Slider

Bunda Cari Tahu Bagaimana Cara Mengatasi Anak Kecanduan Gadget


Gadget adalah  salah satu jenis perangkat yang ada di dalam kehidupan kita. Di mana pada masa ini keberadaan gadget itu tidak hanya dipakai di kalangan orang dewasa saja. Namun rupanya sekarang gadget itu sudah banyak dipakai pula dikalangan anak-anak bahkan balita.

Namun kendati gadget sekarang ini sudah banyak dipakai oleh anak-anak tapi bisa berdampak buruk. Adapun salah satu dampak buruknya adalah membuat anak menjadi kecanduan. Dan kita tahu bahwa sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Karena bila seorang anak itu kecanduan gadget  tidak hanya bisa mengganggu kesehatan, namun juga bisa mengganggu kesehatan dan tumbuh kembang mereka di masa pertumbuhan.

Hal itu bisa kita lihat dari banyaknya anak yang kecanduan gadget karena bermain online. Melihat hal semacam itu tentu menjadi kekhawatiran tersendiri bagi para orang tua. Yang di mana para orang beruasa untuk mencari agar anak mereka tidak menjadi kecanduan pada gadget.

Untuk menjawab keresahan para orang tua yang anaknya kecanduan gadget. Maka dari itu di bawah ini kami akan memberikan informasi yang berguna dan bermanfaat untuk anda semua tentang cara mengatasi anak yang kecanduan gadget. Penasaran kan? Yuk kita baca bersama sama penjelasan yang akan kami berikan seperti yang ada di bawah ini.

Batasi anak memakai gadget

Cara pertama yang bisa dilakukan oleh orang tua bila anak mengalami kecanduan gadget adalah batasi anak memakai gadget. Sebagian besar kasus itu ketika anak itu membawa atau memegang gadget mereka justru malah lupa waktu. Maka dari itu cara pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan memberikan batasan pada anak untuk memakai gadget.  Sebagai contoh di sini anda bisa memberikan kesempatan pada anak pada jam tertentu. Dengan begitu anak yang tidak menghabiskan waktunya hanya di depan gadget saja.

Cara pertama yang bisa dilakukan oleh orang tua bila anak mengalami kecanduan gadget adalah batasi anak memakai gadget. Sebagian besar kasus itu ketika anak itu membawa atau memegang gadget mereka justru malah lupa waktu. Maka dari itu cara pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan memberikan batasan pada anak untuk memakai gadget.  Sebagai contoh di sini anda bisa memberikan kesempatan pada anak pada jam tertentu. Dengan begitu anak yang tidak menghabiskan waktunya hanya di depan gadget saja.

Beri jadwal anak saat memegang gadget

Setiap anak  tentu mempunyai aktivitas atau jadwal rutin. Adapun jadwal kegiatan anak itu dimulai dari   bangun tidur hingga tidur lagi di malam hari. Maka dari itu agar anak tidak terlalu tenggelam dalam kegiatan bermain gadget seharian. Anda bisa menyisipkan jadwal pada anak selama 45 menit –  1 jam sehari untuk memberikan kesempatan pada anak untuk bermain gadget. Adapun jadwal itu bisa anda masukan pada saat siang hari atau juga sore hari. Atau bisa juga di sini memberi jadwal pada saat hari libur atau hari Sabtu Minggu. Hal itu diberikan agar anak tidak terlalu suntuk dengan aktivitasnya yang lain terlebih juga pada aktivitas kesibukannya di sekolah.

Tetapkan wilayah bebas gadget

Untuk cara yang ketiga yang bisa anda lakukan pada anak yang mengalami kecanduan gadget adalah menetapkan wilayah pada anak saat menggunakan hp. Misal contohnya adalah ketika anak berada di kamar anak tidak boleh bermain hp. Selain itu ketika sedang makan bersama di ruang makan ketika sedang makan bersama dengan keluarga anak tidak boleh bermain hp. Namun harus fokus untuk makan. Dengan diberlakukan cara yang demikian anda bisa membantu mengurangi resiko kecanduan gadget pada anak anda.

Alihkan dengan aktivitas lain yang positiv

Cara lain yang bisa dilakukan pada anak anda ketika mereka kecanduan gadget mungkin anda sebagai orang tua bisa mengalihkan dengan aktivitas lain. Sebagai contoh di sini adalah anda bisa mengajak anak untuk melakukan kegiatan yang sifatnya mengembangkan hobi.  Misalnya dengan bermusik, menggambar, dan aneka macam  kegiatan positiv yang lain. Karena sebagian besar anak yang kecanduan gadget karena mereka mengganggap  bahwa hanya gadget saja yang menarik. Padahal sebenarnya di sini ada banyak sekali kegiatan positiv yang lain yang bisa dilakukan.

Edukasi anak tentang positiv negatif  dari pemakaian gadget

Kemudian cara lain yang bisa dilakukan oleh para orang tua adalah dengan memberikan edukasi pada anak. Di sini anda anda bisa memberikan informasi pada anak anda tentang efek negatif dari terlalu lama bila bersinggungan dengan gadget. Misal saja anda bisa mengatakan pada anak jika terlalu lama bisa membuat mata sakit. Dengan cara yang semacam itu anak anda tidak hanya mengetahui apa saja efek positif yang bisa di dapatkan dari menggunakan gadget. Namun juga memberikan sikap sadar pada anak bila terlalu lama di depan gadget bisa merusak mata dan lain sebagainya.

Mengajak anak untuk bermain di luar dengan teman sebaya

Selanjutnya untuk cara lain yang bisa dilakukan oleh para orang tua untuk mengatasi anak yang mengalami kecanduan gadget adalah dengan mengajak anak untuk bermain dengan teman yang sebaya dengannya. Karena beberapa kasus itu di temui jika anak yang terlalu sibuk dengan gadget karena mereka tidak bersinggungan dengan dunia luar. Sehingga anak merasa bahwa gadgetlah yang bisa menjadi teman dan memberinya hiburan. Maka dari sesekali di kala weekend atau libur ajaklah anak anda untuk bermain  dengan teman yang sebaya dengannya. Mungkin bisa diajak bertemu dan juga bermain dengan teman yang sebaya yang berada di lingkungan tetangga komplek rumah.

Mengajak anak untuk berkomunikasi

Kemudian untuk cara lain adalah dengan mengajak anak untuk berkomunikasi. Karena banyak kasus di temui adalah anak itu tidak mempunyai teman untuk berbicara. Sehingga anak itu banyak menghabiskan waktu di depan untuk sibuk di depan gadgetnya. Maka dari itu untuk para orang tua berusalah untuk menyediakan waktu untuk berkomunikasi dengan anak. Entah itu bisa dilakukan dengan menanyakan pada anak apa yang mereka lakukan atau dapatkan hari ini, bagaimana perasaan mereka hari ini dan lain sebagainya. Dengan orang tua menyediakan waktu untuk berkomunikasi bisa mengurangi rasa ketergantungan anak pada gadget.

Memberikan contoh dan teladan yang baik pada anak

Setiap anak di masa pertumbuhan paling suka meniru apa yang dilakukan oleh orang lain terlebih di sini oleh orang tuanya. Maka dari itu peran orang dalam memberikan contoh pada anak sangat diperlukan di sini. Sebagai contoh di sini adalah banyak orang tua  menyuruh anak mereka itu untuk tidak bermain hp atau gadget ketika sedang makan. Tapi seringkali orang tua belum bisa memberikan contoh yang baik pada anak. Maka dari itu para orang tua ketika menyuruh anak untuk  tidak memakai gadget pada waktu tertentu alangkah baiknya jika orang tua juga memberikan contoh yang baik pada anak anaknya terlebih di saat berkumpul dengan keluarga.

Nah itulah tadi beberapa informasi yang bisa kami bagikan untuk anda semua tentang cara mengatasi anak yang mengalami kecanduan gadget. Semoga infomasi yang kami bagikan itu bisa berguna dan bermanfaat untuk anda sekalian untuk menangani anak anda yang mengalami kecanduan gadget.

No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter