Slider

Begini Cara dan Tips Mendapatkan Pinjaman Uang dari Aplikasi Tokopedia Terbaru

Sebagai salah satu e-commerce yang populer di Indonesia, Tokopedia terus menambahkan banyak layanan yang semakin memanjakan para mitra seller dan penggunanya. Salah satu layanan terbaru yang bisa kamu nikmati di Tokopedia adalah layanan pinjaman dana. 

Yup, sekarang kamu tak hanya bisa melakukan transaksi jual beli secara online saja di Tokopedia. Kamu juga bisa mendapatkan pinjaman dana untuk pengembangan usahamu atau untuk keperluan yang lainnya.

Tokopedia telah menyediakan layanan pinjaman dana yang bisa dinikmati oleh penjual atau seller dan pembeli atau konsumen yang bisa diakses dengan sangat mudah lewat aplikasi Tokopedia. Nah, untuk kamu yang ingin mendaatkan informasi terlengkap mengenai cara mendapatkan pinjaman uang di Tokopedia, pastikan kamu membaca artikel ini sampai selesai ya.

Mendapatkan Pinjaman Uang di Tokopedia untuk Seller

Menjadi seller atau penjual di Tokopedia banyak dipilih oleh orang-orang yang ingin menjual produknya ke pasar yang lebih luas. Tak hanya itu, mulai sekarang seller Tokopedia juga punya kesempatan untuk mendapatkan suntikan dana untuk mengembangkan usahanya di Tokopedia, loh!

Tokopedia telah menyediakan sebuah layanan pinjaman yang bisa diakses oleh seller-seller terpilih yang diberi nama Modal Toko. Layanan Modal Toko ini memungkinkan para seller mendapatkan pinjaman dana secara online untuk mengembangkan lapak jualannya yang ada di Tokopedia.

Tentang Modal Toko

Apakah kamu adalah seorang seller yang ingin mendapatkan pinjaman dana dengan mudah dan punya tenor pengembalian yang bisa disesuaikan dengan kemampuanmu? Jika iya, tak ada salahnya kamu mencoba layanan Modal Toko yang ditawarkan Tokopedia loh.

Layanan yang tersedia bagi seller terpilih yang mempunyai lapak berjualan di Tokopedia ini memungkinkanmu untuk mendapatkan pinjaman modal mulai dari 200 ribu sampai 50 juta rupiah yang bisa kamu gunakan untuk mengembangkan usahamu. Selain mudah dan fleksibel, fasilitas Modal Toko juga terbilang cukup instan karena pinjaman bisa langsung masuk ke saldo penghasilanmu di akun penjual atau bahkan langsung ke rekening pribadimu. Dengan suku bunga yang relatif rendah mulai dari 0,75% sampai 2,75%, seller Tokopedia bisa mendapat pinjaman modal pengembangan usaha hanya dalam waktu beberapa hari saja.

Syarat Mandapatkan Pinjaman Modal Toko di Tokopedia

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, seller yang berjualan di Tokopedia bisa mendapat tambahan dana untuk mengembangkan bisnisnya melalui layanan Modal Toko. Sayangnya layanan yang satu ini baru tersedia untuk seller atau penjual terpilih saja. Dengan begitu, syarat untuk mendapatkan pinjaman modal di aplikasi Tokopedia mengikuti syarat yang ditetapkan oleh pihak penyedia pinjaman salah satunya Modalku. Berikut adalah syarat-syarat yang harus kamu penuhi jika ingin mendapatkan pinjaman modal di aplikasi Tokopedia

  • Seller atau penjual adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang berusia 21 sampai 55 tahun
  • Sudah aktif berjualan di Tokopedia minimal selama 6 bulan
  • Berdomisili di daerah Jabodetabek
  • Seller atau penjual memiliki dokumen kependudukan yang diperlukan seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) dan NPWP.

Cara Daftar Pinjaman Modal Toko bagi Seller Tokopedia

Sama hal nya dengan mengajukan pinjaman modal di bank atau aplikasi pinjaman online lainnya, untuk dapat menikmati layanan pinjaman Modal Toko ini terlebih dahulu kamu harus mendaftarkan diri. Tapi tenang saja, cara daftar atau mengajukan pinjaman Modal Toko tidak seribet mendaftar pinjaman di bank konvensional kok. Kamu hanya perlu menyiapkan Kartu Tanda Penduduk atau KTP yang masih berlaku dan memiliki kuota internet karena pengajuan akan dilakukan secara online. Berikut ini adalah informasi mengenai cara daftar pinjaman Modal Toko bagi seller Tokopedia 

  • Pertama, bukalah aplikasi Tokopedia. Pastikan kamu telah masuk ke akun seller atau penjual lalu pilih menu Keuangan


  • Selanjutnya klik menu Modal Toko kemudian klik tombol Saya Tertarik yang ditampilkan di layar



  • Setelah itu kamu akan diarahkan ke tampilan halaman yang memintamu untuk mengupload  foto KTP dan foto dirimu saat memegang KTP
  • Lakukan pengisian data diri yang diminta dan pastikan kamu mengisinya dengan lengkap ya. 
  • Klik tombol Ajukan Aktivasi dan pengajuanmu telah berhasil

Kamu tinggal menunggu pengajuan pinjamanmu disetujui. Biasanya waktu yang digunakan untuk proses ini adalah maksimal 3x24 jam.

Cara Pencairan Pinjaman Modal Toko

Jika pengajuanmu sudah disetujui, kamu bisa mencairkan limit pinjaman dari Modal Toko ke rekening pribadimu kemudian kamu gunakan untuk pengembangan toko onlinemu. Yang perlu kamu ingat adalah pencairan atau penarikan dana dari Modal Toko hanya bisa dilakukan saat limit pinjamanmu masih tersedia. Adapun minimal penarikannya adalah 200 ribu rupiah. Sedangkan batas maksimalnya adalah 50 juta rupiah atau sesuai dengan limit pinjaman yang masih tersedia. Ikuti langkah-langkah penarikan dana dari Modal Toko berikuti ini 

  • Pertama, kamu harus masuk ke aplikasi Tokopedia sebagai seller atau penjual lalu klik menu Modal Toko
  • Selanjutnya masukkan jumlah pencairan dana yang kamu inginkan dan tenor atau jangka waktu pengembaliannya
  • Halaman akan menampilkan rincian mengenai pinjamanmu. Pastikan kamu baca rincian untuk mengetahui detail pinjaman dan waktu pembayarannya ya
  • Setelah itu ikuti langkah yang diperintahkan lalu tunggu sampai pihak Tokopedia mengirim informasi mengenai pencairan yang berhasil dilakukan.

Cara Membayar Pinjaman Modal Toko bagi Seller Tokopedia

Selain memberikan kemudahan dalam mengajukan pinjaman Modal Toko, Tokopedia juga memberikan kemudahan untuk seller yang ingin melakukan pembayaran pinjamannya. Seller bisa melakukan pembayaran pinjaman melalui berbagai metode pembayaran yang tersedia di Tokopedia selain OVO point, kartu kredit, dan saldo penghasilan. Berikut ini adalah informasi mengenai cara mudah membayar pinjaman Modal Toko bagi seller Tokopedia 

  • Pertama, bukalah aplikasi Tokopedia yang ada di ponselmu kemuduan masuk ke halaman utama Modal Toko
  • Klik menu Bayar Tagihan
  • Setelah itu pilih tagihan yang akan kamu bayar
  • Jangan lupa untuk memilih metode pembayaran dan selesaikan proses pembayarannya

Tips Mengajukan Pinjaman Modal Toko di Tokopedia

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, Modal Toko hanya tersedia bagi seller-seller Tokopedia terpilih yang memenuhi kriteria. Tak hanya itu, walaupun kamu sudah punya kesempatan untuk mengajukan pinjaman melalui Modal Toko, pinjaman yang kamu ajukan belum tentu disetujui loh. Pastikan kamu mengikuti tips-tips yang sudah kami siapkan di bawah ini untuk memperbesar peluang pengajuan pinjamanmu disetujui

  • Pastikan foto KTP dan fotomu saat memegang KTP yang kamu upload saat verifikasi jelas atau tidak buram. Kamu bisa melakukan proses pengajuan saat siang hari agar pencahayaan lebih optimal
  • Pastikan juga tidak ada kesalahan data yang tercantum dalam KTP dan KTP mu masih berlaku atau belum kadaluarsa
  • Pastikan foto diri sesuai dengan foto yang ada di KTP
  • Pastikan kamu tidak memiliki pengajuan pinjaman modal yang telah disetujui sebelumnya
  • Jika pengajuan pinjaman modalmu ditolak, lakukan pengajuan kembali minimal 3 bulan setelah pengajuan terakhir

Mendapatkan Pinjaman Uang di Tokopedia untuk Pengguna/Pembeli

Tak mau kalah dari pesaingnya yaitu Shopee, kini Tokopedia juga memungkinkan para pengguna setianya yang biasa berbelanja secara online di Tokopedia untuk mendapatkan pinjaman dana. Fitur pinjaman yang bisa kamu dapatkan secara online ini termasuk salah satu produk keuangan yang menjadi unggulan Tokopedia selain layanan investasi seperti emas dan reksadana.

Tentang Pinjaman Tokopedia

 

Tokopedia telah menyediakan layanan pinjaman berbasis teknologi digital dan informasi atau online. Saat ini tersedia 4 kategori pinjaman yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu yaitu pinjaman dengan agunan atau jaminan BPKB, Pinjaman Karyawan, Pinjaman KTA tanpa CC, dan pinjaman pendidikan.

Untuk kamu yang ingin mendapatkan pinjaman dana tunai tapi tidak memiliki kartu kredit, pinjaman KTA tanpa CC adalah pilihan yang tepat. Pinjaman ini juga memungkinkanmu untuk mendapatkan dana dengan mudah dan tanpa jaminan loh. 

Tokopedia menggandeng beberapa mitra penyedia pinjaman yang masing-masing memiliki kriteria tersendiri, diantaranya

1# Julo Personal Loan

Dengan limit pinjaman mencapai 12 juta rupiah, kamu bisa mendapatkan pinjaman tanpa jaminan dari Julo Personal Loan melalui aplikasi Tokopedia. Tenor atau waktu pengembalian pinjaman yang ditawarkan pun cukup panjang yakni hingga 9 bulan dengan suku bunga 4-7% yang berjalan flat setiap bulannya. Pinjaman ini bisa diproses dalam waktu 2-4 hari. Pinjaman ini tidak menetapkan biaya administrasi alias gratis admin tetapi menetapkan biaya penalti atau denda keterlambatan senilai 5% dari cicilan.

2# Digibank KTA

Sama seperti Julo Personal Loan, Digibank KTA juga memungkinkanmu untuk mendapatkan pinjaman tanpa jaminan. Limit pinjamannya pun cukup tinggi hingga 80 juta rupiah. Kam bisa apply secara online selama 24 jam. Dengan waktu proses kurang dari 1 hari kerja, kamu sudah bisa mendapatkan pinjaman dengn bunga 1,29-2,19% per bulan.

Selain dua mitra yang telah disebutkan di atas, masih ada beberapa mitra lainnya yaitu KoinWorks, Adira Finance, Tunaiku, dan BFI Finance.

Terdapat dua cara dalam mengajukan pinjaman melalui Tokopedia yaitu melalui Pinjaman Online dan melalui Dana Instan.

Syarat Mendapatkan Pinjaman di Aplikasi Tokopedia

Masing-masing penyedia pinjaman di Tokopedia telah menetapkan persyaratan tersendiri yang harus kamu penuhi jika ingin mendapatkan pinjaman. Berikut informasi mengenai syarat mendapatkan pinjaman di aplikasi Tokopedia

1# Julo Personal Loan

  • calon peminjam harus berusia minimal 21 tahun dan maksimal 50 tahun
  • mempunyai dokumen yang diperlukan yaitu NPWP, slip gaji, KTP dan bukti mutasi rekening 
  • calon peminjam berdomisili di Jabodetabek

2# Digibank KTA

  • Calon peminjam berusia 21 hingga 55 tahun 
  • Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Semarang dan Surabaya
  • Mempunyai penghasilan minimal 10 juta
  • Sudah bekerja sebagai karyawan tetap minimal selama 2 tahun

Cara Mengajukan Pinjaman di Tokopedia bagi Pengguna/Pembeli

Untuk dapat mengajukan pinjaman melalui aplikasi Tokopedia, tentunya terlebih dahulu kamu harus sudah menginstal aplikasinya di HPmu. Terdapat sedikit perbedaan dalam proses pengajuan pinjaman melalui Dana Instan dan Pinjaman Online Tokopedia. Untuk lebih jelasnya, simak informasi berikut ini 

Mengajukan pinjaman lewat Tokopedia Pinjaman Online

  • Buka aplikasi Tokopedia kemudian pilih menu Keuangan yang terdapat di halaman utama


  • Pada menu Pinjaman dan produk lainnya klik Pinjaman Online


  • Selanjutnya aplikasi Tokopedia akan menampilkan menu pengajuan pinjaman seperti di bawah ini


  • Lakukan pengisian pada kolom jumlah pinjaman, tenor atau periode dan kategori dari pinjaman yang kamu butuhkan.
  • Jika kamu sudah mengisi kolom-kolom tersebut, kamu bisa klik tombol Cari Pinjaman yang tersedia dan aplikasi akan menampilkan halaman Isi Kriteria seperti di bawah ini

  • Lakukan pengisian data-data yang diperlukan kemudian klik Terapkan berwarna hijau yang berada di sisi bawah layar

Mengajukan pinjaman lewat Dana Instan

Sama seperti pengajuan melalui Pimjaman Online, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi Tokopedia kemudian klik menu Keuangan yang terdapat di dashboard

  • Klik Dana Instan yang terdapat di menu Pinjaman dan produk lainnya


  • Kamu akan menemukan tampilan seperti di bawah ini. Setelah itu kamu klik tombol Cari Pinjaman yang berwarna hijau


  • Masukkan nomor HP yang kamu gunakan saat mendaftarkan akunmu di aplikasi Tokopedia kemudian lakukan verifikasi SMS


  • Kamu juga akan diminta untuk mengisi data primer berupa foto KTP dan foto dirimu saat memegang KTP


  • Jika sudah, klik Simpan
  • Kamu akan diarahkan pada halaman yang menampilkan daftar Mitra Penyedia Pinjaman. Klik tombol Pelajari untuk mengetahui informasi dari pinjaman yang disediakan.
  • Kamu juga bisa klik tombol Ajukan berwarna oren untuk langsung menyelesaikan proses pengajuan pinjaman
  • Setelah memilih salah satu mitra penyedia pinjaman, kamu akan diminta untuk mengisi data-data penting seperti nomor rekening yang akan kamu gunakan untuk menerima pinjaman
  • Lakukan pengisian data dengan dan kamu tinggal menunggu beberapa saat sampai pinjamanmu disetujui oleh pihak penyedia pinjaman.

Cara Membayar Pinjaman Tokopedia bagi Pembeli/Pengguna

Jika pinjamanmu telah disetujui dan telah dicairkan, kamu akan menerima email berisi nomor Virtual Akun (VA) sehari sebelum tanggal jatuh tempo dari pinjaman yang telah kamu ajukan sebelumnya. Berikut ini adalah infromasi mengenai cara membayar tagihan pinjaman Tokopedia bagi pembeli/pengguna

  • Pertama, masuk ke aplikasi Tokopedia di HP mu kemudian klik menu Keuangan
  • Pada menu Pinjaman dan produk lainnya, klik Dana Instan
  • Klik Lihat Dashboard Saya kemudian klik Cara Pembayaran


  • Pilih opsi pembayaran yang kamu inginkan kemudian ikuti langkah yang ditampilkan selanjutnya

Itulah informasi lengkap mengenai cara dan tips mendapatkan pinjaman uang dari aplikasi Tokopedia terbaru. Walaupun pengajuan pinjaman online sudah semakin mudah, kamu harus tetap bijak dalam memanfaatkan layanan yang satu ini. Pertimbangkan dengan matang platform penyedia pinjaman yang kamu pilih dan sesuaikan dengan kemampuan finansialmu agar tak terjadi hal-hal yang tak diinginkan seperti gagal bayar.



No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter