Slider

Terstruktur, Berikut Susunan Acara Resepsi Pernikahan Islam


Bagi anda yang sedang berencana melangsungkan acara pernikahan, tentu banyak persiapan yang perlu dilakukan. Tak hanya menyiapkan dekorasi, baju dan juga hidangan di hari H, anda juga perlu mengetahui susunan acara dalam resepsi tersebut. Meskipun sebenarnya untuk urusan ini bisa diserahkan kepada event organizer. Namun, tidak ada salahnya jika susunan acara resepsi pernikahan Islam diurus oleh keluarga sendiri.

Mengintip Susunan Acara dalam Resepsi Pernikahan Menurut Islam

Hiburan Pembukaan

Susunan acara resepsi biasanya dilakukan setelah akad atau ijab qobul sudah selesai. Sesi ini biasanya diawali dengan hiburan pembukaan yang berlangsung sekitar 30 menit. Mengingat acara ini cukup fleksibel, sehingga dapat diisi dengan berbagai hiburan sesuai dengan keinginan kedua mempelai. Namun mengingat acara ini menggunakan syariat Islam, maka alangkah baiknya jika hiburan yang digunakan adalah musik musik Islami.

Beberapa hiburan yang kerap dipilih untuk acara pernikahan Islami diantaranya Qosidah, Al banjari dan yang lainnya. Dengan memilih hiburan yang sesuai, maka dijamin tamu undangan akan menikmati acara yang menyenangkan tersebut. Lokasi acara resepsi bisa ditentukan sesuai dengan keinginan pasangan pengantin. Ada yang memilih lokasi resepsi dan akad nikah yang berbeda. Namun, ada juga yang menginginkan agar lokasi resepsi dan ijab qobul disamakan.

Pembukaan

Setelah acara hiburan, maka saatnya memulai acara pembukaan yang biasanya dipandu oleh pembawa acara maupun MC. Pembawa acara bisa dipilih dari keluarga sendiri yang memang sudah sering menjadi MC. Anda juga bisa memanfaatkan jasa  WO atau mencari MC kenalan, untuk  melaksanakan susunan acara resepsi pernikahan Islam.  Adapun inti dari acara pembukaan ini berisi tentang ucapan rasa syukur karena akad pernikahan bisa berjalan lancar.

Selain itu, pada pembukaan ini juga meliputi ucapan terima kasih kepada para tamu undangan yang telah hadir pada acara resepsi. Pada acara ini alangkah baiknya jika kedua mempelai sudah didampingi oleh masing masing orang tuanya. Selain itu, keluarga besar diharapkan untuk menyiapkan diri pada acara selanjutnya, untuk efisiensi waktu. Kemudian, acara dilanjutkan dengan sambutan kedua mempelai serta orang tua dan keluarga besar.

Penyambutan Kedua Mempelai

Susunan acara selanjutnya yaitu kirab pengantin. Pada sesi ini, kedua mempelai akan dipersilahkan masuk ke ruangan resepsi pernikahan. Untuk mendapatkan momen yang spesial, maka bisa dilakukan dengan pemilihan lokasi yang tepat. Biasanya para tamu undangan akan berdiri untuk menyambutnya, sedangkan kedua mempelai berjalan pelan dengan bergandengan tangan sembari melewati jalan yang sudah dibuat khusus.

Agar tidak bercampur baur antara yang bukan muhrim, maka sebaiknya tempat antara tamu laki laki dan perempuan dibuat terpisah. Meskipun tidak menggunakan hijab, setidaknya terdapat batas tak kasat mata antara kursi para undangan. Anda bisa mengatur agar kursI sebelah kiri untuk tamu laki laki, begitupun sebaliknya. Agar lebih mudah dipahami, anda bisa menambahkan tulisan sebagai penanda pembagian tempat duduk.

Sesi Foto

Jika kedua pengantin sudah duduk di pelaminan lengkap dengan kedua orang tuanya, maka susunan acara resepsi pernikahan selanjutnya yaitu sesi foto. Proses pemotretan bisa dilakukan dengan menyewa jasa fotografer terpercaya. Namun jika budgetnya terbatas, anda juga bisa meminta salah satu anggota keluarga besar yang sudah ahli dalam bidang fotografi. Tamu undangan diperbolehkan untuk memberikan ucapan selamat dan menyalami kedua mempelai.

Sambutan Pihak Keluarga

Agar acara resepsi lebih hikmat, maka sambutan pihak keluarga menjadi bagian yang tak boleh dilupakan. Sambutan ini berisi tentang penyerahan mempelai perempuan dari keluarga kepada calon mempelai laki laki. Selain itu, sambutan juga berisi ucapan selamat kepada kedua mempelai. Ada kalanya dalam acara ini juga meminta kepada keluarga dari pihak laki laki  untuk bersedia menuntun dan mengajari pengantin perempuan sesuai dengan kebiasaan di lingkungan barunya.

Tamu Undangan Dipersilahkan Menikmati Hidangan

Acara selanjutnya yaitu mempersilahkan para tamu undangan untuk menikmati hidangan yang telah disediakan. Dalam ajaran Islam, tujuan dari diadakannya pernikahan adalah untuk memberikan kabar gembira kepada para tetangga. Oleh karena itu, hukum dari resepsi adalah sunnah muakkad. Kendati demikian, sebaiknya hindari susunan acara resepsi pernikahan Islam yang terlalu mewah jika hal itu justru memberatkan bagi kedua pasangan.

Dengan bersikap sederhana dalam mengadakan resepsi, maka akan menghindarkan umat Islam dari hutang. Bahkan Rasulullah pernah berkata kepada sahabatnya jika mengadakan walimah, bisa dilakukan meskipun hanya dengan menyembelih seekor kambing. Jadi tuan rumah tidak perlu terlalu memberatkan diri di luar batas kemampuannya, untuk menyediakan hidangan bagi para tamu undangan.

Sedangkan orang orang yang diundang untuk menghadiri acara pernikahan tersebut, bisa dari kerabat yang jauh, tetangga dan rekan kerja. Jika memang mampu memberikan hidangan yang lebih baik, maka tentu ini juga bukan menjadi masalah. Namun, alangkah baiknya jika mengundang rekan yang seAgama tanpa membedakan yang kaya dan yang miskin. Oleh sebab itu, sebaiknya jangan pilih pilih antara kaya dan miskin ketika mengundang seseorang.

Spesial Performance

Tak sedikit pengantin yang ingin memberikan kejutan kepada tamu undangan, agar mereka bisa menikmati susunan acara resepsi pernikahan Islam. Adapun kejutan yang diberikan dengan membuat special performance di resepsi pernikahannya. Namun, pastikan jika hal ini tidak bertentangan dengan syariat Islam. Misalnya jika ingin menampilkan tarian, anda bisa memilih jenis tarian Islami seperti tari Saman. Sedangkan jika berupa musik, anda bisa mengundang grup nasyid.

Foto Bersama

Satu acara yang tak boleh dilupakan dalam acara resepsi adalah foto bersama. Tentu para tamu undangan juga sudah menanti nanti acara yang satu ini. Agar menjadi salah satu kenangan yang tak boleh dilupakan, sehingga perlu untuk diabadikan. Acara foto bersama ini harus diatur dengan baik agar bisa berlangsung dengan baik. Adapun urutan pertama untuk sesi foto bisa berasal dari pihak keluarga besar terlebih dahulu.

Selanjutnya foto bisa dilanjutkan dengan kolega terdekat dari masing masing mempelai. Baru selanjutnya sahabat dan rekan rekan dari kedua pasangan. Pastikan agar sesi foto ini tetap memperhatikan syariat Islam, dengan tidak terlalu berdempetan antara laki laki dan perempuan yang bukan mahram. Hal ini bisa diatasi dengan menempatkan posisi undangan wanita di sebelah pengantin wanita. Sedangkan undangan laki laki di sebelah pengantin laki laki.

Penutup

Adapun acara yang terakhir adalah penutupan yang disampaikan langsung oleh pembawa acara. Setelah acara pemotretan selesai, maka pengantun akan diminta untuk turun dari pelaminan agar dapat saling silaturahmi sesama keluarga besar. Susunan acara resepsi pernikahan Islam yang terakhir ini diisi dengan ucapan selamat kepada kedua mempelai pengantin. Selain itu, pengantin dan keluarga besar mengucapkan terima kasih kepada tamu undangan yang sudah hadir.

Sebenarnya susunan acara resepsi juga bisa ditambahkan dengan adat masing masing tempat, mengingat antara setiap daerah pasti memiliki kebiasaan acara pernikahan yang berbeda beda. Namun secara umum, resepsi pernikahan tidak jauh berbeda dengan poin poin di atas. Sebaiknya tidak perlu memaksa agar acara pernikahan berlangsung dengan mewah, jika hal ini justru akan membebani pihak pengantin.

No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter