Slider

Cara Daftar Dan Sukses Di Waralaba J&T

Dari namanya tentu kita sudah tidak asing lagi dengan jasa pengiriman yang satu ini. Perusahaan dari J&T Express sendiri telah dikenal dari sebagai salah satu pendatang baru yang ada di dunia jasa dalam pengiriman atau dalam ekspedisi yang ada di Indonesia. 

Meski begitu, Waralaba J&T sediri dalam waktu yang singkat telah berhasil dapat memposisikan diri-nya sebagai salah satu perusahaan jasa pengiriman yang dapat dipercaya dan juga diandalkan dalam pengiriman paket.

Dengan menggunakan kredibilitasnya yang cukup tinggi, J&T memiliki proses dalam pengiriman yang baik dan juga sangat cepat dengan prosedur yang telah terarah. Hal ini juga tidak terlepas dari berbagai dukungan dari begitu banyaknya cabang dan juga agen yang ada di berbagai daerah dan juga provinsi.

Dalam saat melakukan perjalanannya, perusahaan J&T sendiri telah meraih dari penghargaan Go Asean Champion tahun 2019 dan juga telah merambah ke 4 negara yang ada di Asia Tenggara. Tidak hanya itu saja, perusahaan yang bergerak pada di bidang logistik ini juga telah meraih Top Brand Award tahun 2018 dan juga telah merambah ke negara-negara yang ada di Asia Tenggara, yakni Vietnam dan juga Malaysia.

Perusahaan J&T Express sendiri telah menjadi brand dari Indonesia yang telah fokus pada bisnis online, perusahaan J&T juga sudah dapat menjangkau ke dalam seluruh wilayah yang ada di Indonesia tanpa melalui pihak ketiga. Selain itu, J&T Express juga merupakan pionir di Indonesia dalam memberikan layanan perintisan operasional selama 365 hari tanpa hari libur. 

Nah, ini bisa menjadi salah satu pertimbangan untuk para pebisnis, karena penting juga untuk dapat mengetahui cara dalam mengelola keuangan bisnis dengan baik. Bagi Anda yang ingin daftar dan sukses di waralaba J&T, Anda bisa mempelajarinya di artikel ini dengan secara gratis.

Sejarah Waralaba J&T

Dalam pergeseran pasar tradisional ke pasar digital saat ini yaitu melalui internet dapat membuat kebutuhan dalam masyarakat akan jasa dari ekspedisi sangat meningkat tinggi. Perusahaan J&T ini sendiri mendapatkan perubahan juga yang telah terlihat pada saat melakukan pengiriman barang yang sebelumnya umum untuk pada barang industri dan juga dalam produksi, kini sudah mulai pada didominasi oleh jenis barang retail.

Melihat peluang tersebut, J&T hadir untuk menawarkan keunggulan kompetitif dan inovatif. Perusahaan penyedia jasa ekspedisi J&T ini berdiri pada tanggal 20 Agustus 2015. Pada hari itu, perusahaan PT. Global Jet Express didirikan dan juga telah meresmikan kantor pusatnya di wilayah Pluit, Jakarta Utara.

Meskipun perusahaan ini termasuk baru di bidang jasa dalam ekspedisi, namun J&T sangat optimis untuk menjadi salah satu layanan yang unggul dan juga akan menjadi pilihan dari masyarakat Indonesia. Pencapaian yang telah diraih dapat dikatakan sangat baik mengingat sejarah J&T sendiri tidak begitu panjang.

Hal ini karena pendiri J&T, yaitu bernama Jet Lee dan Tony Chen yang telah membangun jaringan Oppo di Indonesia selama tiga tahun sebelum J&T berdiri. Dan nama mereka menjadi inisial dan perusahaan “J” dan “T”.  Ketika perusahaan J&T Express telah berdiri dan sudah mulai beroperasi, perusahaan ini tidak memulai dari awal karena sudah memiliki saluran distribusi yang ada di Indonesia.

Selain Jet Lee dan Tony Chen sebagai pendiri dan juga CEO pertama di perusahaan J&T, ada satu lagi sosok yang sangat berpengaruh. Robin Lo adalah orangnya yang bertindak sebagai direktur pelaksana atau tangan kanan dari CEO saat perusahaan J&T didirikan dan dalam waktu yang singkat J&T dikenal banyak orang dan juga menjadi penantang serius bagi para perusahaan logistik yang telah berdiri puluhan tahun.

Prospek Waralaba J&T

Banyak juga bisnis online yang masuk ke marketplace, sehingga anda akan mendapatkan banyak peluang jika membuka agen J&T. Besarnya komisi yang akan didapatkan adalah 20% dari total biaya pengiriman paket yang telah diterima.

Misalnya, apabila Anda mendapatkan paket dari yang beratnya sekitar 5 kilo, sedangkan setiap kilo paketnya yaitu seharga Rp 10.000. Jadi, besarnya ongkos kirim atau ongkirnya yang dibayar yaitu adalah sekitar Rp 50.000.

Karena dalam mengirimkan paket melalui agen Anda, Anda juga akan mendapatkan komisi yaitu sekitar Rp 10.000 dari paket diatas. Sedangkan jika Anda sendiri mendapatkan paket 50 paket dengan rata-rata ongkos kirim sekitar Rp 30.000, maka komisi yang akan Anda dapatkan yaitu adalah Rp 300.000 per hari-nya. Jika agen Anda meningkatkan jumlah pengiriman per hari, pendapatan juga akan meningkat.

Syarat Waralaba J&T

Setelah mengetahui komisi apa saja yang akan Anda dapatkan, selanjutnya Anda harus mengetahui beberapa persyaratan yang harus Anda ketahui untuk menjadi salah satu dari agen perusahaan J&T. Berikut syarat-syaratnya:

  1. Wajib memiliki KTP Elektrik
  2. Harus memiliki Kartu Keluarga
  3. Wajib punya NPWP
  4. Harus memiliki tempat sebagai kantor
  5. Harus memiliki komputer dengan printer
  6. Harus memiliki timbangan barang digital minimal 30 kg, biasanya disediakan oleh J&T Express.

Selain yang tertera di atas itu, sebenarnya juga ada berbagai syarat yang harus Anda perlu siapkan dalam menjadi agen J&T dengan sesuai pada keputusan perusahaan J&T pusat. Untuk mulai menjadi agen, pertama-tama Anda harus mengurus pendaftaran agen J&T, kemudian juga menyerahkan lokasi yang akan Anda gunakan sebagai kantor, kemudian tim J&T akan melakukan survei lokasi.

Selain informasi di atas, Anda perlu mengetahui secara mendalam apa saja yang harus dipersiapkan untuk pendaftaran. Jadi, segera datang ke kantor cabang J&T terdekat untuk menanyakan seputar pendaftaran di atas. Dengan bertemu langsung dengan admin yang telah menangani masalah dalam pendaftaran agen perusahaan J&T. Kemudian agen yang terdaftar akan dilatih secara khusus.

Cara Pendaftaran Waralaba J&T

Selanjutnya, mari kita bahas cara menjadi agen J&T Express. Pasti banyak yang belum tahu caranya. Oleh karena itu, kita akan membahasnya pada pembahasan berikut ini.

1# Pilih Paket Agensi

Sebelum dapat memulai melakukan pendaftar sebagai agen perusahaan J&T Express, Anda harus terlebih dahulu dapat memilih paket dalam keagenan dengan modal awal sekitar Rp. 10 Juta hingga mecapai Rp. 20 juta. Pembayaran paket-nya sendiri dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu dengan transfer uang ke rekening perushaan J&T Express setelah memenuhi semua persyaratan yang ada untuk dapat menjadi salah satu agen dari perusahaan J&T Express.

2# Menghubungi J&T Tingkat Provinsi

Hingga pada saat ini dalam melakukan pembukaan dari agen J&T, diharuskan untuk melakukan penyesuaian dari kebutuhan dari masing-masing cabang J&T yang ada di berbagai provinsi. Misalkan yaitu apabila Anda sedang berminat untuk mendaftar menjadi agen J&T di wilayah yang sedang anda tinggali saat ini. 

Anda di haruskan menghubungi cabang atau salah satu perwakilan dari masing-masing provinsi, yang Anda tempati terlebih dahulu. Untuk dapat mengetahui dimana alamatnya yaitu silahkan lihat dari website resminya.

3# Memenuhi Persyaratan Pembukaan Agen J&T

Untuk menjadi agen J&T Express, Anda harus memenuhi berbagai persyaratan. Silahkan Anda bisa penuhi dalam berbagai persyaratan pada administrasi pembukaan agen J&T seperti yang ada di atas.

Tidak hanya dalam persyaratan administrasinya saja, namun Anda juga harus dapat melengkapi berbagai persyaratan dalam lokasi yang akan dijadikan kantor nanti, dan juga lokasi harus yang strategis sehingga dapat bisa menampung berbagai kendaraan dari roda empat. Untuk proses ini, biasanya J&T akan melakukan survey lokasi secara langsung.

Harap penuhi infrastruktur agen J&T Express seperti komputer, printer, dan timbangan digital yang mampu menampung hingga 30kg. Calon pemilik dari agensi yang baru harus dapat menyiapkan kurang lebih satu atau hingga dua karyawan dan juga dapat memastikan para karyawannya mampu mengoperasikan komputer dengan mahir karena semua proses dalam layanan perusahaan J&T telah menggunakan teknologi yang modern.

4# Mendaftarkan Agen Melalui J&T Management

Dalam melakukan proses pendaftaran bisa dapat dilakukan dengan mengunjungi kantor cabang J&T dan juga bisa bertemu dengan pihak pengelola terkait dengan pendaftaran agen. Mohon ikuti semua prosedur yang telah ditetapkan oleh J&T.

5# Hubungi J&T Express

Bagi yang masih bingung dalam tata cara melakukan pendaftaran sebagai salah satu agen dari J&T Express, kami akan sarankan untuk Anda menghubungi kantor pusat yaitu bisa melalui email ataupun juga telepon.

Modal Waralaba J&T

Anda harus terlebih dahulu memilih paket yang ada dalam sebelum mulai mendaftar sebagai salah satu agen dari J&T Express. Modal untuk menjadi agen J&T express dimulai dari sekitar Rp. 10 juta menjadi Rp. 20 juta. Pembayaran paket juga bisa dapat dilakukan dengan cara transfer uang ke rekening dari perusahaan J&T Express yang akan bisa diberitahukan setelah dapat memenuhi semua kriterian atau persyaratan untuk menjadi agen dari J&T Express.

J&T harus menyesuaikan dalam pembukaan pendaftaran dari agen dengan kebutuhan masing-masing cabang J&T yang ada hingga provinsi. Jadi, apabila Anda tertarik dalam membuka agen J&T sendiri di daerah tempat yang Anda tinggali, Anda harus terlebih dahulu dapat menghubungi cabang atau perwakilan dari berbagai masing-masing provinsi yang anda tinggali.

Analisa Keuntungan Waralaba J&T

Menurut agen perusahaan J&T yang telah kami wawancarai dengan secara langsung, perkiraan dari keuntungan agen dari J&T Express yaitu adalah komisi omset kurang lebih sekitar 20% dari total angka pendapatan keseluruhan. 

Ilustrasi sederhana misalnya ketika agen kita dalam 1 bulan mampu menghasilkan transaksi sebesar 20 juta rupiah, maka keuntungan yang bisa kita perkirakan adalah 20% dari 20 juta rupiah atau setara dengan 4 juta rupiah. Berikut ini adalah analisa keuntungan dari bisnis franchise ekspedisi:

  • Modal awal (termasuk sewa tempat, kendaraan pengangkut, isi kamar, dan sebagainya) = Rp 47.500.000-,
  • Biaya operasional bulanan (termasuk penyusutan peralatan, pembelian kertas, perekat, gaji karyawan, juga listrik dan air) = Rp 21.700.000-,
  • Pendapatan per hari dengan estimasi penyajian harian 54 kg kiriman dengan biaya rata-rata Rp. 20.000, sehingga total pendapatan harian menjadi: 54 kg x Rp. 20.000 = Rp. 1.080.000-,
  • Penghasilan per bulan, menjadi: 30 x Rp 1.080.000 = Rp 32.400.000-,
  • Jadi, keuntungan per bulan adalah total pendapatan bulanan – biaya operasional bulanan, menjadi: Rp. 32.400.000 – Rp. 21.700.000 = Rp. 10.700.000-,
  • Dengan keuntungan tersebut, kira-kira Anda bisa mengembalikan modal Anda hanya dalam waktu 5 bulan

Keunggulan Waralaba J&T Daripada Jasa Lainnya

Hampir mirip namanya dengan JET Express, J&T Express merupakan salah satu perusahaan terbesar di bidang jasa pengiriman di Indonesia. Perusahaan J&T Express sendiri juga baru dapat berdiri yaitu pada tahun 2015, namun perusahaan J&T mampu dapat bersaing dengan banyaknya kompetitornya. Terbukti-nya J&T telah menduduki peringkat ke-2 dalam top brand dengan mencapai nilai 20,3%.

J&T memiliki beberapa keunggulan dibandingkan jasa pengiriman lainnya. J&T menyediakan layanan penjemputan, dimana kurir mengambil paket yang ingin Anda kirim. Jadi dari berbagai segi dalam pembayaran jauh lebih fleksibel, baik dalam pengirim maupun juga penerima paket yang harus menanggung dalam biaya pengiriman. Lebih spesifiknya, J&T Express ini beroperasi pada hari Minggu.

Kendala Waralaba J&T

Seperti yang ada di franchise ekspedisi lainnya yang juga telah memiliki kendalanya tersendiri, berikut ini adalah beberapa kendala yang sering ditemui pada dalam franchise pada ekspedisi J&T:

Anda salah memilih tempat, sehingga ekspedisi sepi, bisa jadi karena tempatnya kurang strategis, atau memang masyarakat di tempat tersebut bukan pengguna utama jasa ekspedisi alias bukan target pasar Anda.

  • Berbenturan dengan waktu kerja utama, apalagi jika masih mengandalkan franchise ini sebagai bisnis sampingan, malah bisa macet.
  • Pesaingnya banyak, bisa dari franchise yang sama atau franchise yang berbeda, sehingga pelanggan lebih memilih jasa pengiriman yang lain
  • Ada yang terbentur modal, karena untuk memulai jasa franchise ekspedisi ini memang membutuhkan modal yang besar

Jika masalahnya seperti di atas, maka berikut adalah beberapa solusi yang mungkin:

  • Survey lebih dari satu tempat terlebih dahulu, dan pastikan tempat tersebut aman dari banjir dan sebagainya yang akan menghambat pelanggan
  • Rekrut beberapa karyawan untuk menjalankan franchise ini, bisa dari keluarga Anda atau orang terdekat Anda saat Anda bekerja
  • Jika bisa, pilihlah tempat yang potensial dan tidak ada jasa ekspedisi sejenis, atau berikan pelayanan terbaik agar pelanggan selalu datang kembali ke ekspedisi Anda
  • Pilih waralaba yang sesuai dengan modal yang Anda miliki, atau cari modal dengan pinjaman asli. Di masa depan, Anda dapat menjamin bahwa bisnis akan berjalan dengan lancar

Tips Sukses Waralaba J&T

Permintaan jasa pengiriman parsel dan kurir di Indonesia semakin meningkat seiring dengan meningkatnya belanja online dan perkembangan ekonomi di daerah luar Jawa. Memulai outlet waralaba kurir Anda adalah cara yang bagus untuk mengikuti tren ini dan mulai menghasilkan uang dari bisnis Anda sendiri atau sebagai pendapatan sekunder. 

Untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat di Indonesia, berikut adalah beberapa tips terbaik untuk memastikan kesuksesan gerai waralaba jasa kurir Anda.

1# Memilih Lokasi yang Tepat

Lokasi ini adalah faktor terpenting dalam bisnis waralaba kurir di Indonesia karena Anda harus mencari tempat yang strategis antara permintaan jasa pengiriman paket dan daerah yang tidak terlalu kompetitif. Melakukan penelitian sebelum berinvestasi di gerai waralaba layanan pengiriman sangat berharga. 

Ini berarti Anda harus mengevaluasi tingkat persaingan di suatu area dan berbicara dengan calon pelanggan dan pemilik bisnis lokal tentang kebutuhan pengiriman paket mereka. Jika mereka tidak puas, mengapa dan juga apa yang bisa dilakukan oleh outlet pengiriman Anda? 

Jika demikian, bagaimana Anda bisa membuat mereka mencoba layanan Anda? Pikirkan harga dan promosi musiman, misalnya saat Lebaran, dan tawarkan kemudahan dalam pengambilan dan pelacakan paket di seluruh Indonesia. Wilayah Kalimantan dan Indonesia Timur, seperti Sulawesi dan Maluku memberikan peluang besar bagi gerai baru untuk layanan pengiriman dan kurir. 

2# Membangun Jaringan Pelanggan

Dalam mendapatkan pelanggan waralaba layanan pengiriman dan juga para kurir Anda merupakan salah satu tantangan terbesar yang harus dialami dalam pewaralaba baru saat memulai melakukan bisnis. Dengan banyaknya pilihan perusahaan pengiriman dan kurir, Anda harus mempertimbangkan faktor penentu utama bagi pelanggan Indonesia, yaitu harga dan kenyamanan. 

Artinya, pelanggan Indonesia umumnya tidak terlalu loyal terhadap merek jasa pengiriman tertentu. Dengan promosi yang tepat, mereka dapat dengan mudah beralih ke layanan Anda. Ini juga berarti Anda harus dapat mempromosikannya dan juga bisa mengembangkan jaringan Anda untuk dapat membangun pemasaran dari mulut ke mulut. 

Bisnis di Indonesia adalah tentang hubungan pribadi. Jadi kunjungi bisnis lokal di daerah Anda dan perkenalkan diri Anda. Kemudian, tinggalkan materi promosi seperti pamflet, hadiri pertemuan KADIN lokal atau kepanjangan dari Kamar Dagang dan Industri Indonesia, temukan ruang kerja bersama, dan cobalah berpartisipasi dalam acara jejaring bisnis lainnya, seperti acara bisnis dan toko online. 

Pahami kebutuhan di wilayah Anda dan berikan perhatian khusus kepada calon pelanggan yang memiliki kebutuhan khusus yang dapat Anda penuhi, seperti pengiriman dokumen di hari yang sama (same day delivery), pengiriman online shop, atau pengiriman komersial.

3# Melebihi Harapan

Untuk menonjol di antara para gerai waralaba kurir yang ada lainnya, Anda juga harus melebihi dari harapan dalam hal layanan pelanggan dan juga kecepatan dalam pengiriman. Ini berarti Anda harus memberi semua pelanggan Anda pengalaman yang luar biasa. 

Misalnya, staf terlatih memberikan sambutan hangat saat pelanggan mengunjungi gerai waralaba Anda atau Anda membagikan sesuatu, seperti merchandise gratis atau kupon diskon untuk mendorong mereka menggunakan layanan kurir Anda lagi.

Memberikan pengalaman yang melebihi harapan juga berarti mempekerjakan sumber daya manusia terbaik untuk layanan pengiriman Anda. Karena kemacetan sering terjadi tidak hanya di Jakarta tetapi juga di kota-kota sekunder, outlet waralaba pengiriman Anda membutuhkan kurir dan pengemudi yang mengetahui jalan belakang dan jalan pintas, serta jalan yang harus dihindari, dan memastikan bahwa slot pengiriman selalu terisi.

4# Mendorong Pelanggan untuk Memberikan Umpan Balik

Anda harus memahami apa saja yang telah harus dilakukan dengan baik dalam umpan balik pelanggan, baik dalam positif ataupun negatif, selalu berharga karena dapat membantu dan juga apa yang dapat ditingkatkan oleh waralaba kurir Anda. Pelanggan yang senang dan puas harus didorong dan diberi insentif untuk berbagi pengalaman mereka melalui mulut ke mulut dan media sosial. 

Jika mereka meninggalkan ulasan negatif, pastikan Anda merespons dan berjanji untuk meningkatkan layanan. Semua umpan balik sangat membantu, jadi selalu minta pelanggan untuk memberikan pendapat dan umpan balik mereka tentang kurir dan layanan pengiriman Anda. Demikianlah ulasan tentang cara daftar dan sukses di waralaba j&t semoga bermanfaat.


No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter