Slider

[Update] Lowongan Kerja di Alfamart, Yuk Simak Persiapan untuk Melamar Kerjanya

Memperoleh pekerjaan dan dapat bekerja dengan baik menjadi salah satu hal yang paling membahagiakan bagi sebagian besar orang. Pasalnya dengan bekerja, seseorang akan bisa memperoleh penghasilan yang bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari. Apalagi saat ini pekerjaan menjadi hal yang sangat dicari-cari oleh setiap orang.

Melamar Kerja di Alfamart

Melamar pekerjaan merupakan hal penting yang harus dilakukan untuk dapat mengajukan diri agar bisa diterima bekerja di suatu tempat atau perusahaan tertentu. Melakukan pengiriman lamaran pekerjaan bisa dilakukan secara manual menggunakan kertas yang kemudian dijadikan satu dalam amplop dan dikirimkan ke alamat perusahaan atau instansi yang dituju.

Sebelum memutuskan untuk melamar suatu pekerjaan, ada baiknya jika Anda mencari tahu terlebih dahulu berbagai macam hal mengenai perusahaan tersebut. Ini tentu saja sebagai bekal bagi Anda ketika akan melakukan tes wawancara nantinya. Karena dalam hal ini tentu yang sering ditanyakan adalah perihal perusahaan dan juga skill calon pelamar itu sendiri.

Hal utama yang harus Anda perhatikan ketika akan melamar kerja di Alfamart atau pekerjaan apapun itu adalah penampilan. Usahakan penampilan Anda terlihat rapi, bersih dan wangi. Gunakan pakaian yang terlihat bagus dan tidak kusut. Umumnya saat akan mengajukan lamaran pekerjaan, ada baiknya jika Anda menggunakan pakaian formal.

Pakaian formal yang dimaksud di sini adalah menggunakan kemeja berwarna putih dan bawahan berwarna hitam. Ini merupakan standar umum yang sering diterapkan oleh setiap perusahaan dan instansi-instansi saat membuka lowongan pekerjaan. Hal tersebut tentu saja untuk mencapai suasana dan juga penampilan yang tampak lebih rapi dan formal.

Cara Melamar Kerja di Alfamart

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam melakukan cara melamar kerja di Alfamart. Semuanya sudah disesuaikan dengan standar-standar yang telah berlaku saat ini dan sudah ditetapkan oleh pimpinan perusahaan yang bersangkutan. Terdapat pembagian-pembagiannya, diantaranya adalah sebagai berikut.

Berikut ini Dokumen yang di butuhkan saat mendaftar Alfamart. Silakan Download Link berikut. File berbentuk word tinggal edit sesuai kebutuhan :

Contoh Surat Lamaran Alfamart

Contoh Curiculum Vitae Alfamart

Untuk Informasi Update daerah mana saja yang sedang membuka lowongan Alfamart

RECRUITMENT ALFAMART

web resmi, kloyang info loker pake shortlink sabar

CEK DI SINI 

lanjutkan baca sampai selesai ya guys tentang prosedure, persiapan, tips, dll supaya diterima kerja

1# Melamar Secara Online

Pilihan pertama yang bisa Anda gunakan adalah melamar pekerjaan di Alfamart secara online. Saat mendengar kata online, tentu yang muncul dalam pikiran para pembaca adalah menggunakan metode pengisian formulir di Google Form atau portal resmi HRD. Anda hanya cukup mengunjungi situs website yang sudah disediakan di recruitment alfamartku

Isikan semua data-data mengenai diri Anda yang diperlukan dan diminta dalam form tersebut. Isi dengan benar dan sesuai dengan data yang ada, supaya pemilik perusahaan bisa mengetahui riwayat Anda dengan baik dan benar. Pastikan bahwa data-data tersebut sudah valid dan tidak ada perubahan yang perlu dilakukan. Kemudian Anda hanya tinggal menunggu hasilnya saja.

Setelah melakukan pengisian data diri Anda dengan lengkap dan benar, maka Anda bisa memilih posisi dalam perusahaan sesuai dengan keinginan. Kemudian, pilih daerah atau kota tempat Anda ingin ditempatkan. Karena perusahaan satu ini hampir tersedia di seluruh wilayah Indonesia. Jadi, Anda bisa memilih ingin diposisikan pada daerah manapun.

2# Melamar Kerja Secara Offline

Selain melamar pekerjaan secara online di Alfamart, tersedia jug acara melamar menggunakan sistem offline atau secara langsung. Jika Anda menggunakan metode satu ini, maka pelamar harus melakukan pengiriman dokumen-dokumen yang diminta dalam bentuk hardcopy. Kemudian mengirimkannya menggunakan kantor pos atau po box.

Anda juga bisa mengirimkannya secara langsung ke kantor cabang Indomaret di daerah sekitar rumah Anda. Dalam melamar pekerjaan secara offline ini, ada beberapa syarat penting yang harus Anda lengkapi dahulu. Misalkan keterangan daftar riwayat hidup, salinan ijazah terakhir dan transkip nilai, salinan KTP atau SIM atau tanda pengenal lainnya.

Termasuk juga didalamnya Anda harus mneyediakan salinan SKCK, salinan surat keterangan sehat paling update, dan juga berikan pas foto Anda dengan ukuran norma sekitar 4x6 sebanyal satu buah saja. Kemudian ada beberapa tes dan tahapan yang perlu Anda lewati saat melamar kerja dengan menggunakan metode satu ini. Selengkapnya ada di bawah ini.

3# Tes Administratif

Tahap pertama bernama tes administrasi yang isinya adalah mengenai seleksi terhadap berkas-berkas riwayat hidup dan segala macam keperluan yang dibutuhkan. Pihak penyeleksi akan melakukan penyaringan pengirim yang memenuhi standar yang persyaratan. Pada bagian ini hal-hal yang diperhatikan oleh pihak Alfamart adalah pendidikan terakhir dan transkip nilai.

Bagi Anda yang merupakan lulusan perguruan tinggi, maka hal yang dilihat adalah nilai IPK pada semester akhir. Untuk dapat meminimalisir kegagalan dalam tahap seleksi ini, maka sangat penting bagi Anda untuk mempersiapkan berkas yang berkualitas. Jika Anda dinyatakan seleksi administratif, maka Anda harus mengikuti tes tulis dan wawancara juga.

Setelah Anda dinyatakan lolos dalam tes administrates, maka aka nada tes wawancara yang harus Anda ikuti. Perhatikan beberapa berikut ini ketika akan menghadiri dan mengikuti tes satu ini. Diantaranya adalah menggunakan sepatu hitam polos, menggunakan celana hitam panjang, baju atau kemeja putih, penampilan rapi, bagi muslimah berkerudung hitam.

4# Tes Kesehatan dan Fisik

Rangkaian tes berikutnya yang harus Anda lalui adalah tes kesehatan dan fisik. Ada beberapa hal yang memang harus diperhatikan oleh para pelamar. Pihak perusahaan akan melakukan seleksi yang cukup ketat terhadap para pelamarnya. Bagi laki-laki tidak boleh memiliki tato dan juga kecacatan pada tubuhnya.

Pada tahapan inilah para pelamar kerja sering gugur. Karena tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh perusahaan Alfamart. Misalkan memiliki tato di bagian tubuhnya, ada cacat tertentu yang ada pada tubuh yang bersangkutan. Atau bisa juga karena tinggi badan yang tidak memenuhi standar minimal yang sudah diberlakukan.

Pastikan bahwa kesehatan tubuh Anda dalam keadaan prima. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam tes kesehatan dan fisik ini, diantaranya adalah tinggi badan. Anda arus memiliki tinggi badan setidaknya 160 cm dan tidak memiliki riwayat buta warna. Selain itu, kesehatan tubuh Anda juga akan dicek di sini.

5# Tes Tertulis

Nah, setelah Anda selesai melakukan tes kesehatan dan fisik. Maka, tahapan tes berikutnya yang harus dilewati oleh para pelamar kerja adalah tes tertulis. Ada macam jenis soal yang harus Anda kerjakan didalamnya, diantaranya adaah tes psikotes, persamaan kata atau sinonim, soal antonym, soal analogi atau persamaan kata, matematika sederhana dan termasuk juga psikotes khusus.

Anda harus mampu mengerjakan soal-soal tersebut dengan baik dan benar. Dengan begitu, aka nada peluang bagi Anda untuk dapat lolos dan diterima di perusahaan Alfamart ini. Perlu diketahui, bahwa pengerjaan soal-soal ini juga memiliki tenggat waktu. Para pelamar harus bisa menyelesaikannya dengan cepat sebelum waktu selesai. 

Untuk dapat menyelesaikan tes tertulis ini dengan baik, Anda bisa belajar dengan membaca soal-soal dan jawaban mengenai hal yang akan diujikan di Google. Kemudian berlatih mengerjakan soal dengan cepat. Karena sudah pasti aka nada batas waktu yang ditentukan dalam proses pengerjaannya. Semakin cepat Anda menyelesaikannya, maka itu semakin bagus.

Syarat Melamar Kerja di Alfamart

Alfamart menjadi salah satu perusahaan yang setiap tahun pasti akan membuka lowongan pekerjaan. Ini bisa dimanfaatkan oleh para lulusan fresh graduated atau lulusan beberapa tahun sebelumnya untuk mendapatkan pekerjaan. Tentu ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh para pelamarnya, diantaranya adalah syarat fisik dan berkas dokumen.

Syarat Fisik

Syarat pertama yang harus Anda penuhi ketika akan melamar pekerjaan di Alfamart adalah syarat fisik. Ada beberapa syarat fisik yang ditentukan oleh perusahaan satu ini bagi para pelamarnya. Anda harus memperhatikannya dengan seksama. Berikut adalah beberapa penjelasan singkat mengenai hal tersebut.

  • Pria atau Wanita
  • Tidak memiliki tato atau tindik
  • Sehat Badan
  • Memiliki umur maksimal 24 tahun
  • Boleh menggunakan kacamata
  • Tidak buta warna
  • Tinggi badan laki-laki minimal 160 cm dan untuk perempuan minimal 155 cm
  • Tidak memiliki catatan kriminalitas
  • Minimal lulusan SMA atau sederajat
  • Memiliki usia minimal 18 tahun
  • Mampu bekerja dalam tim dan individu

Pakaian Melamar Kerja di Alfamart

Selain syarat-syarat, ada beberapa hal penting yang memang harus diketahui oleh seseorang ketika akan melamar pekerjaan di suatu tempat. Alfamart juga menerapkan beberapa hal untuk para pelamarnya agar dapat dipatuhi. Salah satunya adalah mengenai pakaiannya. Berikut adalah sedikit penjelasan singkatnya.

  • Menggunakan Pakaian yang rapi
  • Kemeja atau baju berkerah berwarna putih  ==> cek di sini
  • Menggunakan celana hitam polos ==> cek di sini
  • Menggunakan sepatu formal berwarna hitam ==> cek di sini
  • Bagi perempuan muslim menggunakan kerudung berwarna hitam
  • Memakai pakaian yang bagus dan tidak kusut
  • Bersikap sopan
  • Murah senyum dan tidak memasang muka masam
  • Menunjukkan sikap yang baik dan tidak bercanda
  • Memakai bahasa yang baik dan benar
  • Menjawab pertanyaan yang diajukan dengan jelas dan tidak bertele-tele
  • Menjawab secukupnya, tidak perlu menjelaskan dalam waktu yang lama
  • Bersikap baik dan menunjukkan etika yang sepantasnya

Ketika akan melamar pekerjaan di Alfamart usahakan bahwa penampilan Anda sudah terlihat rapi dan bersih. Anda bisa menggunakan parfum untuk dapat membuat tampilan terlihat lebih fresh dan segar. Dengan begitu, hal ini akan semakin menunjang gaya dan penampilan Anda lebih bagus dan menarik.

Posisi Lowongan Kerja di Alfamart

Terdapat beberapa posisi lowongan kerja di Alfamart yang bisa Anda coba untuk masukkan dalam daftar lamaran kerja. Anda bisa menyesuaikannya dengan minat dan bakat, agar pekerjaan bisa terasa lebih mudah dan tidak melelahkan. Berikut adalah beberapa macam posisi yang biasanya tersedia di Alfamart.

Crew Store

Crew store adalah orang-orang yang memiliki tugas untuk menjaga toko dan sekaligus mengawasinya. Ada dua bagian dari pekerjaan satu ini, yakni pramuniaga dan juga kasir. Keduanya memiliki tugas yang berbeda-beda, meskipun ditempatkan pada satu tempat. Pramuniaga dan juga kasir ditempatkan di toko untuk menjalankan toko tersebut.

Crew store memiliki tugas dan tanggung jawab menjaga toko dengan baik. Sekaligus untuk mengawasi dan melakukan pengecekan terhadap barang-barang di toko. Seperti mengganti barang yang sudah kedaluarsa atau rusak, melihat stok barang yang ada di toko, meletakkan dan menatanya dengan rapi serta menyambut para konsumen yang datang.

Tugas crew store kelihatannya memang tidaklah sulit. Namun, saat ada barang yang hilang dan jumlah pemasukan yang ada tidak sesuai dengan pengeluaran, maka pasti gaji yang diperoleh crew store ini akan dipotong sesuai dengan harga barang yang hilang tersebut. Itu semua memang menjadi kebijakan yang sudah diterapkan oleh pihak Alfamart sejak dulu. Crew store ini terbagi dalam dua pekerjaan, berikut adalah sedikit pembahasannya.

1# Pramuniaga

Salah satu posisi yang tersedia di Alfamart adalah pramuniaga. Umumnya Alfamart lebih mengutamakan laki-laki di posisi ini. Itu karena tugas ini memang cukup menguras tenaga dan lebih cocok dikerjakan oleh laki-laki. Tetapi, ada juga beberapa perempuan yang berhasil menduduki posisi ini di beberapa perusahaan Alfamart.

Tugas dan tanggung jawabnya biasanya adalah melakukan pengelolaan dan juga penataan dalam menempatkan barang-barang, mengecek dan memilah barang yang stoknya akan memasuki masa kedaluarsa, mengawasi para pembeli, memberikan pelayanan pada pembeli, melakukan perawatan terhada alat-alat toko, membersihkan gudang dan membuka stok barang dari pemasoknya di gudang.

Menjadi seorang pramuniaga memang cukup melelahkan. Ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan dengan cepat dan tepat. Maka dari itu, tidak heran jika bagian satu ini lebih cocok untuk diberikan kepada kaum laki-laki. Karena ini sangat cocok dengan prinsip seorang laki-laki yang pekerja keras dan mampu mengerjakan aktivitas berat.

2# Kasir

Bagian berikutnya yang bisa Anda masukkan dalam daftar lamaran kerja ketika mencoba melamar di Alfamart adalah bagian kasir. Umumnya posisi kasir ini banyak ditempati oleh perempuan. Karena kaum perempuan dianggap lebih teliti dalam masalah keuangan dibandingkan para laki-laki. Meskipun, kadang juga ada laki-laki yang menempatinya juga.

Terdapat beberapa tugas dan juga tanggung jawab seorang kasir yang harus diketahui. Diantaranya adalah memberikan pelayanan terhadap para pembeli yang akan membayar belanjaannya, memberikan tawaran produk yang sedang dalam masa promosi atau diskon, mengecek keaslian mata uang yang digunakan pembeli, mengecek uang saat akan ganti shift.

Kebanyakan kasus yang umum terjadi pada bagian kasir ini adalah karena terdapat selisih uang di meja kasir. Maknanya dari hasil barang keluar dan terjual tidak sama dengan total uang yang ada pada meja kasir. Menjadi seorang kasir memang merupakan pekerjaan yang cukup berat dan memiliki tanggung jawab besar. Karena ini menyangkut uang hasil penjualan harian.

3# Asistent Chief of Store

Salah satu bagian yang bisa Anda masuki dalam pendaftaran lowongan kerja di Alfamart adalah menjadi asistent chie of store. Bagi Anda yang belum mengetahui pekerjaan ini, jabatan tersebut bertugas sebagai asisten kepala toko. Artinya, orang inilah yang memiliki tugas untuk mengawasi toko dan membantu kepala toko tersebut.

Ada beberapa tugas dan tanggung jawab dari asisten kepala toko. Diantaranya adalah melakukan pengelolaan uang di brankas, menjadi pengganti kepala toko saat sedang sibuk, mengecek barang-barang dari pusat, melakukan pengelolaan laporan dari supplier, mengawasi pergantian shift dan bertanggung jawab atas ini, memastikan promosi sudah dilakukan.

Melakukan pengawasan terhadap uang yang masuk saat ganti shift juga menjadi salah satu tugas dan tanggung jawab dari asisten kepala toko. Selain itu, bagian ini juga bertanggung jawab mempersiapkan barang-barang yang akan direturn nantinya.

4# Chief Toko

Setelah membahas mengenai asisten kepala toko, maka selanjutnya akan dibahas pekerjaan dari chief toko. Atau biasa disebut sebagai kepala toko. Perlu Anda ketahui, bahwa seorang asisten kepala toko dapat memiliki peluang untuk naik jabatan menduduki posisi kepala toko. Tentunya jika yang bersangkutan mampu memberikan progress terhadap cara kerjanya.

Diantara tugas dan tanggung jawab dari kepala toko adalah membangun team work yang memiliki kekompakan dan mampu bekerja sama dengan baik, merupakan penengah saat ada perselisihan atau masalah pada karyawannya. Kemudian mengawasi karyawan agar melakukan tanggung jawab dan tugasnya dengan benar, memastikan penjualan sudah mencapai target. Kepala toko juga harus mampu menjaga image toko dan melakukan pengkoordinirannya juga.

Tugas menjadi seorang kepala toko memang cukup berat. Untuk itu, saat Anda memutuskan untuk memilih posisi dan jabatan ini. Maka, Anda juga harus memiliki tekad yang kuat dan berdedikasi tinggi terhadap pekerjaan, Karena peran seorang kepala toko memang sangat besar dan diperlukan dalam perusahaan seperti Alfamart ini.

Sistem Estimasi Gaji dan Tunjangan Kerja di Alfamart

Sejak dahulu ada banyak orang yang ingin dapat bergabung dan bekerja sebagai karyawan di Alfamart. Salah satu alasannya yakni karena adanya cukup banyak tunjangan-tunjangan yang bisa diperoleh para pekerja perusahaan tersebut. Berikut adalah daftar gaji masing-masing jabatan di Alfamart.

  • Freelancer sebesar Rp. 1.500.000/orang
  • Karyawan sebesar Rp. 1.500.000/orang
  • Kasir sebesar Rp. 1.900.000/orang
  • Kepala toko sebesar Rp. 2.000.000/orang
  • Manager sebesar Rp. 8.100.000/orang
  • Admin sebesar Rp. 2.200.000/orang
  • dan lain-lan.

Setiap anggota karyawan dari perusahaan ini akan memperoleh uang tunjangan hari raya (THR) dengan jangka waktu setahun sekali. Tidak hanya itu, ada juga BPJS Keternagakerjaan dan masih banyak lagi jenis-jenis tunjangan lainnya. Itu semua tentu sudah disesuaikan juga dengan jabatan setiap orang yang bersangkutan.

Sistem gaji yang diberlakukan di Alfamart sendiri dibayar setiap satu periode bulan. Tanggal pembayaran dilakukan sesuai dengan jumlah hari saat masuk kerja karyawan tersebut. Hal tersebut berlakuk untuk semua jabatan yang ada di perusahaan Alfamart ini. Namun, ada sedikit perbedaan untuk jabatan crew store yang apabila ada barang yang hilang, maka gajinya akan dipotong. Pemotongannya disesuaikan dengan nominal barang tersebut.

Tips Agar Lamaran Diterima di Alfamart

Dalam menerima karyawan atau pegawai baru, pihak Alfamart memberikan beberapa persyaratan tertentu. Itu semua semata-mata untuk bisa mendapatkan pekerja yang berpotensial dan memberikan kinerja terbaiknya bagi perusahaan. Berikut adalah beberapa tips agar lamaran diterima di Alfamart.

1# Menggunakan Pakaian Rapi Saat Datang Melamar

Agar dapat lolos ketika melamar kerja di Alfamart, maka ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan. Salah satunya adalah dengan menggunakan pakaian yang rapi ketika datang melamar. Dengan menggunakan pakaian yang rapi, maka seorang pelamar kerja akan memiliki peluang tinggi untuk dapat diterima.

Pastikan bahwa Anda menggunakan pakaian resmi dan rapi. Umumnya pakaian yang digunakan oleh seorang pelamar pekerjaan adalah dengan memakai pakaian kemeja putih dan celana hitam panjang. Perlu diingat bahwa celana yang digunakan harus berbahan dasar kain. Hindari untuk menggunakan celana jeans.

Kemudian pastikan juga bahwa pakaian yang Anda gunakan terlihat rapi dan tidak kusut. Anda juga bisa menggunakan parfum untuk bisa membuat tampilan terlihat lebih segar dan indah. Dengan begitu, Anda akan jauh lebih terlihat segar. Penampilan yang fresh dan nampak segar akan mampu menciptakan aura yang berbeda pada diri seseorang.

2# Bersikap Sopan

Selain dari segi penampilan fisik, sikap juga menjadi salah satu kriteria penting yang sangat diperhatikan oleh seorang atasan saat akan menerima karyawan baru dalam perusahaannya. Cara paling ampuh yang bisa Anda gunakan adalah dengan menerapkan sikap paling sopan dan hormat serta berwibawa.

Sopan menjadi sebuah sikap inti yang memang harus dimiliki oleh setiap orang. Saat seseorang mampu bersikap sopan dimanapun dan kapanpun waktunya. Maka, akan lebih mudah untuk dapat memperoleh segala sesuatu yang Anda inginkan. Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk tetap mempertahankan sikap satu ini.

Menumbuhkan sikap sopan santun dalam diri setiap orang adalah sebuah hal baik yang harus dilakukan. Dalam sebuah perusahaan tentu mempertimbangkan sikap seseorang adalah sebuah kriteria yang memang harus dipertimbangkan. Dengan bersikap sopan terhadap atasan, tentu itu juga akan bisa membuat Anda lebih mudah diterima ketika melamar pekerjaan di sana.

3# Menjawab Pertanyaan yang Diajukan dengan Jelas dan Lugas

Ada hal lain yang bisa Anda lakukan untuk dapat diterima saat melamar pekerjaan, yakni dengan menjawab pertanyaan yang diajukan dengan jelas dan lugas. Ini akan menciptakan kesan tersendiri mengenai diri Anda di mata para pemilik perusahaan yang bersangkutan. Untuk itu cara tersebut bisa Anda terapkan dengan baik.

Jawab seperlunya saja, Anda tidak perlu menjawab terlalu panjang atau juga terlalu singkat. Setidaknya jawaban tersebut enak untuk didengar dan mewakili jawaban yang diinginkan keluar dari mulut Anda. Apalagi kriteria setiap tempat itu tentu berbeda-beda. Hanya saja tetap dalam satu tujuan yakni memajukan perusahaan.

Penerapan sikap yang baik dengan menjawab pertanyaan yang diajukan secara benar dan tepat memang sangat penting untuk Anda perhatikan. Pastikan bahwa jawaban yang Anda berikan tidak akan membuat Anda berada pada posisi tidak aman. Karena salah satu hal terpenting yang biasanya menjadi tolak ukur penerimaan karyawan salah satunya adalah ini.

4# Tidak Bertele-tele

Saat menjawab pertanyaan dari pengaju, Anda tidak perlu menjawabnya dengan bertele-tele terlebih dahulu. Sampaikan saja seperti apa inti yang ingin Anda sampaikan kepada pengaju pertanyaan tadi. Dengan begitu, jawaban Anda akan bisa mengantarkan pada keberhasilan setelah proses wawancara dilakukan.

Maksud dari bertele-tele di sini adalah menjawab suatu pertanyaan yang diajukan dengan basa-basi atau tidak menyampaikan intinya saja. Meskipun hal tersebut terkesan cukup menarik dan dapat membuat kedekatan Anda dengan atasan lebih terjalin. Namun, hal satu ini dinilai kurang etis dan tidak tepat jika diterapkan oleh seorang karyawan perusahaan.

Sangat lebih baik jika Anda menjawab semua pertanyaan dengan lugas, jelas dan tepat. Karena masih ada banyak lagi juga orang lain yang akan mengikuti sesi wawancara yang Anda lakukan. Untuk itu, tentu dengan membagi waktu seperti ini akan lebih membuat Anda bisa menghargai waktu yang ada dengan baik.

5# Memiliki Tinggi Badan yang Sesuai dengan Syarat Perusahaan

Saat akan melamar suatu pekerjaan, tentu Anda akan mengamati syarat dan ketentuan-ketentuan yang ditetapkan oleh perusahaan tersebut. Salah satunya adalah mengenai tinggi badan minimal yang harus dimiliki. Dalam perusahaan Alfamart, bagi seorang laki-laki tinggi badan minimalnya adalah 160 cm. Sedangkan perempuan, sekitar 155 cm setiap orangnya.

Sebelum akhirnya Anda melamar pekerjaan, maka sebaiknya pastikan dahulu bahwa tinggi badan Anda sudah memenuhi syarat minimalnya. Dengan begitu, peluang untuk dapat diterima akan menjadi lebih terbuka lebar. Umumnya untuk perusahaan besar seperti Alfamart ada ketentuan tinggi badan minimal untuk pelamarnya.

Tak jarang ada banyak orang yang gagal dalam hal ini karena tinggi badan yang dimilikinya tidak memenuhi persyaratan. Biasanya standar yang diterapkan oleh setiap perusahaan hampir sama. Terutama dalam hal kriteria tinggi dan berat badan juga. Seorang karyawan Alfamart juga tidak boleh terlalu kurus atau terlalu gemuk.

Motivasi atau Keuntungan Kerja di Alfamart

Saat seseorang memutuskan untuk bekerja disuatu perusahaan, pasti ada motivasi atau keuntungan-keuntungan tertentu yang ingin diraih. Hal tersebut memang lazim dan harus dikejar dengan sebaik mungkin. Dengan begitu, dalam bekerja seseorang akan memiliki motivasi untuk dapat meningkatkan kinerjanya. Berikut adalah beberapa penjelasannya.

1# Memperoleh Gaji yang Tinggi

Salah satu motivasi atau keuntungan yang bisa didapatkan oleh seorang karyawan di Alfamart adalah perihal gaji yang akan diperoleh. Gaji karyawan di Alfamart memang berbeda-beda sesuai dengan jabatan yang diembannya. Namun, gaji tersebut memang sudah tergolong cukup tinggi bila dibandingkan dengan pekerjaan serupa.

Tentu hal tersebut terdengar sangat menggiurkan bagi para pelamar pekerjaan yang datang. Maka, dari itu tidak heran jika ada banyak orang yang berusaha untuk dapat masuk dalam daftar karyawan di perusahaan satu ini. Meskipun sebenarnya seleksi untuk bisa diterima sangatlah ketat dan memiliki banyak persyaratan yang harus dipenuhi.

Tetapi, meskipun begitu hal tersebut sama sekali tidak mengurungkan niat para pelamar untuk dapat mencoba meletakkan curriculum vitaenya di sana. Biasanya bagi para pelamar yang diterima pasti akan mendapatkan panggilan untuk interview dan juga sekaligus mengikuti masa percobaan selama beberapa waktu.

2# Tempat Bekerja yang Nyaman

Faktor lain yang menjadi alasan seseorang memilih Alfamart sebagai tempat untuk melamar pekerjaan adalah tempatnya yang nyaman. Bagaimana tidak, tempat bekerja seorang karyawan Alfamart sudah pasti memiliki pendingin udara dan suasananya juga cukup menyenangkan. Jadi, tidak heran jika banyak orang yang tertarik untuk melamar kerja di sini.

Tempat yang nyaman ini juga bisa didapatkan dari sikap para karyawan yang lain. Mereka akan saling bekerja sama untuk menjaga toko agar tetap rapi, bersih, kondusif dan juga sesuai tampil bagus. Untuk itu mereka harus mau untuk bekerja sama demi tercapainya hal tersebut. Maka dari itu, pasti akan ada kedekatan yang terjalin dalam membangun hal tersebut.

Teman yang baik dan suasana yang menyenangkan akan membuat pekerjaan terasa lebih mudah dan tidak melelahkan. Dengan begitu, kinerja Anda akan menjadi semakin bagus dari hari ke hari. Untuk dapat menciptakan suasana seperti ini, tentu diperlukan kerjasama dan juga kepedulian antar sesama karyawan toko.

3# Teman-Teman Sesama Karyawan yang Ramah

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, karyawan yang ramah dan baik memang menjadi salah satu kunci sebuah tim akan bisa bekerja sama dengan baik. Dalam toko Alfamart, hampir semua pekerjaan harus dilakukan dengan cara tim. Agar dapat memperoleh hasil yang lebih bagus dan meningkatkan persaudaraan sesama karyawan toko.

Selain itu, dengan melakukan semuanya secara bersama-sama. Seseorang akan bisa menyelesaikan pekerjaannya hanya dalam waktu singkat dan tanpa adanya kebingungan dalam menuntaskan semua itu. Itulah salah satu fungsi dibentuknya tim dalam karyawan toko seperti ini, Tentu saja agar dapat lebih cepat menyelesaikan pekerjaan yang ada.

Apalagi jika ada banyak barang-barang toko yang datang secara bersamaan. Tentu akan sangat melelahkan jika hanya satu atau dua orang saja yang menyelesaikan dan mengangkut barang. Pekerjaan seperti ini harus dilakukan secara bersama-sama. Agar bisa selesai dengan cepat dan sekaligus membuat para karyawan lebih dekat satu sama lain.

4# Tidak Ada Diskriminasi Sesama Karyawan

Setiap pekerjaan para karyawannya pasti menginginkan adanya sikap yang sama terhadap satu karyawan dengan banyak karyawan lainnya. Atau bisa juga disebut tidak adanya diskriminasi antar sesama karyawan. Ini untuk dapat menghindari permusuhan timbul dalam sebuah tim di suatu perusahaan.

Hal tersebut bisa saja menganggu solidaritas yang sudah dibentuk sejak lama dalam tim yang bersangkutan. Untuk bisa menghindarinya, maka ada baiknya jika setiap pekerjaan dilakukan secara bersama-sama. Agar keutuhan persaudaraan dapat dengan lebih mudah terjalin dalam lingkup sesama karyawan tersebut.

5# Memiliki Banyak Tunjangan

Selain gaji yang cukup tinggi, salah satu faktor lain yang mempengaruhi banyaknya orang yang ingin melamar salah satu jabatan kosong di Alfamart adalah karena tunjangannya. Seorang karyawan Alfamart akan memperoleh banyak tunjangan setelah resmi diterima menjadi karyawan di perusahaan satu ini.

Tunjangan yang didapatkan juga tidak hanya satu atau dua saja. Tetapi, justru ada cukup banyak tunjangan-tunjangan lain yang akan diperoleh. Dengan begitu, akan ada semakin banyak keuntungan-keuntungan yang bisa didapatkan dalam perusahaan satu ini. Keuntungan itu juga bisa dikatakan cukup besar dan banyak.

Tentunya setiap jabatan memiliki tambahan-tambahan tunjangan tertentu. Tetapi, pada intinya tunjangan-tunjangan tersebut memiliki jumlah yang cukup banyak. Dengan begitu, karyawan Alfamart tersebut sudah memiliki tabungan untuk kehidupannya dna keluarganya. Apalagi dengan jumlah yang lumayan banyak juga.

6# Adanya Bonus yang Diberikan

Selain tunjangan dan juga gaji yang banyak, para karyawan Alfamart juga akan mendapatkan bonus-bonus dalam jumlah yang juga besar. Bonus itu seperti bonus penjualan produk, tunjangan hari raya dan masih banyak lagi jenis-jenis bonus lainnya yang bisa Anda dapatkan ketika berhasil menjadi bagian dari Alfamart ini.

Hal tersebut tentu saja akan sangat menguntungkan bagi Anda dan keluarga. Ada banyak bonus-bonus yang akan didapatkan dalam periode atau masa tertentu. Tentunya juga ini semua bisa didapatkan jika Anda mampu bekerja dengan baik dan sekaligus memberikan kinerja yang maksimal untuk toko yang Anda tempati bekerja.

Jika Anda mampu bekerja dengan maksimal dan membuat toko mendapatkan keuntungan dalam penjualan pada angka yang cukup besar, maka tentu bonus yang didapatkan juga akan semakin banyak. Bahkan bisa jadi bonus tersebut bisa Anda cairkan kapan saja ketika Anda membutuhkannya untuk kepentingan tertentu.

7# Suasana Bekerja yang Menyenangkan

Hal lain yang bisa menjadi faktor atau motivasi dan keuntungan saat bekerja di Alfamart adalah suasana bekerja yang menyenangkan. Anda sepanjang hari saat bekerja akan ditempatkan di lokasi yang memiliki pendingin udara dan juga tempat yang sejuk. Anda tidak perlu khawatir kepanasan atau kegerahan saat berada dalam toko.

Apalagi jika ditambah dengan sikap-sikap para karyawan lainnya yang juga ramah dan menyenangkan. Tentu hal tersebut akan semakin meningkatkan rasa semangat Anda dalam bekerja. Suasana seperti ini pastinya dapat membuat setiap orang merasa bahagia dan senang bekerja di perusahaan satu ini.

Rasa senang ini tentu akan membuat seseorang bisa menciptakan banyak perubahan dan kinerja yang bagus bagi perusahaan. Selain itu, solidaritas dan rasa kekeluargaan antar sesama karyawan yang erat juga akan semakin membuat mereka satu sama lain semakin akrab. Bahkan sudah seperti keluarga yang tidak akan bisa dipisahkan.

Info Lowongan Dapat Darimana?

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk dapat memperoleh informasi mengenai lowongan Alfamart di sekitar daerah Anda. Saat ini mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan merupakan sebuah hal yang sangat mudah untuk didapatkan. Berikut adalah beberapa cara diantaranya.

1# Melalui Internet

Salah satu cara untuk dapat memperoleh info lowongan kerja di Alfamart dengan mudah adalah menggunakan kemudahan dalam akses internet saat ini. Cara satu ini merupakan salah satu langkah yang paling mudah dan cepat dalam mencari informasi yang Anda butuhkan. Mulai dari dunia pendidikan hingga lowongan pekerjaan.

Semua informasi yang Anda perlukan bisa dengan sangat mudah untuk didapatkan hanya dengan sekali klik dan mengetikkan kata kuncinya saja. Ini tentu akan sangat mempermudah Anda dalam menyelesaikan masalah-masalah dalam mencari pekerjaan dengan cepat dan tepat serta dalam waktu yang singkat.

Dengan menggunakan internet, seseorang akan lebih mudah dalam mendapatkan informasi. Anda bisa mencari info mengenai lowongan pekerjaan dalam jumlah banyak di area sekitar tempat tinggal menggunakan metode ini. Apalagi biasanya, pihak Alfamart akan mengedarkan banyak pamflet dan selebaran online di berbagai media.

2# Pamflet atau Brosur

Selain memanfaatkan internet, Alfamart juga biasanya akan menyebar pamflet atau brosur di lokasi-lokasi tertentu. Terutama lokasi yang ramai dan menjadi pusat aktivitas atau tempat banyak orang berkumpul. Tempat seperti ini memang cukup strategis untuk digunakan sebagai lokasi menyebarkan pamflet lowongan pekerjaan.

Dalam sekali menyebarkan, seringkali Alfamart menyediakan banyak lowongan untuk berbagai jabatan. Biasanya jabatan yang paling banyak dibutuhkan adalah sebagai seorang crew store. Dibutuhkan cukup banyak karyawan untuk mengawasi dan memanajemen toko Alfamart dengan baik, agar tidak terjadi hal-hal tak diinginkan didalamnya.

Penyebaran pamflet atau brosur ini juga akan bisa membantu Anda dalam menemukan karyawan. Orang-orang yang sedang mencari pekerjaan juga dapat dengan mudah memperoleh informasi dengan menggunakan cara satu ini. Seringkali pamflet atau brosur mengenai lowongan kerja seperti ini disebarkan di mall, toko swalayan, dan pinggiran jalan raya.

3# Informasi dari Teman

Beberapa orang ada juga yang memperoleh informasi mengenai lowongan pekerjaan dari salah seorang temannya. Memiliki jaringan atau relasi yang banyak adalah salah satu hal menguntungkan bagi seseorang yang bersangkutan. Anda akan jauh lebih mudah untuk melakukan atau mendapatkan sesuatu dengan cara satu ini.

Bagi Anda yang sedang mencari lowongan di Alfamart, mungkin bisa sedikit bertanya-tanya kepada teman-teman yang bekerja di sana. Tanyakan pada teman Anda apakah di tempatnya bekerja masih ada lowongan pekerjaan yang kosong. Jika memang masih ada, maka segeralah untuk datang dan mengirimkan curriculum vitae Anda ke sana.

Anda akan dapat memperoleh informasi mengenai jabatan yang tersedia dengan cukup lengkap melalui cara satu ini. Anda hanya perlu bertanya dan mendengarkan penjelasan-penjelasan dari teman Anda yang juga salah satu karyawan di sana. Dengan begitu, Anda akan mampu membuat strategi supaya dapat diterima di Alfamart dengan cepat.

4# Rekomendasi Keluarga

Cara rekomendasi keluarga ini merupakan salah satu cabang informasi dari teman. Anda bisa memperoleh informasi suatu pekerjaan dengan lebih cepat menggunakan cara ini. Namun, pada intinya informasi ini juga didapatkan dari karyawan toko atau teman salah satu anggota keluarga Anda yang juga bekerja di Alfamart.

Tentu cara satu ini bisa menjadi salah satu cara paling efektif untuk dapat membuat seseorang mampu untuk menpersiapkan diri bekerja di tempat tersebut. Tentunya dengan berbagai macam strategi khusus dan juga belajar dengan giat. Agar dapat menjawab semua pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam sesi wawancara nantinya.

Rekomendasi dari keluarga ini juga akan bisa menjadi salah satu cara untuk mendekatkan hubungan Anda dengan keluraga. Anda dan pihak keluarga akan sering berdiskusi ringan bersama-sama. Meskipun tujuan utamanya adalah memahami mengenai pekerjaan atau jabatan yang ada di perusahaan tersebut dengan baik.

Berikut ini Dokumen yang di butuhkan saat mendaftar Alfamart. Silakan Download Link berikut. File berbentuk word tinggal edit sesuai kebutuhan :

Contoh Surat Lamaran Alfamart

Contoh Curiculum Vitae Alfamart


Contoh Surat Lamaran

Surabaya, 18 Agustus 2021

 

Perihal             : Lamaran pekerjaan

Lampiran         : Satu Berkas

 

Yth. Kepala Personalia

PT. Sumber Alfaria Trijaya

Jalan Karet Belakang Barat, Rt. 1/ Rw. 2

Kuningan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan pengumuman resmi yang saya dapatkan tentang lowongan pekerjaan sebagai learning design specialist di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Adapun identitas diri saya sebagai berikut:

nama                            : Rani Anggaraini Putri

tempat, tanggal lahir   : Surabaya, 23 Oktober 2000

alamat                          : Jalan Raya Wonokromo no. 53 Surabaya

pendidikan terakhir     : Strata 1 manajemen perkantoran

no. telepon                  : 087654453189

 

Dengan ini saya mengajukan permohonan untuk menjadi learning design specialist di PT. Sumber Alfaria Trijaya yang Bapak/Ibu pimpin. Adapun sebagai bahan pertimbangan bersama surat ini saya lampirkan:

1.      Surat keterangan berkelakuka baik dari kepolisian sebanyak satu lembar

2.      Daftar riwayat hidup

3.      Salinan kartu tanda penduduk satu lembar

4.      Salinan ijazah strata satu manajemen perkantoran sebanyak satu lembar

5.      Salinan sertifikar kursus komputer satu lembar

6.      Salinan sertifikat kursus Bahasa Inggris satu lembar

7.      Pas foto ukuran 3x4 sebanyak tiga lembar

 

 

Hormat Saya

 

Rani Anggraini Putri

Contoh Curiculum Vitae

Curiculum Vitae

Biodata Pribadi

Nama                                       : Rani Anggaraini Putri

Tempat, tanggal lahir              : Surabaya, 23 Oktober 2000

Alamat                                    : Jalan Raya Wonokromo No. 53 Surabaya

Pendidikan terakhir                 : Strata 1 Manajemen Perkantoran

No. Telepon                            : 087654453189

 

Pendidikan

1.        SD Negeri 05 Surabaya               2012

2.        SMP Negeri 45 Surabaya            2015

3.        SMA Negeri 10 Surabaya            2018

4.        Universitas Negeri Surabaya       2021

 

 

Surabaya, 18 Agustus 2021

 

 

Riri Anggaraini Putri

 




No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter