Slider

Cara Mengatasi Anak Pendiam dan Tertutup


Setiap anak di masa tumbuh kembangnya tentu saja mempunyai sifat yang berbeda-beda. Di mana setiap orang tua itu pasti ingin anaknya  bisa tumbuh baik dan pintar. Tapi rupanya di sini tidak semua orang bisa mempunyai anak dengan karakter dan sifat yang demikian. Karena kita tahu bahwa setiap orang mempunyai kelemahan terlebih di sini juga pada anak-anak.

Salah satu jenis kelemahan yang dialami dan terjadi pada beberapa anak yaitu anak yang menjadi pendiam dan tertutup. Tentu saja di sini ada beberapa sebab yang menjadikan seorang anak itu menjadikan anak itu menjadi pendiam dan juga tertutup. Beberapa orang tua pasti berusaha untuk mencari cara agar anak mereka tidak menjadi pendiam dan tertutup.

Untuk menjawab rasa gelisah yang dialami oleh orang tua yang mempunyai anak yang pendiam dan tertutup. Di bawah ini kami akan memberikan informasi yang bisa berguna dan bermanfaat untuk anda tentang cara mengatasi anak yang pendiam dan tertutup. Penasaran kan? Yuk kita baca dan juga simak bersama penjelasan yang akan kami berikan di bawah ini.

Cari tahu apa sebab anak pendiam dan juga tertutup

Setiap orang menjadi pendiam dan juga tertutup tentu saja mempunyai sebab tertentu. Maka dari itu di sini cara pertama yang bisa dilakukan oleh para orang tua yang mempunyai anak yang pendiam dan juga tertutup adalah orang tua perlu bertanya pada anak apa yang membuatnya pendiam dan tertutup. Karena tentu saja di sini tak mungkin seorang anak menjadi pendiam dan tertutup jika tidak ada penyebabnya.

Jangan terlalu melindungi

Salah satu sebab lain yang menjadi penyebab seorang anak itu menjadi pendiam dan juga tertutup adalah orang tua yang terlalu pendiam dan juga tertutup. Anak merasa dirinya tidak bebas karena terlalu di proteksi oleh orang tua. Sehingga membuat anak itu menjadi tidak bebas dan juga takut untuk meengungkapkan sesuatu pada orang tuanya.

Kembangkan potensi

Alasan lain yang bisa menjadi penyebab seorang anak itu menjadi pendiam adalah mungkin mereka belum mengetahui  apa saja potensi yang ada di dalam dirinya. Sehingga mereka menjadi seorang pribadi yang pendiam dan juga tertutup akibat kurang percaya diri. Maka dari itu di sini penting bagi para orang tua untuk bisa membantu anak mereka semakit mengembangkan diri lebih optimal dan berkembang menjadi lebih baik dan terbuka pada lingkungan terdekatnya.

Cari tahu keadaan lingkungan bermain anak

Faktor lain yang merupakan faktor luar yang bisa membuat seorang anak itu menjadi pendiam adalah faktor lingkungan. Mungkin  saja di lingkungan sekolah atau lingkungan tempat  anak bermain sering membuat anak menjadi tidak aman dan tidak nyaman sehingga menjadikan anak itu menjadi pendiam dan juga tertutup. Maka dari itu di sini penting bagi para orang tua untuk mencari tahu bagaimana keadaan lingkungan di mana anak itu berada.

Ajak anak bermain dengan teman sebayanya

Cara lain yang bisa dilakukan oleh para orang tua ketika mengetahui bahwa anak mereka itu menjadi pendiam dan juga tertutup adalah orang tua bisa mengajak anak bermain dengan teman yang ada di lingkungan sekitar. Karena bisa jadi anak itu menjadi pendiam dan juga tertutup karena ia tidak pernah bersosialisasi dengan orang lain yang mungkin adalah teman sebayanya.

Menyediakan  waktu untuk anak

Ada langkah lain yang bisa dilakukan oleh para orang tua ketika mengetahui anak mereka menjadi pendiam adalah dengan menyediakan waktu untuk anak. Mungkin saja di sini anak menjadi pendiam karena kurang mendapat pendapat perhatian dari orang tua. Maka dari itu di sini penting bagi para orang tua kendati mereaka sibuk berkerja juga perlu menyediakan waktu untuk anak mereka.

Kenali lingkungan sekolah anak

Lingkungan tempat anak berada bisa jadi menjadi penyebab anak menjadi pendiam dan juga  tertutup. Bisa jadi di sini anak menjadi kurang nyaman dan membuat tidak percaya diri  dengan lingkungan sekolahnya. Maka dari itu di sini penting bagi para orang tua yang mempunyai anak yang pendiam dan juga tertutup untuk mengetahui bagaimana lingkungan tempat di mana anak itu sekolah.

Ajak anak untuk berbicara lebih dulu

Penyebab lain yang bisa mengakibatkan anak itu menjadi pendiam dan juga tertutup adalah bisa jadi anak itu takut atau tidak tahu bagaimana cara untuk menyampaikan perasaannya pada orang tua. Maka dari itu di sini penting bagi para orang tua untuk mengajak mereka lebih dulu. Mungkin di sini anda bisa bertanya pada anak tentang apa yang dia rasakan atau hal lain yang membuatnya mau  untuk berbicara dan bercerita dengan anda.

Cari tahu apa yang menjadi kesukaan anak

Cara lain yang bisa dilakukan oleh orang tua ketika mengetahui anak mereka tertutup dan juga pendiam adalah anda bisa mencari tahu apa yang menjadi kesukaan anak. Mungkin anda bisa melihat apa yang biasa ditonton anak dan memancing anak untuk mau bercerita. Dengan cara yang demikian anak pelan-pelan akan mulai terbuka pada anda anda mulai mau bercerita.

Ajak anak melakukan kegiatan kreatif

Sebab lain yang menjadikan seorang anak itu menjadi pendiam dan juga tertutup adalah kurangnya kreativitas yang dimiliki oleh anak. Maka dari itu di sini penting bagi para orang tua untuk mengajak anak untuk melakukan aktivitas yang bisa meningkatkan rasa kreativitas  dalam diri. Sehingga anak itu tidak menjadi tertutup dan pendiam karena kurang pede akan kreativitasnya namun di sini ia akan mulai menjadi pribadi terbuka pada lingkungan yang ada di sekitarnya.

Tidak memberi label negativ pada anak

Sebagian besar orang tua akan merasa gemas ketika  melihat anak mereka itu  pendiam dan pemalu. Akibatnya di sini sering orang tua melabel anak dengan nada yang negatif. Akibatnya di sini anak menjadi semakin  menjadi-jadi. Maka dari itu dari para orang tua alangkah baiknya untuk tidak melabel cap negatif pada anak.

Memberi pujian pada anak

Selain itu di sini orang tua perlu untuk  memberi pujian pada anak merek. Dengan anda memberikan pujian pada anak anda tidak hanya membuat anak merasa senang tapi juga membuat anak merasa semakin menjadi percaya diri dan tidak menjadi pribadi yang pendiam dan tertutup saat bertemu dengan orang lain.

Nah  itulah tadi beberapa informasi yang bisa kami bagikan untuk anda semua tentang cara untuk mengatasi anak yang pendiam dan juga tertutup. Semoga informasi yang kami bagikan itu bisa berguna dan bermanfaat untuk anda sekalian para orang tua yang mempunyai anak yang pendiam dan juga tertutup.

No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter