selaras dengan konsep dekorasinya. Selain bunga, tambahkan motif matif pada salah satu spot seperti bantal di ursi pengantin agar dekorasi pelaminan jadi lebih menarik dan cantik.

Nuansa Hijau yang Classy

Bagi para calon mempelai yang telah menyiapkan budget tinggi untuk pernikahan di dalam gedung, tentu konsep mewah sangat cocok. Anda bisa memakai warna tema hijau untuk ciptakan kesan classy di hadapan tamu undangan. Kursi pelaminan bisa diletakkan di atas panggung dengan dekorasi memanjang menutupi seluruh panggung untuk hasilkan kesan mewah dan berkelas.

Tema hiau ini bisa diambil dari bunga bunga atau dedaunan yang menghiasi sekitar pelaminan. Selian itu, pakialah kain atau backdrop dengan warna senada untuk menampilan pernikahan adat Jawa modern yang kental. Anda juga bisa menambahkan kayu ukir di bagian belakang untuk di padu dengan bunga berwarna pastel yang kalem. Di bawah panggung juga bisa beri tambahan rangkaian bunga senada dengan di bagian belakang pelaminan.

Pernikahan yang masih memegang adat cukup jarang karena tradisi ini dilengkapi sederet prosesi yang rumit. banyak generasi milenial yang tidak tahu prosesi pernikahan sesuai adatnya masing masing dan justru memilih gaya modern. Akan tetapi, menikah dengan adat dari Jawa bisa dikombinasikan dengan budaya modern. Terdapat tujuh inspirasi dekorasi yang bisa dipilih untuk pelaminan dan konsep cantik di momen spesial anda.

No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter