Slider

Pentingnya Membentuk Susunan Panitia Acara Pernikahan


Panitia acara pernikahan merupakan elemen yang sangat membantu lancarnya suatu prosesi pernikahan. Hal ini dikarenakan susunan panitia acara pernikahan akan membantu anda untuk mengatur acara yang rapi dan runtut sesuai yang anda inginkan. Biasanya seseorang akan menyewa Wedding Organizer (WO) untuk menjadi panitia resepsi. Namun anda juga dapat menggunakan bantuan sanak saudara untuk menjadi panitia resepsi. Yuk simak ulasan mengenai pentingnya panitia resepsi.

Panitia Acara Pernikahan Kunci Acara Dapat Berjalan Lancar

Manfaat Membentuk Panitia Resepsi

Dalam menyelenggarakan pesta pernikahan tentunya dalam persiapannya akan banyak menguras waktu dan tenaga. Terlebih saat akan menikah banyak keperluan yang harus kita siapkan dan beli jauh-jauh hari sebelum acara. Jika yang mengerjakan semua hal hanya kedua calon pengantin kemungkinan semua kebutuhan tidak terpenuhi dan juga calon pengantin akan merasa sangat kelelahan sebelum hari pernikahan.

Untuk itu pentingnya membentuk susunan panitia acara pernikahan sebelum melaksanakan resepsi pernikahan agar acara yang diinginkan berjalan lancar sesuai keinginan para mempelai. Sebab dalam acara pernikahan yang menikah bukan hanya sekedar kedua mempelai. Melainkan acara pernikahan merupakan momen istimewa bagi seluruh anggota keluarga, karena itu acara pernikahan harus dikemas serapi mungkin agar tidak mengecewakan.

Dengan terbentuknya susunan panitia saat akan menyelenggarakan pesta pernikahan, akan mempermudah mempelai untuk mengecek kebutuhan apa yang sudah atau belum terpenuhi dengan mengelompokkan panitia acara dalam beberapa divisi yang akan berkonsentrasi pada satu hal dalam sebuah acara pernikahan seperti divisi konsumsi yang akan bertanggung jawab penuh mengenai semua konsumsi yang akan disajikan pada saat acara pernikahan.

Orang Dibalik Panitia Resepsi Pernikahan

Bagi sebagian orang lebih memilih menggunakan jasa profesional untuk membentuk susunan panitia acara pernikahan. Hal ini dikarenakan jasa profesional telah memiliki banyak pengalam dalam penyelenggaraan acara pernikahan. Serta wedding organizer dianggap lebih praktis untuk menjadi panitia acara, pasalnya para mempelai tidak perlu menunjuk atau menentukan siapa yang akan menjadi ketua panitia dan pembagian divisi.

Jika anda menggunakan wedding organizer otomatis struktur kepanitian acara pernikahan telah rapi tertata. Serta wedding organizer dapat lebih banyak memberikan anda rekomendasi segala hal yang anda butuhkan saat acara berlangsung. Seperti catering, make up dan gedung tempat acara diselenggarakan hingga fotographer dalam pernikahan anda. Hal ini dikarenakan biasanya wedding organizer telah bekerjasama dengan banyak mitra tersebut.

Namun jika anda berkenan menggunakan jasa profesional satu ini anda harus menmyipakan budget yang lebih untuk membayarnya. Tetapi jika anda ingin lebih berhemat untuk menyelenggarakan pesta pernikahan anda dapat membentuk susunan panitia acara pernikahan dengan keluarga dan kerabat dekat. Selain dapat menghemat pengeluaran anda dapat mendekatkan keluarga mempelai pria dan mempelai wanita.

Pasalnya untuk menjadi panitia pesta pernikahan dibutuhkan kerjasama yang solid agar tidak terjadi miss komunikasi satu sama lain. Selain itu jika menggunakan keluarga atau kerabat dekat sebagai panitia pernikahan anda mereka akan lebih mudah untuk memberikan rekomendasi segala hal sesuai dengan apa yang anda sukai. Hal ini dikarenakan mereka akan lebih mengerti selera anda daripada wedding organizer.

Hindari untuk menggunakan jasa profesional tetapi anda masih mengerahkan keluarga dan kerabat dalam mengurus beberapa hal. karena hal tersebut membuat uang anda yang digunakan untuk menyewa jasa profesional akan terbuang percuma. Sebab mereka tidak berperan secara maksimal dalam pesta pernikahan anda. Oleh karena itu libatkan keluarga secukupnya saja jika anda telah menyewa jasa wedding organizer.

Proses Pembentukan Panitia

Hal yang pertama yang harus anda lakukan saat akan membentuk susunan panitia acara  dalam pernikahan adalah rapat kepanitian. Hal ini bertujuan digunakan untuk bermusyawarah antar keluarga terkait hajat yang akan diselenggarakan. Serta poin penting dalam diadakan rapat kepanitiaan ini adalah permintaan keluarga calon pengantin untuk meminta bantuan susunan panitia acara pernikahan untuk membantu melancarkan proses pesta pernikahan.

Dengan adanya panitia hal tersebut akan meringankan beban keluarga kedua mempelai. Pasalnya mengadakan sebuah acara dengan gotong royong dari orang terdekat akan terasa lebih  ringan. Anda dapat membedakan panitia dalam panitia pranikah dan juga panitia pada sat hari-H. kepanitian pranikah adalah panitia yang membantu sebelum hari pernikahan sedang panitia pada saat hari-H adalah panitia yang bertugas di hari pernikahan.

Setelah rapat kepanitian usai anda harus menentukan ketua panitia bisanya ketua panitia akan terbagi menjadi dua bagian yaitu ketua panitia mempelai pria dan juga ketua panitia mempelai wanita. Hal ini bertujuan agar masing-masing ketua panitia dapat mengkoordinir keluarganya dan memudahkan untuk membentuk bagian lainnya. Sehingga semua keluarga mempelai turut serta dalam membantu mensukseskan acara pernikahan.

Setelah menentukan ketua panitia dari masing-masing-masing keluarga susunan panitia acara pernikahan selanjutnya terkait pemilihan sekretaris dan juga bendahara. Biasanya orang yang ditunjuk sebagai sekretaris merupakan orang yang sangat cekatan dalam segala hal. sedangkan bendahara akan bertugas mengatur segala pengelolaan keuangan. Dalam setiap acara bendahara selalu memiliki peran yang sangat penting. Pasalnya uang selalu menjadi hal vital dalam setiap acara.

Sehingga hendaknya anda memilih seorang bendahara yang memiliki kredibilitas yang cukup tinggi. Namun terkadang karena permasalahan uang sangat sensitif maka keuangan biasanya dipegang oleh pihak keluarga. Dimana pihak keluarga tidak sungkan dan dapat dengan mudah berkomunikasi dengan kedua calon pengantin, sehingga pengelolaan keuangan tidak akan bermasalah.

Setelah menentukan panitia inti anda perlu menentukan bagian-bagian lain yang sangat penting seperti bagian humas yang akan bertugas untuk menghubungi orang-orang luar yang ikut andil dalam acara pernikahan seperti penghulu, tamu undangan, ketua RT dan semua orang yang kan hadir dalam pesta pernikahan yang akan diselenggarakan. Oleh karena itu jika anda memilih humas dalam susunan panitia acara saat pernikahan sebaiknya memilih orang yang banyak memiliki relasi.

Selain bagian humas bagian konsumsi juga sangat penting pada acara pernikahan. Namun jika anda telah menggunakan jasa catering anda tidak perlu lagi membentuk bagian konsumsi. Pasalnya jasa katering akan mengurus segala perihal mengenai penyediaan konsumsi saat acara berlangsung. Namun jika anda tidak menggunakan jasa konsumsi dan semua keperluan konsumsi dipenuhi dengan masakan sendiri akan memperberat tugas bagian satu ini.

Selanjutnya setelah kedua bagian tersebut telah ditentukan anda perlu menentukan bagian acara. Dimana bagian satu ini akan mengurus perihal segala runtutan acara prosesi pernikahan dari memilih pembawa acara hingga penentuan bagian penerimaan tamu. Selain itu bagian acara akan menjadi kunci acara dapat berjalan lancar dan sukses atau tidak. Melihat fungsinya yang sangat penting dalam sebuah acara.

Meskipun membentuk kepanitian dalam sebuah acara tampak mudah dan sederhana, namun anda tetap harus menentukan susunan panitia pesta pernikahan dari jauh-jauh hari. Pasalnya acara pernikahan merupakan acara yang sangat dinanti oleh setiap keluarga dimana acara tersebut menjadi saksi persatuan kedua orang untuk membuka lembaran baru. Serta dapat mempererat tali persaudaraan.

No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter