Slider

Cara Mudah Berjualan di Shopee yang Harus Kamu Ketahui


Kamu punya produk usaha dan ingin memasarkannya ke target konsumen yang lebih luas? Atau ingin mulai berjualan tapi terkendala urusan permodalan? Jangan khawatir! Simak artikel yang telah kami siapkan khusus untukmu berikut ini untuk mengetahui cara mudah berjualan di Shopee.

Kegiatan menjual barang dagangan adalah salah satu hal yang sangat penting dalam sebuah usaha. Perputaran roda usaha akan tersendat jika kegiatan yang satu ini tidak berjalan dengan optimal. Untungnya, perkembangan teknologi yang semakin maju telah membuat kegiatan berjualan jadi semakin mudah dilakukan.

Jika sebelumnya kita hanya bisa menjual barang di pasar setempat atau menawarkan ke orang-orang terdekat, sekarang kita bisa menjul barang ke pasar yang lebih luas. Bahkan kita juga bisa menjual barang sampai ke luar negeri loh. Hal ini menjadi sangat mungkin dengan hadirnya berbagai platform jual beli online seperti e-commerce.

Ya, berjualan secara online melalui e-commerce memang banyak dipilih belakangan ini. Tentunya pilihan ini tidak terlepas dari keunggulan yang ditawarkan oleh e-commerce. Selain mudah dilakukan karena hanya membutuhkan perangkat komunikasi seperti laptop atau handpohe, berjualan di e-commerce mempunyai banyak keunggulan, diantaranya :

  1. Biaya operasional lebih kecil karena penjual tidak perlu biaya pemeliharaan toko fisik
  2. Promosi menjadi semakin mudah dilakukan
  3. Bisa lebih mudah terhubung dengan konsumen di banyak wilayah

Tren belanja online yang semakin menjamur di Indonesia membuat banyak pihak berlomba-lomba menciptakan platform belanja online seperti e-commerce. Tentunya hal ini menjadi angin segar bagi para penjual karena bisa memilih e-commerce yang dianggap paling sesuai dengan produknya atau bahkan membuka toko online di banyak e-commerce. Salah satu platform e-commerce yang paling banyak dipilih penjual adalah Shopee.

Siapa sih yang tidak mengenal Shopee? Platform belanja online yang menawarkan banyak promo ini dikenal oleh hampir seluruh kalangan mulai dari remaja sampai orang dewasa. Saking banyaknya pengguna, Shopee bahkan didaulat menjadi e-commerce nomor satu di Indonesia.

Data iPrice menyebut setidaknya ada 96 juta pegguna yang menggunakan aplikasi Shopee setiap bulannya di kuartal kedua tahun 2020. Data ini tentunya menjadi peluang emas bagi orang-orang yang ingin berjualan secara online di Shopee. Selain calon pembeli yang sangat melimpah, Shopee juga menawarkan banyak jenis jualan yang bisa kamu manfaatkan untuk mengembangkan usahamu. Apa sajakah itu? Berikut informasinya

1# Menjual Barang Ke Luar Negeri

Untuk kamu yang sering berbelanja di Shopee, pasti sering melihat sebuah barang yang memiliki keterangan dikirim dari luar negeri kan? Nah, tak hanya memungkinkan para pembeli mendapatkan barang-barang impian dari luar negeri, Shopee juga memungkinkan para mitranya untuk menjual barangnya ke luar negeri loh. Seperti diketahui, Shopee adalah jaringan belanja online yang tak hanya besar di Indonesia. Dengan berjualan di Shopee, kamu bisa menjangkau konsumen di negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. 

2# Menjual Barang Tanpa Modal

Kalau selama ini kamu hanya tahu untuk menjadi pengusaha yang sukses butuh modal yang cukup besar, kamu sudah ketinggalan zaman. Perkembangan teknologi yang semakin maju telah memungkinkan kamu punya usaha meskipun tak memiliki modal sepeserpun. Caranya adalah dengan berjualan di e-commerce seperti Shopee sebagai reseller atau dropshipper. Sudah ada banyak pihak yang menawarkan aneka barang untuk dijual kembali di Shopee. 

3# Menjual makanan dan minuman

Tak hanya bisa menjual barang-barang perlengkapan rumah tangga atau kosmetik, kamu juga bisa menjual makanan dan minuman di Shopee loh! Layanan Shopee Food yang tersedia bisa kamu jadikan peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Pandemi covid-19 yang belum selesai membuat layanan ini masih menjadi pilihan banyak pihak yang tak ingin repot dalam mendapatkan makanan.

Setelah mengetahui keuntungan dan jenis-jenis jualan yang bisa kamu manfaatkan di Shopee, kamu pasti ingin tahu bagaimana caranya berjualan di Shopee kan? Jangan khawatir! Kami sudah menyedikan informasi lengkap tentang serba-serbi cara berjualan di Shopee yang dijamin mudah dan sangat cocok untuk pemula. Simak informasi lengkapnya berikut ini ya!

Namun sebelum itu, kami akan menjelaskan terlebih dahulu bagaimana cara membuat akun jualan di Shopee. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat akun jualan di Shopee!

Langkah pertama yang harus dilakukan tentu saja adalah menginstal aplikasi Shopee di Playstore atau Appstore. Jika kamu menggunakan komputer atau laptop, kamu bisa langsung mengunjungi web Shopee. 

Selanjutnya, buka aplikasi Shopee lalu buatlah akun baru dengan cara klik tombol Daftar dan lakukan verifikasi melalui SMS serta email. Kamu juga bisa mengganti username atau nama pengguna akun jika diperlukan. 

Setelah akunmu jadi, langkah selanjutnya adalah melengkapi profil tokomu. Klik menu Saya yang terdapat di pojok kanan bawah kemudian klik Mulai Jual 

Klik tombol Tambah Produk yang berwarna orange 

Lakukan pengisian pada data-data yang diperlukan seperti di bawah ini lalu klik tombol Selesai 

Toko onlinemu di Shopee sudah jadi. Kamu bisa mulai menggunakannya untuk berjualan dan menghasilkan cuan.

Cara Berjualan di Shopee Luar Negeri

Pengguna Shopee tak hanya tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Pada perkembangannya, kamu juga bisa menjangkau para pembeli di luar negeri. Kamu bisa memanfaatkan program Ekspor Shopee untuk menjangkau pasar yang lebih luas di luar negeri. 

Program Ekspor Shopee hanya tersedia dia bagi seller-seller terpilih saja. Untuk bisa menjual barang sampai ke luar negeri, terlebih dahulu kamu harus melewati tahapan pendaftaran. Dengan mendaftar melalui program Ekspor Shopee, berarti kamu telah memberikan kewenangan kepada pihak Shopee untuk menjual produkmu melalui toko Luar Negeri atau Penjual Indonesia. Berikut adalah persyaratan yang harus dipenuhi jika ingin menjual barang di Shopee luar negeri.

  • Tokomu di Shopee sudah aktif menimal selama 3 bulan
  • Tokomu harus memimiliki minimal satu jenis barang atau produk yang aktif dan stok minimal dua buah
  • Poin penalty yang dimiliki tokomu tidak lebih dari 3
  • Status toko harus aktif dan punya minimal 3 pesanan selama 30 hari terakhir
  • Pastikan kamu mengaktifkan jasa pengiriman yang tersedia di Shopee seperti J&T Ekspress, JNE Reguler, Shopee Express standar, ID Express, dan Anteraja
  • Untuk toko yang menjual barang-barang berlabel Perawatan & Kecantikan serta Kesehatan, pastikan telah mengantongi izin BPOM dan masa kadaluarsa tidak kurang dari 2 minggu

Jika syarat-syarat di atas sudah kamu penuhi, kamu akan mendapat banner pemberitahuan kalau tokomu sudah bisa mengikuti program Ekspor Shopee. Kamu tinggal mengikuti instruksi yang diberikan dan tokomu sudah bisa berjualan di Shopee luar negeri seperti Malaysia dan Singapura.

Cara Berjualan di Shopee Tanpa Modal

Cara berjualan di Shopee tanpa modal ini sangat cocok untuk kamu yang masih pemula dan belum punya modal. Kamu bisa menjadi reseller atau dropshipper dengan menggunakan fitur Katalog Saya yang disediakan oleh Shopee. Fitur ini sangat mudah digunakan dan sangat menguntungkan karena kamu bebas menentuka keuntungan yang ingin kamu dapatkan.

Untuk bisa menjadi reseller atau dropshipper di Shopee, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari barang yang kamu inginkan.  

Jika kamu sudah menemukan barang yang sesuai keinginanmu, klik tombol share yang berada di sebelah kanan atas.

 

Klik menu Katalog yang mempunyai simbol toko seperti di bawah ini

Kamu bisa mengubah informasi produk dan harga produk yang ingin kamu tampilkan. Kamu tak perlu khawatir karena harga asli tidak akan ditampilkan

Klik tombol Daftar di Katalog dan produk yang kamu inginkan sudah berhasil ditambahkan ke katalog. Kamu bisa menambahkan hingga 9.999 produk di katalog ini loh!

Jika sudah selesai, kamu bisa membagikan produk di katalogmu  itu ke media sosial untuk mendapatkan pesanan pertamamu. 

Selain menjadi reseller, kamu juga bisa berjualan tanpa modal di Shopee dengan cara menjadi dropshipper. Sama hal nya dengan menjadi reseller, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan jenis barang yang ingin kamu jual. Kamu bisa memilih produk dengan permintaan yang cukup tinggi seperti pakaian atau peralatan dapur.

Selanjutnya, pilih supplier yang menyediakan barang yang kamu inginkan dan terpercaya. Berikut ini adalah panduan mencari supplier terbaik untuk kamu yang ingin tahu cara berjualan di Shopee dengan sistem dropship

  • Pilihlah produk sesuai kategori yang kamu inginkan
  • Klik filter Terlaris yang ada dilayar. Hal ini penting untuk mengetahui produk mana yang paling sering dibeli


  • Jangan lupa untuk pilih filter penjual dengan label star seller dan punya rating lebih dari 4


  • Kamu juga bisa memilih lokasi supplier dengan menetapkan filter lokasi di menu yang tersedia

Cara Berjualan Kuliner di Shopee Food

Kepopuleran Shopee Food semakin meningkat kala pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Kepopuleran Shopee Food bahkan hampir menyaingi layanan yang disediakan ojek online seperti Grabfoof dan Gofood. Ini adalah menjadi peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan oleh kamu yang punya usaha di bidang kuliner.

Untuk saat ini layanan Shopee Food memang baru tersedia di beberapa kota besar saja. Tapi tak ada salahnya kamu mempelajari cara berjualan di Shopee food ini karena Shopee food kemungkinan akan diperluas jangkauannya ke kota-kota lainnya yang ada di Indonesia. 

Langkah pertama yang harus kamu lakukan jika ingin berjualan kuliner baik makanan maupun minuman di Shopee Food adalah mendaftarkan diri. Kamu tak perlu repot datang ke kantor Shopee karena pendaftaran bisa dilakukan secara online. Pastikan kamu menyiapkan beberapa dokumen yang menjadi persyaratan pendaftaran merchant atau mitra Shopee Food sebagai berikut :

  • Kartu Tanda Penduduk atau KTP
  • Foto SPPKP atau Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak
  • NPWP 
  • Buku tabungan
  • Foto kedai atau restoran

Jika usaha kulinermu telah memenuhi persyaratan di atas, kamu bisa langsung mendaftarkan diri melalui website resmi Shopee. Kamu akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran yang tersedia dengan data-data yang diperlukan seperti foto outlet atau kedai dan lokasi bisnis kulinermu. Lakukan pengisian dengan lengkap dan teliti lalu ikuti proses selanjutnya sampai kedai atau restoranmu siap menjadi merchant Shopee Food.

Itulah rangkain informasi mengenai cara memulai berjualan di Shopee. Kamu bisa memilih akan menjadi seller atau penjual Shopee yang paling sesuai dengan kemampuanmu. Oiya, dengan menjadi seller atau penjual di Shopee, kamu juga bisa punya kesempatan mendapatkan pinjaman di Shopee untuk mengembangkan usahamu loh! Dengan begitu usaha jualanmu di Shopee akan semakin maju dan kamu akan mendapat keuntungan yang lebih banya lagi.


No comments

Post a Comment

DON'T MISS

Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube
© all rights reserved
i want my journey to be full of laughter