Slider

Yuk Intip 7 Cara Membuat Undangan Pernikahan Simpel Dan Kreatif Di Sini


Merayakan pesta pernikahan memerlukan persiapan yang cukup banyak dan butuh waktu relatif panjang. Kedua calon mempelai harus menyiapkan venue, dekorasi, baju dan make up yang akan dipakai, undangan untuk tamu, dan lain lain. Persiapan tersebut harus sesuai dengan tema yang diusung agar tampil senada. Cara membuat undangan pernikahan ini sangat dibutuhkan agar biaya yang dikeluarkan lebih hemat. Yuk intip caranya di bawah ini!

Cara Mudah Membuat Surat Undangan untuk Pernikahan

Pilih Warna yang Diinginkan

Merancang undangan untuk pesta pernikahan adalah suatu hal mendasar yang harus kamu lakukan. Undangan jadi penanda tamu yang kamu ajak untuk menikmati hari spesial yang kamu adakan bersama sama. Sangat penting untuk mendesain surat undangan terbaik agar momen spesial ini terekam dalam memori secara baik. Tidak hanya menonjolkan desain, kamu juga harus memperhatikan biaya yang dikelurkan agar tidak menguras kantong.

Mendesain undangan secara personal dapat menghemat budget yang harus dikeluarkan. Untuk hasilkan undangan terbaik, kamu bisa memilih tiga warna sehingga tidak terlalu ramai. Warna dasar yang dipilih usahakan netrl sehingga bisa dipadukan dengan dua warna lain. Kemudian, pilihlah dua warna cerah untuk membuat desain yang cantik dan menarik. Usahakan warna yang dipilih kontras satu sama lain agar isi undangan mudah dibaca.

Merancang Latar Belakang

Setelah menentukan warna yang akan dipakai, anda juga harus menyiapkan latar belakang yang tepat. Terdapat beberapa pilihan latar belakang yang biasa dipakai untuk undangan, sehingga bisa disesuaikan dengan isi yang akan disampaikan. Kamu bisa memakai tema netral untuk cara membuat undangan pernikahan yang tampak formal. Akan tetapi, bila ingin kesan informal dari surat tersebut, maka bisa memilih latar belakang yang lain.

Penggunaan latar belakang di surat undangan bisa dikreasikan atau dibuat dengan cara unik lainnya. Kamu bisa membuat warna latar yang memudar atau menjadikannya sebagai watermark. Selain itu, kreasikan latar belakang dengan dua warna atau lebih yang senada dengan warna dasar yang telah dipilih. Konsep ini harus disesuaikan dengan letak tulisan isi surat yang akan dipakai dan penggunaan kerta print, seperti kertas bertekstur atau tidak.

Menentukan Gambar dan Tulisan

Pastikan untuk menampilkan kesan ceria dari surat undangan, tetapi jangan terlalu ramai. Penambahan gambar di surat ini pun harus diperhatikan agar tidak mencolok dan terlalu mengganggu tampilannya. Oleh sebab itu, harus diimbangi dengan kemampuan yang cukup mumpuni. Apabila kamu tidak memiliki kapasitas di bidang itu, maka bisa meminta teman untuk membantu agar hasil yang dicapai lebih maksimal dan memuaskan untuk kedua mempelai.

Gambar yang ditambahkan bisa berupa karikatur atau foto pasangan saat prewedding. Akan tetapi, bila tidak memiliki foto atau karikatur maka bisa memakai gambar lainnya. Salah satu cara membuat undangan pernikahan yang baik, yaitu memperhatikan jenis dan ukuran huruf yang dipakai. Usahakan hanya memakai dua jenis huruf agar tidak terlalu ramai dan melelahkan saat dibaca. Kamu bisa mengkreasikan dengan ukuran atau bentuk lainnya.

Tambahkan Detail

Setiap orang memiliki kecenderungan yang berbeda beda, sehingga detail yang diinginkan juga berbeda. Kamu bisa berdiskusi dengan pasangan terkait detail yang akan dipakai untuk mempercantik surat undangan. Pilihan yang biasa dipakai, yaitu embos, pita, atau glitter. Ketiga tambahan ini dapat membuat surat yang kamu bagikan ke teman atau tamu jadi lebih menarik, sehingga membuat para tamu undangan terkesan dengan surat yang kamu pakai.

Terlepas dari kesan menarik dan cantik, kamu harus sesuaikan dengan biaya yang dimiliki. Penggunaan kertas yang timbul juga jadi salah satu detail menarik yang cukup menghemat biaya. Salah satu cara membuat undangan pernikahan ini juga bisa mengandalkan pita sebagai pemanis. Yang harus diperhatikan adalah pemilihan bahan dan warna agar sesuai dengan warna dasar. Terakhir tambahan glitter membuat kesan surat undangan lebih mewah.

Meneliti Format

Sebelum mendesain undangan secara personal, kamu harus lebih dulu memahami letak yang tepat agar desain tampak enak dibaca. Pastikan tata letak tidak ramai dan teratur agar lebih proporsional dari segi gambar, bentuk, ataupun tulisan. Dengan begitu, kamu bisa menghasilkan surat undangan yang bagus dan elegan serta memuaskan. Oleh sebab itu, melihat sederet contoh yang telah dibuat orang lain bisa dijadikan sebagai acuan.

Setelah melihat atau mempelajari pola yang dipakai oleh orang lain, lalu bisa diterapkan pada surat undangan yang kamu buat. Setelah membuat desain dan menempatkan gambar serta tulisan, buatlah desain kasar untuk ditinjau ulang. Pada tahap akhir pengerjaan, kamu bisa melihat desain secara keseluruhan untuk melihat format yang tepat dan meneliti isi serta tulisannya. Pastikan tidak ada salah ketikan atau tata letak agar tidak merugikan diri sendiri.

Mencetak Kartu undangan

Setelah mendesain udangan untuk hari spesial, kamu bisa mencetak sesuai jumlah tamu yang akan diundang. Sebelum itu, pastikan telah memilih jenis kertas yang akan dipakai sebagai kertas undangan pesta pernikahan kamu. Cara membuat undangan pernikahan ini juga harus memperhatikan detail dari desain serta tata letak kertasnya. Hal itu dikarenakan biasanya motif kertas menjadi salah satu pemanis dan perlu disesuaikan dengan desainnya.

Sebelum memilih satu jenis kertas, pastikan telah mengenal karakteristik jenis kertas untuk undangan lainnya. Hal ini bertujuan agar kamu tidak salah pilih hingga berujung hasil yang kurang maksimal serta memuaskan. Selain memilih kertas, kamu juga bisa memilih material yang akan dipakai untuk membungkusnya. Mulai dari plastic biasa, amplot, atau diikat dengan pita seperti konsep surat di zaman dulu sehingga tampilannya lebih unik.

Menyusun Undangan dan Membagikannya

Setelah undangan tercetak dan bahan bahan pendukungnya telah siap, kamu bisa susun kartu tersebut. Untuk tampilan lebih elegan dan unik, kamu bisa menambahkan kertas label gantung yang dikaitkan dengan tali. Tali tersebut biasanya dipilih yang berbahan rotan agar lebih awet dan bisa mengikat kuat. Warna tali ini terdapat dua pilihan, yaitu coklat dan putih sehingga bisa kamu sesuaikan dengan warna dasar dari kartu undangan yang dibuat.

Kartu undangan sudah siap, maka siap dibagikan ke siap penerima. Sebelum itu, kamu sudah harus memiliki daftar tamu undangan yang akan datang di hari bahagia tersebut. Dengan begitu, jumlah undangan yang tercetak telah sesuai dan tidak ada yang terlewat. Dalam rangka menghemat budget, cara membuat undangan pernikahan ini sangat tepat. Pastikan kamu sudah menyeleksi tamu yang diundang agar biaya tidak membengkak.

Pesta pernikahan selalu jadi momen yang paling ditunggu karena sebagai tanda bahwa sudah memasuki lembar kehidupan baru. Kamu dan pasangan akan membina suatu rumah tangga dengan lebih dulu menggelar akad beserta resepsinya. Oleh sebab itu, perlu untuk menyiapkan undangan dengan konsep unik yang tidak perlu biaya besar. Tujuh cara di atas bisa dipakai untuk hasilkan kartu undangan menarik untuk menghemat pengeluaran.

No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter