Slider

Menikah Tanpa Memakai WO? Kenali Susunan Panitia Acara Pernikahan Terlebih Dahulu


Acara pernikahan merupakan salah satu hal yang dinantikan oleh sebagian orang. Untuk itu, tak jarang mereka pun akan melakukannya secara besar besaran. Namun, terkadang tak semua resepsi pernikahan akan menggunakan wedding organition. Sehingga, pihak keluarga dan kerabat sendiri lah yang menjadi panitia. Agar tidak bingung, berikut susunan panitia acara pernikahan yang perlu untuk anda ketahui, simak selengkapnya.

Mengintip Susunan Panitia Pada Acara Pernikahan Yang Wajib Diketahui

Seksi Perlengkapan

Pertama, anda membutuhkan seksi perlengkapan. Untuk tugas dan fungsinya dari seksi satu ini sangatlah banyak. Hal tersebut dapat dimulai sebelum hari H pernikahan. Pasalnya, seksi perlengkapan akan bertugas untuk mengatur semua perlengkapan yang dibutuhkan ketika pernikahan berlangsung. Salah satunya adalah dalam souvenir. Di dalam seksi perlengkapan ini, mereka pun juga bertugas untuk mencari souvenir terbaik yang dibutuhkan saat resepsi.

Tak hanya berkutat pada souvenir saja, seksi perlengkapan ini juga akan mengatur alat alat perlengkapan pernikahan lainnya. sebut saja seperti sound, kursi, meja hingga mikrofon dan juga kuade pelaminan. Untuk itu, seksi perlengkapan memiliki tugas yang cukup sibuk di dalam mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan ketika resepsi acara pernikahan sedang berlangsung.

Seksi Untuk Tamu VIP atau Protokol

Susunan panitia acara pernikahan selanjutnya adalah seksi untuk tamu VIP atau protokol. Untuk seksi satu ini memiliki tugas saat acara berlangsung. Sering kali dapat anda temukan ketika memandu acara seperti seorang MC. Selain itu, ia pun memiliki tugas untuk menyambut tamu tamu VIP. Pasalnya, tamu VIP akan sering kali diberikan sambutan yang lebih terhormat dan tempat  duduk yang berbeda.

Untuk tugasnya sendiri, seksi protokol ini akan menyiapkan suara dan susunan acara. Hal ini dikarenakan ia bertugas untuk memandu acara dan juga berbicara di sepanjang resepsi pernikahan, mulai dari pembuka hingga penutup. Untuk itu, ketika ingin menerima tamu VIP, sebaiknya pihak kedua keluarga telah mengkonfirmasi terlebih dahulu siapa saja yang nantinya akan menjadi tamu VIP.

Seksi Konsumsi

Seksi konsumsi menjadi salah satu susunan panitia acara pernikahan yang tidak boleh anda lewatkan begitu saja. hal ini dikarenakan seksi satu ini akan sangat membantu acara resepsi pernikahan saat hari H. Dengan adanya seksi ini, pihak keluarga pun akan lebih nyaman untuk menyambut tamu. Karena masalah konsumsi terkait makanan prasmanan maupun piring yang diantar ke tempat duduk, telah ditangani oleh seksi satu ini.

Seksi Tata Rias dan Busana

Untuk seksi satu ini, biasanya calon pengantin akan menggunakan jasa perias atau sekarang yang lebih dikenal dengan MUA atau make up artist. Dengan adanya seksi satu ini akan bertugas untuk merias calon pengantin, baik pengantin pria maupun wanita. Seksi tata rias ini sendiri biasanya telah bergerak mulai acara siraman. Kemudian berlanjut ke acara akad hingga yang terakhir yakni resepsi.

Selain itu, ada pula seksi busana yang bertugas untuk mengatur pakaian dan membantu calon pengantin untuk mengganti bajunya. Biasanya, seksi perias dan busana ini menjadi satu paket dengan orang yang sama. Selain menyiapkan busana dan rias untuk pengantin, seksi satu ini pun juga merias anggota keluarga lain seperti ibu, bapak maupun saudara kandung.

Seksi Bendahara

Untuk seksi bendahara ini lebih baik dipegang oleh keluarga terdekat dan juga memiliki sikap tanggung jawab dan dapat dipercaya. Selain itu, anda pun juga harus memilih orang yang mempunyai pengalaman dalam mengatur keuangan sehingga nantinya acara bisa berlangsung dengan lebih baik tanpa adanya kekurangan dana. Karena memiliki tanggung jawab yang sangat besar, maka sebaiknya anda berhati hati di dalam memilih seksi satu ini.

Seksi Sekretaris

Susunan panitia acara pernikahan selanjutnya yang harus anda miliki adalah seksi sekretaris. Biasanya panitia yang ditunjuk oleh seksi satu ini merupakan tipe orang yang cekatan dan teliti. Selain itu, anda bisa memilih orang yang memiliki ingatan yang baik. pasalnya, tugas dari sekretaris ini adalah mencatat segala hal yang dibutuhkan dalam pernikahan. Termasuk juga dalam mencetak undangan, mengontak orang yang diundang hingga menyebar undangan.

Seksi Pengiring Pengantin

Untuk seksi satu ini, biasanya akan ditempati oleh saudara kandung ataupun saudara sepupu. Beberapa pula juga terdapat teman terdekatnya yang menjadi pengiring pengantin mempelai. Tugas dari seksi satu ini adalah untuk mengantarkan perempuan ketika momen akad nikah. Selain itu, seksi satu ini juga bertugas untuk menjadi pengiring ketika pengantin akan duduk di pelaminan saat acara resepsi.

Penerima Tamu dan Petugas Buku Tamu

Berlanjut ke susunan panitia acara pernikahan yang penting lainnya. penerima tamu merupakan salah satu seksi yang sangat dibutuhkan di dalam acara resepsi pernikahan. Hal ini dikarenakan ia akan bertugas untuk menjaga buku tamu ketika tamu tamu undangan berdatangan. Tak hanya itu saja, ia pun juga memiliki tugas untuk menyeraHkan souvenir pernikahan ke tamu undangan yang datang.

Seksi Transportasi

Selanjutnya, beralih ke seksi transportasi. Seksi satu ini memiliki tugas yang sangat penting. Dimana ketika pengantin menggunakan mobil pengantin, maka seksi transportasi ini bisa menjadi supir yang bertugas untuk mengantar mempelai hingga sampai ke tempat resepsi dan memulangkan pengantin menuju kediamannya. Tak hanya itu saja, untuk seksi satu ini, biasanya juga bertugas untuk menghitung jumlah kendaraan.

Dimana, terkadang untuk seksi ini juga akan menyiapkan tempat kendaraan yang akan diparkir sehingga para tamu undangan akan lebih nyaman untuk memasuki ruangan resepsi. Seksi satu ini pun juga memiliki tugas untuk memastikan bahwa kendaraan yang akan diparkir akan aman. Hal ini lah yang menyebabkan seksi transportasi harus memiliki kerjasama dengan panitia bagian parkir.

Seksi Parkir

Seperti yang dibahas sebelumnya di seksi transportasi, seksi parkir ini memiliki tugas untuk mengatur posisi parkir kendaraan. Baik kendaraan keluarga maupun untuk tamu. Sehingga nantinya tidak terjadi penumpukan kendaraan dan akan memudahkan tamu di dalam akses keluar dan masuk tempat resepsi. Pada umumnya, seksi satu ini akan bekerja sama dengan seksi parkir.

Seksi Keamanan

Untuk susunan panitia acara pernikahan ini akan bertugas mengatur keamanan selama berlangsungnya acara pernikahan. Biasanya untuk seksi satu ini akan melakukan kerja sama dengan keamanan setempat yang berada di sekitar lokasi pernikahan. Selain itu, tugas dari seksi ini adalah untuk memastikan undangan yang datang adalah tamu yang memang diundang.

Meskipun pernikahan anda tidak menggunakan wedding organation, namun dengan mengetahui susunan panitia yang tersedia maka anda pun bisa melaksanakan acara pernikahan dengan terkonsep. Hal ini bertujuan agar nantinya acara dapat berlangsung dengan nyaman, aman dan tanpa hambatan. Dengan memiliki susunan panitia yang berlangsung selama resepsi akan membuat acara lebih terkoordinir.

No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter