Slider

7 Cara Jualan Online Laris di Whatsapp yang Terbukti Menghasilkan

Cara jualan online laris di whatsapp adalah pertanyaan para seller whatsapp yang ingin bisnisnya ramai dan bertumbuh. Bagaimana cara jualan online agar cepat laku? Kamu bisa memanfaatkan status wa untuk jualan, wa story dan pesan siaran yang langsung masuk ke semua database kamu. Tetapi perlu kamu ingat, ada banyak strategi bagaimana cara banjir orderan di whatsapp yang elegan dan tidak pasaran. Mau? Simak terus sampai selesai ya.

Bagaimana cara banjir orderan di whatsapp

Setiap orang yang jualan di whatsapp pasti bertanya-tanya, bagaimana cara banjir orderan di whatsapp? Untuk menjawab pertanyaan ini admin akan menyajikan beberapa cara agar kamu bisa banjir orderan di Whatsapp dengan mudah:

Ketahui siapa target market produk kamu

Setiap produk punya pembeli masing-masing. Nggak peduli barang mahal atau murah, pasti punya target pembeli masing-masing.

Ada 2 cara orang mulai jualan.

1# Memulai dengan produk

Banyak orang yang memulai jualan dari produk dulu. Memang benar sekali, mereka ingin jualan. Maka mereka mencari barang apa yang ingin mereka jual. Tentu mereka menjual sesuatu yang menurut mereka akan laku di jual, berpotensi laris dan berpeluang profit tinggi. Iya, kan?

2# Memulai dengan menemukan target market

Cara kedua adalah menemukan siapa target market jualanmu. Inilah cara jualan yang sangat direkomendasikan. Temukan siapa target marketmu dulu. Baru kamu cari produk yang tepat untuk target marketmu itu. Mulailah dari menemukan masalah. Misalnya saja, masalah apa yang dihadapi oleh kaum perempuan. Masalah apa  yang belum mereka selesaikan? Kata kunci sukses jualan yang pertama adalah menemukan masalah. Setelah menemukan masalah, maka tugas kamu selanjutnya adalah mencari solusi. Solusi inilah yang akan orang buru dan berpeluang mendatangkan uang.

Kenali produkmu

Target jualanmu sudah jelas. Maka tahap berikutnya adalah mengenal produkmu secara detail. Mulai dari memahami produkmu menggunakan konsep 5W+1H. Mulailah menjawab pertanyaan dari, di mana, kapan, siapa, bersama siapa dan seterusnya. TeNtu pertanyaan yaNg relevan dengan produkmu. Misalnya saja:

  • Dari mana produk ini berasal
  • Apa keistimewaannya
  • Kapan di produksi
  • Siapa yang sudah memakai dan sudah merasakan manfaatnya
  • Kapan saat yang tepat menggunakannya

Bila kamu memahami produk yang kamu jual secara mendalam, maka kamu akan mudah menyampaikan poin penting yang calon pembelimu butuhkan. Memahami produk secara mendalam bukan berarti kamu harus promosi di hadapan calon pembeli sampai berbusa-busa, tidak. Tidak sama sekali. Tetapi kamu hanya perlu menyampaikan poin penting yang paling dibutuhkan oleh pembeli.

Pelajari ilmu jualan

Menemukan target market sudah. Produk knowledge sudah kamu kuasai. Tahap berikutnya, kamu perlu mempelajari ilmu jualan (selling). Jauh sebelum terjadi selling, ada beberapa tahapan penting yang perlu kamu tahu. Misalnya saja, branding, marketing dan ujung-ujungnya tetap selling.

Jangan pernah berharap ada selling (penjualan) yang masif tanpa usaha cerdas untuk memuat strategi marketing yang menarik. Kamu juga perlu mempelajari dan mempraktikkan bagaimana membangun branding produknya secara benar. Bagaimana merencanakan dan membuat strategi marketing yang keren yang tidak bisa ditolak oleh target market kamu.

Mindset cara jualan online agar cepat laku

Bagaimana menanamkan mindset cara jualan online agar cepat laku yang benar? Memahami mindset sebelum kamu jualan jauh lebih penting dari aktivitas jualan itu sendiri. Mengapa? Karena mindset adalah believe, kepercayaan yang terbangun di dalam alam bawah sadar kamu. Memahami mindset yang benar akan mengantarkan kamu pada kesuksesan.

Inilah  mindset jualan yang perlu kamu tahu:

  1. Menolong orang lain
  2. Menjual value
  3. Berbagai manfaat

Yuk, kita mulai satu satu ya:

1# Menolong orang lain

Kenapa menolong orang lain? Bukankah jualan tujuan utamanya supaya dapat profit dan jadi uang (cash). Iya memang jualan ujung-ujungnya ya bagaimana memperoleh laba yang banyak. Tetapi bila uang faktor utama, maka kamu nggak akan bisa jualan secara maksimal. Kamu akan memperhitungkan banyak hal.

Tetapi bila kamu meyakini bahwa jualan adalah aktivitas menolong orang lain, maka kamu akan sabar saat mereka datang cuma tanya-tanya  dan nggak beli. Sering, kan?

Kamu akan sabar melayani mereka sepenuh hati, karena kamu sadar bahwa pembeli adalah raja.

2# Menjual value

Pernahkah kamu menawarkan sesuatu kepada orang lain? Sebagai seorang pebisnis, ya pasti pernah. Sebenarnya, saat jualan. Kamu tidak sedang menjual barang tetapi kamu sedang menjual value (nilai) dan manfaat. Mereka bukan sekedar menginginkan barang tetapi mereka membutuhkan nilai dan manfaat yang melekat pada produk yang kamu jual.

3# Berbagi manfaat

Tanpa kamu sadari, sebenarnya aktivitas jualan  adalah aktivitas berbagi manfaat kepada orang lain. Buktinya? Saat mereka memproleh barang yang mereka butuhkan, biasanya mereka bilang ”Makasih banyak ya. Semoga bermanfat”.

Jadi mereka sedang mencari manfaat, bukan mencari produk. Sekali lagi. Pahami ya dalam-dalam.

WhatsApp Marketing Tools yang Wajib Dimiliki oleh Pebisnis! 

Para pebisnis yang memanfaatkan WhatsApp sebagai alat bisnisnya harus mampu menarik prospek sebanyak mungkin ke akun WhatsApp mereka. Dengan demikian mereka dapat menjalankan strategi penjualan dengan lebih optimal. Dengan strategi pemasaran dan penjualan yang tepat, para pelaku bisnis dapat meraup keuntungan bisnis yang lebih besar.

Whatsapp Marketing Blaster

WA Blast sendiri adalah aplikasi pengirim pesan whatsapp secara massal tanpa perlu menyimpan nomor sebelumnya di kontak anda. WA Blast adalah aplikasi pihak ketiga yang dikembangkan oleh developer, Jadi aplikasi ini tidak resmi dari WhatsApp. 

Fungsi Utama Aplikasi ini adalah Meningkatkan Repeat Order Penjualan, dengan cara melakukan followup pembeli. Sekaligus Disaat Yang Sama Lebih Hemat Waktu! karena dapat melakukan followup pelanggan yang jumlahnya ratusan dan ribuan.

Untuk Produk ini bisa di dapatkan dengan cara Gratis atau berbayar di link berikut :
Whatsapp Blaster Tanpa Software ( Gratis ) <== pake shortener ya gan

Wa Blaster Android Autokirim di Ratakan.com ( Rp. 399rb)

Whatsapp Marketing Blaster di Shopee Rp. 50rb ) <== Termurah

WhatsApp Blast Sender di Ratakan.com ( Gratis ) <== Trial


Tips jualan online laris bagi pemula di Whatsapp

Target market sudah kamu kantongi. mindset jualan, kamu sudah ketemu. Sekarang saatnya kamu belajar bagaimana tips jualan online laris bagi pemula. Tenang saja ya, tips ini hanya saya share pada kamu saja loh. Jadi jangan bilang-bilang siapa-siapa ya. He he maaf, bercanda.

Kita lanjut.

Bagaimana agar jualan online laris? Target market adalah faktor penting agar jualanmu laris manis. Produk knowledge, vital untuk kamu kuasai. Sekarang kamu akan belajar bagaimana jualan online di whastapp:

1# Tambah jumlah kontak Whatsapp

Jumlah kontak sangat penting dalam sukses penjualan. Apalagi bila kamu hanya mengandalkan trafik dari kontak whatsappmu saja. Semakin banyak kontak database kamu, berarti semakin besar peluang terjadinya penjualan. Kamu bisa mendapatkan nomor kontak whatsapp calon pelanggan dengan 2 cara. Cara organik ataupun cara berbayar melalui iklan.

2# Promosi yang elegan

Promosi adalah urat nadi dari bisnis dan penjualan. Boleh dibilang nggak ada promosi, ya nggak ada penjualan. Memperolehj nomor kontak target market yang tepat akan meningkatkan potensi penjualan kamu.

3# Bangun interaksi dengan calon pembeli

Pahami bahwa kita hidup di era sosial media. Seseorang terhubung dengan orang lain lewat banyak aplikasi. Tetapi walaupun hidup di sosial media, tetap saja karakter manusia nggak bisa diabaikan. Misalnya saja, kamu jualan di whatsapp. Nggak bisa serta merta kamu promosi jualan terus tanpa mau membangun interaksi dengan mereka. Bukankah pembeli adalah raja?

Maka kamu perlu menyempatkan diri untuk  menyapa mereka. Terutama orang-orang yang pernah membeli produkmu. Mereka berpotensi melakukan repeat order. Tanyakan, bagaimana kabar mereka. Bagaimana kabar anak-anak mereka. Apa ada kendala dengan belajar anak-anak di masa pandemi ini. Sekilas, pertanyaanmu nggak ada hubungannya dengan produk jualanmu tetapi secara tidak langsung, kamu sudah membangun hubungan emosional dengan pembelimu.

4# Gunakan copywriting yang menarik simpati

Copywriting adalah seni memengaruhi  orang lain supaya mau beli. Seberapa tinggi tingkat konversi sangat ditentukan oleh seberapa bagus copiwriting yang kamu buat.

5# Hindari spam

Banyak orang yang berambisi jualannya laris dan dibeli banyak orang. Sehingga mereka melakukan spam. Mereka membuat promosi yang heboh di semua grup. Blast, bc adalah makanan mereka sehari-hari. Bagaimana hasilnya? Nggak maksimal.

Kenapa?

Karena pada dasarnya setiap orang itu punya kebutuhan tetapi mereka nggak mau dijuali. Ya, nggak mau dijuali. Mereka maunya beli. Sederhana sekali keinginan mereka. Maka di sinilah pentingnya skill copiwriting. Bagaimana agar orang tertarik dengan promosi kamu lewat tulisan yang kamu share.

6# Manfaatkan fitur story

Baru-baru ini Whatsapp dilengkapi dengan fitur story. Kamu bisa upload gambar, tulisan dan video singkat ke WA storymu. Keren, kan? Kamu bisa promosi tipis-tipis lewat WA story ini. Bisa promosi pakai testimonial para pembeli yang merasa puas. Chat yang ramai, bisa kamu screenshot dan share ke story.  Bisa juga kamu share ramainya komen di status jualannyamu di Facebok atau Instagram.

7# Pelajari teknik closing

Mendatangkan trafik ke kontak WA adalah  sebuah tantangan marketing. Tetapi membuat trafik yang datang menjadi konversi dan closing adalah tantangan yang lebih berat lagi. Bayangkan saja, dalam jualan online trafik adalah kata kuncinya tetapi banyak banget pelaku online shop yang bisa mendatangkan trafik tapi mereka kurang lihai dalam mengkonversi trafik ini menjadi pembeli.

Padahal, untuk mendatangkan trafik rata rata menggunakan iklan berbayar. Maka kamu perlu mempelajari dengan serius bagaimaan cara mengkonvesi trafik menjadi pembeli. Mengapa? Karena hanya penjualan saja yang menghasilkan cash (uang tunai). Trafik tidak bisa menghasilkan uang tetapi trafik masih bisa dijadikan kolam yang kapan-kapan masih bisa kamu pancing untuk jualan.

Status WA untuk jualan. Memang bisa?

Salah satu kunci bisa mengkonversi trafik jadi pembeli adalah dengan copiwriting yang berkesan. Kamu bisa memanfaatkan status wa untuk jualan kamu dengan menggunakan copiwriting yang cantik dan elegan.

Inilah cara jualan lewat status WAstory dan tahap-tahapannya:

  1. Klik tombol “dapatkan toko online secara gratis”
  2. Kamu bisa sign in menggunakan akun Google atau akun Facebookmu
  3. Klik “Create Shop”
  4. Kamu  bisa melengkapi informasi di bagian form yang tersedia
  5. Segera upload produk pertamamu

Yes, kamu sudah punya toko online di WA story. Mudah, kan?

Bagaimana cara jualan online laris di whatsapp

Kamu sudah mantap untuk memperoleh uang dari jualan online. Dan kamu memutuskan untuk berjualan di Whatsapp. Maka kamu perlu berpikir keras, bagaimana cara jualan di Whatsapp? Berikut beberapa tip dari penulis agar jualanmu ramai dan laris di whatsapp:

1# Kamu perlu membatasi postingan

Di sosial media orang datang untuk mencari hiburan, bukan untuk belanja. Ini yang perlu kamu pahami sebagai penjual. Maka saat database kamu lumayan banyak, kamu perlu berfikir ulang untuk BC jualan terlalu sering. Mengapa? Karena BC sering dan berulang-ulang membuat orang nggak nyaman. Sangat berpotensi membuat mereka lari. Harusnya kamu membuat postingan yang elegan, menarik dan menghibur. Sehingga membuat mereka simpati padamu.

Bayangkan saja, kalau kamu sering membuat postingan jualan, seakan-akan kamu kurang orderan. Kayaknya, kamu lagi dikejar setoran. Padahal, memang iya. Hehe

Walaupun benar kamu lagi dikejar setoran, kamu nggak boleh terlalu ambisi cari orderan. Biasa saja. Tampillah sebagai penjual yang menarik dan terpercaya. Sehingga membuat mereka percaya padamu. Ahirnya mau jadi resellermu. Asyik, kan?

2# Open reseller secara berkala

Salah satu  kunci agar jualan online laris di whatsapp adalah punya tim penjualan. Andai kamu punya 300 tim perjualan, kamu punya potensi orderan yang membludak. Anggap saja dari 300 reseller ini, ada 5% saja yang order rutin. Lumayan, kan?

Maka sebagai pebisnis online, kamu perlu berfikir keras bagaimana bisa merekrut sebanyak mungkin reseller. Kamu bisa memulai dari membuat lead magnet yang menarik. Misalnya, kamu open join reseller 20 orang saja di grup grup Facebook. Tawarkan kepada mereka bimbingan khusus bagaimana jualan yang menghasilkan.

Bukan hanya itu, kamu beri mereka diskon yang lumayan gede. Support juga dengan fast respon, pengiriman cepat dan packing rapi. Benefit ini sangat berarti bagi calon reseller yang ingin mendapat bimbingan jualan dari pebisnis online seperti kamu.

Kesimpulan

Jualan adalah aktivitas menolong orang lain yang dibayar. Asyik, kan? Kamu sejatinya menolong orang lain tapi kamu malah dapat uang. Bukan hanya itu, jualan termasuk salah satu jalan memperoleh uang paling mudah dan cepat dibanding jenis pekerjaan yang lainnya.

Tetapi dalam praktiknya, nggak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu perjuangan, kerja keras dan belajar terus tanpa henti. Salah satunya, kamu perlu mempelajari bagaimana cara jualan online laris di whatsapp. Whatsapp terbukti sebagai aplikasi yang paling banyak digunakan untuk berkomunikasi di dunia. Jadi peluang untuk memperoleh penjualan yang lumayan dari whatsapp besar sekali.


No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter