Slider

Berapa Sih Modal Buat Buka Usaha Rumah Makan Kecil?


Usaha rumah makan kecil menjadi solusi untuk Anda yang memiliki modal minim. Tentu akan ada keuntungan-keuntungan yang bisa Anda peroleh dengan cukup mudah tentunya. Memiliki usaha sendiri tentu menjadi idaman bagi setiap orang. Apalagi jika kebutuhan budget yang diperlukan untuk memulai bisnis tersebut tidak seberapa.

Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Membuka Usaha Rumah Makan Kecil

Sebelum memulai suatu usaha apapun itu, ada baiknya jika Anda harus memperhatikan dan sekaligus menyiapkan kebutuhan-kebutuhannya. Misalkan seperti tanah untuk tepat berjualan, budget, bahan baku dalam menjual usaha makan dan masih banyak lagi hal-hal lain yang dibutuhkan. Simak uraiannya sebagai berikut.

1# Tanah Tempat Membuka Usaha

Ketika seseorang memutuskan untuk membuka usaha rumah makan kecil, maka hal paling penting yang harus dipersiapkan adalah tanah atau lahan yang akan digunakan. Sebaiknya pilih tempat yang strategis dan ramai. Dengan begitu, rumah makan kecil Anda akan lebih berpotensi ramai saat mulai berjualan.

Selain itu, kebersihan tempat juga menjadi salah satu hal penting yang harus dijadikan patokan. Jangan sampai Anda memilih lingkungan dengan kondisi kumuh sebagai tempat untuk membuka usaha tempat makan. Hal tersebut tentu akan membuat keadaan rumah makan Anda terlihat cukup kumuh dan tidak terawatt kebersihannya.

Untuk itu, cara mengantisipasinya adalah dengan memilih tempat atau tanah lapang yang bersih dan juga terjaga. Saat mencari tempat atau tanah lapang untuk membuka usaha memang harus dilakukan dengan berbagai macam pertimbangan penting. Semua itu dilakukan untuk dapat mengantisipasi berbagai hal tak diinginkan terjadi.

2# Budget

Hal lain yang harus mereka perhatikan adalah mengenai budget. Dapat juga dikatakan sebagai anggaran dana untuk dapat membuka usaha warung makan kecil dengan layak dan bagus. Budget atau anggaran ini juga menjadi salah satu faktor penting untuk dapat mengembangkan sebuah usaha menjadi lebih baik lagi.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam anggaran untuk rumah makan kecil seperti ini. Contohnya biaya untuk gaji karyawan, biaya pembelian bahan masakan, biaya untuk pembelian alat masak dan masih banyak lainnya. Setidaknya semua alat dan bahan-bahan tersebut terpenuhi secara menyeluruh terlebih dahulu.

Untuk dapat menyelesaikan pembuatan dan sekaligus pembukaan rumah makan kecil ini, maka tentu diperlukan lokasi yang strategis dan cocok untuk digunakan sebagai tempat makan. Anda bisa meninjau terlebih dahulu lokasi tersebut agar dapat menentukan pilihannya.

3# Menyediakan Daftar List Menu dan Harga Makanan

Pada semua jenis rumah makan, baik bentuknya kecil maupun besar pasti disediakan. Anda bisa membuat banyak jenis menu dengan berbagai macam pilihan. Bedakan antara menu makanan, minuman dan juga dessert bila ada. Anda bisa meletakkan daftar menu tersebut di setiap meja atau beberapa buah di loket pesanan.

Dengan menyediakan daftar menu dan juga harga makanan yang tersedia di rumah makan Anda, maka para pengunjung akan dapat memilih makanan-makanan yang akan mereka pesan dengan santai. Selain itu, orang-orang yang berkunjung juga akan merasa lebih senang dan juga nyaman dengan jenis pelayanan seperti ini.

Anda bisa membuat daftar menu dengan berbagai macam kreasi. Untuk saat ini sedang gencar-gencar dan trendingnya bentuk menu dengan tulisan di papan kayu yang diletakkan di sebelah meja pesanan. Ini tentu akan lebih menghemat biaya daripada membuat daftar menu dalam jumlah banyak untuk diletakkan disetiap meja pelanggan.

4# Bahan Baku Pembuatan Makanan

Bahan baku pembuatan makanan juga menjadi salah satu hal yang harus Anda sediakan terlebih dahulu setelah beberapa hal diatas. Tanpa bahan makanan maka Anda tidak akan bisa memask menu apapun di rumah makan yang sudah dibangun. Untuk itu, pertama-tama hal yang harus Anda siapkan sebelum akhirnya membuka rumah makan adalah bahan makanan.

Perlu juga diperhatikan bahwa bahan baku yang dibeli harus sesuai dengan menu-menu yang disediakan di daftar makanan. Dengan begitu, Anda akan lebih dapat menghemat budget dalam membeli berbagai macam keperluan di rumah makan Anda. Ada banyak rincian bahan makanan yang harus Anda sediakan untuk memasak menu-menu makanan yang ada.

Untuk dapat menghemat waktu, maka ada baiknya jika Anda berbelanja dalam jumlah banyak. Dengan begitu, saat rumah makan dalam keadaan ramai maka pemilik usaha dan juga ahli masaknya tidak perlu bingung untuk mencari atau membeli bahan masakan lagi. Hal tersebut sangatlah ampuh untuk dapat menghemat waktu dengan baik.

5# Peralatan yang Dibutuhkan

Selain bahan masakan, Anda juga harus membeli dan menyiapkan berbagai macam peralatan dapur yang dibutuhkan untuk memasak. Mulai dari kompor, gas, wajan, panci, set pisau dapur, set penggorengan dan masih banyak lagi berbagai macam peralatan di dapur. Usahakan untuk menyediakan semuanya secara lengkap.

Pastikan semua peralatan masak yang Anda beli memiliki kualitas dan mutu yang baik. Jika memungkinkan, pilih saja alat-alat dengan harga terjangkau tetapi dengan kondisi yang bagus dan mulus. Dengan begitu, Anda akan lebih menghemat pengeluaran untuk awal pembangunan dan pembukaan usaha rumah makan kecil tersebut.

Membuka usaha rumah makan meski dengan skala kecil memang memiliki tantangannya sendiri. Salah satu tantangan itu adalah berupa penggunaan uang atau budget yang minimalis tetapi tetap mendapatkan hasil maksimal. Itu semua tentu menjadi pr tersendiri bagi setiap pengusaha. Baik para usahawan muda atau mereka yang sudah memiliki pengalaman cukup.

6# Tekad yang Kuat

Hal paling berpengaruh dalam mendirikan suatu usaha rumah makan kecil adalah karena adanya tekad kuat didalamnya. Seorang pemilik usaha rumah makan harus memiliki usaha yang keras untuk dapat membangun usahanya dengan baik. Itu semua bisa dilakukan hanya dengan adanya usaha yang terus menerus dilakukan.

Dengan adanya tekad yang kuat dalam diri, maka seseorang akan bisa mudah mendapatkan apa yang mereka inginkan. Usaha yang maju dan berhasil bisa terwujud karena pelakunya mau untuk berusaha keras dan mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan. Tekad yang kuat tidak selalu berhubungan dengan pikiran saja.

Bahkan tekad yang kuat ini juga bisa berasal dari banyak hal dan berbagai macam faktor. Pengusaha harus memiliki jiwa yang besar dan semangat tinggi untuk dapat memajukan usaha-usaha yang mereka bangun. Entah bagaimana saja cara mereka mewujudkankannya. Tetapi, memang usaha memang harus juga diiringi dengan tekad dan juga semangat yang kuat.

7# Sikap Optimis

Optimis merupakan salah satu sifat yang wajib untuk dimiliki oleh setiap orang. Dalam hal dan kondisi apapun sikap satu ini memang sangat dan selalu dibutuhkan. Jika seseorang tidak memiliki sikap satu ini, maka niscaya segala sesuatu yang mereka lakukan tidak akan bisa terus berjalan. Karena pada suatu waktu pasti ada rasa-rasa khawatir dan pesimis yang mengganggu.

Tujuan dari sikap optimis ini adalah menumbuhkan kepercayaan diri dan juga semangat untuk melakukan apa yang ingin mereka kerjakan. Dalam hal usaha rumah makan dengan bentuk dan konsep kecil ini juga sangat penting untuk diterapkan sikap optimis dalam diri pengusaha dan para karyawannya. Dengan begitu, usaha ini akan terus dapat berkembang dan berjalan.

Modal-Modal untuk Membangun Usaha Rumah Makan Kecil

Ada beberapa modal yang harus Anda persiapkan dengan baik dan sebaik-baiknya untuk dapat membangun usaha ini dengan baik. Ini tentu harus dipersiapkan dengan matang dan tepat. Agar dapat menghindari adanya kesalahan-kesalahan tertentu. Berikut adalah beberapa urutan daftar barang dan juga harga yang harus Anda siapkan dan bayarkan.

  1. Kompor = Rp. 2.000.000 per unit
  2. Alat-Alat Masak = Rp. 3.000.000 untuk berbagai macam peralatan
  3. Dekorasi = Rp. 2.000.000
  4. Bahan-Bahan Masakan = Rp. 600.000
  5. Perlengkapan lain-lainnya = Rp. 1.000.000

Jadi, bila ditotal jumlah anggaran yang harus Anda persiapkan adalah sebesar Rp. 8.600.000. Bisa juga Anda genapkan menjadi Rp. 9.000.000 sebagai antisipasi jika anggaran masih kurang. Dengan begitu, Anda tidak akan kebingungan saat ada beberapa hal lain yang harus dibelanjakan kembali.

Tips-Tips untuk Membuka Usaha Rumah Makan Kecil yang Diminati Banyak Masyarakat

Bagi Anda yang ingin membuka usaha rumah makan kecil, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dan dilakukan. Ini semua akan sangat berguna bagi Anda untuk menghasilkan usaha yang maju dan terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Simak beberapa tipsnya berikut ini.

1# Membuat Desain yang Menarik

Untuk dapat membuat orang-orang-orang tertarik dengan rumah makan kecil Anda, maka salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan membuat desain yang menarik dan cantik. Ini bisa dilakukan dengan memberikan backround atau walpeper menarik dan lucu. Dengan sentuhan-sentuhan menarik dan bagus tentunya

Dengan melakukan hal ini, tentu saja para konsumen akan menjadi lebih bahagia dan senang ketika berkunjung ke rumah makan yang Anda dirikan. Selain itu, desain menarik akan meningkatkan mood seseorang, sehingga siapapun akan merasa terhibur. Apalagi tampilan-tampilan tersebut juga mampu membuat orang-orang terpesona dengan keelokannya.

Anda bisa membuat desain-desain menarik dengan melakukan survei terlebih dahulu terhadap beberapa orang konsumen. Gunakan strategi tersebut untuk mampu menciptakan hal-hal yang baru dan menarik. Ini tentu akan menjadi peluang besar bagi Anda untuk dapat membuat banyak pelanggan tertarik dengan rumah makan kecil tersebut.

2# Menu-Menu yang Kekinian dan Menarik

Memperbarui menu-menu makanan yang kekinian dan menarik juga menjadi salah satu bentuk ikhtiar yang tepat. Anda bisa membuat berbagai macam kreasi makanan, minuman dan dessert kekinian untuk ditambahlan pada daftar menu. Biasanya menu yang unik akan bisa membuat para pengunjung penasaran dan ingin menyicipi rasa masakan tersebut.

Hal tersebut tentu menjadi salah satu nilai plus yang akan sangat membantu Anda dalam mengembangkan usaha rumah makan kecil dengan mudah. Buat tampilannya semenarik mungkin, atau bisa juga dengan memanfaatkan kepopuleran beberapa makanan yang saat ini sedang viral dan digandrungi banyak orang.

Dengan memasukkannya ke dalam daftar menu, rumah makan Anda akan digandrungi oleh banyak orang. Salah satu alasannya yakni untuk menuntaskan rasa penasaran Anda pada citarasa makanan itu sendiri. Hal ini bisa menjadi peluang bagi Anda untuk meramaikan usaha itu dengan cepat dan sehat.

3# Spot Foto yang Instagramable

Salah satu hal yang banyak dikejar orang-orang, terutama para kawula muda saat ini ketika berkunjung ke suatu rumah makan atau restoran adanya spot foto yang disediakan. Karena di bagian ini semua orang bisa dengan bebas berfoto ria sambil menunggu pesanan mereka datang. Untuk itu hal ini tentu bisa menjadi salah satu ladang bagus yang bisa dimanfaatkan.

Anda bisa membuat bagian pojok-pojok tempat makan ini dengan menghiasinya semenarik dan secantik mungkin. Tambahkan juga beberapa hiasan-hiasan unik dan cantik untuk semakin memperindah tampilan area tersebut. Tempat instagramable seperti itu sudah pasti akan mampu menarik banyak pengunjung datang.

Apalagi pada masa sekarang ini, tempat-tempat seperti ini yang banyak sekali diburu orang-orang. Terutama anak-anak muda yang menyukai tempat dengan hiasan menarik dan cantik. Tentu semua itu akan semakin membuat rumah makan kecil Anda semakin ramai. Karena area tak luas pun jika sudah disulap menjadi cantik pasti akan dikejar banyak orang juga.

4# Penerangan yang Baik

Tips paling sederhana dan seringkali dianggap remeh oleh sebagian orang adalah pemberian penerangan yang baik pada area rumah makan Anda. Dengan adanya penerangan yang mumpuni, maka tampilan lokasi ini akan jauh terlihat lebih luas dan cantik daripada kenyataan-kenyataan sesungguhnya.

Pemberian penerangan yang baik juga mampu menciptakan suasana lebih asyik dan seru. Ini tentu berbeda jauh jika dibandingkan dengan lokasi yang memiliki penerarangan kurang. Selain itu, orang-orang juga jauh lebih menyukai area dengan cahaya cukup dan terlihat terang. Itu akan semakin menambah estetika pada tempat tersebut.

Untuk itu sangat penting untuk memperhatikan hal satu ini. Jika Anda membuat sebuah rumah makan kecil dengan cahaya yang minim. Tentu desain-desain unik yang sudah susah payah dibuat akan tidak bisa terlihat secara sempurna. Hasilnya semua udaha Anda untuk menghasilkan bentuk yang aestetik akan sia-sia saja.

5# Suasana Rumah Makan yang Menyenangkan dan Pelayanan yang Baik dan Ramah

Dalam usaha bisnis rumah makan, baik bentuk kecil maupun besar seperti restoran-restoran di kota. Sangat penting untuk menciptakan suasana rumah makan yang menyenangkan. Ini akan bisa membuat para pelanggan merasa bahagia. Hal tersebut juga menjadi salah satu kriteria seorang pelanggan dalam mencari tempat beristiahat dan menikmati makanan.

Suasana yang menyenangkan bisa didapatkan dari dekorasi-dekorasi atau pemandangan alam yang disajikan di rumah makan tersebut. Untuk itu Anda harus pintar-pintar dalam mencari inovasi untuk menciptakan suatu hiasan dan dekorasi cantik dalam rumah makan tersebut. Bisa dengan menambahkan furniture-furniture unik atau hal-hal lainnya.

Selain suasana, Anda juga harus memberikan pelayanan yang baik dan ramah kepada para pengunjung rumah makan dengan tepat. Berikan senyuman saat menanyakan pesanan para pengunjung. Hal tersebut bisa menjadi salah satu hal paling ampuh untuk membuat para konsumen senang dengan pelayanan yang diberikan oleh rumah makan Anda.

Sekian penjelasan-penjelasan singkat mengenai modal usaha rumah makan kecil yang bisa Anda jadikan patokan saat memulai bisnis ini. Semua hal tersebut tentu akan sangat bermanfaat untuk orang-orang yang mencoba melakukan usaha tersebut. Rumah makan juga merupakan sebuah usaha yang saat ini cukup banyak digeluti orang-orang. Karena pada masa sekarang usaha ini bisa juga dibuka secara online dengan membuka delivery order saja.


No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter