Slider

Cara Mengatasi Anak Demam Tinggi


Setiap orang tua tentu saja ingin melihat anaknya tumbuh baik  dan sehat. Segala macam cara dilakukan oleh para orang tua untuk membuat anak mereka bisa tumbuh baik dan juga sehat.  Adapun cara yang dilakukan oleh para orang tua agar membuat anak mereka tetap sehat adalah dengan memberikan nutrisi makanan sehat, memberi vitamin, memenuhi kebutuhan gizi yang baik dan mengajarkan anak pada pola hidup yang bersih dan juga sehat.

Di masa pandemi seperti sekarang mengalami penyakit demam adalah suatu hal yang sangat diwaspadai. Tak hanya perlu diwaspadai oleh kalangan orang dewasa saja, namun juga perlu diwaspadai bila terjadi di kalangan anak-anak.

Di mana kita semua tahu bila orang tua mendapati anak mereka yang mendadak demam hal itu tentu saja menjadi keresahan tersendiri bagi para orang tua. Bahkan ada orang tua yang merasa cemas dan juga khawatir ketika anak mereka demam. Banyak cara dilakukan oleh para orang tua agar demam yang dialami oleh anak mereka segera turun.

Nah untuk menjawab keresahan mereka ketika mengetahui anak yang mengalami demam. Di bawah ini kami akan memberikan tips dan juga informasi yang berguna dan bermanfaat untuk anda semua tentang cara mengatasi anak yang mengalami demam tinggi. Penasaran kan? Yuk kita baca dan juga simak bersama sama penjelasan yang akan kami uraikan di bawah ini.

Mengajak anak mandi dengan air hangat

Mitos yang beredar di tengah masyarakat itu berkata jika seorang yang meengalami demam tidak boleh mandi. Karena bisa menyebabkan suhu tubuh menjadi semakin tinggi. Rupanya di  sini mitos itu tidak tepat. Karena di saat badan mengalami demam itu perlu untuk mandi dengan air hangat yang dicampurkan dengan sedikit garam. Hal itu dimaksudkan agar pembuluh darah terbuka dan suhu panas yang ada pada tubuh bisa segera keluar. Cara pertama ini bisa anda lakukan untuk mengatasi anak yang sedang mengalami demam tinggi.

Menjaga agar tidak dehidrasi

Cara kedua yang perlu untuk dilakukan oleh orang tua pada anak yang mengalami demam adalah dengan menjaga anak agar tidak mengalami dehidrasi. Karena di sini sebagian besar seorang yang mengalami demam itu disebabkan karena dehidrasi. Akibat dari dehidrasi itu sendiri adalah bisa membuat suhu tubuh itu menjadi tinggi.

Nah untuk cara kedua ini orang tua bisa mengajak anak untuk lebih banyak minum. Dengan mengajak  anak untuk minum bisa membuat suhu tubuh kembali normal seperti sedia kala.

Makanan pedas

Lalu kemudian untuk cara ketiga yang bisa dilakukan di sini adalah dengan memberikan makanan pedas. Hal ini bisa anda lakukan jika anak anda itu suka dan gemar mengonsumsi makanan pedas. Karena dengan mengonsumsi makanan pedas bisa membantu untuk mengeluarkan keringat dan bisa pula memperlancar peredaran darah. Sehingga bisa membuat panas yang ada dalam tubuh itu keluar melalui keringat dan peredaraan darah.

Memberikan makanan atau minuman hangat

Selanjutnya cara  lain yang bisa dilakukan untuk membantu menurunkan demam tinggi pada anak adalah dengan memberikan pada anak untuk menyantap makanan atau minuman hangat. Karena dengan mengonsumsi makanan hangat bisa membantu untuk mengeluarkan keringat dan bisa pula memperlancar peredaran darah. Sehingga bisa membuat panas yang ada dalam tubuh itu keluar melalui keringat dan peredaran darah.

Memberikan ramuan tradisional

Cara lain yang bisa dilakukan oleh para orang tua ketika anak sedang mengalami demam adalah dengan memberikan ramuan tradisional pada anak. Adapun ramuan tradisional itu berupa: bawang merah, jeruk nipis, dan juga minyak kayu putih. Untuk mengolahnya adalah anda perlu menyiapkan 2 – 3 siung bawang merah yang sudah dibersihkan dan dipotong. Setelah itu bawang merah dicampurkan dengan  jeruk nipis dan juga minyak kayu putih. Setelah semua tercampur anda bisa mengoleskan bahan itu pada bagian punggung atau perut anak agar terasa hangat sehinggu memperlancar pembuluh darah sehingga panas dalam tubuh bisa segera keluar.

Mengompres dengan air dingin

Selanjutnya cara lain yang paling umum dilakukan oleh para orang ketika mengetahui anak mereka demam adalah dengan mengompres  dengan air dingin kemudian diletakkan pada dahi anak. Adapun cara ini berguna untuk mengendalikan panas dari dalam tubuh.

Berikan makanan yang bergizi

Biasanya di ketika anak sedang mengalami demam mereka cenderung tidak mau makan. Maka dari itu dari pihak orang tua harus pintar dan kreatif mengajak anak untuk mau makan makanan yang sehat dan juga bergizi. Karena dengan memberikan makanan bergizi tak hanya memberikan kekuatan pada anak,namun juga di sini berguna untuk memberikan asupan vitamin dan nutrisi pada anak yang berkurang akibat dari demam yang di alami.

Memberikan teh jahe

Biasanya ketika anak mengalami demam tangan dan  kaki terasa dingin. Maka perlu diperlukan penghangat tubuh yang bisa menghangatkan tubuh. Di sini anda sebagai orang tua bisa memberikan teh jahe pada anak. Adapun  di sini manfaat yang terdapat dalam kandungan teh jahe tak hanya berguna untuk menghangatkan kaki dan tangan saja. Namun di sini juga berguna untuk mengendalikan demam dari dalam tubuh.

Memberikan vitamin c

Salah satu jenis gejala yang paling sering terjadi ketika seorang akan mengalami demam adalah batuk dan pilek. Adapun hal itu terjadi karena kurangnya kebutuhan vitamin c yang diperlukan tubuh. Maka dari itu cara lain yang bisa anda lakukan adalah anda bisa memberikan pada anak anda vitamin c dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan vitamin c yang diperlukan oleh tubuh.

Memberikan bawang putih mentah

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menurunkan demam pada anak adalah dengan memberikan bawang mentah yang sudah dihaluskan. Setelah itu coba dicampurkan pada minuman. Adapun menurut ilmu kesehatan bawang putih ini bisa berguna untuk menghilangkan racun yang ada di dalam tubuh. Sehingga bisa memproses cepatnya dalam menurunkan panas dalam tubuh.

Mengajak  anak untuk tidur beristirahat

Kemudian untuk yang terakhir cara untuk mengatasi anak yang sedang demam adalah mengajak anak untuk tidur untuk tidur beristirahat. Sebagian besar anak yang mengalami demam akan rewel dan sulit untuk tidur. Maka dari itu dari pihak orang tua harus berusaha untuk mengajak anak untuk tidur untuk berisitirahat. Karena tentu di sini kita tahu bahwa tidur adalah jenis istirahat yang paling baik bagi tubuh terlebih ketika sedang mengalami demam.

Nah itulah tadi beberapa informasi yang bisa kami berikan untuk anda semua tentang bagaimana cara untuk mengatasi anak yang mengalami demam. Semoga informasi yang kami berikan tadi bisa berguna dan juga  bermanfaat untuk anda sekalian.

No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter