Slider

Produk Usahamu Bisa Tembus Pasar Global Lewat 6 Marketplace Ini


Siapa sih yang tak ingin menjadi seorang wirausahawan yang sukses? Banyak orang dan mungkin termasuk kamu pasti ingin punya bisnis yang berjalan dengan baik dan menghasilkan banyak keuntungan. Tapi tentu saja hal ini tidak mudah. Kamu harus memastikan semua kegiatan usahamu mulai dari proses produksi sampai pemasarannya berjalan dengan baik.

Memasarkan produk menjadi kegiatan yang amat penting bagi sebuah usaha. Barang yang telah diproduksi akan mengendap dan berefek pada kelancaran usaha jika kegiatan yang satu ini bermasalah. Dan sebaliknya, jika kegiatan pemasaran berjalan mulus maka arus barang yang telah diproduksi akan lancar. Hal ini tentunya akan membuat pendapatan dari sebuah usaha juga lebih maksimal.

Kegiatan mendistribusikan barang yang telah diproduksi kepada konsumen ini seringkali tak berjalan mulus. Selain harus menghadapi ketatnya persaingan di bidang yang sama, kamu juga mesti jeli melihat peluang yang ada. Salah satu peluang yang bisa kamu manfaatkan adalah menjajal pangsa pasar yang lebih luas atau pasar global.

Cara Menjual Produk ke Pasar Global

Kamu pasti sering mendengar kesuksesan sebuah produk dari Indonesia yang berhasil menembus pasar internasional dan ingin mengikutinya, bukan? Tapi kamu tidak tahu langkah apa yang harus kamu lakukan agar produkmu juga bisa menjangkau pasar yang lebih luas ini. Padahal, ada beberapa cara yang bisa kamu tempuh agar produk yang telah kamu hasilkan bisa menembus pasar global. Apa saja sih cara-caranya? Yuk, simak rangkuman yang khusus kami siapkan untuk kamu yang ingin menembus pasar global berikut ini :

1# Mengikuti kurasi produk yang dilakukan oleh instansi terkait

Instansi seperti Kemenkop UKM dan dinas terkait lainnya rutin melakukan kurasi produk-produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk menemukan produk yang layak dikirim ke pasar global. Kamu bisa mengikuti program yang satu ini jika ingin melebarkan pemasaran dari produkmu. Namun sebelum mengikuti program ini, pastikan produkmu sudah memenuhi beberapa aspek kualifikasi seperti kemasan yang sudah harus SNI serta melengkapi dokumen-dokumen pendukung seperti P-IRT dan yang lainnya.

2# Memanfaatkan marketplace internasional

Menjual produk secara online melalui marketplace memang tengah menjadi tren diantara para pelaku usaha. Selain lebih mudah dilakukan, kegiatan yang satu ini dinilai lebih efisien ketimbang menjual produk secara konvensional. Selain bisa menjangkau pasar domestik, produkmu juga bisa menjangkau pangsa pasar yang lebih luas yaitu pasar internasional.

Menjual Produk Ke Marketplace Internasional

Ada beberapa marketplace yang bisa kamu gunakan jika ingin menjual produkmu ke pasar internasional. Masing-masing dari marketplace ini memiliki karakteristik berbeda yang harus kamu fahami sebelum memutuskan untuk mulai menjual produkmu di dalamnya. Berikut 6 marketplace yang bisa kamu gunakan untuk menjual produkmu ke pasar yang lebih luas yaitu pasar internasioanal

1# eBay

Marketplace pertama yang bisa kamu jajal untuk menjangkau pasar yang lebih luas adalah eBay. EBay pertama kali didirikan di California pada tahun 1995. Salah satu situs jual beli online paling populer ini tak hanya berisi produk berupa barang-barang yang dihasilkan perusahaan besar. Barang-barang yang diproduksi oleh usaha berskala mikro dan kecil yang belum memiliki badan hukum dan produk kurang dari 100 jenis juga bisa dijual di eBay. 

Untuk kamu yang memang ingin menjajal memperluas target pemasaran dari produk yang telah kamu hasilkan melalui eBay, sebaiknya kamu menbuat akun di ebay.com.sg atau ebay.com.my. Hal ini perlu dilakukan agar akunmu dapat dikelompokkan sebagai seller/penjual Asia Tenggara dan kamu dapat lebih mudah berkomunikasi dengan customer service support saat terjadi masalah.

2# Alibaba

Kamu pasti sering mendengar cerita tentang kesuksesan dari seorang bernama Jack Ma, bukan? Ya, pria asal Tiongkok ini adalah pendiri Alibaba, salah satu raksaksa platform jual beli berbasis online. Alibaba adalah e-comerce yang memiliki sistem Business to Business (B2B) sehingga memungkin usahamu mendapat orderan dengan skala besar dari buyer atau pembeli dari luar negeri.

Cara mendaftar di platform jual beli yang satu ini  cukup mudah. Kamu hanya perlu membuat akun di alibaba.com lalu mengisi profil perusahaanmu. Setelah itu kamu bisa langsung mengunggah gambar dari produk-produk yang kamu jual. Kamu juga bisa meningkatkan status akunmu menjadi Gold Supplier dengan melakukan verifikasi dokumen-dokumen yang dibutuhkan dan membayar sejumlah uang untuk dapat menikmati layanan-layanan yang diberikan.

3# Amazon

Situs jual beli berskal internasional yang bisa kamu gunakan selanjutnya adalah Amazon. Perusahaan multinasional yang memiliki basis di Amerika Serikat ini tak hanya memungkinkanmu untuk menjual apa saja asalkan tidak melanggar hukum dan ketentuan yang berlaku. Salah satu barang yang memiliki pasar cukup besar adalah barang kerajinan.

Untuk mulai berjualan di Amazon, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat akun seller. Kamu bisa memilih untu membuat akun penjual individu  (individual seller) atau penjual profesional (professional seller). Selanjutnya kamu bisa mengisi kategori dan kondisi barang yang kamu jual serta langkah-langkah yang umum digunakan di marketplace lainnya seperti harga dan opsi pengiriman.

4# Rakuten

Platform e-commerce asal Jepang ini juga bisa kamu pilih untuk menjual produk usahamu ke pasar luar negeri. Tidak seperti ketiga platform sebelumnya yang terbilang mudah cara mendaftar sebagai penjual, di Rakuten produkmu harus melewati proses seleksi yang cukup ketat. Untuk produk seperti makanan atau kosmetik, Rakuten mengharuskan produkmu memiliki sertifikat tertentu yang sesuai dengan kriteria mereka.

5# Zibbet

Untuk kamu yang ingin menjual karya kreatif seperti kerajinan tangan dan barang antic ke pasar internasional, kamu bisa mencoba menjual hasil karyamu di Zibbet. Marketplace yang satu ini adalah tempat yang sesuai untuk orang-orang kreatif. Sebelum menjual barang, terlebih dahulu kamu harus memiliki akun di Zibbet.  Jangan lupa menambahkan kategori agar tokomu lebih mudah ditemukan. Kamu juga bisa mengatur mata uang yang diterima dan mengatur cara pembayaran dari pembeli.

6# Etsy

Satu lagi platform marketplace yang bisa kamu manfaatkan untuk menjual produk-produk kreatif adalah Etsy. Tak hanya menjual produk-produk yang sudah jadi seperti hadiah atau dekorasi, kamu juga bisa menjual bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kerajinan tangan secara online di Etsy. Sama seperti mendaftar di marketplace lainnya, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mendaftarkan diri sebagai mitra. Pastikan kamu juga menambahkan paypal atau kartu kredit, ya.


Itulah 6 marketplace intersional yang bisa kamu gunakan untuk menjual produk usahamu ke pasar yang lebih luas yaitu pasar global. Dengan berjualan secara online melalui marketplace ini kamu bisa mendapat keuntungan yang jauh lebih banyak ketimbang hanya menjualnya di marketplace lokal. Pastikan produkmu memiliki kualitas yang baik agar dapat bersaing menembus pasar yang lebih luas, ya. 


No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter