Slider

Cara Mengatasi Anak Pemarah dan Cengeng


Anak di masa tumbuh kembangnya itu mempunyai karakter yang berbeda-beda. Di mana  hal itu  tentu saja memberikan rasa tersendiri untuk para orang tua. Tentu saja di sini setiap orang  tua ingin mempunyai sifat dan juga karakter yang baik. Tapi rupanya di sini tidak semua orang  tua bisa mempunyai anak dengan karakter dan sifat yang baik.

Adapula di sini orang tua yang mempunyai anak dengan sifat dan karakter yang pemarah dan juga cengeng. Hal itu tentu saja membuat orang tuanya mencari cara dan juga solusi agar anak mereka bisa tumbuh sebagai anak yang baik. Di bawah ini kami akan memberikan  beberapa tips dan juga informasi yang berguna untuk anda semua tentang cara mengatasi anak pemarah dan juga cengeng. Penasaran kan? Yuk kita baca penjelasan dan informasi yang kami bagikan di bawah ini.

Cari tahu apa sebab ia marah

Biasanya  seorang merasa marah atau jengkel karena suatu hal atau suatu sebab terjadi yang membuat dia menjadi marah. Begitu pula di dengan anak-anak akan menjadi marah karena suatu sebab. Maka dari itu di sini penting bagi orang tua untuk mengetahui lebih dulu apa yang membuat anak mereka itu menjadi marah. Karena jarang anak itu merasa marah atau kesal tanpa suatu sebab yang pasti

Orang tua memberi contoh pada anak

Anak mempunyai sifat dan juga karakter menyontoh apa yang dilakukan oleh orang tua atau orang yang lebih tua. Maka dari itu di sini ketika anda mengajarkan anak  untuk tidak menjadi pemarah dan juga cengeng adalah orang tua perlu untuk memberi contoh terlebih dulu. Di sini orang tua bisa memberikan contoh pada anak untuk tidak panik, tegang dan juga takut ketika melakukan atau menghadapi sesuatu.

Bersikap tenang

Salah  satu jenis sebab mengapa anak itu menjadi pemarah karena ia ingin mencari perhatian dari orang tuanya. Maka dari itu sebagai orang tua ketika harus menghadapi anak yang pemarah haruslah anda sebagai orang tua tetaplah bersikap tenang dan tidak ikut marah. Dengan cara yang demikian anak akan mulai berpikir kalau amarahnya itu sia-sia karena ditanggapi oleh orang tuanya. Lalu amarah yang dirasakan oleh anak itu pelan-pelan akan mulai berkurang.

Memberikan sentuhan atau pelukan hangat

Cara lain yang bisa dilakukan oleh para orang tua ketika menghadapi anak mereka yang cengeng dan juga pemarah adalah mereka bisa memberikan sentuhan atau pelukan hangat pada anak. Karena dengan melakukan hal yang demikian perasaan anak yang merasa ingin marah dan menangis akan berkurang dan juga hilang  secara perlahan karena mendapatkan sentuhan atau pelukan orang tuanya.

Memberikan nasehat pada anak

Cara lain yang bisa dilakukan oleh para orang ketika menghadapi anak mereka yang cengeng dan marah adalah dengan memberikan mereka nasehat. Di sini orang tua  bisa menasehati anak  jika menangis dan marah  itu tidak baik. Namun anda perlu melihat situasi terlebih dulu ketika akan menasehati anak. Alangkah baiknya jika  anda memberikan nasehat pada anak anda ketika situasi anak mulai merasa tenang. Di sana anda bisa menasehatinya dengan 4  mata.

Tidak melabel anak

Sebagian besar orang tua akan merasa gemas ketika  melihat anak mereka itu  menjadi pemarah dan cengeng. Akibatnya di sini sering orang tua melabel anak dengan nada yang negatif. Akibatnya di sini anak menjadi semakin  menjadi-jadi. Maka dari itu dari para orang tua alangkah baiknya untuk tidak melabel cap negatif pada anak.

Mengendalikan emosi

Cara lain yang bisa dilakukan oleh orang tua saat menghadapi anak yang pemarah dan cengeng adalah dengan mengajarkan pada anak bagaimana cara untuk mengendalikan emosi. Di masa pertumbuhan ini anak-anak itu sebagaian besar susah untuk mengatur dan juga mengendalikan emosinya. Maka dari itu di sini peran orang tua sangat penting untuk mengajarkan pada anak bagaimana cara terbaik untuk bisa mengendalikan emosi.

Mengajarkan nilai agama pada anak

Di negara kita ini kita tahu bahwa nilai agama begitu sangat dijunjung tinggi. Maka dari itu nilai agama bisa juga dipakai oleh para orang tua untuk mengatasi anak mereka yang cengeng dan juga pemarah. Adapun di sini sebagai contoh orang tua bisa menyampaikan pada anak bahwa sifat pemarah dan juga cengeng itu tidak baik menurut agama. Dengan demikian anak secara perlahan mulai sadar apa yang di perbuatnya itu tidak baik. Dan bila itu diterapkan secara terus menerus maka kebiasaan anak yang  pemarah dan cengeng perlahan lahan akan mulai hilang.

Mendengarkan anak

Sebagian besar orang tua pada jaman ini banyak yang sibuk dengan alasan berkerja. Akibatnya di sini anak yang kurang mendapatkan perhatian. Sehingga mereka mencari perhatian dari orang tua dengan marah dan cengeng. Maka dari itu di sini penting bagi para orang tua yang kendati mereka itu sibuk berkerja namun masih menyediakan waktu untuk mendengarkan apa yang dirasakan dan diinginkan anak. Dengan cara yang demikian anda bisa meminimalisirkan sifat pada anak yang suka marah dan juga cengeng.

Sabar

Seringkali di sini orang tua itu merasa tidak sabar dengan anak ketika anak mempunyai sifat pemarah dan juga cengeng. Akibatnya di sini orang tua itu sering ikut terbawa emosi ketika melihat anak mereka yang pemarah dan juga cengeng. Maka dari itu di sini orang tua itu perlu belajar untuk sabar dalam menghadapi sifat anak yang pemarah dan juga cengeng ketika apa yang menjadi keinginan mereka itu tidak dipenuhi oleh orang tuanya.

Mengajak anak untuk tidak marah dan tidak cengeng

Sebab lain yang menjadikan anak itu menjadi marah dan cengeng  adalah mereka terlalu dimanja. Maka dari itu cobalah untuk mengajak anak untuk tidak manja dengan melakukan sendiri. Dengan demikian sifat pemarah dan juga cengeng itu secara perlahan bisa hilang.

Memberikan pujian

Semua tentu saja suka mendapat pujian. Begitu pula di sini dengan anak. Jangan sungkan untuk memberikan pujian ketika ia berani mengalahkan rasa marah dan juga cengeng pada sesuatu. Karena dengan anda memberi pujian ketika anak berani mengalahkan rasa marah dan cengeng maka  dengan cara demikian semakin menumbuhkan rasa kepercayaan pada anak bahwa mereka itu diperhatikan dan disayang oleh kedua orang tua mereka.

Nah itulah tadi beberapa informasi yang bisa kami bagikan untuk anda semua tentang bagaimana cara untuk mengatasi anak yang pemarah dan juga cengeng. Semoga informasi tersebut bisa berguna dan bermanfaat untuk anda terlebih di sini untuk anda yang mempunyai anak dengan sifat yang pemarah dan juga cengeng.

No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter