Slider

Orangtua Wajib Download, 5 Aplikasi Android Terbaik untuk Mengawasi Aktivitas HP Anak

Perkembangan teknologi komunikasi memang tak dapat dibendung. Hal ini pula yang membuat kebutuhan akan alat komunikasi seperti handphone atau HP menjadi tak terelakkan. Pada perkembangannya, alat komunikasi seperti HP ini bahkan tak hanya digunakan oleh orang dewasa saja, tapi anak-anak juga mulai akrab dengan benda yang satu ini.

Akhir-akhir ini, memberikan akses HP kepada anak-anak memang banyak dipilih oleh orangtua. Selain untuk hiburan bagi si anak, para orang tua khususnya yang sibuk bekerja di luar rumah sering memberi akses HP agar mudah berkomunikasi dengan anak-anak mereka yang ada di rumah. Tapi tahukah kamu kalau memberikan akses menggunakan HP yang berlebihan kepada anak-anak khususnya yang berumur kurang dari 12 tahun memiliki beberapa dampak negatif?

Dilansir dari The Asian Parent, pemberian akses terhadapa gadget seperti HP yang berlebihan kepada anak-anak yang masih berada dalam usia perkembangan (0-21 tahun) dapat memberikan dampak yang kurang baik. Dampak ini dapat berupa gangguan pada proses belajar, meningkatkan kemungkinan seorang anak bersifat impulsif, hingga terhambatnya kemampuan kognitif anak.

Untuk itu, orang tua perlu mempertimbangkan waktu pemberian akses HP kepada anak-anaknya. Selain itu, orang tua juga harus melakukan controlling atau pengawasan terhadap penggunaan HP oleh anak-anaknya. Hal ini mengingat perkembangan teknologi yang semakin maju telah membuat akses terhadap sebuah informasi semakin mudah. Apabila tidak terkontrol oleh orang tua, bukan tidak mungkin anak-anak akan mengakses informasi-informasi yang tidak seharusnya mereka akses.

Mengawasi Anak-Anak dalam Menggunakan HP

Selain perlu memberikan pemahaman kepada anak-anak untuk tidak mengakses konten-konten yang memuat informasi berbahaya, para orang tua harus benar-benar mengawasi anak-anaknya dalam menggunakan HP. Pengawasan ini dapat berupa pengecekan rutin terkait aktivitas bermain HP atau pemantauan secara langsung apa saja yang dilakukan si anak dengan HP nya.

Ada banyak cara yang bisa orang tua lakukan untuk mengawasi aktivitas penggunaan HP oleh anak-anaknya. Salah satu cara yang paling banyak digunakan adalah dengan mengaktifkan fitur pengawasan orang tua di akun google play yang ada di HP si anak. Cara mengaktifkannya pun cukup mudah. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengaktifkan fitur pengawasan orang tua di HP anak.

Pertama, masuk ke aplikasi google playstore di HP anak lalu klik ikon akun yang berada di pojok kanan sebelah atas seperti yang ditunjukan tanda panah merah berikut  

Klik menu Setelan lalu klik menu Keluarga 

Aktifkan menu Kontrol orang tua dan ikuti langkah selanjutnya seperti membuat pin dan mengatur aplikasi dan permainan apa saja yang bisa diakses oleh si anak.

5 Aplikasi Android Terbaik Untuk Mengatasi Aktivitas HP Anak

Selain memanfaatkan fitur pengawasan orang tua di aplikasi google play store, tak ada salahnya kamu menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengawasi anggota keluargamu khususnya anak-anak dalam menggunakan HP. Hal ini tentunya akan membuat proteksi anak-anak dalam menggunakan HP lebih optimal. Dengan mengunduh aplikasi tertentu kamu tak hanya bisa membatasi apa saja yang tak boleh mereka akses tetapi juga bisa mengetahui apa saja yang sudah mereka lakukan dengan HP nya. Apa saja kah aplikasinya? Berikut rekomendasi 5 aplikasi android terbaik untuk mengawasi aktivitas HP anak.

1# Kids Place 

Rasa ingin tahu dari anak-anak dan remaja memang sangat tinggi. Hal ini tentunya bisa menjadi bumerang jika kamu tidak bisa mengawasi mereka dalam bermain HP. Ada jutan konten salah satunya konten dewasa yang bisa saja tak sengaja mereka akses saat bermain HP. Untuk itu kamu perlu menginstal aplikasi khusus untuk mecegah anak-anak dan remaja mengakses konten-konten semacam ini.

Salah satu aplikasi pengawasan terbaik yang bisa kamu instal adalah Kids Place. Aplikasi yang sudah diunduh oleh lebih dari 5 juta pengguna android sejak awal dirilis tahun 2011 ini memiliki beragam fitur yang akan melindungi HP anak-anak dari aktivitas yang tidak diinginkan. Dengan mengunduh Kids Place di HP anak-anak, kamu bisa mengontrol aplikasi apa saja yang bisa ditampilkan di beranda HP. Selain itu, kamu juga bisa memblokir panggilan yang masuk ke HP anak-anak dan memutus semua jaringan saat aplikasi ini dijalankan.

2# SecureTeen Parental Control 

SecureTeen Parental Control bisa kamu unduh dari google play store untuk memproteksi HP anak-anak agar tak bisa mengakses konten-konten yang tidak seharunya mereka tonton. Aplikasi yang dirilis tahun 2014 ini sudah diunduh oleh lebih dari 1 juta pengguna android. Selain kamu bisa mengatur waktu penggunaan HP oleh anak-anak, menginstal SecureTeen Parental Control memungkinkanmu untuk memonitor aktivitas perpesanan mereka seperti pesan apa yang mereka kirim dan terima. 

3# Kids Zone 

Menggunakan gadget sepeti HP terlalu lama dapat mengganggu kesehatan mata dari anak-anak. Untuk itu kamu perlu membatasi waktu pemakaian HP mereka. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk memonitor waktu penggunaan HP oleh anak-anak adalah Kids Zone.

Ya, aplikasi selanjutnya yang bisa kamu instal untuk mengawasi anak-anak dalam menggunakan HP nya adalah Kids Zone. Aplikasi besutan Out of the Park Apps  yang dirilis tahun 2013 ini sudah diinstal oleh lebih dari 1 juta pengguna android. Selain bisa digunakan untuk mengtur durasi anak-anak dalam bermain HP, kamu jika bisa menggunakan aplikasi ini untuk mencegah anak-anak mengirim SMS dan memposting sesuatu di media sosial seperti Instagram dan Facebook. Dengan menginstal aplikasi Kids Zone, kamu juga bisa mencegah pembelian dalam aplikasi yang sering tak sengaja dilakukan oleh anak-anak.

4# Esset Parental Control 

Kamu juga bisa mendownload aplikasi yang satu ini untuk mengaawasi aktifitas anak-anak dalam mengakses internet. Aplikasi yang dirilis pertama kali pada bulan Juni 2015 ini telah diunduh oleh lebih dari 500 ribu kali. Aplikasi yang satu ini juga memungkinkanmu untuk membatasi waktu anak-anak dalam bermain HP, lho. Selain itu kamu juga bisa melacak lokasi dari HP anak yang di dalamnya sudah terinstal aplikasi Esset Parental Control saat anak-anak berada di luar rumah. 

5# iWawa 

Aplikasi terakhir yang bisa kamu instal untuk mengawasi anak-anak dalam bermain HP adalah iWawa. Selain bisa membatasi waktu penggunaan HP oleh anak-anak, aplikasi ini memungkinkan kamu menyeleksi aplikasi apa saja yang bisa digunakan oleh anak-anak.  Sejak pertama kali dirilis pada Juni 2014, aplikasi iWawa telah diunduh oleh lebih dari 1 juta pengguna android.

Itulah 5 aplikasi yang bisa kamu instal untuk mengawasi anak-anak dalam menggunakan HPnya. Walaupun aplikasi-aplikasi ini bisa meminimalisir dampak buruk yang ditimbulkan dari penggunaan HP yang berlebihan, orang tua tetap harus bijak dalam memberikan akses bermain HP bagi anak-anak agar proses tumbuh kembang mereka menjadi lebih optimal.


No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter