Slider

Tips Cara Terbaik Merawat Ikan Discus dengan Tepat Bagi Para Pemula

 

Banyak cara yang dapat dilakukan oleh para pecinta hewan dalam menyalurkan rasa sayang mereka terhadap salah satu makhluk hidup ini, tidak hanya kepada kucing dan anjing saja yang menjadi peliharaan cukup banyak dimiliki, tetapi juga dapat memilih untuk memelihara hewan dengan jenis lainnya. Salah satu hewan yang dapat dipelihara dengan baik dan benar yaitu memelihara ikan discus yang merupakan salah satu ikan dengan tubuh yang cantik dan juga menyenangkan serta dapat memanjakan mata untuk dilihat. Namun, sebelum memutuskan untuk memelihara ikan satu ini, perlu bagi para pemiliknya untuk mengetahui apa saja yang perlu untuk dilakukan agar dapat merawat ikan discus dengan baik dan benar seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

Persiapan yang Perlu Dilakukan Sebelum Memutuskan untuk Memelihara Ikan Discus

Pada dasarnya, perawatan yang diberikan pada berbagai ikan yang dijadikan sebagai peliharaan cukup mudah dan kurang lebih sama dengan satu  sama lain. Namun, agar merawat ikan discus dapat dengan maksimal untuk dilakukan maka perlu untuk mengetahui segala bentuk persiapan yang perlu untuk dilakukan sebelum memutuskan untuk membawa pulang ikan satu ini. Selain itu, hal ini juga dilakukan agar diri menjadi lebih siap dan ikan dapat dengan langsung tinggal pada tempat yang nyaman dan sesuai dengan habitat yang dimilikinya sehingga menghindari mereka untuk mendapatkan rasa stress karena harus berpindah ke tempat yang baru.

Hal utama dari cara untuk merawat ikan discus yang utama yaitu mempersiapkan segala bentuk peralatan yang dibutuhkan sebagai tempat tinggal dari ikan agar nantinya mempermudah untuk melakukan perawatan yang ada. Perlu untuk diketahui bahwa untuk jenis ikan satu ini memiliki kondisi akuarium yang perlu untuk ditaruh pada kondisi suhu dan juga pH tertentu agar menyerupai kehidupan asli mereka. Biasanya banyak yang memilih untuk memelihara jenis ikan satu ini dikarenakan kecantikan dari warna tubuh dan cara berenangnya yang menyenangkan untuk dilihat.

Tidak hanya berkaitan dengan persiapan akuarium saja, cara untuk merawat ikan discus juga perlu memperhatikan heater yang ditaruh dan menjadi bagian dari akuarium itu sendiri. Heater ini perlu untuk ditaruh di dalam akuarium dikarenakan berfungsi sebagai pengatur dari suhu yang ada di dalam akuarium sehingga dapat membuat ikan menjadi lebih nyaman untuk tinggal di dalamnya. Suhu ini penting untuk diperhatikan karena nantinya juga akan berpengaruh untuk ikan agar tetap dapat bertahan untuk hidup di air yang ada di dalam akuarium.

Heater yang menjadi komponen penting dalam usaha untuk merawat ikan discus juga berfungsi mencegah agar ikan discus ini tidak mengalami stres selama tinggal di dalamnya. Biasanya untuk ukuran suhu yang diberikan di dalam air tersebut berkisar hingga 32 derajat celcius untuk ikan pada umumnya. Tidak hanya berkaitan dengan suhu saja, tetapi juga dapat memberikan berbagai dekorasi yang cantik dan juga bermanfaat untuk ikan agar juga menghindari ikan mengalami stres.

Dekorasi yang ditaruh di dalam akuarium tidak hanya berfungsi untuk menghindari akan ikan tidak lagi mengalami stress, tetapi juga dapat untuk membuat akuarium menjadi terlihat cantik dan indah untuk dipandang bagi para pemiliknya. Perlu untuk memperhatikan berbagai persiapan di atas dengan baik dan benar agar nantinya ikan yang dipelihara menjadi sehat dan dapat hidup dengan nyaman. Faktor seperti pH dan suhu memang terdengar cukup sepele untuk diperhatikan, tetapi kedua hal ini memiliki peranan yang sangat penting untuk keberlangsungan hidup dari ikan itu sendiri.

Tips untuk Merawat Ikan Discus dengan Cara Terbaik

Memiliki peliharaan ikan di rumah dapat menjadi sebuah kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan dan mungkin dapat membantu untuk mengurangi rasa pusing yang dimiliki selama berada di rumah dengan memperhatikan dan menyayangi ikan ini. Jika sudah memutuskan untuk memelihara ikan atau juga hewan lainnya, perlu dan wajib sifatnya bagi para pemilik untuk memperhatikan segala macam kebutuhan yang dimiliki oleh peliharaan agar mereka juga dapat hidup dengan sehat dan nyaman. Berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat dilakukan dalam usaha untuk merawat ikan discus dengan tepat dan benar, juga untuk bagi yang masih pemula dalam hal ini.

#1. Menyediakan Berbagai Perlengkapan untuk Merawat Ikan

Faktor penting dalam usaha untuk merawat ikan discus dengan baik yang perlu diperhatikan oleh para pemilik dan pecinta ikan yaitu berkaitan dengan perlengkapan yang lengkap sebagai perawatan dari ikan dan juga tempat tinggalnya. Misalnya seperti dengan menyediakan heater yang dipasang untuk akuarium agar dapat menjaga kehangatan dari air yang menjadi tempat tinggall dari ikan itu sendiri. Peralatan yang lengkap ini dapat membantu untuk langsung siap ketika ikan harus dipindahkan sehingga dapat langsung hidup pada sebuah akuarium yang membuat ikan merasa nyaman untuk tinggal di sana.

#2. Mempersiapkan Kebutuhan untuk Perawatan Air yang Ada di Akuarium​

Tidak hanya berkaitan dengan akuarium saja, tetapi air yang menjadi sumber utama ikan agar mereka dapat hidup dan bernafas juga menjadi hal yang wajib untuk dipastikan kebersihannya. Pastikan segala bentuk perawatan air sebagai upaya dalam merawat ikan discus dengan baik menjadi lengkap dan juga mengetahui apa saja yang perlu untuk dilakukan dalam upaya untuk menjaga air agar tetap layak untuk dijadikan sebagai tempat tinggal dari ikan tersebut. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk dapat melakukan perawatan air ini, termasuk juga untuk menjaga kandungan oksigen yang ada di dalamnya.

#3. Menjaga Kebersihan dari Air yang Menjadi Tempat Tinggal Ikan Discus

Tidak hanya berkaitan dengan akuarium saja, tetapi air yang menjadi sumber utama ikan agar mereka dapat hidup dan bernafas juga menjadi hal yang wajib untuk dipastikan kebersihannya. Pastikan segala bentuk perawatan air sebagai upaya dalam merawat ikan discus dengan baik menjadi lengkap dan juga mengetahui apa saja yang perlu untuk dilakukan dalam upaya untuk menjaga air agar tetap layak untuk dijadikan sebagai tempat tinggal dari ikan tersebut. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk dapat melakukan perawatan air ini, termasuk juga untuk menjaga kandungan oksigen yang ada di dalamnya.

#4. Memastikan Akuarium Memiliki Sistem Penerangan yang Cukup Baik

Tidak hanya kebersihan air saja yang perlu untuk diperhatikan meskipun air ini sendiri merupakan sumber kehidupan utama dari ikan itu sendiri. Ada beberapa faktor lain yang juga perlu agar perawatan yang dilakukan juga menjadi maksimal, salah satunya yaitu dengan memasang penerangan dengan baik dan benar pada bagian akuarium sesuai dengan ukuran dari akuarium yang sesuai. Menjaga sistem penerangan yang baik menjadi upaya merawat ikan discus yang dapat menjaga kesehatan dan kondisi prima dari ikan itu sendiri agar mereka tidak mudah untuk mengalami stress dan menjadi indah juga untuk dipandang.

#5. Memastikan Ikan Memiliki Asupan Nutrisi dan Makanan yang Cukup dan Tepat

Tentu saja pakan dan nutrisi tidak dapat dilupakan dari upaya merawat ikan discus yang penting karena para pemiliknya tentu saja akan selalu ingin untuk memberikan yang terbaik demi ikan satu ini. Maka dari itu, perlu untuk mengetahui apa saja campuran dari makanan yang perlu untuk diberikan kepada ikan discus agar sesuai dengan kebutuhan dari nutrisi yang mereka miliki. Pastikan bahwa asupan jenis makanan yang diberikan kepada ikan memiliki selingan dan bergantian agar ikan juga tidak menjadi bosan untuk asupan yang harus mereka makan setiap harinya.

#6. Mempersiapkan Segala Pengobatan untuk Diberikan Saat Ikan Mengalami Sakit

Tidak hanya untuk menjaga kesehatan dari kondisi ikan agar selalu dalam keadaan yang fit, perlu juga untuk memiliki persediaan dan persiapan berbagai obat untuk mengatasi jika ikan mengalami sakit. Mengobati ikan yang mengalami kesakitan merupakan bagian dari merawat ikan discus yang penting dan ikan tidak dapat dibiarkan begitu saja karena hal ini juga menjadi bentuk tanggung jawab dari pemiliknya. Pastikan bahwa ikan diobati hingga mereka sembuh dengan total sehingga dapat kembali aktif bergerak dan terbebas dari berbagai penyakit yang mereka derita.

Nah itulah beberapa ulasan mengenai >>Tips untuk Merawat Ikan Discus << Semoga penjelasan diatas tadi bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan maupun referensi kalian.

No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter