Slider

Peluang Bisnis Usaha Toko Kue dan Tips Sukses Memulainya


Menjadi seorang ibu rumah tangga tidak hanya melulu berurusan dengan urusan rumah saja. Anda bisa memanfaatkan waktu-waktu luang untuk berbisnis kecil-kecilan di rumah. Salah satunya adalah dengan membuka usaha toko kue rumahan. Sebagian orang mungkin menganggapnya remeh. Namun, bila ditekuni pasti akan dapat memberikan keuntungan yang cukup besar bagi para pelakunya. Usaha satu ini memiliki peluang yang cukup besar, terlebih lagi kue menjadi salah satu makanan yang banyak dibutuhkan orang-orang. Terutama untuk memperingati acara-acara tertentu. Simak selengkapnya mengenai peluang dan tips sukses memulai usaha toko kue dalam artikel berikut ini.

Potensi Bisnis Usaha Toko Kue Ulang Tahun

Kue menjadi salah satu makanan yang banyak dicari oleh orang-orang. Terutama saat mengadakan hajatan atau acara ulang tahun. Salah satu jenis kue yang banyak dibutuhkan adalah kue ulang tahun. Saat Anda mengadakan pesta ulang tahun tentu diperlukan sebuah kue untuk melengkapi kemeriahan acara tersebut.

Pada waktu inilah bisnis usaha toko kue menjadi primadona dan hal yang tidak bisa dilupakan. Anda bisa menambahkan dekorasi-dekorasi unik pada bagian kue supaya tampilannya terlihat lebih menarik dan berbeda dari toko kue pada umumnya. Hal tersebut tentu akan menjadi sebuah terobosan baru yang bisa menarik pelanggan.

Untuk dapat menarik minat para pembeli, maka ada baiknya jika Anda menciptakan kreasi-kreasi hiasan baru. Dengan begitu, tampilannya akan semakin terlihat unik dan berbeda. Para pelanggan juga akan menjadi senang dan tertarik dengan hiasan-hiasan dekorasi model baru yang Anda buat tersebut.

Selain memiliki modal untuk membeli peralatan-peralatan memasak kue. Hal yang tak kalah penting lainnya adalah mempunyai kemampuan membuat kue dan menciptakan dekorasinya. Anda harus lebih update dengan informasi terkini mengenai kue-kue yang saat ini sedang trending dan banyak dicari khalayak ramai.

Potensi Bisnis Usaha Toko Kue Basah

Kue basah banyak dijadikan sebagai camilan dan teman makan saat sedang bersantai oleh masyarakat Indonesia. Ada berbagai macam jajanan atau kue basah yang ada di Indonesia. Semuanya memiliki citarasa yang berbeda-beda dengan keragamannya masing-masing. Ada yang asin, manis, dan gurih. Kue-kue tersebut juga menggunakan bahan dasarnya sendiri-sendiri. Ada kue yang terbuat dari tepung tapioka, tepung terigu, tepung gandum, tepung pati singkong dan masih banyak lagi lainnya.

Setiap kue-kue tersebut memiliki citarasa dan kekhasannya masing-masing. Bahkan hal tersebutlah yang menjadi salah satu faktor keunikan jajanan basah khas nusantara itu. Apalagi jajanan basah di nusantara ini cukup beragam jenisnya. Semuanya memiliki rasa khasnya sendiri-sendiri yang dapat menggugah selera para penikmatnya.

Misalkan seperti nagasari, kue putu, klepon dan masih banyak lagi lainnya. Kue-kue ini cara pengolahannya juga berbeda-beda. Ada yang digoreng atau dikukus, sehingga menghasilkan kue-kue dengan rasa yang unik dan menarik. Sehingga, membuat banyak orang menyukainya dan juga menggemari makanan satu ini.

Potensi Bisnis Kue Kering

Selain kue ulang tahun dan kue basah, ada juga kue kering yang menjadi salah satu hidangan wajib di meja-meja rumah ketika hari raya idul fitri tiba. Ada banyak ragam jenis kue-kue kering yang ada di Indonesia. Rasanya juga bermacam-macam, ada yang manis dan ada juga yang gurih. Semuanya tentu memberikan kesan tersendiri bagi para penikmatnya.

Potensi menggiatkan produk makanan kue kering seperti ini memang cukup menjanjikan. Apalagi pada hari-hari menjelang perayaan idul fitri. Tentu permintaan akan kue kering ini semakin meningkat. Karena jajanan satu ini memang menjadi salah satu makanan wajib yang harus ada di meja tamu rumah-rumah.

Hal tersebut sudah menjadi sebuah tradisi yang tidak bisa dilepaskan oleh masyarakat Indonesia. Apalagi mengingat setiap momen hari raya idul fitri pasti ada banyak sanak keluarga dan juga tetangga yang berkunjung. Tentu tidak afdol bila tak menyediakan beberapa macam kue kering di meja tamu sebagai hidangan untuk mereka yang datang berkunjung.

Anda juga tidak hanya bisa membuat kue-kue kering pada umumnya saja. Bisa juga dengan membuat kreasi-kreasi dan tampilan baru yang lebih kekinian dan unik. Ini tentu saja akan semakin membuat para konsumen tertarik untuk mencicipi dan membeli kue tersebut. Apalagi jika didukung juga dengan bentuk yang bagus dan keren.

Persiapan untuk Membuka Usaha Toko Kue

Salah satu hal yang patut untuk dipersiapkan sebelum memulai untuk membuka usaha toko kue adalah mempersiapkan modal usaha. Ini merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan terlebih dahulu. Modal menjadi sebuah titik awal paling penting sebelum memulai suatu hal, terutama dalam dunia bisnis.

Selain mempersiapkan modal, Anda juga harus memiliki skill atau kemampuan untuk mengolah berbagai macam kue. Ini harus dilakukan jika memang Anda ingin membuka usaha beraneka macam kue atau bisa juga dengan memfokuskan diri pada satu jenis kue saja. Dengan begitu, Anda hanya harus memahami dan mempelajari cara membuat dan sekaligus menghias satu jenis olahan saja.

Kemudian setelah itu Anda juga harus memahami dan mengetahui perkembangan tren jenis-jenis kue. Dengan begitu, Anda bisa terus mengikuti perkembangan zaman dan sekaligus menciptakan kepuasan kepada para pembeli kue yang berkunjung ke toko kue Anda. Para konsumen juga akan semakin tertarik dengan konsep yang Anda tawarkan tersebut.

Anda juga harus mempersiapkan daftar list alat dan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk mendirikan usaha toko kue. Sekaligus juga bahan-bahan untuk membuat kue tersebut. Ini akan sangat membantu Anda dalam mengcover semua kebutuhan yang diperlukan untuk menjalankan bisnis toko kue rumahan seperti ini.

Alasan-Alasan dan Keuntungan dalam Membuka Usaha Toko Kue

Meskipun ini adalah bisnis rumahan yang bisa dibilang ruang lingkupnya cukup kecil. Namun, Anda jangan salah, karena ada banyak keuntungan-keuntungan yang bisa didapatkan dalam usaha satu ini. Berikut adalah beberapa alasan dan keuntungan yang bisa Anda peroleh saat menekuni bisnis satu ini.

1# Modal yang Diperlukan Terjangkau

Modal yang diperlukan untuk memulai usaha toko kue tidaklah mahal. Sekitar 7 jutaan saja untuk membeli oven, cetakan kue, bahan-bahan kue dan beberapa alat-alat yang diperlukan lainnya. Jika semua alat dan bahan yang dibutuhkan sudah Anda miliki semua. Maka, usaha toko kue ini bisa langsung dilaksanakan.

Jika Anda sebagai calon pembisnis merasa bahwa harga dari oven baru masih cukup mahal. Maka alternatif lain yang bisa dilakukan adalah dengan membeli oven bekas. Tentunya dengan kondisi yang masih prima dan layak pakai. Dengan begitu, Anda akan lebih menghemat pengeluaran saat akan memulai usaha satu ini.

Modal yang minim akan semakin memberikan keuntungan bagi Anda. Untuk itu, Anda sebagai orang yang menjalankan bisnis ini harus bisa sebaik mungkin melakukan pengelolaan dan menemukan ide-ide cemerlang untuk bisa membangun bisnis dengan baik. Khususnya menggunakan modal yang tidak seberapa, tetapi hasilnya tetap maksimal.

2# Memiliki Kemampuan Cukup dalam Membuat Kue

Seorang pengusaha kue tentu saja harus mahir dalam membuat kue. Mengetahui takaran-takaran bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue yang empuk dan lezat. Dengan begitu, hasil kue yang Anda buat akan menjadi sangat lezat dan juga nikmat. Untuk dapat membuat kue yang enak, diperlukan bahan-bahan berkualitas tentunya.

Kemampuan cukup ini tidak hanya mengenai pengetahuan tentang cara-cara membuat kue yang lezat saja. Tetapi, juga memahami tentang metode dalam penjualan dan juga berbagai macam hal lainnya. Hal tersebut akan bisa menunjang pemasukan dan sekaligus juga penjualan kue di toko yang Anda dirikan.

Kemampuan dalam membuat kue dan sekaligus menghiasnya akan semakin berkembang. Sesuai dengan berkembangnya toko atau usaha Anda tersebut. Ini karena pesanan-pesanan kue yang ada juga akan secara otomatis akan meningkat. Baik dari segi kuantitas, kualitas, jenis-jenis kuenya dan juga model atau hiasannya juga.

3# Keuntungannya Lumayan Banyak

Memiliki usaha toko kue yang dilakukan di rumah bisa memberikan keuntungan tersendiri untuk Anda. Pemilik toko tidak harus membeli bangunan atau melakukan penyewaan tempat tertentu untuk membuka usaha. Atau membayar uang pajak keamanana seperti di pasar, kemudian kebersigan dan juga membayar biaya tagihan listrik bulanan.

Semua biaya itu tentu saja sudah menjadi satu dalam biaya rumah Anda. Dengan begitu tentu keuntungan yang diperoleh dalam usaha toko kue Anda akan jauh lebih besar. Hal tersebut tentu saja dapat dipakai untuk melakukan pengembangan terhadap bisnis toko kue Anda itu. Ini akan semakin membuat toko Anda bertambah maju dan berkembang.

Contohnya misalkan jika untung bersih Anda adalah Rp. 300.000 untuk tiap harinya. Dalam satu bulan Anda menerima pesanan kue sebanyak 20 kue. Maka, jumlah keuntungan yang bisa Anda adalah sekitar Rp. 6.000.000 untuk tiap bulannya. Ini tentu menjadi nominal angka yang cukup besar untuk usaha ini, bahkan Anda bisa mendapatkannya berkali-kali lipat lagi.

4# Tidak Perlu Khawatir Kue Basi dalam Sehari

Saat Anda memutuskan untuk berjualan kue dan memanggangnya sebelum ada pembeli, maka Anda tidak perlu khawatir. Karena kue pada umumnya dapat bertahan selama beberapa hari di suhu ruangan. Dengan begitu tentu saja akan lebih meminimalisir kerugian saat kue tidak langsung terjual hari itu juga.

Biasanya kue bisa bertahan disuhu ruangan sekitar 3-4 hari saja. Namun, saat Anda menyimpannya didalam kulkas atau pendingin maka kue akan menjadi tahan lama sekitar 1 mingguan. Namun, perlu diingat bahwa setiap jenis-jenis kue memiliki sifat ketahanan yang berbeda-beda. Intinya kue akan menjadi lebih awet saat dimasukkan dalam pendingin.

5# Dapat Cepat Berkembang

Bisnis toko kue memang menjadi sebuah bisnis yang sangat cepat perkembangannya. Hanya dibutuhkan sekitar kurang lebih setengah tahun atau enam bulanan saja. Dalam kurun waktu tersebut usaha toko kue Anda akan bisa mengalami perkembangan yang cukup pesat dan juga memiliki banyak inovasi-inovasi baru didalamnya.

Dengan melakukan perkembangan atau inovasi baru pada model-model kue, konsumen tidak akan bosan dan tentu saja akan menjadikan toko kue Anda tetap menjadi primadona. Saat rasa dan desain dari kue Anda memiliki kualitas yang bagus, maka tentu saja Anda akan bisa melakukan pengembangan usaha dalam waktu yang relatif cepat.

Itu semua tentu merupakan salah satu bagian dari proses yang akan terus terjadi. Menyajikan berbagai macam bentuk baru akan dapat membuat para konsumen dan pelanggan Anda tidak bosan dengan tampilan toko kue. Hal tersebut juga menjadi sebuah strategi yang dapat diterapkan. Agar toko kue Anda dapat terus eksis seiring dengan perkembangan zaman.

6# Sebagai Sarana Menyalurkan Hobi Anda

Beberapa jenis pekerjaan menjadi sarana untuk menyalurkan hobi seseorang. Salah satunya adalah membuka usaha toko kue ini. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan bagi para pelaku usaha tersebut. Ada baiknya jika Anda menggeluti pekerjaan dan juga hobi tersebut dengan baik dan tidak hanya sekedar bermain-main saja.

Potensi usaha kue memang sepertinya nampak mumpuni dan cukup digemari banyak orang. Setiap orang tentu ingin merayakan sebuah momen dengan spesial. Salah satunya adalah dengan membuat kue menggunakan hiasan atau dekorasi spesial dan cantik. Hal tersebut tentu saja akan bisa menciptakan kesan bagus dan unik pada kue Anda.

Dengan begiu, hasil akhirnya akan tampak bagus dan berbeda dari biasanya. Anda bisa menyalurkan hobi memasak kue Anda di pekerjaan satu ini. Ada banyak kesenangan yang bisa didapatkan dari sini. Mulai dari hobi memasak hingga bisnis toko kue yang semakin berkembang dari waktu ke waktu.

Tips untuk Membuka Bisnis Toko Kue

Sebelum mulai untuk membuka toko kue rumahan, Anda harus mempelajari tips-tips dalam membuka bisnis tersebut. Hal tersebut akan sangat berguna untuk membuat toko kue Anda tidak kalah bersaing. Meskipun ada banyak toko-toko kue di sekitar. Berikut adalah beberapa macam metode yang bisa Anda terapkan.

1# Memastikan bahwa Anda menguasai Teknik-Teknik Membuat Kue

Seorang pemilik toko kue rumahan mula-mula harus mengetahui teknik-teknik dalam membuat kue. Secara langsung dapat dikatakan bahwa bisnis satu ini hanya bisa dijalankan jika sang pemilik sendiri memiliki keterampilan dalam membuat kue. Kemampuan itu bisa disesuaikan dengan jenis kue apa yang akan Anda jual di toko tersebut.

2# Melakukan Pengamatan di Lingkungan Sekitar

Melakukan pengamatan melalui lingkungan sekitar juga sangat penting untuk dilakukan oleh seorang pemilik toko kue. Apalagi mengingat kembali bahwa jenis-jenis kue itu ada banyak sekali macamnya. Misalkan kue tart, kue bolu, brownis, kue basah, kue kering dan lain sebagainya. Tentu ada baiknya jika diputuskan jenis kue apa saja yang akan dibuat dalam toko.

3# Menentukan Target Konsumen Toko

Setelah berhasil mendapatkan jawaban mengenai jenis kue yang akan dijual, maka tips berikutnya adalah menentukan target konsumen Anda. Pemilik toko harus bisa menentukan pengunjung dari toko kuenya. Bisa dari kalangan anak-anak, anak muda, tua pasangan suami istri atau lainnya.

4# Mempertahankan Kualitas dari Kue Anda

Dalam mendirikan sebuah usaha, suatu hal yang tak kalah penting untuk dilakukan adalah dengan mempertahankan kualitas dari kue Anda. Dengan menjaga kualitas dari masa ke masa pasti para pelanggan Anda akan merasa senang dan tentunya tidak kecewa. Anda juga bisa melakukan inovasi-inovasi baru untuk dapat membuat orang-orang tidak merasa bosan.

5# Menyelesaikan Orderan Konsumen Secara Tepat Waktu

Hal tak kalah penting yang harus Anda lakukan dan pertahankan sebagai sebuah tips untuk membuka usaha satu ini adalah tepat waktu. Maksud dari tepat waktu ini adalah dalam hal penyelesaikan pesanan para konsumen. Saat Anda dapat memberikan kepuasan kepada para pelanggan, tentu saja mereka akan merasa senang dan akan dengan sendirinya melakukan promosi toko kue Anda kepada orang yang mereka kenal.

Sekian sedikit pembahasan mengenai peluang bisnis usaha toko kue dan tips sukses memulainya peluang bisnis usaha toko kue dan tips sukses memulainya. Para pebisnis memang tidak akan kehabisan ide untuk memulai suatu usaha. Salah satu bentuk ikhtiar dan juga kreasi yang bisa dibuat dan diciptakan adalah dengan membuka usaha toko kue ini.


No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter