Slider

Analisis Peluang Dan Tips Memulai Usaha Baju Tidur Untuk Ibu Rumah Tangga

 


Jika Anda sedang mencari ide bisnis atau ide usaha yang tidak terhambat selama pandemi Covid-19 yang sedang terjadi saat ini, tentu saja usaha baju tidur adalah jawabannya. Sebab rasanya usaha baju tidur ini semakin hari justru semakin berjalan dengan lancar. Bagaimana tidak, karena adanya pandemi covid-19 seperti sekarang ini tentu saja aktivitas di luar rumah menjadi dibatasi, terlebih lagi kebijakan PPKM yang membuat semua aktivitas yang tidak begitu penting di luar rumah harus dihindari.

Dengan begitu tentu saja aktivitas akan lebih banyak dilakukan di dalam rumah. Oleh sebab itu tentu saja orang-orang, khususnya para wanita akan cenderung membeli dan juga menggunakan baju tidur untuk aktivitas sehari-hari di dalam rumah.

Semakin meningkatnya penggunaan baju tidur tentu saja juga membuat para pengusaha dari baju tidur juga akan melihat peluang dari usaha bisnis baju tidur di masa pandemi seperti ini yang pastinya akan sangat menggiurkan jika bisa dimanfaatkan sebaik mungkin.

Oleh sebab itu, untuk Anda yang sedang mencari ide usaha yang masih bisa sukses dijalankan walaupun sedang terjadi pandemi Covid-19, maka usaha baju tidur adalah jawabannya. Namun bagaimana analisis peluang dan tips dalam memulai usaha baju tidur? Tenang saja, semuanya akan saya bahas secara lengkap dan detail pada postingan ini.

Analisis Peluang Usaha Baju Tidur Rumahan

Peluang usaha baju tidur rumahan sebenarnya tidak terbatas. Hal ini karena baju adalah salah satu kebutuhan pokok dari setiap manusia. Oleh sebab itu dengan memilih menjalankan usaha baju tidur rumahan, tentu saja Anda akan mendapatkan pendapatan yang tidak akan ada habisnya.

Selain itu keuntungan yang nantinya akan Anda dapatkan juga sangat lumayan. Bahkan jika Anda pintar dalam mencari supplier dan juga pintar menawar, Anda bisa mendapatkan keuntungan mencapai 50% dari setiap 1 baju yang Anda jual. Belum lagi, jika Anda pintar memanfaatkan momen pandemi seperti ini yang mana aktivitas luar rumah akan sedikit dibatasi.

Sehingga banyak orang yang akan lebih suka menggunakan baju tidur untuk aktivitas sehari-hari di dalam rumah. Anda juga bisa mencoba metode penjualan yang bisa dibilang anti mainstream. Salah satu metode penjualan yang anti mainstream adalah dengan menjual baju tidur dengan sistem kredit.

Entah itu kredit mingguan atau setiap 3 hari sekali, tentu saja dengan sistem kredit ini Anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar sekaligus bisa menjaring banyak pelanggan dalam sekali waktu. Namun kekurangan dari menjalankan usaha baju tidur rumahan kredit ini adalah, Anda harus sering-sering berkeliling untuk menarik setoran kreditan.

Sementara itu, untuk Anda yang tidak ingin menjalankan usaha baju tidur rumahan dengan sistem kredit. Anda bisa mengambil jalan alternatif lainnya yaitu dengan menjualnya secara online atau memiliki toko fisik sendiri.

Bagaimana Prospek Usaha Baju Tidur Rumahan?

Perlu Anda ketahui, bahwa berdasarkan pengamatan saya dan juga analisa di lapangan. Ternyata usaha baju tidur rumahan ini memiliki prospek yang sangat cerah. Hal ini karena usaha baju tidur adalah usaha yang anti rugi.

Sebab namanya juga baju, baju sendiri merupakan barang yang awet, tidak bisa basi atau tidak bisa kadaluarsa. Dengan syarat Anda harus bisa menyimpannya dengan baik untuk tetap menjaga kualitas dari kain maupun baju tidur tersebut.

Selain itu, sudah sejak dulu usaha baju ini selalu laris manis karena baju sendiri merupakan salah satu kebutuhan pokok dari manusia yaitu SAndang. Jadi Anda tidak perlu ragu menjalani usaha baju tidur ini di daerah perkotaan maupun di daerah desa, sebab tentu saja Anda masih akan bisa mendapatkan keuntungan dari setiap penjualan baju tidur.

Rincian Modal Usaha Yang Dibutuhkan Untuk Membangun Usaha Baju Tidur Rumahan

Mungkin yang menjadi pertanyaan yang timbul di benak Anda adalah terkait berapa biaya modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha baju tidur. Sebenarnya karena kali ini kita akan membahas tentang usaha baju tidur rumahan, sudah pasti Anda tidak akan mengeluarkan modal untuk menyewa ruko atau toko khusus di lokasi yang strategis.

Namun, Anda bisa memanfaatkan rumah Anda sendiri untuk menjadi tempat dari menjalankan usaha baju tidur rumahan tersebut. Sesuai dengan namanya, “usaha baju tidur rumahan”. Tapi, jika Anda memang berniat untuk membuat usaha baju tidur yang sudah memiliki toko fisik agar bisa meningkatkan branding, tidak ada salahnya jika Anda menyewa ruko untuk menjadi tempat atau lokasi dari toko fisik tempat penjualan baju tidur yang Anda jalankan tersebut.

Nah berikut ini adalah beberapa rincian modal usaha yang dibutuhkan untuk membangun usaha baju tidur rumahan yang mungkin bisa menjadi acuan untuk Anda dalam membangun atau memulai usaha baju tidur rumahan.

RINCIAN MODAL USAHA BAJU TIDUR RUMAHAN

NO

NAMA PERLENGKAPAN

KETERANGAN

HARGA

1

GANTUNGAN

3 SET GANTUNGAN

Rp. 150.000

2

ETALASE

1 ETALASE

Rp. 500.000

3

RAK BAJU

3 RAK BAJU

Rp. 600.000

4

PLASTIK DAN NOTA

1 SET

Rp. 100.000

5

BAJU TIDUR DARI SUPPLIER

5 LUSIN

Rp. 2.000.000

 

Nah diatas sudah saya jelaskan dengan menggunakan tabel terkait rincian modal usaha baju tidur rumahan yang Anda butuhkan. Dimana Anda harus menyiapkan uang paling tidak Rp. 3.350.000 untuk bisa menjalankan ide usaha baju tidur yang ingin Anda jalankan tersebut.

Namun tentu saja perlu Anda ingat jika harga yang saya tuliskan diatas tidak mutlak ya, karena tentu saja bisa berbeda kemungkinan lebih mahal atau bahkan lebih murah. Sehingga lebih baik untuk Anda menyiapkan uang modal yang sudah saya tentukan sebelumnya.

Mungkin Anda bertanya-tanya, kenapa kita harus mengeluarkan modal yang besar untuk membeli 5 lusin baju tidur dari supplier? Sebenarnya ini adalah cara yang paling mudah untuk Anda yang ingin menjalankan usaha baju tidur rumahan.

Jadi dengan membeli baju tidur yang sudah jadi dari supplier, tentu saja Anda hanya perlu memasarkannya tanpa perlu memikirkan bahan, desain dan juga mencari karyawan untuk menjahit baju tersebut.

Mungkin Anda juga bertanya, kalau ada supplier, tentu saja kemungkinan besar orang lain yang ingin membeli baju tidur bisa langsung lewat supplier dong? Kenapa mereka membeli lewat usaha baju tidur rumahan kita?

Jadi akan saya coba jelaskan lebih sederhana. Misalnya Anda mengambil barang dari supplier dengan harga 1 lusin baju tidur hanya Rp. 500.000, harga tersebut Anda dapatkan lebih murah karena Anda mengambil langsung 1 lusin atau bahkan lebih.

Nah disini berarti Anda mendapatkan harga baju tidur dengan hitungan 1 pcs hanya seharga Rp. 40.000. Sementara Anda bisa menjualnya dengan harga Rp. 75.000, jadi Anda akan mendapatkan keuntungan yang hampir 100% dari setiap penjualan baju tidur yang Anda lakukan.

Tentu saja berbeda jika orang yang ingin membeli atau hanya membutuhkan 1 pcs baju tidur saja, tentu saja pihak supplier juga tidak mungkin menjual baju tidur tersebut dengan harga yang sama seperti perbandingan 1 lusin seharga Rp. 500.000.

Belum lagi masalah ongkir yang harus ditanggung oleh pembeli baju tidur satuan tersebut yang terkadang hampir sama seperti harga baju tidur yang dibeli. Tentu saja pembeli akan mengambil alternatifnya dengan cara membeli baju tidur di usaha yang Anda miliki tersebut.

Lagipula, kebanyakan para supplier dari baju tidur tidak mau melayani pembelian eceran 1 pcs baju tidur. Kebanyakan para pengusaha atau supplier baju tidur lebih menerima orderan borongan, sehingga ini bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan keuntungan dari kondisi tersebut.

Jenis-Jenis Baju Tidur Yang Menjadi Favorit Wanita Dan Ibu-Ibu

Dalam membangun usaha, terutama usaha fashion tentu saja Anda harus bisa melihat trend dan menganalisa target market Anda. Paling tidak Anda harus mengetahui jenis-jenis atau model seperti apa sih baju tidur yang disukai oleh wanita maupun ibu-ibu saat ini.

Sehingga, harapannya tentu saja nanti Anda bisa membeli atau memilih barang yang sesuai dengan minat pasar dari supplier. Dengan begitu tidak akan ada barang sisa yang tidak terjual karena barang-barang yang Anda jual sudah sesuai dengan target market atau target pasar Anda.

Nah untuk membantu mengetahui jenis-jenis baju tidur yang menjadi favorit wanita dan ibu-ibu saat ini. Berikut dibawah ini sudah saya tuliskan informasinya secara lengkap dan rinci.

1.   Piyama Katun Full Motif

Jenis baju tidur pertama yang paling banyak disukai oleh wanita saat ini adalah piyama katun full motif. Dimana sprite yang sudah kita ketahui,bahwa saat ini piyama katun ini menjadi salah satu dari jenis model baju tidur yang paling favorit dan banyak digunakan oleh orang-orang di tahun 2021.

Oleh sebab itu, untuk Anda yang ingin mencoba usaha baju tidur rumahan, Anda bisa mengambil stok piyama katun full motif dari supplier baju tidur yang Anda kenal. Alasan dari banyak orang lebih suka menggunakan piyama katun full motif adalah karena bahan katun ini sangat nyaman untuk digunakan sebab bisa menyerap keringat saat malam hari.

Selain itu, dari segi perawatan baju dengan bahan katun full motif ini juga sangat mudah untuk dirawat. Anda tidak perlu melakukan perawatan khusus untuk bisa menjaga kualitas dari baju dengan bahan katun.

Terlebih lagi dengan model baju tidur yang beragam dan sangat menarik tentu saja wajar jika piyama katun full motif lebih disukai oleh para wanita saat ini. Bahkan tidak hanya ibu-ibu dan wanita remaja saja, melainkan anak-anak juga mulai suka dengan model baju tidur piyama katun full motif tersebut.

2.   Piyama Satin

Berikutnya ada jenis baju tidur piyama satin. Dimana Piyama satin ini bisa memberikan kesan yang mewah dan elegan ketika dipakai. Selain itu model dari piyama satin ini juga memiliki bahan yang nyaman dan tekstur yang lembut seperti sutra.

Piyama satin juga dinilai menjadi salah satu tren baju tidur yang sedang ngehits dan viral di tahun ini, sebab banyak dari para selebgram hingga artis tanah air yang mulai mengenakan baju tidur jenis piyama satin.

Piyama yang berbahan satin ini selain bisa digunakan untuk baju tidur juga dapat digunakan untuk dalaman saat Anda pergi ke luar rumah. Sehingga kita bisa menyimpulkan jika jenis baju tidur piyama satin ini sangat multifungsi.

Banyak dari wanita yang lebih suka menggunakan piyama satin ini karena selain bisa menampilkan kesan seksi, setiap orang yang menggunakannya juga akan terlihat sangat classy.

3.   Baju Tidur Overlay

Berikutnya ada baju tidur jenis overlay yang juga sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai koleksi dalam menjalani bisnis ide usaha baju tidur rumahan. Hal ini karena jenis baju tidur overlay ini mempunyai model yang berlapis. Dimana suatu bahan dari baju tidur akan ditumpuk dengan jenis bahan lainnya.

Misalnya saja seperti bahan dari satin yang kebanyakan digunakan untuk lapisan dalam dari baju, nah lapisan satin ini akan ditumpuk dengan bahan lainnya yang lebih tipis seperti jaring yang digunakan untuk lapisan luar. Oleh sebab itulah kenapa jenis baju tidur yang satu ini diberi nama baju tidur overlay.

Banyak para wanita yang memilih dan menyukai baju tidur jenis overlay ini karena bisa memberikan kesan seksi dan juga feminim ketika digunakan. Sehingga dengan begitu baju tidur ini kerap kali dijadikan sebagai hadiah untuk pernikahan maupun ulang tahun.

4.   Baju Tidur Daster

Terakhir ada jenis baju tidur daster yang bisa Anda jadikan sebagai koleksi untuk berjualan baju tidur rumahan. Siapa sangka walaupun terkesan kuno dan jadul, ternyata jenis baju tidur yang satu ini menjadi baju tidur yang paling favorit digunakan oleh para wanita Indonesia saat ini.

Hal ini karena bahan yang digunakan untuk membuat daster adalah bahan-bahan yang bersifat ringan dan juga bisa menyerap keringat. Sehingga dengan begitu tentu saja akan membuat daster sangat nyaman untuk digunakan oleh setiap wanita saat tidur atau beraktivitas di dalam rumah.

Apalagi saat ini model dari daster yang sudah sangat beragam, jadi kesan norak dan kuno dari daster sudah berubah karena sekarang daster sudah dibuat dengan beragam warna yang cerah dan juga motif yang kekinian.

Nah itulah beberapa jenis baju tidur yang mungkin bisa menjadi koleksi barang dagangan dari usaha baju tidur rumahan yang ingin Anda jalani tersebut. Anda bisa menyesuaikan ingin mengambil stok jenis baju tidur yang mana yang ingin Anda gunakan untuk menjadi barang dagangan Anda.

Untuk Anda yang memiliki target market ibu-ibu, Anda bisa memilih baju tidur jenis daster. Atau untuk Anda yang memiliki target pasar wanita remaja atau ibu muda, Anda bisa mengambil stok jenis baju tidur satin atau full motif.

Tips Memulai Dan Menjalani Usaha Baju Tidur Rumahan

Terakhir, sesuai dengan jani saya. Saya akan memberikan ulasan dan sedikit tips mengenai bagaimana sih cara menjalani usaha baju tidur rumahan anti rugi. Karena tentu saja setiap pengusaha akan sebisa mungkin menghindari kata rugi.

Untuk itu, berikut dibawah ini sudah saya tuliskan beberapa tips memulai dan menjalani usaha baju tidur rumahan agar selalu mendapatkan keuntungan setiap bulannya.

1.   Lakukan Survey Dan Tentukan Jenis Baju Tidur Yang Ingin Dijual

Langkah pertama yang harus Anda lakukan agar sukses dalam menjalani usaha baju tidur rumahan adalah dengan melakukan survey dan juga menentukan jenis baju tidur apa yang akan Anda jual. Nah diatas sebelumnya sudah saya tuliskan beberapa jenis baju tidur yang sedang hits dan banyak digandrungi oleh para wanita masa kini.

Silahkan Anda lakukan analisis dan juga survey dalam menentukan kira-kira jenis baju tidur apa yang akan laris manis saat Anda jual di rumah. Untuk Anda yang tinggal di daerah perkotaan sih lebih baik Anda pilih jenis baju tidur Satin, overlay atau katun full motif.

Sementara untuk Anda yang ingin membuka usaha baju tidur rumahan di daerah pedesaan, Anda bisa memilih menjual jenis baju tidur daster yang pastinya akan disukai oleh para tetangga di sekitar Anda berjualan.

2.   Mencari Supplier Yang Tepat Untuk Mendapatkan Harga Yang Miring

Karena usaha baju tidur rumahan yang saya sarankan ini adalah menjual ulang barang atau baju tidur yang didapatkan dari supplier, tentu saja Anda harus bisa pintar-pintar dalam mencari supplier yang tepat untuk bisa mendapatkan harga beli yang miring.

Mencair supplier yang tepat dan murah tentu saja sangat penting karena berguna untuk meningkatkan laba yang nantinya akan Anda dapatkan. Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya pada analisis usaha baju tidur rumahan, bahwa jika Anda berhasil menemukan supplier baju tidur dengan harga yang miring Anda bisa mendapatkan keuntungan hingga 50% dari setiap penjualan baju tidur yang Anda lakukan.

Anda bisa melakukan observasi dengan mengunjungi beberapa pabrik konveksi rumahan yang ada di sekitar Anda untuk melihat apakah mereka menjual baju tidur dan bisa diAndalkan untuk menjadi supplier.

Jika memang tidak ada, jangan berkecil hati. Anda bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi yang sudah ada saat ini untuk mendapatkan supplier baju tidur secara online.

3.   Menentukan Metode Jualan Yang Cocok

Tentu saja sangat penting untuk menentukan mode jualan yang cocok. Apakah Anda ingin menjalani usaha bisnis baju tidur rumahan ini secara online maupun offline. Sebab jika dulu untuk bisa berjualan baju, kita harus pergi ke pasar atau ke tempat keramaian.

Namun sekarang zaman sudah berkembang dan berbeda, dimana Anda bisa menjual barang-barang atau produk yang Anda miliki dari rumah. Anda bisa menjual baju tidur yang Anda miliki tersebut secara online, entah itu di sosial media atau di aplikasi marketplace.

Tentukan dulu mana yang kira-kira sangat cocok untuk Anda jalankan. Atau mungkin Anda juga bisa menggunakan dua metode tersebut sekaligus sehingga peluang Anda untuk mendapatkan pelanggan semakin besar.

4.     Promosi Yang Tepat Dan Efektif

Tips membangun usaha baju tidur rumahan yang terakhir tentu saja adalah promosi atau pemasaran Anda. Sebaiknya Anda tentukan dulu media promosi apa yang akan Anda gunakan untuk mempromosikan usaha baju tidur rumahan yang sedang Anda geluti tersebut.

Namun saran saya adalah untuk Anda yang tidak memiliki modal besar, Anda bisa memanfaatkan sosial media dan internet sebagai sarana dari promosi usaha baju tidur rumahan yang Anda jalankan. Mulailah dengan mempromosikan produk Anda ke grup marketplace atau FJB di facebook. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan calon pelanggan tanpa terbatas oleh jarak dan waktu.

Nah itulah analisis peluang dan tips untuk memulai usaha baju tidur rumahan yang mungkin bisa bermanfaat untuk Anda.

 

No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter