Slider

Yuk Simak 5 Tips Penting Cara Membuat Hantaran Pernikahan Sederhana Tapi Tetap Cantik


Menjelang hari pernikahan, banyak sekali hal yang perlu untuk disiapkan. Salah satunya adalah hantaran atau seserahan dari pihak pengantin pria yang ditunjukkan untuk mempelai wanita. Karena berkenaan dengan hari istimewa yang hanya terjadi sekali seumur hidup, sudah selayaknya mengemas hantaran pernikahan istimewa. Untuk menjadikan hantaran pernikahan berkesan, simak terlebih dahulu tips cara membuat hantaran pernikahan berikut.

Menentukan terlebih dahulu Jumlah Hantaran Yang Akan Diberikan

Apabila anda menggelar pernikahan adat jawa, biasanya jumlah seserahan yang diberikan berjumlah ganjil, baik 5, 7, 9, dan seterusnya. Sedangkan balasan dari mempelai wanita ke mempelai pria, berjumlah kurang dari seserahan yang diterimanya. Selain tergantung selera, sebaiknya jumlah barang yang akan dibawa disesuaikan dengan budget yang telah anda siapkan. Berikan dengan jumlah yang tidak membebani.

Adapun untuk isi hantaran biasanya berupa penunjang penampilan dari ujung rambut hingga ujung kaki. Satu hal yang wajib anda perhatikan adalah dengan menyertakan kue wajik atau kue talam yang lengket. Konon, beberapa kue tersebut berfungsi sebagai pelambang agar kelak pasangan calon suami istri memiliki hubungan yang awet dan lengket satu sama lain.

Beberapa isi seserahan pernikahan secara umum adalah, perlengkapan ibadah, suruh ayu, pakaian dan aksesoris, perawatan tubuh, kosmetik, perhiasan, aneka macam buah, serta makanan seperti kue basah. Untuk menyertakan peralatan ibadah, tentu saja disesuaikan dengan kepercayaan yang dianut. Cara membuat hantaran pernikahan dengan perlengkapan ibadah ini, harus ditata seestetik mungkin.

Memisahkan Seluruh Hantaran Pernikahan Sesuai Dengan Urutannya

Setelah menentukan jumlah serta isian hantaran pernikahan, anda harus memilah dan memisahkannya sesuai dengan jenisnya. Barang dengan jenis yang sama dapat anda kemas menjadi satu bungkus parsel. Semisal, perlengkapan ibadah yang biasanya berisi mukena, tasbih dan Al-Qur’an selayaknya ditata dan dibungkus dalam satu kotak. Jangan sampai perlengkapan ibadah tersebut bercampur dengan isian hantaran yang lainnya.

Perlengkapan mandi atau alat kosmetik pun harus dibedakan. Meski tergolong memiliki jenis yang sama, kedua perlengkapan ini memiliki fungsi yang jelas berbeda. Seperti halnya kegiatan mandi dan berdandan selalu dilakukan dalam 2 waktu yang saling berbeda. Hal ini juga akan menjadi pembeda bahwa pihak mempelai pria memberikan perlengkapan yang jelas berbeda.

Untuk hantaran makanan, sebaiknya dibungkus dalam wadah yang berbeda. Tujuannya adalah untuk menghindari pencampuran rasa dan juga aroma makanan tersebut. Apabila anda ingin kesan yang praktis, anda bisa menggabungkan dua makanan yang sejenis. Untuk cara membuat hantaran pernikahan berupa makanan sejenis seperti, roti kukus dan brownies, gabungkan dalam wadah yang sama namun disusun dengan rapi.

Hantaran Dibungkus Dengan Cara Yang Bebeda Satu Sama Lain

Setelah anda memisahkan hantaran tersendiri sesuai dengan jenisnya, kini saatnya untuk membungkus parsel pernikahan. Agar tampak lebih menarik dan tidak membosankan, sebaiknya barang tersebut dibungkus dengan cara yang berbeda satu sama lainnya. Anda bisa mengkreasikan dengan permainan warna, model, atau bentuk dengan mengutamakan keserasian parsel satu dengan yang lainnya.

Saat ini banyak sekali desain model seserahan inovatif yang terbilang unik dan kreatif. Karena tersedia berbagai macam ide hantaran yang sangat menarik, anda bahkan bisa membuatnya sendiri. Meski tampak mewah, sesungguhnya membungkus seserahan pernikahan  dapat menggunakan teknik yang mudah dan sederhana. Mainkan kreativitas anda dengan menumpuk seserahan unik.

Misalnya, untuk peralatan ibadah seperti mukena, anda bisa membentuknya menjadi masjid atau seekor angsa yang cantik. Sedangkan untuk peralatan mandi seperti handuk, anda bisa membentuknya menjadi kelinci yang lucu. Bahkan, beberapa perlengkapan dan cara membuat hantaran pernikahan lain seperti pakaian juga bisa anda sulap dengan bentuk kupu kupu, ikan mas, dan bentuk lain yang memiliki kualitas berseni tinggi.

Spesifikasikan Tema Hantaran Yang Akan Diusung

Hantaran pernikahan dewasa ini hadir dalam berbagai tema yang cantik dan menarik. Baik dalam permainan komposisi warna, maupun tema kotak wadah yang dibuat dengan seragam dan senada. Agar anda tidak kebingungan untuk membuat hantaran pernikahan, terlebih dahulu putuskan tema apa yang sesuai dengan karakter mempelai perempuan. Jika pasangan anda orang yang feminim, anda bisa mengusung konsep warna pastel.

Warna pastel memiliki komposisi yang berkesan lembut dan netral yang dapat memberikan kesan elegan. Tak hanya itu, anda juga bisa bermain dengan segala jenis bentuk wadah yang menarik perhatian. Hantaran pernikahan tidak selalu dibuat dengan wadah yang berbentuk kotak maupun bulat. Keranjang rotan, tampah bambu, bahkan sangkar burung pun juga bisa anda gunakan sebagai tempat seserahan yang unik.

Apabila anda menghadirkan kesan yang klasik dan eksklusif, bisa menggunakan kotak kayu yang diukir dengan berbagai macam motif khusus sesuai dengan keinginan. Namun, apabila anda terkendala batasan dana,  cara membuat hantaran pernikahan ini bisa diakali dengan menggunakan kardus biasa dan mengkreasikannya sesuai keinginan. Balut dengan kain lembut atau kertas pembungkus kado dengan motif yang tidak membosankan.

Persiapkan Alat Untuk Membungkus Hantaran

Sebelum membungkus seserahan pernikahan, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Seperti desain dan dekorasi yang sebaiknya tidak menggunakan terlalu banyak aksesori, sehingga dapat menimbulkan kesan yang berlebihan. Hal ini dikarenakan, penambahan aksesoris secara berlebihan justru akan mengganggu eksistensi dari barang utama seserahan itu sendiri.

Pastikan juga wadah yang akan digunakan sesuai dengan ukuran barang yang telah anda siapkan. Gunakan plastik bening atau yang memiliki motif agar hantaran pernikahan terhindar dari kemungkinan debu dan kotoran yang menempel. Hal ini tentu akan merusak nilai estetika seserahan yang nantinya akan anda berikan kepada calon pasangan. Terutama seserahan yang berisi makanan. Pastikan kebersihannya selalu terjaga.

Teknik Membungkus Hantaran Yang Benar

Ada banyak ragam teknik atau cara membungkus hantaran pernikahan yang bisa anda lakukan sendiri. Salah satunya adalah menggunakan teknik alas atau lining. Ada yang lebih suka menggunakan lining berupa kain polos, ada juga yang menyukai kain bermotif untuk menghasilkan kesan yang mewah. Namun menjadikan kertas berwarna sebagai lining juga ide yang bagus, selama terbuat dari bahan yang baik dan warnanya pun menarik.

Cara membuat hantaran pernikahan untuk mempercantik tampilan seserahan adalah dengan menggunakan 2 bahan yang berbeda semisal renda yang dipadukan dengan kertas bermotif bunga yang cantik. Setelahnya, perhatikan pula plastik penutup yang akan melindungi isian seserahan dari debu dan kotoran. Pilih plastik yang tidak terlalu tipis agar terhindar dari kemungkinan kertas sobek.

Tradisi seserahan atau hantaran pernikahan merupakan bagian dari budaya pernikahan yang telah ada sejak lama. Hantaran pernikahan ini memiliki simbol pernyataan pria untuk selalu bertanggung jawab dengan tulus. Di era modern ini, terdapat berbagai macam langkah dan cara untuk membuat hantaran pernikahan. Dengan melakukan seluruh tips tersebut, anda bisa memulai membuat hantaran pernikahan sendiri secara mudah.

No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter