Slider

Begini Bunda Cara Mengatasi Anak Nakal


Menjadi orang tua merupakan sebuah anugrah yang tidak ternilai. Karena menjadi orang tua mendapat tugas dari sang Pencipta untuk merawat dan mendidik anak. Di mana kita semu a tahu  bahwa setiap orang tua mendidik anak mereka agar menjadi orang yang baik. Tapi rupanya di sini menjadi orang tua bukanlah perkara yang mudah.

Hal itu bisa kita lihat  dari beberapa orang tua yang mengalami kendala dalam mendidik dan membesar anak. Adapun salah satu jenis kendala yang paling sering dialami oleh para orang tua adalah menghadapi anak yang nakal. Bahkan di sini ada orang tua yang merasa stress karena menghadapi anak mereka yang nakal.

Dari kasus anak yang nakal itu orang tua berusaha mencari cara agar anak mereka berubah. Untuk menjawab rasa resah anda mengenai cara menghadapi anak nakal. Di bawah ini kami akan memberikan beberapa informasi yang berguna dan  bermanfaat untuk anda sekalian tentang cara menghadapi anak yang nakal. Anda penasaran kan? Yuk kita baca dan simak bersama penjelasan yang akan kami tulis seperti yang ada di bawah ini.

Tidak melabel anak sebagai anak yang nakal

Sebagian besar orang tua ketika melihat anaknya nakal mereka justru langsung memberikan label kalau anak itu nakal. Hal yang semacam itu sebetulnya kurang tepat. Karena dengan melabel anak nakal secara tidak langsung bisa membuat anak menjadi terluka. Dengan membuat terluka secara tidak langsung juga mengurungkan niat untuk berbuat baik.

Sebagai solusi pertama yang bisa dilakukan oleh orang tua ketika mendapati anak  mereka nakal adalah dengan menasehati anak dengan pelan-pelan. Beritahu pada anak apa yang dilakukannya adalah salah dan tidak. Kemudian mintalah anak untuk tidak  mengulangi lagi. Dengan cara yang demikian secara tidak langsung memberikan kesadaran pada anak  untuk tidak melakukannya lagi.

Memberikan contoh yang baik

Anak kecil mempunyai kebiasaan untuk mencontoh apa yang dilakukan oleh para orang tuanya tanpa tahu apa itu baik atau tidak. Maka dari itu dari pihak orang tua atau orang yang lebih tua perlu untuk memberi contoh yang baik pada anak. Dengan anak semakin sering melihat tindakan dan perbuatan baik orang tua atau orang yang lebih tua dengan demikian akan membentuk kepribadian anak dalam bertindak dan berperilaku.

Tidak membentak dan memarahi anak di depan umum

Sebagian besar orang tua ketika melihat anak mereka melakukan kesalahan atau nakal biasanya akan memarahi atau membentak anak di depan banyak orang.  Tindakan yang demikian sebenarnya kurang baik dan juga kurang tepat. Hal itu tak hanya membuat perasaan anak menjadi terluka. Namun ketika itu juga membuat anak merasa dipermalukan di depan umum. Sehingga bisa membuat anak menjadi rendah diri. Maka jika mendapati anak anda nakal di tengah  banyak orang, berusahalah anda sebagai orang tua atau orang yang lebih tua berusahalah untuk tidak membentak anak di depan umum.

Beritahukan anak dengan sabar

 Biasanya orang tua ketika melihat anak mereka itu nakal atau salah sering mudah merasa marah dan emosi. Tanpa berpikir panjang bisa orang tua langsung memberikan hukuman pada anak. Hal itu dilakukan dengan maksud agar membuat anak menjadi jera.  Namun di sini tindakan itu rasanya kurang tepat karena bisa mempengaruhi kondisi psikologi anak.

Maka dari itu tindakan yang tepat untuk dilakukan ketika anak nakal adalah berusahalah dengan sabar untuk menasehati anak. Dengan cara yang demikian bisa membuat anak sadar dan mau belajar dari kesalahan yang sudah dia perbuat itu.

Membuat aturan dan sanksi

Seringkali anak itu membuat aksi kenakalan itu beragam. Di jaman yang modern seperti sekarang ini tentu saja kita tahu bahwa penggunaan gadget sudah bukan lagi menjadi barang mewah. Dan di sini pemakaian gadget tak lagi hanya dipakai oleh para orang tua saja. Namun di sini juga banyak dipakai oleh kalangan anak-anak. Di mana seringkali ketika gadget di pakai oleh anak-anak justru malah membuat  mereka jadi lupa waktu.

Nah untuk mengatasi masalah yang semacam itu orang tua perlu untuk membuat aturan pada anak mengenai pemakaian gadget. Selain itu di sini anda juga perlu membuat sanksi jika anak kedapatan melanggar aturan dan kesepakatan. Dengan cara yang demikian bisa mengurangi resiko anak menjadi anak yang nakal.

Jangan terlalu memberikan toleransi pada anak

Setiap orang tua tentu saja mempunyai cara masing-masing dalam mendidik dan membesarkan anaknya. Di mana ada orang tua yang mendidik anak dengan memberikan didikan yang over protective. Selain itu di sini ada orang tua yang mendidik anak dengan cara terlalu longgar dalam mendidik anak.

Maka dari itu di sini sebagai orang tua diharapkan untuk tidak terlalu memberikan toleransi pada anak. Karena hal yang semacam itu bisa membuat anak menjadi anak yang nakal. Maka dari itu di sini di harapkan pada para orang tua dalam mendidik anak untuk jangan terlalu memberikan toleransi pada anak.

Jangan terlalu membuat memanjakan pada anak

Beberapa orang tua mendidik  anak dengan cara memanjakan anak. Hal yang semacam itu rupanya kurang baik. Karena bila anak menginginkan sesuatu tapi orang tua tidak memberikan apa yang anak minta. Kemungkinan anak akan menarik perhatian dengan membuat suatu kenakalan agar orang tua mau memberikan apa yang ia minta.

Maka dari itu untuk para orang tua yang mempunyai anak berusahalah untuk tidak terlalu memanjakan anak. Hal itu dilakukan untuk meminimalisirkan kasus kenakalan yang dilakukan oleh anak.

Jangan terlalu ketat pada anak

Dalam mendidik anak di sini rupanya ada orang tua yang mendidik anaknya dengan cara yang over protektif. Hal yang semacam itu rupanya juga kurang baik untuk anak. Seringkali anak yang terlalu diberikan perhatian yang over protektif akan memberontak orang tuanya dan kemungkinan bisa menjadikan anak pribadi yang nakal. Maka dari itu dari pihak orang tua jangan terlalu mengekang kebebasan anak yang terlalu over protektif. Alangkah baiknya jika orang tua juga memberikan kebebasan dan kelonggaran terlebih di masa masa pertumbuhan dan perkembangan anak demi perkembangan diri dan  kepribadian anak agar menjadi pribadi yang utuh dan  baik.

Nah itu tadi beberapa tips dan juga informasi yang sudah kami berikan untuk anda tentang bagaimana cara untuk mengatasi anak yang nakal. Semoga informasi yang telah kami berikan untuk anda tadi bisa berguna dan bermanfaat untuk anda semua tentang cara mendidik dan mengatasi anak yang nakal. Terutama di sini untuk para orang tua yang sedang mengalami kasus kenakalan anak di rumah.

No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter